Ertiga menang nyaman

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Alasan memilih Suzuki All New Ertiga Suzuki Sport. Dalam memilih kendaraan roda empat, begitu banyak pilihan dan juga pertimbangan. Jika bicara kondisi ideal alias yang dimau, pilihan bisa saja disesuaikan dengan keinginan, tentu jika disokong dengan dana yang sesuai juga. Bagaimana kalau dana yang ada hanya mengerucut kepada jenis Low MPV 7 tempat duduk? Maka pilihan KBY sudah jelas ke All New Ertiga Suzuki Sport, apa alasannya memilih MPV ini?

Ngomongin kondisi ideal alias keinginan, jelas sih pengennya Big SUV 7 seater kaya Pajero Sport, Fortuner, CRV atau Santa Fe, ataauu Luxury MPV seperti Voxy, Serena, Vellfire, Elgran maupun Odyssey.. tapi berhubung dana terbatas, terus daripada dapur gak ngebul gegara memaksakan kehendak 😀 maka pilihan masuk akal sesuai dana yang dimiliki adalah Low MPV 7 tempat duduk dan KBY memilih Suzuki All New Ertiga Suzuki Sport sebagai mobil keluarga.

Mau tidak mau, suka tidak suka, mobil masih dilihat sebagai strata sosial di masyarakat, punya mobil – apalagi baru, ya josss lah, meski bagi yang paham sih akan tergantung dari jenis kendaraan yang dimiliki. Tapi bukan status sosial yang KBY cari dalam niat memiliki kembali sebuah mobil.

LATAR BELAKANG

Sejak mobil andalan Honda Jazz GD3 idsi CVT buatan tahun 2005 – hasil pembelian kolaborasi duit sendiri dan orang tua – disekolahin biar rumah yang ditempati saat ini lebih nyaman dan anak anak punya kamar masing masing, KBY sadar ternyata begitu beratnya ya sebagai imam dan orang tua dalam memberikan kondisi ideal di rumah tangga – secara materi.

masih pakai blackracing phantom winter edition 😀

Transportasi roda dua saja ternyata tidaklah cukup, meski alhamdulillah sejauh ini istri dan anak anak gak pernah protes tidak adanya mobil, terima kasih atas kemudahan era modern saat ini seperti adanya grab car atau go car yang tinggal buka aplikasi siap mengantar kita kemana saja.

Namun ada beberapa momen yang memang sangat membutuhkan kehadiran roda empat alias mobil lads, seperti saat malam malam Ibunda tercinta sakit dan butuh kendaraan untuk mengantarkan ke rumah sakit dengan segera kami semua kebingungan. Untunglah ada mobil tetangga yang siap mengantarkan saat itu.. Malah curcol ya hehe.

Intinya, kami sekeluarga memang membutuhkan mobil, dan ternyata sangat sangat tidak mudah untuk mendapatkannya karena dana yang ada harus terkumpul dan berusaha agar tidak terkena riba ditambah keinginan model tertentu dalam memiliki sang mobil.. intinya ogah asal mobil lads.. Apalagi kali ini tidak ada sokongan dana dari orang tua seperti jaman dulu, murni keringat sendiri!

Di sini lah KBY merasakan hebatnya orang tua KBY jaman dulu, di usia yang hanya beda sedikit lebih tua dengan KBY saat ini, namun sudah memiliki banyak kendaraan dimana masing masing anak bisa merasakan memiliki mobil masing masing. Sekarang? Jaman anaknya sudah berbeda euyyy.. harga makin tinggi kebutuhan juga banyak. Laaah curcol lagi wkwkkw.

baca: Komparasi Low MPV 1500cc Harga 200 Jutaan dan Kesimpulan Adu Hebat Low MPV 1500cc 200 Jutaan

INGIN MOBIL BARU BIAR LEBIH NYAMAN KE HATI

Sempat kepikiran ambil mobil bekas saja, dengan dana 100 – 150 juta sudah dapat yang lumayan bagus, misal salah satunya Honda Freed tapi rata rata usianya sudah di atas 5 tahun lads. Belum lagi namanya mobil bekas, perawatan ekstra harus disiapkan jika terjadi sesuatu, so mobil baru sudah menjadi keputusan mutlak kami. Alasannya, biar nyaman gada dana kagetan.

Mobil baru juga banyak jenisnya, kembali ke harga, jika sekedar mobil, maka jenis LCGC bisa saja ditebus.. Nah disini lah kejelekannya, gengsi mulai berbicara, ogah juga punya mobil level itu lads, inginnya di atas itu, belagu ya kaya ada duitnya aja wkwkwk..

MENGAPA SUZUKI?

Setelah hitung hitungan, dana pun mencukupi untuk menebus mobil dengan level low MPV 7 tempat duduk. Banyak pilihan di kelas ini, dari pemain lama duet kembar Avanza – Xenia, Mobilio, Xpander, New Livina, Ertiga hingga Confero.

Dari sisi desain, yang masuk pilihan ada Mobilio, Xpander/ Livina dan All New Ertiga. Karakter paling kuat dimiliki oleh Xpander dan New Livina, modelnya gagah dan tangguh, no doubt deh. Posisi kedua ada di Mobilio, dari dulu untuk mobil, KBY memang lebih suka karakter Honda yang mendewakan handling, ketiga barulah All New Ertiga.

Jaman berubah, usia bertambah, urusan handling dan performa pun bergeser menjadi hal ke sekian, yang penting nyaman, lincah dan efisien dari sisi pemakaian bbm maupun perawatan. Ini lah yang membuat KBY melirik Suzuki All New Ertiga Suzuki Sport yang lahir belakangan, membuat posisinya naik jadi di atas Mobilio.

Ini si Dongu, Escudo Ungu punya KBY jaman kuliah dulu hehe..

Selain itu, nama Suzuki sendiri bisa dikatakan kental dengan keluarga KBY lads. Mobil pertama orang tua adalah Suzuki Jimny Jangkrik.. Saat diminta memilih mobil untuk kuliah, KBY pilih Suzuki Escudo 96 persis setahun sebelum krismon, saat adik dibelikan mobil, kami memilih Suzuki Karimun kotak. Begitu juga dengan motor, ada Tornado GS, Shogun Kebo dan Shogun 125 RS.

Jadi, KBY bukan fans Suzuki karbitan loh wkwkwk..

MENGAPA SUZUKI ALL NEW ERTIGA SUZUKI SPORT?

Faktor pengalaman memiliki Suzuki itulah yang membuat KBY memutuskan mengambil Suzuki Ertiga, Mitsubishi belum pernah sama sekali tapi cukup hafal dengan biaya perawatan yang lumayan dari dulu, kurang lebih sama dengan Honda. Ditambah karakteristik suspensi Honda yang memang cenderung lebih keras dari kompetitor agar lebih stabil, well kalau 10 tahun lalu mungkin cocok cocok aja hehe.

Perawatan Suzuki itu mudah dan murah, mesin tangguh dan bandel, tenaga lebih dari cukup dan soal fitur Suzuki biasanya gak pelit. Kenyamanan kaki kaki, kabin dan performa mesinnya juga dapat diandalkan. Singkatnya, pengalaman keluarga kami dengan Suzuki sangat memuaskan.

All New Ertiga sudah membuat KBY jatuh hati saat pertama kali melihat desainnya, jauh lebih cantik dibanding generasi pertama yang terkesan plain, ditambah saat sudah mengetesnya berhari hari.. dalam hati, ini adalah kandidat kuat mobil yang harus dimiliki. Simak artikel dan videonya di bawah ini.

Review Suzuki All New Ertiga GX MT ESP

Kehadiran Mitsubishi Xpander dan belakangan diikuti kembarannya Nissan All New Livina sempat membuat goyah. Xpander (dan Livina) hadir dengan membawa standar baru sebuah low MPV 7 seater. Desain ganteng dan futuristis dengan banjir fitur! Lantas mengapa Suzuki All New Ertiga Suzuki Sport?

All New Ertiga Suzuki Sport kemudian hadir.. dengan sentuhan desain eksterior yang membuat KBY terpikat, body kit model add on dengan emblem Suzuki Sport membuat desainnya lebih sporty. Ditambah, Suzuki ternyata memberikan sentuhan fitur baru yang membuat KBY lupa dengan Xpander.

KELEBIHAN SUZUKI ALL NEW ERTIGA SUZUKI SPORT

Berikut yang membuat KBY memilih Suzuki All New Ertiga Suzuki Sport yang membuatnya agak berbeda dengan yang lain.

  • Desain lebih sporty dengan body kit orisinal Suzuki Sport
  • AC Digital Auto Climate (soal AC Suzuki sama lah dengan Toyota, dingin punya).
  • Lampu rem LED dengan DRL LED
  • Lampu depan projector
  • DRL di depan yang cantik
  • Monitor touch screen
  • Kabin yang mewah dan kedap
  • Driving position yang mantap
  • Kualitas bungkus dan busa jok yang nyaman
  • Nyaman hingga baris ketiga
  • ABS, EBD, BA, Hill Hold Control dan ESP – betul di tipe ini ESP kembali hadir.

Dan masih banyak lagi fitur yang juga dimiliki oleh MPV lain di kelasnya. All New Ertiga Suzuki Sport memang tidaklah sempurna dan masih ada beberapa hal yang dikalahkan oleh kompetitor, namun MPV andalan Suzuki ini sudah sangat memenuhi ekpektasi KBY akan sebuah mobil keluarga dengan 7 tempat duduk.. Alhamdulillah, itu mengapa alasan KBY memilih mobil seharga Rp. 251.500.000 ini.

TRANSMISI OTOMATIS

Oia karena bakal sering dipakai di dalam kota Jakarta yang lebih sering macet daripada lancar, pilihan transmisi matik menjadi hal yang utama bagi keluarga KBY. Kalau kepingin sih Suzuki memberikan transmisi model CVT yang jauh lebih halus, apalagi kalau ada manual mode nya, tapi ini juga cukup lah, sesuai harga wkwkwk..

Disyukuri apa yang sanggup dimiliki, lihat ke atas pastinya masih banyak orang yang memiliki lebih dari apa yang kita punya, jadikan sebagai penyemangat. Lihat ke bawah untuk mensyukuri nikmat yang dimiliki karena masih banyak juga yang tidak seberuntung kita. Setuju lads? Semoga artikel Alasan memilih All New Ertiga Suzuki Sport ini dapat menginspirasi, apapun pilihan lads nantinya.

Ertiga menang nyaman

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

    • Email me: kobayogasblog@gmail.com
    • Facebook : @kobayogas
    • Twitter : @kobayogasblog
    • Instagram: Kobayogasblog
    • YouTube channel: Yogas Kobayogas
    • Path: Yogas Kobayogas.com

    <

77 KOMENTAR

  1. weh….keduluan mamang neh…wkwkwk…
    aing masih nabung mang, setuju nih buat menghindari riba…mudah2an akhir taun depan kelar nabungnya…

  2. Hmm
    Memang cakep nih mobil
    Ganti kaki2 mang

    Velg r17 ban 215/45 atau 50
    Per ganti lowering kit
    Beuuuh cuakeeep

    Tpi sekarang tertarik livina, memang sama dg xpander dalemnya, tpi jok kulit dan black interior bikin livina berada 1 krlas d atas xpander, cakep mang
    Kurangnya ertiga ss ada 5 d interiornya, port charger gak sampe belakang, non telescopic steering, gakda tempat geletakin hp d dashboard seperti ertiga 1st gen dan xpander, hand rest baris kedua come on suzuki ertiga lawas aja ada, terakhir gakda kompartemen d tgh jok depan merangkap jadi handrest kalau bsa sih

    Kalau kekedapan kabin mirip sama xpander yak mang?

    • Kekurangan dan kelebihan Ertiga nanti gw bahas di artikel khusus yes..

      Kalau lowering kit gak kepikiran, soalnya gw nyari nyaman sekarang hehe…udah puas maen di jazz dulu..

      Soal kedap menurut gw Ertiga d atasnya, adek gw juga ngakuin yg punya Xpander

  3. Dulu sy punya ertiga GL MT 2014 beli dari baru. Pakai 3 taon worthed banget. Servis selalu di bengkel resmi dan murah banget. Cuma driving position tipe GL gak ada seat adjuster yg bikin kurang sreg. Akhirnya mobil dijual gara2 kaki kiri gak kuat nginjek pedal kopling akibat ganasnya macet di jakarta. Kedapnya kabin joozzz

  4. ditunggu review pas ketemu tanjakan curam dengan kondisi full. temen ane punya ertiga diesel katanya sih ga kuat, nanti ane tanya lagi lokasi tkp nya yes?
    btw congratz buat mobil barunya

  5. semua kekurangan r3 ketutup sama kabin sopirnya yg paling luas dibanding lmpv yg lain. maklum body beruang 190cm 150kg, yg lain mah mau masuk aja susah palagi duduk, setir mentok perut kalo ga dengkul mentok dashboard haha, kl ertiga lega

  6. Betul Mang , wajib disukuri apa yang bisa kita dapatkan..
    Selera orang berbeda2 pastinya..dari saya ,hanya seupil yg gak bikin sreg dri ertiga baru ini, yaitu bagian lampu belakang yang naik keatas tsb..selebihnya? Ni mobil keren lah dikelasnya Yess👍😁 . Gak sreg itu bukan kaga bagus..toh siertiga ini disukai banyak orang ,itu hanya seupil sisi yang kurang dari mata saya saja .

  7. Mantap mang…
    Alhamdulillah saya pake Gadies
    Alhamdulillahnya lagi Gadies masuk salah 1 mobil yang gak kena aturan ganjil genap di Jakarta

  8. Selamat Mang Kobay atas Ertiga SS nya …
    Next semoga bisa coba dan pilih Ertiga SS … Oh ya artikel ini sekaligus bisa menjawab pertanyaan saya di komen artikel yg lama … Makasih Mang 👍😊

  9. Kemaren di komenan artikel sblmnya ada yg bilang dpt diskon 25jt, mang kobay yg sport dpt diskon brp mang?

  10. Super.. super sekali sampai meneteskan airmata saya membaca ceritanya, 👏👏👏, smoga mobilnya berkah bagi keluarga tercinta!

  11. Congratz ya Mang Kobay atas mobil barunya…

    Semoga membawa kebaikan dan keberkahan utk Mamang sekeluarga..
    Aamiin….

  12. kalau nyari bekas padahal mau nyaranin INNOVA DONO ( innova sebelum reborn )
    harga 160-185 jutaan. klo bisa ambil diesel krna perawatan murah dan bensin auto irit. + suspensi innova dono adalah suspensi Toyota yg paling dewasa, klo reborn masih limbung. yahh mau gmn lgi, om kobay pgn baru wkwkwk

    klo baru dgn budget segitu emang ertiga pilihan terbaik saat ini,, EXPANDER? masih ada masalah di idle rpm , bbrp orng merasakan ( tenaga lemot).

    klo avanza ? emang tangguh tpi bosan lah
    ( tpi buat kebut”an avanza menang di kelasnya wkwkwk ),
    gua aja yg dri awal pake xenia 2009, lalu beli baru veloz 2013 saat itu, ketika sekarang saingannya banyak, berasa bawa angkot klo avanza ( suspensinya ga ada bedanya ternyata yg all new )

    ertiga skrng udh 1500cc ya klo ga salah? walau tenaganya masih kalah sih sama avanza. tp yg lucu itu dashbor ertiga kgk simetris wkwkwk yg tengah kayak mencong.

    honda mobilio? bosan jg, klo di bawa kebut ngeri, setirnya terlalu ringan bagi saya, GC rendah di kelasnya ( mending ambil brio, udah lebih dri cukup, handling jg perfect )

    overall pilihan yg bagus lah

  13. kok lain ama ertiga gw.? punya gw yg disarankan itu ganti oli tiap 5000 km, trus stikerx di tempel di kaca atas bagian kanan stir..

  14. Bagasinya Kang, ertiga yg terbaru ini jozz..
    Gede banget. Apalagi kalo tutup separatornya gak dipake, tas ukuran gede bisa masuk dng kondisi jok paling belakang msh tegak.

  15. Wah jadi bingung ni mang antara veloz 1.5 apa ertiga. Kalau yang diperlukan kebandelan kira2 pilih mana mang?

  16. Pertimbanganya mirip
    1. Mau expander tapi gak mau nyicil
    2. Nyoba Mobilio kurang busa dan kurang empuk buat anak istri
    3. Mau Veloz kok facelift nya ala kadar dan kurang irit
    4. Dan Ertiga GX àt lah yang masuk garasi pas diskon pula dapet 200 pas sebelum minor change gak papa lah pake AC kaya kompor

  17. Jujur mang… ane masih tetep kepincut sama si sexy baleno hatchback… namun apa daya… penghasilan belum mencukupi untuk kredit apalahi cash awokwokwok 🤣

  18. ternyata artikel LMPV terakhir adalah survei tersembunyi lads hahahay. btw congrets atas bergabungnya ertisport semoga awet & varokah mang

    • Hehe artikel LMPV sebenarnya udah dari sebelum lebaran, sekitar awal bulan Mei.. cuma ya gitu, mendem di draft lama karena gw kudu bulak balik buka website masing masing .. takes time banget dah kalau artikel komparasi banyak produk..

      Si ANESS datang 2 Minggu setelah lebaran..

  19. tp kkalo komen2 diitung hasilnya klop lho mang. mayoritas yg pny bekgron mirip2 mang kobay (segmentasi, ekonomi, usability) milihnya Erti. yoi lmpv emang gampang2 syuseh banyak bingit faktornya. Ditungu review harian & trip jauhnya mang

    • Gw pikir keputusannya kurleb sama, ujung ujungnya harga, Ertiga bisa dapat diskon lumayan, produknya bukan abal abal pula..fitur lengkap.

      Beli Xpander? Kadang boro dapet diskon, yang ada nunggu inden..

      Veloz? Menurut gw buat mereka yang lebih cari aman dari nama Toyota, meski sekennya gak sebaik Avanza 1.3

  20. Bicara “Latar Belakang”, somehow kita ada kemiripan cerita yak…
    Angkot gua dulu terpaksa dilepas buat nutupin biaya renov gubuk yg overbudget, jadi sempet ngutang juga sama pemborongnya hampir sebulan nunggu laku

  21. Mantep Om pilihannya, tapi kalo ane sih duit segitu bisa dapet sienta Q(cvt, manual mode 7 speed, LED proj, ac digital, mid yg amaze, psd, all disc brake, ebd, abs, esc, ha dll), diskon lagi gila2an. apa lagi sekennya juga jatoh toh toh, soalnya rata2 yang beli sienta emak2 sosialita. wkwkwkwk. fitur dan kasta diatas lmpv, kalo di mall PSD nya ala2 mobil luxury mpv, lumayan bandel pake mesin veloz. walaupun design depannya anti mainstream macem kodok mangap, wkwkwk.

  22. semoga beberapa tahun kedepan bisa punya salah satu buat ajak jalan jalan ortu bareng istri aamiinn

  23. congrats buat mobil barunya.
    Ertiga memang paling worth for money, kalau dilihat dari perbandingan harga dengan fitur yg didapat, apalagi sekarang diskonnya juga gede.
    cuma sayangnya kalau dibandingkan dengan Maruti Ertiga, Suzuki Ertiga lokal banyak sunatannya. semoga Suzuki Indonesia segera tobat dan sunatannya segera dibalikin.

    pengalaman dulu pernah beberapa kali bawa Ertiga 1st gen selama beberapa hari, memang enak mobilnya, dan bensinnya juga irit.
    kalau Ertiga yg baru ini belum pernah test drive.

  24. oh iya mang tes bensin f2f . pernah liat di utub ada yg tes erti matic vs erti manual konsumsi bensin yg matic bisa 11-12 atau bahkan lebih irit dibanding yg manual di tes bareng dgn rute & medan yg sama. bener ga sih eta?

    • Siap… Kalau di jalan biasa, MT udah pasti lebih irit, kecuali rutenya banyakan tol, AT bisa lebih hemat karena biasanya rpm nya lebih rendah di kecepatan yang sama.. artinya beban kerja mesin ringan debit BBM juga lebih sedikit

  25. Dikasih bonus apa aja mang? Ambil di suzuki mana? Diskon paling mentok 25 kan? ya kan? ya kan?

    • bonus standar, KF Solargard premium OEM, karpet beludru Ertiga, talang air, apalagi ya kayaknya itu aja.

      Nah kalau di video All New Ertiga gw di Youtube, ada yang komen dia baru SPK dan dapat diskon 30juta untuk tipe Suzuki Sport MT mang..

      belum nanya banyak, baru kasih selamat aja, bisa jadi gede karena kredit, biasanya sih begitu yes..

  26. Kalo speed dibawah 80 yang manual lebih irit, apalagi kalo pinter jaga rpm dibawah 2500
    Kalo di tol yang matic lebih irit

    Rekor ane pernah 21 km/liter MID jalan luar kota bukan tol

  27. Gadies itu Ertiga diesel lho mang, ntar dikira gadis beneran 😁😁
    Setelah All New Ertiga keluar istri jadi kepincut sama yang sport. Emang desain eksteriornya yg All New Ertiga sport lebih macho dibanding yang All New Ertiga. Interiornya juga demen banget karena dominasi warna hitam.
    Dan kalau bicara irit Ertiga emang rajanya mang
    Bravo Ertiga 👍👍

    • Dulu sempet mantau perkembangan diesel Ertiga, sayang gada AT, spin juga gitu.. jatohnya mahal kali yak?

      Di ANE juga gw tungguin, gada diesel AT

  28. Sebenarnya yang All New yg varian diesel ada yang matic mesinnya juga baru 1.500
    Tapi sayang kang Dony Saputra kurang serius garap varian dieselnya. Jadi yang All New kagak ada varian dieselnya

  29. telat baca artikel, eh malah gagal fokus ke kandang murai, mang kobai kicaumania juga kah?
    haha

Yuk Tinggalin Jejak Lads..