iklan gma

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Bagi pemerhati mobil alias roda empat, membaca kata kata Head Up Display alias HUD mungkin bukan hal baru. Itu loh layar kecil pengganti speedometer yang posisinya pas dengan pandangan mata pengemudi, jadi supir gak perlu lirik bawah lagi buat lihat kecepatan. Nah teknologi seperti itu sedang diproses oleh merek helm kenamaan asal Jepang dengan nama Shoei Opticson! Seperti apa kurang lebih kinerjanya? Bakal efektif gak? Kapan kira kira rilis?

Pada dasarnya HUD diciptakan untuk menambah faktor safety, diharapkan posisi pandangan pengemudi tidak banyak berubah karena proyeksinya persis sejajar dengan kebanyakan pengemudi. Jadi meski memang tidak semua informasi ditampilkan namun info utama seperti kecepatan jelas ada, salah dua yang sudah mengusung fitur ini adalah Mazda2 dan Toyota Voxy.

tuh HUD yang berpendar hijau di atas

Nah sesuai info dari visordown, produsen helm kenamaan asal Jepang yaitu Shoei, sedang membuat replika helm dengan head up display dengan nama Shoei Opticson. Tentu tujuannya untuk meningkatkan safety bagi pengendara motor dimana rider tak perlu menundukkan lagi kepalanya saat harus melihat informasi yang ada pada speedometer.

Hanya saja masih ada catatan kendala yang tentunya berbeda dengan HUD yang tertanam pada mobil. Perbedaan paling signifikan adalah, jika di mobil itu pengemudi tidak banyak bergerak dan si mobil sendiri juga diam di tempat termasuk HUD-nya, berbeda dengan motor dan rider, aktivitas di atas motor itu sangat mobile..

Potensinya tentu saja sangat signifikan dalam meningkatkan faktor safety lads. Selain kepala rider jadi tidak akan banyak bergerak melototin speedometer, pun demikian skala atau dimensi dari display HUD diharapkan tidak mengganggu visibiltas sang pengendara itu sendiri. Karena tentu berbeda jarak antara HUD mobil dengan di dalam helm yang begitu dekat dengan mata.

Teknologi HUD di helm dan dalam hal ini SHOEI OPTICSON itu sendiri bukan tidak mungkin akan diterapkan pada balapan. Hal hal berbau informasi untuk sang pembalap seperti misalnya yellow flag, red flag, catatan waktu – selain kecepatan akan dapat dihadirkan di dalam visor sang pembalap.

Gangguan informasi yang biasanya didapatkan oleh pembalap adalah saat posisi mereka sedang rebah/berbelok, dimana ada kemungkinan miss informasi seperti yang KBY sebut di atas, kibaran bendera kuning, misal pembalap rebah ke kanan sementara kibaran bendera ada di sebelah kiri, ada kemungkinan tidak terlihat sehingga merugikan sang pembalap karena kena penalti misalnya.

Belum diketahui kapan Shoei Opticson ini akan siap rilis. Yang jelas semua faktor dari HUD tersebut tetap harus tetap memenuhi kenyamanan dan keselamatan (safety) bagi penggunannya.

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

8 KOMENTAR

  1. Breikeng MotoGP news… mm93 start p5 bang. Itu diperoleh dengan struggle. Dan tentu aksi towing yang fenomenal. Kata blogg tercerdas gitu. Pace race kalah stabil ketimbang peko n fabiyo bang

Yuk Tinggalin Jejak Lads..