GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Helm NJS ZX-1 Samurai Limited edition ini KBY pikir sudah pernah diulas di artikel, ternyata belum ya wkwkw, malah videonya sudah tayang duluan beberapa waktu lalu ngah ngah.. Yaudah, better late than never lads, mungkin sudah banyak yang tau, mungkin juga belum, anggap saja pembaca Kobayogas belum banyak yang tau so ini dia review lengkapnya setelah dipakai turing sejauh 455 kilometer lebih! Apa kelebihan dan kekurangannya?

Akhir Mei 2021 lalu, pabrikan helm lokal Indonesia, yaitu NJS kembali merilis produk terbarunya dan yang paling mutakhir. Produk tersebut merupakan flagship alias premium dan menjadi varian teratas dalam jajaran produk produk helm NJS, dia adalah ZX-1 Samurai Limited Edition! Cuma dibuat 600 unit di seluruh dunia lads.. !

Nah awal Juni kemarin, tepatnya 10 Juni 2021, paket NJS ZX-1 Samurai pesanan KBY akhirnya datang juga ke rumah, sesuai pesanan alhamdulillah dapat nomor 076! Yuhuuu nomor kebanggaan Kobayogas nih hihihi.. Artinya helm Samurai milik KBY tersebut merupakan produk ke 076 dari 600, sedaapp..

CAT, DESAIN DAN MATERIAL

Sebagai produk premium teratas dari helm NJS, ZX-1 series saja sudah bagus, apalagi ini, ZX-1 Samurai Limited Edition lads, memang terbaik lah dari semua produk NJS yang ada.

Kualitas cat-nya setingkat di atas ZX-1 biasa, warna khusus hitam dan gold beraura gothic dan anggun dengan gambar seorang samurai yang sama di bagian sisi kiri dan kanan, kalau kita lihat lebih dekat, ada blink blink-nya alias glitter yang membuat efek kilaunya keluar.

Terlihat ada sedikit perbedaan liner alias bahan interior untuk ZX-1 Samurai, di atas ZX-1 series biasa. Material plastik seperti kenop air scoop juga terlihat lebih solid meskipun cat black piano-nya terasa kurang tebal, masih gampang lecet.

Hanya saja, karena masih satu platform dengan ZX-1 biasa, Samurai versi limited edition ini masih menggunakan satu jenis shell yang sama, so masih terlihat agak besar sehingga dapat disimpulkan kalau ukurannya dibedakan dari busa bagian dalam.

REVIEW ZX-1 SAMURAI LIMITED EDITION

Kedatangan ZX-1 Samurai memang KBY sangat nantikan, karena tanggal 12 Juni-nya akan KBY tes turing bersama Honda All New CB150R ke Pangandaran (baca: Review Turing Pakai All New CB150R 2021), cocok kan bisa dites jarak jauh? Jadi bisa ketauan apa kelebihan dan kekurangannya.

Kali ini KBY memilih ukuran S, karena ZX-1 The Winner sebelumnya ukuran M ternyata masih meninggalkan rongga yang lumayan saat digunakan. Bagaimana dengan ukuran S? Duh sayang sekali, S-nya bagi kepala KBY masih sedikit longgar busanya, tapi jauh lebih baik dari ukuran M sih. Kali ini di bagian pipi (cheek) sudah lebih jepit, yang terasa masih agak longgar ada di bagian pelipis dan jidat.

Unit ini sudah tersedia paket visor clear dan iridium gold lads, awalnya mau bawa visor dua, karena takutnya ada riding yang sampai sore/ malam, karena konfirmasinya tidak ada, jadi yaudah fiks aja pakai yang iridium. Biar pas di foto keren dong wkwkkw..

Nah terkait visor iridiumnya, untuk pagi hingga sore hari sekitar jam 4, visualnya masih bagus, jernih. Tapi begitu dapat riding sore di atas jam 5 ditambah hujan, tobaaatt wkkwkw.. mendadak poek alias gelap euy lads, lumayan juga tuh mata KBY konsentrasi penuh pas turing hujan hujanan sore menjelang malam. Tau gitu yang clear dibawa juga yes.

KENYAMANAN

Karena sudah pakai ukuran S yang lebih pas, KBY merasa lebih nyaman menggunakannya, enak dan meskipun pengaturan air flow hanya ada satu saja di bagian ubun ubun, tapi ternyata sepanjang perjalanan si ZX-1 Samurai ini bisa dimasukkan ke dalam kategori adem loh, ada terasa nyus nyus sepoi sepoi masuk di kepala bagian atas, nice!

Satu lagi catatan positif adalah penguncian visor iridiumnya, kali ini NJS membuat si visor lebih baik lagi – dalam arti lebih plek bentuknya. Di ZX-1 the winner setelah ganti visor iridium, penguncian visor agak susah, di Samurai ini gampang banget!

KEBISINGAN

Di versi Samurai ini juga NJS sudah lebih memperbaiki kebisingan terutama di kecepatan tinggi, di versi sebelumnya gemuruh angin sudah mulai hadir di kecepatan 60-70km/jam meski masih dalam batas toleransi. Di versi limited edition ini, gemuruh jauh berkurang meski tidak hilang sama sekali.

Bunyi siulan angin juga baru masuk saat kecepatan di atas 100km/jam, itu juga kalau kepala bergerak agak menyamping, selama lurus menerpa angin, siulannya sangat minim. Nice job sih ini yes menurut KBY.

HARGA NJS ZX-1 SAMURAI LIMITED EDITION

Dengan perbaikan yang menurut KBY cukup signifikan, harga NJS ZX-1 Samurai Limited Edition Rp. 950 ribu menurut KBY sangat worthy loh. Nyaman di kepala, adem, serta kebisingan masih dalam batas normal. Apalagi model samurai ini semua spoilernya sudah berwarna bening yang terlihat lebih mewah, tidak seperti ZX-1 sebelumnya yang hanya tersedia di versi Rush warna hitam kuning fluo saja.

Paket pembelian seperti KBY sebut di atas sudah mendapat dua visor, clear dan iridium gold.

KESIMPULAN

Meski KBY sebutkan kalau NJS ZX-1 Samurai Limited ini worth to buy, tapi bukan berarti sempurna, tetap ada kekurangan dimana sebenarnya kekurangan tersebut masih oke jika kita komparasikan antara Price to Value atau Value for money yes.

Terkait ukuran, seharusnya S-nya bisa lebih ngepas lagi, terutama di bagian jidat dan pelipis. Masalahnya kalau longgar, untuk jarak jauh itu helm bisa geser banyak karena menjadi licin akibat keringat. Benar juga kan, waktu ke Pangandaran, ketemu trek bumpy yang panjang dimana dapat top speed All New CB150R, posisi helm cukup banyak berubahnya karena kegoyang goyang wkkwkw..

Visor iridiumnya terlalu tipis, dari Jakarta tiba di Pangandaran udah lumayan lecet di beberapa titik kena pentelan kerikil dan debu, lumayan jadi ganggu pandangan dah kekeke.. Tapi sekali lagi, untuk kelas helm seharga ini ya sudah baik sekali lah jatuhnya, pertahankan dan tingkatkan kualitasnya NJS!! Mantaaapp

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

21 KOMENTAR

  1. Mantap om Kobay.. produk bagus ini, meski ane akhirnya ambil produk sebelah yg gak kalah ‘viral’ dan ‘ghoib’, emg rasanya di kepala dan looks/pride nya masih lebih megang sih menurut ane, hehe, semoga tetap jaya untuk produk-produk lokal

  2. Kapan nih njs update visornya yg bener-bener flat, masak yg shadow bisa bikin flat ini malah semi flat diakui jadi flat
    Kan lumayan tuh kalo pas turing gini dan ga bawa visor cadangan bisa dipasang tear off jadi resiko baret pas di jalan bisa diminimalisir

      • yg item Tara itu eRSepuluh kan ya mang Kobay? agak gk apple to apple sih sama helm ini, beda kelas harusnya ya.

        Komen gini saya gak terdengar seperti fanboy kan ya, hahaha

        • Gak dong Wkwkw.. ya punyanya Tara cuma itu doang yang full face…
          Versi limited edition tempo hari pengen punya eh temen udah duluan punya dan pake, kesimpulannya dia, keren doang 😂😂 dilepas deh

          Auto balik kanan gw

          • Limitied ed nya Tara yg Enzy Storia Race bukan mang? emg mahal sih heheheh

          • ooh itu mah yg saya angkut baru berapa minggu lalu mang..
            lumayan nyaman dan fit kok di kepala saya, bahkan gk pake balaclv (udh dipake ratusan km), emg overpriced mungkin, tp pesona dari shell nya itu yg kecil (atau efek optis aja kali hahaha) dan di rentang harga segitu kompetitornya kebanyakan gede mang shell nya, gk cocok sama saya, kayak Doraemon jdnya haha

          • kalo kepala temennya si om biasa pake Shoei, Arai, AGV dkk ya pasti berasa lah bedanya, xixixi.
            makanya pengen tau, rasanya lokalan yg high end (misalnya Thunderslesh atau EneX Racee) udah worth it atau mending nabung lg, pengen liat produk kita berjaya di negeri sendiri om (biar gk usah bayar helm yg mahal gara2 bea impor, haha)

          • setuju, semoga produk lokal Indonesia makin ajib dari semua sisi dan harga tentunya bersahabat di kantong hehehe..

    • Ukuran lingkar kepala berapa emangnya mang? Kok sampe harus downsize dan itu juga masih longgar
      Dulu kan pernah pake yg shadow, dibandingin sama itu fitmennya berarti lebih longgar yg ini ya mang? Kayaknya dulu ga sampe ada keluhan longgar

      • Memang selama ini kepala ukuran S (55-56), ukuran lokal jarang yang S, shadow M aja longgar.. ada kok reviewnya, M nya masih longgar.. shadow gada S afaik..

        Yang enak di kepala itu Scorpion Exo, Arai, Airoh .. semua ukuran S.. Arai udah mulai longgar karena pemakaian..

        Kalau Sena lebih ke M, makanya Nolan Stoner dia M, di gw masih agak longgar…

        Tapi M nya TDR itu enak juga, mau yang open face atau full face… M nya dia cenderung kaya S

  3. Apakah ada visor yg warnanya ijo kyk yg di eyeshiled21, klo ada kn sangar aa Sena as Sena😅

Yuk Tinggalin Jejak Lads..