Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Apa kabar Hyunda? Mobil buatan Korea ini infonya naik turun tanpa ada yang begitu menonjol. Kehadiran Hyundai Kona dengan bentuk crossover lumayan membuat hangat pasar otomotif roda empat di Indonesia. Tapi bukan mobil itu yang akan kita bahas saat ini lads, melainkan rencana Hyundai untuk ikutan terjun ke kancah pasar gurih kelas LCGC di Indonesia dengan menggunakan basis mobil konsep Hyundai Hexa Space! Wah hot gosip gak nih?

Pada dasarnya produk produk Hyundai itu memiliki desain yang ciamik dan keren loh. Tengok i20, hatchback yang sepintas mirip mobil mobil keluaran Jerman, ya VW atau Audi. Lantas ada Tucson, desainnya pun ganteng dan sangat enak dilihat, hingga Santa Fe yang mewah dan gagah.

Sayang selain Santa Fe yang harganya sulit bersaing dengan produk Jepang, line up Hyundai lainnya seperti asal jual, fitur banyak disunat agar harganya bisa masuk dengan dompet calon konsumen. Tapi tau sendiri lah karakter konsumen Indonesia, kalau fiturnya minim mending pilih merek yang sudah settled atau produk yang banyak fitur tapi harga di bawah Hyundai.

PRODUK LCGC BERBASIS HYUNDAI HEXA SPACE

Kita kembali ke pembahasan awal yes, gosip yang KBY dapatkan, Hyundai tertarik untuk ikutan terjun di pasar gurih di Indonesia, yaitu pasar mobil LCGC! Saat ini pemain mobil LCGC bisa disebut cuma ada tiga, Daihatsu dan Toyota dengan produk identik, Ayla-Agya, Sigra – Calya, serta Honda dengan Brio Satya. Pemain lain? Ada sih, Datsun dengan Go, GO Plus dan GO plus Cross tapi sudah mulai tenggelam namanya.

Nah atas ketertarikan Hyundai akan kelas LCGC, mereka disebutkan mempersiapkan basis modelnya dulu dari mobil konsep yang punya nama Hyundai Hexa Space! Seperti apa sih Hexa Space? Sama, KBY juga belum apal banget. Cari tau sedikit kuy..

HYUNDAI HEXA SPACE

Mobil konsep Hexa Space sendiri lahir dari pengembangan konsep Hyundai iX20 yang pertama kali diperlihatkan di New Delhi Auto Show 2012. Hexa Space yang digadang sebagai mobil keluarga kaum urban memang diharapkan sebagai jawaban Hyundai untuk lebih memperhatikan kebutuhan pasar Asia dari fokus sebelumnya di Eropa.

Untuk ukuran, Hexa Space dibangun dengan dimensi panjang 4.300 mm, lebar 1.829 mm dan tinggi 1.647 mm dengan wheelbase 2.750 mm. Tubuh mobil itu lalu disokong oleh kaki berukuran 19 inci. Untuk memudahkan bayangan, dimensi Hexa tersebut kurang lebih sebesar Suzuki All New Ertiga Suzuki Sport lads.

Belum terlalu detail seperti apa desainnya mobil LCGC Hyundai yang berbasi Hexa Space nanti, apakah akan mirip dengan Hexa atau hanya sepersekiannya saja. Yang jelas kalau basisnya Hexa, setidaknya sudah jelas kemana arahnya, yaitu LCGC 7 tempat duduk yang berarti akan melawan duet Astra – Calya dan Sigra.

BASIS MESIN LCGC HYUNDAI

Mengingat Calya dan Sigra memiliki mesin 1200cc, Hyundai juga memiliki mesin dengan kapasitas sama yang kalau di Indonesia bisa diambil dari Hyundai Grand i10. Mesinnya adalah 1.25L Kappa Engine 16 valve D CVVT. Pengembangan dari mobil LCGC Hyundai tersebut direncanakan siap meluncur pada tahun 2021 dan sepertinya Indonesia akan masuk target khusus dengan diproduksi di sini.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

13 KOMENTAR

  1. Jngn lupa,suzuki karimun jg lcgc….dan pasar lcgc sdh makin menyusut,apa malah enggak ketinggalan nih?

  2. Datsun kalah saing karena bodi spt kaleng dan built quality apa adanya…masa nutup pintu bunyinya spt 2 besi beradu

  3. lha… selama ini kan duo korea paling males produksi disini… semua nya nunggu keran import dari pusat

    kok skrg bs ikut lcgc yg harus produksi di dalem negeri?

  4. Hyundai hemm.. Perna miara si grand avega thn 2012.. Thn 2016, ane jual..ganti, turun thn w204 rakitan 2008 c200k yg masi pakek kompresor alias supercharger, c200 cgi alias kami suka turbo, belum kebeli 😁,kantong owe kurang duitnya 😂😂

    Bener Hyundai nie suka sunat fitur,😁 sampai airbag G avega pun di sunat 😂..
    Masalah G avega yg ane perna kenak… Pas mobil habis jalan agak jauh aman” aja,,, parkir berhenti lama, pas mau di hidupin mesin pincang, bergetar heboh, langsung kunci kita offkan,mati mobil, hidupkan lagi, lah aman dah 😂😂.. di tanyak ke beres pun, beresnya pun bingung, Apa lagi gua.. Dan penyakit itu gk hilang, mau kambuh kambuhan😂😂
    Terus sensor Abs ban kiri belakang,, suka x rusak.. Kalo rusak hidup indikator di speedonya.. Harganya 250 ribuan,, tapi sensor roda yg lain aman” aja.. Asik roda blkng kiri aja yg rusak😵😵

    Tapi, initinya mobilnya enak dah mesin 1.4 cc bandel juga sayang GC Rendah, nerjang jalan sumatera yg sangkin mulus ini,, suka gusrak 😂, Bbm ya hemat.

  5. lupa sama karimun mang? btw vvuling formo harganya jg masuk lgcg sepertinyah. trus bakal ada renault triber jg. wah malah rame lagi euy

  6. Mang, lcgc kan bakal dihapus tahun ini…lagian dari dimensinya aja nggak mungkin deh, apalagi pake fitur yg lengkap. Lmpv atau Lsuv kali.

    Mungkin buat pesaing all new brv dan xpander, yaa diatas 200jt lah

Yuk Tinggalin Jejak Lads..