Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Sesekali kita bahas soal blog atau ngeblog yuks.. pengen yang serius tapi santai dan ngebahas hobi sendiri yaitu ngeblog hehe, tentu yang akan dibahas di sini adalah blog otomotif, sesuai dengan dunia hobi yang KBY geluti. Jika ada kesamaan cerita atau perkembangan perjalanan dengan blog bertema lain ya mungkin kebetulan saja lads. Jadi selama ngeblog dari tahun 2013 hingga tulisan ini terbit, sepemantauan KBY tentang perkembangan dunia blog itu ternyata banyak perubahan. Apa saja? Cukup banyak, siapin kopi yes keknya bakal panjang kaya artikel pengalaman ikutan Honda Asian Journey nih wkwkkw..

Flashback ke tahun 2012, itu lah pertama kali KBY mengenal dunia blogging dan sosok para blogger. Awalnya saat itu KBY sedang mencari banyak info seputar Kawasaki Z250FI yang rencananya akan dipinang. Teman sejawat di kantor ngasih tau mampir aja ke TMC Blog, ujarnya.. lah TMC itu bukannya website polda metro jaya yah? Tanya KBY.. bukaaann dijawab rekan sambil tertawa, itu website blog, buka aja, kebetulan lagi banyak bahas Z250 tuh, lanjutnya.

Jadi, blog pertama yang KBY buka dan baca serta meninggalkan jejak alias komen adalah TMC Blog! Setelah itu mampir ke Iwan Banaran, sempat skeptis sama blog ini, ikut ikutan TMC aja nih batin KBY saat itu wkwkwk.. hayo ngacung siapa yang punya perasaaan sama kaya KBY dulu? Ternyata berbeda, gayanya beda dan punya ciri khas masing masing.

foto bareng bersama Namekawa san

Setelah sempat jadi komentator matuh alias tetap di dua blog itu, dipikir pikir ngapain juga gw komen panjang panjang, kalau komen sepanjang itu kenapa gak bikin blog sendiri aja? Toh dari jaman SMA sudah demen bikin cerpen, selain itu sejalan pula dengan hobi otomotif sedari kecil, bisa sharing pengalaman yang dimiliki melalui blog kan?

Maka di sekitar bulan April 2013, KBY bikin melalui platform blogspot.. mungkin memang rejekinya dan berkat sering komen juga di TMC serta IWB (jaman dulu masih bebas komen plus jemur wkwkwk), blog dengan nama Kobayogastea tersebut lumayan banyak pengunjung (tentu untuk sebuah blog pemula). Happy? Jelas, karena tujuan dan keinginannya mulai tercapai, berbagi pengalaman selama bermain otomotif roda dua dan empat, serta banyak pengunjung. Siapa yang gak hepi coba?

 

BLOG, DUNIA YANG MENJANJIKAN?

Waktupun terus berjalan, TMC Blog dan Iwan Banaran sebagai barometer blog saat itu banyak dikunjungi blogger lain yang ikut jemur, jadi KBY pun bisa berkunjung ke blog tersebut melalui link yang ada. Berkat banyak yang komen di blog pun, KBY bisa tau ada blogger lainnya. Singkat kata jadi banyak channel lah. Di tahun 2013 ini pun KBY sudah banyak kenal blogger yang seangkatan, sebut saja macantua, ferboes, monkeymotoblog dll.

Oia saat di blogspot banyak juga komentator yang menyarankan pindah ke WordPress dengan alasan lebih cepat dan mudah komen! Hehe, bener juga. Bahkan IWB pun menyarankan demikian saat itu. So per September 2013, KBY hijrah dengan menggunakan platform WP. Benar saja, visitor bertambah, komentator banyak.

Bahkan beberapa sahabat blogger mengakui kalau blog Kobayogas.com merupakan salah satu blog dengan komentar terbanyak.. meski hanya sedikit berpengaruh ke visitor/ view sih wkwkwk.. Gak masalah, karena pada dasarnya KBY senang berinteraksi kok. Sooo sampe sekarang, kalau sempat pasti dijawab.

Bicara menjanjikan, setelah menjadi .com di Oktober, per Desember 2013 KBY mulai mendapatkan yang namanya wordads, yaitu iklan yang dibentuk oleh WP. Jumlahnya sangat menjanjikan! Setiap bulannya meningkat seiring makin banyaknya visitor dan bisa dikatakan sangat membantu penghasilan lads.. Nah wordads ini afaik sudah berjalan sejak 2011 kalau ga salah ya, bisa kebayang dong blogger senior yang sudah ngeblog sejak 2008-an dan sudah terkenal? hehe.. Menjanjikan bukan?

BEDA TUJUAN

Tahun 2014 dunia blogging makin berkembang, setidaknya menurut pengamatan KBY, selain menjadi lebih banyak tahu tentang blogger senior lainnya, juga bisa paham ada komentator yang setua usia blog senior alias komentator lawas hehe. Tahun ini juga terlihat banyak blogger baru bermunculan. Di tahun ini juga perdana KBY diundang oleh pabrikan, debut KBY dilakukan pada sesi test ride Honda Megapro FI.

Tahun 2015 merupakan masa jaya-jayanya blogging versi wordpress, blogger baru makin banyak bermunculan dengan gayanya masing masing maupun ada yang mengikuti gaya blogger panutannya. Bicara jaya, penghasilan wordads makin kencang, sepertinya ini lah yang jadi tujuan para blogger baru, karena mungkin tahu penghasilan yang bisa didapatkan dari ngeblog. Gak aneh kalau di fb banyak komentar bernada miring terhadap blogger, nyebut blogger dollariah, blogger bayaran dll.. mungkin salah satunya karena sirik, kepengen tapi gak bisa wkwkkw..

Karena tujuan mencari penghasilan itupula lah, tidak sedikit blogger yang KBY tahu – langsung membuat multi blog alias punya blog lebih dari satu. KBY pun salah satunya, namanya Sakahayangna.com, sampai sekarang masih eksis meski ga aktif lagi wkwkwk, selain tergoda oleh wordads, Sakahayangna itu dibuat sebagai blog intermezzo, di luar pembahasan resmi atau serius. Sesuai namanya, Sakahayangna, artinya suka suka hehe.

Selama dua tahun ngeblog 2013-2015, rejeki KBY mendapatkan lebih banyak channel lagi, selain pabrikan roda dua Jepang, ada pabrikan Italia seperti MV Agusta, Ducati dan Piaggio Vespa, juga brand Inggris seperti Triumph dan Royal Enfield. Di luar motor juga alhamdulillah cukup banyak, pelumas atau apparel menambah daftar CV KBY.

TAHUN KESURAMAN BLOG

Tahun 2016 bisa disebut sebagai tahun yang suram bagi blog dan blogger. Bencana hadir dan kami menyebutnya sebagai badai wordads. Entah bagaimana, wordpress mengalami kebangkrutan, entah terlalu “foya-foya” ke blogger dengan nilai iklannya, atau tidak dimanage dengan baik, penghasilan dari wordads menukik tajam! Bahkan beberapa blog kena suspend tanpa alasan kuat sehingga tidak boleh menggunakan iklan wordads, KBY pun salah satunya.

2017 makin parah, penghasilan wordads bisa dikatakan nol koma! Gila kan 1 dollar aja gak nyampe per bulannya wkwkwk.. KBY yang sudah disuspend ya sudah tidak memikirkan lagi hal seperti itu, karena kembali dari awal, apa tujuan KBY ngeblog? Apa hasratnya? Passionnya? Berbagi cerita, pengalaman dan info!

Namun bagi blogger lain yang sudah kadung terbuai penghasilan dari WP tentu berbeda respon, ada yang misuh misuh, marah hingga stress karena sudah full time blogging tanpa ada kerjaan lain sementara earningnya bikin semaput. Ditambah, sejak tahun 2017 entah kenapa jumlah viewer makin mengerucut dan mengerucut setiap harinya, KBY dan beberapa sahabat berkesimpulan eranya sudah bergeser, orang sudah mulai meninggalkan membaca, lebih suka menonton.

Dan faktanya, bermunculan youtuber dan vlogger baru – ya karena di tahun tersebut era visual sedang naik daun. Tidak masalah sih, KBY sebagai blogger ya kudu fleksibel, akun youtube yang dimilik sejak 2009 dibuat lebih aktif, setidaknya ada keseimbangan antara mereka yang masih suka membaca dan menjaring mereka yang lebih suka menonton.

BLOGGER BERTUMBANGAN

Hukum alam pun berjalan, mereka yang bertahan karena hasrat ngeblog di awal, seperti yang lads mungkin bisa tahu siapa saja masih tetap eksis dan berkarya hingga saat ini. Mereka yang sejak awal tujuannya hanya mencari earning, mulai tersapu dan bertumbangan, namun sukurlah kebanyakan dari mereka yang KBY tahu, sudah mendapatkan pekerjaan atau berpenghasilan yang layak dari wirausaha atau lebih sukses sebagai youtuber/ vlogger.

Tapi tidak semua dari mereka yang pensiun ngeblog itu benar benar akibat badai wordads ataupun merasa ngeblog tidak ada guna lagi.. Banyak alasan sih, dari yang mulai mencari penghasilan yang riil alias bekerja sehingga sibuk gada waktu lagi, malas karena hasratnya sudah menghilang, atau lebih memilih asyik dengan keluarga.

Salahkah mereka? Tentu tidak bisa dikatakan seperti itu, hasrat ngeblog itu masing masing, tujuannya ngeblog juga masing masing. Jika berhenti ya terserah mereka, merasa gagal ngeblog karena tidak kunjung terkenal dan mengharap hasil instan? Bermanuver ke cara lain? Itu juga terserah. Yang jelas KBY sih percaya kesabaran akan membuahkan hasil, apalagi jika dilakukan dengan hati dan konsistensi – di luar rejeki memang sudah ada yang mengatur.

Yang jelas, perkembangan blog sejak KBY aktif tahun 2013 hingga saat ini memang banyak perubahan, ada yang bertahan, ada yang kolaps. Ada yang berubah karena sudah merasa ngetop, ada yang tetap. Apapun itu, perubahan yang terjadi adalah menjadi hak masing-masing. Entah sampai kapan Kobayogas.com bisa tetap eksis, namun selama hasrat terhadap otomotif masih ada dan membara serta ingin berbagi dengan pembaca dalam bentuk artikel, semoga KBY akan tetap hadir untuk lads sekalian hingga generasi penerusnya hehe..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

60 KOMENTAR

  1. Teteplah nge-blog Mang … literasi ala blogger masih dibutuhkan buat saiyah yg missqueen quota dan bisa selipin bonusan yg bikin mata melek

    Tapi tetap juga upgrade toolkit vlogger, minimal microphone yg terkoneksi langsung ke kamera, jadi suara bisa lebih jernih lagi, sembari si Sulung banyakin terlibat dalam nge-vlog nyah … secara biar lebih fresh gituhh

    lagian klo urusan tampang vlogger nya mah hoki-hokian dah itu mah yak wkwkwkwkwkw

  2. Satu pertanyaan mang, misal ada pers release dari salah satu ATPM otomotif untuk dimuat di blog itu ? Apa mendapat istilah ‘bayaran’ untuk memuat berita tersebut?

  3. Saya termasuk yang masih suka baca dibanding lihat video untuk cari informasi.

    Alasan nya?

    Saya termasuk visual learner, kalau lihat video suaranya kadang ga bner2 bisa saya cerna, kecuali ada visual aid nya. Bukan berarti saya budeg. Saya kadang ga bisa paham apa yang orang bicarain kalo ga lihat gerakan mulut nya.

    Udah banyak sih YouTuber2 luar yg ‘paham’ dan ada banyak visual aid yg bikin penonton kaya saya jadi bisa nikmatin info2nya.
    Tapi Kayanya di Indonesia sih belum ada…

    Mungkin mang kobay mw buat konten yutub buat orang2 macam saya? Kalo Saran saya sih peluangnya bagus banget, Cuma sebagai graphic designer sih saya ngelihat cost nya gede jg 😅

    Sukses selalu buat kobayogas.com 👍🏻

  4. Klo sekarang blog nya bayaran mang, malah ampe banned komentator yg menanyakan validitas test yang di pakai. Contoh sederhana.

    Masa sih Mesin Verza setara Vixion/MX King on wheel? Sedangkan CBSF itu lebih powerful drpd R15 dan CBR150R Thailand atau bahkan GSX 150?

    Muehehehehe

  5. gw prefer baca di blog drpd vlog. bukan apa2 di kantor utub di blok mang hahaha. Selain itu ya mmg lebih hobi baca drpd nongton. semoga blog mang kobay ttp objektip , ttp berkarakter dan mangkin sukses. lanjutkeun!

  6. Jujur mang, saya juga lebih senang baca sih daripada nonton, soalnya kita bisa liat detail gambar nya, pelototin sampe puas..kalo video kan kita harus pause dulu atau replay ulang. Khusus blog ini saya rasa punya nilai lebih, yaitu foto-foto SPG nya bening2 beuuuhhhhhh…wkwkwk

    Untuk blogger lain juga ada beebrapa yang favorit kaya TMCblog yang lebih teknikal dan serius, sama enoanderson yang kritis tajam plus becanda pake aura kasih, kalo gosip motor baru suka mampir ke iwanbanaran. Saya sih berharap para blogger tetap berkarya..

  7. peralihan reader ke youtube memang berpengaruh, tapi reader masih tetap akan ada menurut saya, justru penonton youtube sekarang yang nantinya bakal bosan nonton dan akan beralih jadi reader. ahh,, ,ngomong apa sih… 😀 😀

  8. Menginspirasi pisan mang tulisan nya. Lanjutkan mang Kobay, saya suka tulisan2 Anda dengan gaya yg khas nya. 👍👍

  9. Tetap semangat mang kobay..

    “Banyak alasan sih, dari yang mulai mencari penghasilan yang riil alias bekerja sehingga sibuk gada waktu lagi, malas karena hasratnya sudah menghilang, atau lebih memilih asyik dengan keluarga.”

    Saya bikin blog hanya sebagai diari digital saja, ada yg baca alhamdulillah, ngga ada yg baca ya biasa aja. Tapi jarang update karna family time lebih penting.. 😊

    Please visit https://aradea59.com/ yaa.. 😊

  10. Beda blog & Yutub adalah yg satu di baca yg satu di tonton,kalo suka baca ya baca blog,kalo ngga suka baca ya Yutub,tapi kalo suka dua duanya berarti anda penyimak yg update.menurut mang kobay lebih enak jadi blogger apa Yutuber di lihat dari biaya/penghasilan/kelebihan kekurangan dll

    • Bicara penghasilan jelas enak YouTube, ini bicara subscriber lebih dari 25K ya..

      Tapi youtuber juga gak jamin terkenal sih.. kaya temen, dia Bower bisa ratusan ribu ape jutaan ..tapi karena bahasnya odong odong maenan anak ya gakan jadi terkenal di sosmed..tapi penghasilan sih wow..

      Atau Review bus atau truk bahkan sepeda, viewer juga banyak, tapi bukan berarti otomatis jadi terkenal di sosmed dan lingkungan roda dua atau empat..

      Kecuali mereka level tinggi kaya Jody atau den Dimas misalnya, bisa masuk kemana aja, jadi artis, di sosmed tinggi, endorse Mana Mana dlsb…

      So kalau nyarinya penghasilan thok, selama dapet subscriber dan viewer, YouTube udah paling bener..

      Kalau blog, Lo bisa dapet nyaris semuanya sih..

  11. gw termasuk yg lebih suka membaca ketimbang menonton… dan sama sih, kenal dunia blog otomotif ya dr tmcblog, waktu itu tahun 2008… tp cuman demen komen aja sih 😀

  12. Kalo dari kacamata saya,yutub/blog lebih kepada informasi + pengetahuan,yg membuat menjadi terkenal + dapet endorse + multi talenta mungkin itu udah rejeki yg bikin,anak kecilpun bikin yutub bisa terkenal cuma ngandelin kamera jadi viral,tapi anak kecil bikin blog ngetik semaleman sambil mikir jungkir balik jadi viral ya ngga ada 😄😂 jadi ya masing masing tempat punya kapasitas

  13. Tetep semangat mang yang saya suka dari mang kobay ini netral, bagus ya bagus jelek ya jelek,gaya tulisan nya khas dan mudah di pahami,sudah terkenal tapi tetap rendah hati, contohnya setiap ada yang komen atau nanya pasti di balas sukses terus mang

  14. Dilanjut Mang….Pertahankan keseruannya 😂 semoga selalu Awet blognya…hingga sampai di ‘ masanya ‘ nanti….dimana masa itu tak seorangpun yang bisa menghindarinya.
    Yezzzz 👍

  15. Beberapa sahabat tidak disebut nama permana triaz. Pasti karena sudah dianggap lebih dari sahabat. Seperti belahan jiwa laah

  16. Gue masih ada loh, dari jaman kita cuma sahut2an dari jaman ninja250wordpress. Hahahaha. Btw Ken, ada blog Nintendo gak?

  17. Wah….ngga terasa ya mang sudah bertahun tahun lamanya mamang ngeblog dengan gayanya yang saya suka dan tidak kehilangan jatidirinya sebagai seorang sundanese. Mang kobay adalah salah satu blogger roda dua yang paling die harder deh pokonamah. Saya sebagai salah satu pembaca setia KOBAYOGAS.COM cuma berdoa semoga Allah selalu menjaga mamang supaya sehat lahir dan batin supaya tetap memberikan sumbangsih kepada perkembangan roda dua di tanah air. Karena kalian para blogger lah salah satu penyambung lidah antara konsumen dan produsen, tanpa ada kehadiran kalian saya yakin laju perkembangan roda dua di tanah air tidak akan semaju sekarang

    Keep up the good spirit !!…..

  18. Wiih.. Ternyata saya mulai ngeblog saat dunia blogging di awal kemerosotan. Saya malah gk tahu ada masa kejayaan WordAds, taunya udah marak AdSense.
    Yes udah lah.. I don’t have any other hobby selain nulis dan baca.. Jalanin aja, walau hingga sekarang penghasilan dari blog gak signifikan. Konsistensi pasti ada hasil positifnya..
    Goodlak kang Yogas.. Keep us istiqomah! Terimakasih sharingnya..
    (CaruserMagz.com)

Yuk Tinggalin Jejak Lads..