ilustrasi

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Meski pasar sport – mau 150 atau 250 baik street fighter dan fairing – sedang lesu namun ternyata tidak membuat Honda melupakan kelas yang identik dengan desain sporty dan performa tersebut. Sejak lahirnya CBR250RR yang mengejutkan karena benar benar berorientasi pada performa tanpa melupakan fitur, Honda tak puas sampai situ saja akan motor yang menyabet banyak gelar juara balapan tersebut. Sport fairing andalan mereka di kelas 250cc yaitu Honda CBR250RR 2020 dikabarkan akan memiliki ubahan yang terfokus pada performa alias kecepatan untuk versi terbaru! Ini dia updatenya.

Bisa dikatakan update dari CBR250RR terbaru ini adalah informasi yang kedua, karena beberapa paten dari New CBR250RR 2020 sudah pernah KBY bahas beberapa bulan yang lalu (baca: CBR250RR bakal dilengkapi keyless, slipper clutch dan quick shift). Kini informasi yang hadir sudah mulai merambah ke area mesin dimana perubahannya tetap fokus ke performa ditambah dengan beberapa fitur lain di luar yang pernah dibahas sebelumnya.

PERUBAHAN PADA MESIN

Ada yang berubah di mesin yang sangat kuat indikasinya akan berpengaruh pada power, seperti perubahan dari intake atau jalur filter udara yang disebutkan perubahan tersebut untuk memaksimalkan udara yang masuk ke ruang bakar, dari sini saja jelas tenaganya akan ada perubahan.

Kemudian Honda juga sudah kedapatan telah mendaftarkan paten berupa sistem jalur oli mesin yang berbeda alurnya yang kemungkinan untuk meningkatkan sistem pendinginan di mesin.

KNALPOT JADI 1 CHAMBER

Salah satu yang unik dan menjadi ciri khas Honda CBR250RR adalah knalpot alias exhaustnya yang punya model bertingkat dengan 2 chamber. Meski desainnya bukan selera semua orang tapi desain tersebut sebenarnya membuat suara dan tenaga yang berbeda.

Nah di New CBR250RR 2020 terbaru nanti, jalur pembuangan alias knalpot akan berubah drastis menjadi satu lobang pembuangan saja. Hal tersebut dapat terlihat dari gambar desain paten yang didaftarkan oleh Honda, (abaikan desain motornya karena itu disinyalir kuat sebagai sebuah kamuflase saja).

Dari foto gambar paten tersebut terlihat dengan jelas bahwa desain knalpot berubah total, dari jalur depan sih seperti halnya motor 2 silinder pada umumnya, namun yang unik selepas chamber tengah terlihat ada dua pipa yang kemudian berakhir dengan menyatu pada silencer dengan satu lobang pembuangan saja. Itukah salah satu model power boom? Entahlah. Kemudian apakah bentuk knalpotnya akan seperti pada patent? Kemungkinan besar iya.

CBR250RR 2020 DENGAN CRUISE CONTROL?

Honda CBR250RR 2020 seperti yang diinfokan oleh kojintekibikematome akan tetap memakai sistem throttle by wire dengan 3 riding mode yang memiliki penambahan tenaga di tiap modenya, ditambah fitur yang KBY sebutkan pada artikel sebelumnya yaitu slipper clutch untuk menambah akselerasi dan mengurangi efek engine brake yang berlebihan. Juga dikatakan akan memiliki quick shift!

Throttle by wirenya juga membuat CBR250RR terbaru nantinya akan dilengkapi dengan Cruise Control! Eh bused, tapi sepertinya untuk versi Indonesia sih gakan digunakan/ terapkan yes, mubazir!! Lah baru aktif dah kudu ngerem wkwkwk…

ilustrasi

Tak ketinggalan fitur Smart key atau keyless juga akan menjadi fitur standar di Next CBR250RR nantinya sesuai pada info artikel sebelumnya. Abaikan speedometernya yah, cuma sebagai pengecoh, belum tentu kek gitu bentuknya hehe.

Sooo.. sebagai penutup, KBY melihat Honda ternyata konsisten terhadap sang fenomenal CBR250RR.. Meski penjualan sport sedang seret khususnya di Indonesia, tapi kemungkinan memang proyek Baby RR ini sebagai “divisi sport” nya Honda di kelas 250-300cc. Kemantapan mereka akan progres dan update seri RR ini juga berkat prestasi yang ditorehkan Honda CBR250RR. Well, akan kita lihat sentuhan terbarunya di tahun 2020 mendatang!

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

24 KOMENTAR

  1. Cbr 250 jomblo reborn daripada mangkrak di gudang,copot engine lama pasang twin silinder,sisanya di cat ulang beres

  2. dan jika apabila power new cbr 45hp dan power ninja 4i juga 45hp dgn harga yg jauh berbeda, kira” lo juga gak bakalan beli kan?

  3. Untuk mengerem pemberitaan ninja 4 silinder yg kbrnya power di kisaran 45 an hp, honda lgsg gerak buat cerita power cbr bisa 40 ++ hp, kaum mending pasti berpikir keras

  4. Liat cbr250rr diparkiran atm warna merah sekilas saya kira cbr150, pas orangnya pergi lho kok 2silinder 😂

  5. Udah bener kek gitu Bro’, ngapain motor 250cc 2silinder body kegedean kayak yg dua itu,,
    Ngaruh juga di PWR coy (Power to Weight Ratio)
    😁

  6. semakin yakin beli cbr krna pemberitaan ini saya bersabar menunggu versi facelift.

    bodo amat sama ninja 4 silinder.. bukan kaum mendang mending, tpi memang bagi saya yg bukan orang kaya” banget ga mampu wkwkwk

    harga motor 140an jt,, peratawat 4 silindernya itu loh wkwkwk. 2x lipat perawatan 2 silinder, cbr250R 1 silinder 250cc aja perawatannya udah engap wkwkwk

    ini 4 silinder udah kayak mobil. tp performa cuma 45HP isunya, wkwkwk

    cbr250rr laris,, ninja 250RRRR cuma jd motor hobby.

  7. Kang K0bay sugeng siang.
    Inyong njaluk tulung Kang.
    Tulung sharingkan pengalaman mempunyai dan menunggangi cibi250rr
    Suka duka, plus dan minusnya, terutama setelah cukup lama memakainya.
    Makasih Kang, minat tuku kie…

  8. semoga desainnya ga se ‘garang’ yang sekarang, lebih soft lah . . . kalo bisa ala2 cbr600rr yang terakhir.

    eh tapi saya ga bakal beli juga kok . . . . lunasin cicilan rumah dulu 5 tahun kedepan 😀

  9. klo ini mah gambar paten serius ga kaya si ono gambar paten cuma hanya sebatas fatamorgana sekali lahir cuma ganti ban doank udh brni kasih embel2 cross😂#mewaki jeritan hati fbs

  10. 38 koma hp mampu ngejabani 40 hp 😂
    Gimana nanti nambah power lagi coba ?
    Ediaaan emang nih si Masterpiece indonesia 😂

  11. Smoga kalau beneran ada ninja 4 silinder, semua motor model sport ikut bangkit/keangkat lagi 😁.

    Dan motor harga ninja 4 silinder gk usah mepet” yg 2 silinder. Biar ekslusif (biar kaum alay velg cacing, jrng yg punya 😅).
    Selain itu biar 2 silinder bisa ketarik juga, kalau di dagang itu ada yg namanya barang pelengkap/barang penarik, dan ada barang dagangan utama.

  12. Wanjay yg lama aja blm kebeli !!!!!! Ya semoga tren motor 5 tahun kedepan makin memanas seiring perkembangan motor mobil listrik yg (klo jd) makin bnyk dipakai, spek & fitur sangar harga bersahabat ky hp andoid cina.

  13. CBR250RR hybrid buat next gen… Sayang VTech blom diaplikasikan ke divisi sport.. nunggu pcx reborn dulu baru yg lainnya

Yuk Tinggalin Jejak Lads..