Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Honda Jazz akan selesai masa baktinya? Serius? Honda City Hatchback bakal mengganti Honda Jazz? Kaya gimana bentuknya? Desainnya? Apa alasannya? Kenapa bisa? Hooo.. hold your horses lads.. Santuy, pelan pelan kekeke.. KBY juga kaget setelah mendengar bisikan ini, kok ya bisa salah satu hatchback legendaris Honda dihentikan begitu saja peredarannya. Trus kenapa malah jadi salah satu sedan Honda yaitu City Hatchback yang menggantikannya? Benarkah modelnya diambil dari Honda Gienia Cina? Coba kita telaah dulu kuy..

SEJARAH SINGKAT HONDA JAZZ DI INDONESIA

Generasi 1

Honda Jazz sudah wara wiri di Indonesia sejak tahun 2004 dengan sasis berkode GD series, dan terkenal dengan sebutan Jazz GD3 – menandakan dia untuk pasar Indonesia dan kebanyakan Asia Tenggara. Sempat masuk lewat importir umum sekitar tahun 2002-2003 dengan nama Honda Fit, akhirnya Honda Prospek Motor (HPM) beneran memasukkan hatchback mungil fungsional tersebut di tahun 2004 dengan campur aduk antara buatan Indonesia dengan Thailand. Yang Indonesia berkode sasis MHR yang Thailand MRH.

Generasi pertama langsung laris bak kacang goreng, karena desainnya yang unik dan imut, kabin spacious dan fungsional berkat penerapan kabin ULTRA Seat. Kabin yang sangat akomodatif ini juga hadir di Honda City dan HRV. Tak hanya kabin yang lega, teknologinya pun advance punya, transmisi matik CVT dengan 7 speed steermatic. Gak heran KBY langsung kesengsem dan punya GD3 i-DSI dengan nama Kuro (hitam) tahun 2005.

Saking larisnya, Honda Jazz yang di awal hanya tersedia mesin i-DSI tersebut langsung menjadi mobil terlaris ke 4 di tahun pertamanya dan membuat Toyota kebingungan dengan penjualan Yarisnya. Tahun 2005 pertengahan, mesin VTEC hadir, membuat KBY nyesel banget gak nunggu hingga bulan Juni hiks.. kemakan sales.

Generasi 2

Generasi kedua Honda Jazz dengan kode GE8 hadir di penghujung tahun 2008. Model ini disebut sebut yang paling evergreen dari sisi desain, hingga kini memang masih enak dilihat dibanding generasi ke 3 GK5. Meski banyak pembaharuan terutama di sektor mesin yang menghilangkan pilihan i-DSI yang gatot sehingga hanya menyisakan VTEC yang powerful, tapi transmisi AT nya kembali ke jenis konvensional, tidak lagi CVT. Hanya saja paddle shift di setir masih dipertahankan.

Penjualan generasi ke 2 ini masih sangat baik dan membuat Toyota berpikir keras akan pembaharuan hatchback andalannya, meskipun di akhir masa baktinya, penjualannya terus menurun karena demam LCGC maupun model Crossover.

Generasi 3

Meski lebih modern dan fitur bertambah, tapi tidak sedikit fans Honda Jazz yang kecewa akan desainnya Jazz berkode GK5 ini. Bentuknya lebih chubby dan mekar, terlihat seperti Mini MPV dibandingkan sebuah hatchback. Harganya pun mulai melonjak naik dan sudah kurang masuk akal untuk sebuah mobil berjenis hatchback membuat penjualan turun dan turun bahkan kalah dari HRV.

Kini di penghujung masa baktinya, ada bisikan kalau Honda Jazz (terutama di Indonesia) tidak akan ada kelanjutan ceritanya. Selesai, kelar, tamat.. dan akan digantikan dengan Honda City Hatchback!

HONDA CITY HATCHBACK

Honda City Hatchback? Civic kali? Bukan kok, beneran City Hatchback lads.. Mungkin sebagian ada yang sudah tau tapi bisa jadi banyak juga yang belum tahu kalau Honda juga memiliki Honda City model Hatchback yang dibuat di Cina. Namanya Honda City Gienia.

Model ini sebenarnya bukan yang benar benar gres karena sudah rilis di Cina pada tahun 2016 lampau. Yap, Honda City Gienia hatchback lahir oleh Honda Cina lads. Sooo, menurut bisikan yang masuk ke KBY, City Hatchback pengganti Honda Jazz tersebut memang basisnya akan diambil dari City Gienia. Apakah akan plek plek modelnya seperti tahun 2016 lalu atau ada penyegaran, nah itu yang belum diketahui lebih lanjut.

HONDA CITY GIENIA HATCHBACK

Nah karena KBY juga belum paham banget si City Gienia hatchback ini, yuk bareng bareng cari tahu asal usul dan seperti apa desain serta fiturnya.

Ternyata City Gienia HB ini diambil dari basis Honda Greiz, Honda City untuk market Cina. Honda Greiz merupakan bentuk masspro dari Honda Concept B yang dihadirkan pada Beijing Motor Show 2014. Jadi bisa dibilang, Honda Gienia ini ya Greiz hatchback yang sementara ini namanya akan berubah menjadi City Hatchback saat dibuat di Indonesia.

Desainnya cakep sih, dan unik, karena merupakan perpaduan antara HRV di bagian depan dengan Civic di bagian belakang. Meski saudaraan dengan Greiz, tapi Gienia punya perbedaan di bagian speedometer, yaitu hanya ada dua cluster yang dipisahkan oleh MID, sedangkan baik City, Greiz dan Grace (nama City di Jepang) punya 3 cluster, yaaa kaya HRV dan Jazz juga sih. Sisanya bentuk layout dashboard tidak ada perbedaan.

Mesinnya masih 1500cc i-VTEC naturally aspirated alias non turbo tapi punya output yang lebih besar dari mesin salome 1500cc non turbo Honda di Indonesia, yaitu 129hp dengan torsi 155Nm.

ALASAN DAN KAPAN HONDA CITY HATCHBACK HADIR

Belum ada berita yang 100% akurat, tapi konon jika HPM terus menjual Honda Jazz, bisa bisa merugi karena harga material yang terus naik sementara cost reduction juga ditekan dari principal. Sooo, kemungkinan mengapa HPM bekerjasama dengan Honda Cina (dan India nantinya juga terlibat), ya karena biaya yang lebih murah.

Kekurangannya, beberapa line up mobil Honda di Indonesia nantinya akan berkiblat ke Honda Cina dan India. Selama itu model dan harganya bisa diterima konsumen Indonesia sih mungkin ga masalah ya. Masspronya juga masih lama kok, dua tahun lagi, jadi santuy aja dulu wkwkkw.. So, bagaimana menurut lads si Honda City Hatchback alias Gienia calon pengganti Honda Jazz ini?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

44 KOMENTAR

  1. Honda city sedan yg baru kan mau released 2020, di india kalau ga salah, mungkin strategi kaya civic, ada sedan ada hatchback gt. Jass tetep ada..

  2. Menurut terawangan ane yg cupu ini kang, kayanya honda jazz nggak bakal tergantikan sih.. itu kan volume makernya hpm. Brand imej jazz udah melekat kuat di masyarakat, sedangkan city agak keseok2.

    • Itu lah yang ada di pikiran ay waktu dapat bocoran ini.. jazz itu salah satu legendanya Honda.. berapa unit dah terjual selama ini? kenapa juga harus distop? Sepertinya ujung ujungnya cuan…

  3. Padahal harga seken honda jazz masih sangat tinggi lho mang.
    Bayangkan yg generasi kedua aja thn 2009-2012 masih dirange 120-140 an jt apalagi yg generasi ke 3 masih range 180- 200 an
    Emang sih harganya baru udah tembus 250 tapi liat di pasar seken masih segitu tingginya emang yakin HPM mau mensiunin nama jazz yg populer disini. Buat gaet cwek masih bisa lah.

  4. Gils…john peace udah out taunya honda indo masih oon… Salah artinya dulu maki2 john peace…

  5. Ini mah modelnya city jenis sedan dikasi pintu belakang model liftback biar pajaknya murah kali ya. Liftbacknya mirip2 avega

  6. Sebagian material dari Cina ? Hadeh, pasti ada yg meragukan kualitas, auto bahan BC. Some do,
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    But not us 🤣🤣🤣

  7. Bisa sih kalo jadi sedan hatchback pantat panjang ala2 civic. Cuma desainnya jangan kaya yg diatas deh, jelek banget.

    Kalo bagus n ekonomis bisa kali buat ganti livina saya…..

  8. Honda City = Honda Jazz versi sedan.
    Honda Jazz = Honda City versi hatchback
    dua mobil itu platformnya sama saja, cuma beda buntut.

    kalau benar next Jazz pakai model India/China, bukan model global /JDM lagi,
    berarti HPM ditinggal om John Peace dan diganti pimpinan langsung dari dai nippon ternyata malah tidak membaik, bisa jadi mungkin semakin parah karena mereka gak tahu selera pasar lokal.

    BTW Honda Gienia yg ada di foto itu cocoknya disebut fastback kali ya.

    • Tepatnya sih liftback.. kaya twin cam liftback dulu .. cuma kata kata liftback, fastback belakangan udah ga kepake lagi keknya, media luar aja lebih memilih pake kata hatchback..

  9. Ampun mbah dibales pake artikel. Klo turun kasta ke city emang ga mau saya. Mending tunggu iu honda jazz yang baru atau pindah pajero ajah mbah

  10. Sepertinya HPM sudah mentasbihkan Brio sebagai pengganti Jazz.. Secara volume juga either Jazz dan Yaris sudah di bawah 1000 unit/ bulan.. Tren hatchback sudah lewat

    Yg paling mendesak itu major facelift Mobilio dan BRV karena di segmen itu Honda kalah telak

  11. Mang kobay, rek komen tapi da moal meuli oge sih..

    Bukannya dr awal konsepnya Jazz sama City tuh satu platform, tapi dibentuk satu hatchback satu sedan?

    Harusnya dipertahankan aja konsep itu, blunder kalo Honda stop Jazz sih.

  12. Waduhhh sedihh deh dengernya, padahal pertma kali belajar mobil thn 2011 pake si gen1 punya babeh yg akhirnya di lego thn 2015 ganti ke veloz,
    Yg akhirnya gw punya jazz gen2 ampe skarang ntu mobil udah kaya istri kedua gw mang
    Jazz lover deh pokonyaa😄😄

  13. bener koq honda jazz bakal discontinue ganti sama honda city hatchback 2 tahun lagi, city hatcback bakal rilos duluan di malaysia tahun depan sekarang lg trial” di vendor.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..