banner

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Gada habisnya yah Honda ADV 150 wkwkwk.. Liat langsung udah, emang keren sih desain dan tongkrongannya, fiturnya juga terbilang lengkap. Tes langsung juga udah meski belum bisa dikatakan 100% puas, masih butuh explorasi lebih jauh. Nah, yang menarik, ADV 150 ini tentunya jadi perhatian semua pihak pemerhati otomotif, baik kubu lawan maupun kawan.. Hingga ada satu pertanyaan yang istimewa, kenapa skutik sekeren Honda ADV 150 masih pakai mesin 2 klep jadul? Kenapa gak secanggih sebelah dengan VVA atau VTEC ala Honda? Bener juga.. bahas kuy!

KENAPA HONDA ADV 150 DIKASIH MESIN JADUL 2 KLEP?

niceguy

Melihat foto head to head antara ADV dgn Nmax saya yakin telah terjadi kesalahan disitu. Mang Kobay pasti tahu dimana letak kesalahannya

Kesalahannya adalah kenapa motor seganteng ADV cuma dikasih mesin jadul 2 klep yang “irit” power, sementara Nmax dengan desain cukup elegan (saya ga bilang jelek, tapi kalau kalah ganteng, iya) justru punya mesin vva yang lebih gahar? Ini pasti tertukar, saya yakin 110% akan hal ini

Pertanyaan yang menarik bukan dari rekan komentator blog ini hehe.. Dan sebenarnya pertanyaan tersebut bukan yang pertama, hingga akhirnya KBY memutuskan kayaknya asik buat dijadikan artikel dan diskusi bareng bareng yes?

baca juga: Test Ride Honda ADV 150

Salahkah pertanyaan mamang Niceguy di atas? Menurut KBY sih gak, malah kalau dilihat dari satu sisi jadi bener banget, kenapa sih Honda kudu mempertahankan 2 klep ESP jadul dan diberikan pada Honda ADV yang sudah tampil mengesankan? Memangnya gak bisa atau gak punya mesin yang lebih advance sesuai namanya?

BANYAK PERTIMBANGAN

Tapi di lihat dari 1 sisi, AHM juga ga salah.. pada prinsipnya pabrikan punya strategi masing masing terutama yang ujung ujungnya berakhir di penjualan. Kenapa dikasih mesin salome yang dipakai dari mulai Vario 125 hingga ADV 150? Tentu ada alasannya. Jawaban ini bukan merupakan respon resmi dari AHM, melainkan opini KBY pribadi ya. Cateeett 😀

baca juga: First Impression ADV 150

Dalam dunia bisnis dan bermain di kolam yang sama, strategi itu hukumnya wajib ada, tanpa adanya strategi yang mumpuni, tentu tujuan yang diinginkan akan sulit tercapai. Dalam hal ini adalah sepeda motor Honda vs kompetitor.

Bagi Yamaha sang penantang, untuk membuat Honda seperti kalah kelas atau setidaknya berada 1 langkah di depan Honda, mereka membutuhkan satu ajian yang bisa membuat konsumen terpukau. YMJet FI udah, bluecore udah dilakukan juga, tapi masih kurang mentereng dan gaungnya kurang cihui. Nah VVA adalah senjata mutakhir yang bisa dikatakan sangat sukses!

boleh intip: Honda ADV 150 Sebesar Vario?

Meskipun kalau bicara irit tentu 4 klep gakan bisa seirit 2 klep, terutama kalau sering kena macet, itu sudah hukumnya.. tapi Yamaha mencoba menanamkan mindset terbalik di konsumen.. membuat paham irit yang beredar di konsumen setidaknya bisa agak terlupakan dengan paham power dan kecanggihan dari sebuah Variable Valve Actuation (VVA).. Sukses? Sejauh ini menurut KBY sih banget ya..

KENAPA HARUS VTEC KALAU KONVENSIONAL MASIH MUMPUNI?

Nah di lain sisi, AHM atau Honda bukan berarti gak bisa bikin semacam itu, apalagi teknologi pengaturan katup variabel mereka yaitu VTEC sudah pernah nempel di Honda CB400 Super 4. Gampangnya sih kalau guweh mau ya bisa aja..

Tapi masalahnya akan balik lagi ke penjualan, dengan penanaman teknologi seperti VTEC yang sudah masuk ke ranah advance tersebut, tujuannya ditanam di skutik biar apa? Naikin penjualan? naikin pamor? Gak pake juga udah bagus baik penjualan atau pamor.. buat dapatin kepercayaan? Honda sudah dari dulu dapat dan hingga saat ini kepercayaan masyarakat gada surutnya.

Jadi menurut opini KBY pribadi sih, ngomongin pengen ya pasti mereka pengen pengen aja, toh salah satu contoh produk advance mereka ya nongol di CBR250RR, gada yang nyangka AHM bisa bikin motor kek gitu kan?? termasuk gue wkwkwk. CBR250RR merupakan contoh show off bahwa mereka juga bisa kalau mau.

Tapi kembali lagi, buat apa? Seurgent apa? Sepenting apa? Faedahnya apa? Butuhkah konsumen? Kalau Yamaha atau Suzuki sebagai pabrikan yang menjual line up produk sejenis dengan Honda – mereka memang butuh “imej” lebih, soalnya kalau sama aja ama Honda, mereka punya apa yang mau dimainkan dan ditawarkan kepada konsumen?? Kalau sama aja ya udah ketebak konsumen lari kemana. Jadi memang kudu punya sesuatu yang dapat ditawarkan.

Dan terakhir, faktanya user atau konsumen di lapangan gak terlalu peduli dengan tetek bengek tenaga di kelas non sport (alias skutik).. malah yang bikin gw sempet bingung, kelas sport tulen 150cc kaya CBR150R gitu bisa terjual banyak padahal dari sisi power paling lemah..

Intinya untuk kasus Honda ADV 150, AHM atau Honda tidak melihat adanya urgensi untuk menanamkan teknologi yang lebih advance dari eSP 2 katup seperti misalnya menanamkan mesin Forza series yang sudah 4 katup. Selain itu, mesin “jadul” mereka memang terbukti sesuai kebutuhan dan masih sangat mumpuni sejauh ini untuk Indonesia – setidaknya kelas Asia. Tenaga gak underpower, irit bbm dapet.

Nah lads mungkin punya pendapat berbeda? Mangga digeber heula …

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

118 KOMENTAR

  1. Kesalahan terbesar pabrikan mesin 2 klep hon adalah mengapa mereka gak bikin body adifi nyaris lengkap tapi tanpa mesin 2 klep, jadi konsumen ada pilihan beli motor adv tanpa mesin/ada opsi pabrikan agar konsumen bisa milih beli body motor adifi pakai mesin mbit110-125ccnya pakrio, kan jadi banyak pilihan dan lucu

  2. coba klo dibalik pertanyaannya Mang, kenapa pabrikan yg pakai mesin lebih advance kok MS nya makin mengkerettt .. ??
    nah ada variabel-variabel lain yg bikin konsumen lebih tertarik utk membeli produk …
    ah itu mah efek merk lah, pembodohan otomotif lah dll dkk … klo semua alasan ke arah sini mah sussah buat discuss ya gak sih ??
    MS yg dominan simple nya, ahm adalah pabrikan yg paham kebutuhan mayoritas konsumen Indonesia … klo mau bersaing, hayo bercermin dan evaluasi tuh desain, pricing, demands dll

    #ahsotoydahguweh

  3. Setuju matic yg paling penting kenyamanan.
    Cuma matic bongsor macam gini kan rata” udah motor kedua-ketiga, dst… Bisa dikatakan motor stengah hobby.
    Kenapa gk dikasih aja keinginan konsumen dibagian mesin sprti kompetitor (wlupun sy pribadi gk merasakan bedanya, krn sama” 150cc… Atau sy yg kurang peka.. LOL).

    Atau jgn” buat update an ntar…

    Atau jgn” team ahm bagian mesin pas bulan puasa kemrn ke japan lg persiapan bangun mesin baru katanya sih… Wkkkk

  4. Kalau masih ada yang kaga ngerti ngerti..bikin artikel tambahan lagi Mang ?..berjilid jilid.
    Minta dia untuk tanyain tuh ke 75 persen Ms dari pembeli H , kenapa kaga milih mesin yang 5 km lebih kencang? Paling jawabannya nyeleneh ..yang kencang barusan lagi antri isi bensin ,kita malah sampe duluan..?

    Nah ..ntar juga ada yang nimpali..halah beda irit 1 sendok doang bla bla bla …. ?

  5. Menurut saya sih ya.. 2 klep bukanlah mesin jadul..(walaupun sudah lama dipake), tapi itu adalah mesin yang sangat pas dan ideal .. makanya H masih mempertahankan bahkan tetap diolah dan dikembangkan sedikiit demi sedikit mesin yang Ideal tsb.
    Disaat 2 klep masih sangat bertaji dan masih unggul dalam merebut hati konsumen..tentu muncul pertanyaan kita ,apa salah dan dosa 4 klep ? ?

    Entah siapa dulunya yang memulai bahwa 4 klep plus vva menjadi sangat superior ? kalau lebih dikit doang sih saya percaya.
    Ayoo debat lagiii…..

  6. Selama penjualan masih moncer dan mesin 2 klep nya masih diagung2kan sama loyalisnya honda gak akan pernah ngeluarin Vtec. Orientasi pabrikan cuma jualan meraup untung sebesar2nya ngapain juga keluar modal buat riset dan bikin cetakan baru lagi buat mesin Vtec. Toh dikasih mesin lawas gredeg2 aja yg inden masih banyak ?

  7. Kenapa banyak yang sensi ya? Yang nanya santai aja sambil ngakak…. yang jawab serius amat ???
    btw terima kasih mang Kobay sudah berbagi opini ?

  8. Menurut saya, itu soal strategi marketing yg mana dan bilamana telah melalui riset yg panjang sekali benar utk tetap pakai 2 klep,lha wong cuma 150cc,mau buat lari cuma segitu aja. Masyarakat juga g begitu paham,apa itu vva,gunanya buat apa?cuma bbrp yg paham. Harusnya fby bersyukur Honda masih pakai mesin lama, kalo pakai VTEC kelar sudah yg lain …

  9. Helm adv keren juga bang bay…. Sudut sudutnya kayak nolan. Tegas n macho bang. Text adv tetap di belakang sayangnya. Coba klo di samping. Makin macho dah bang bay…

  10. 2 klep irit biasa,4 klep irit luar biasa,tapi kelihatan jadul kalo motor sekelas ADV pake swap engine dari matic honda 150CC di tambah hadiah helm yg tidak pantas buat sekelas ADV

  11. VVA teknologi.. powerpull.. bla bla bla bla Membangun Images memang sulit..
    Tapi lebih sulit lg mempertahankan.. HONDA masih bertahan sekian lamanya.

  12. Kata HONDA buat Apa ngeluwarin.. senjata pamungkas..
    Buat ngelawan Cecunguk Kaya YAMAHA..
    Boro2 pake senjata dihadapi pake merem aj YAMAHA sllu keok.

  13. INI INDONESIA.. KLO MAU JUALAN DI INDONESIA HARUS TAU.
    RATA2 ORANG ASIA TERUTAMA INDONESIA.
    LEBIH PEDULI DENGAN FUNGSIONAL.. DARI PADA KUALITAS.

  14. Itu menurut loe.. adalah sebuah kesalahan.
    HONDA itu mempunyai segudang orang2 pintar yg mengatur strategi..

    Oke secara kualitas YAMAHA mungkin lebih baik or power full.

    Tapi secara FUNGSIONAL disini Honda Meramu prodak berdasar FUNGSIONAL OR EFISIEN.

  15. Karena orientasi sebagian orang indonesia itu masih banyak-banyakan jumlah bukan efisiensi (kata lainnya maruk :v),

    kalau bisa 4 kenapa harus 2?
    kalau bisa DOHC kenapa harus SOHC?
    kalau bisa beli mobil 7 seater kenapa beli yg cuma 5 seater?

  16. Sayangnya ga ngaruh ke bloger kawakan.. Lha kang iwb dan kang nugie (tmcblog) aja mau ngambil adv.. Pdhl mreka orang2 yg paham otomotif..

  17. Pagi Kang K0bay,
    Kesalahannya adalah BUKAN kenapa motor seganteng ADV cuma dikasih mesin jadul 2 klep yang “irit” power, TApi…..
    Kesalahannya adalah KARENA Kang K0bay bikin artikel ADV terus,

    Nyonyah bojo, yang tiap hari liat web Kobay0 dadi pengin tuku ADV.

    Nih dah ke 4 kalinya, merajuk, bujuk-bujuk sambil senggol-senggol.
    Padahal baru ambil si V-ariem.

  18. Kang K0bay, inyong arep takon.
    Pargrf trakhir “Honda tidak melihat adanya urgensi untuk menanamkan teknologi yang lebih advance”

    Apakah hal itu juga yang membuat suatu pabrikan tetap mengambil SOHC ketimbang DOHC untuk motor naked 150 mereka?

    • Betul itu juga bisa, disesuaikan dengan target mereka mang…

      Nah kebetulan nih, saat ini kan penjualan Vixion ga seheboh dulu kala dan udah beberapa saat terus kalah, kira kira apakah Yamaha akan membuat DOHC sebagai suatu urgensi untuk menaikkan pamor mereka atau tidak? Akan kembali ke target masing masing

  19. Menurut gue..vtech akan dbenamkan ke mesin honda di kelas entry jika penjualannya sdh d libas olek yamaha..tapi kapan? Nah itu dia yg kita gak tau …cmiiw

  20. mang kobay, mau tanya ni, untuk mesin dengan cc sama, misal 150, dengan 2 klep vs 4 klep tanpa embel” vva/vtec itu perbedaan keiritan bbm dan output powernya seberapa besar si?

    • Wah tanpa embel embel vva/VTEC yak..

      Kayaknya kudu Liat spek mesin dari Forza 125 sih .. dia belum VTEC/vva tapi udah 4 klep dibandingin sama punyanya pcx 150 Kali ya..

  21. Yang jadi masalah orang awam (alias 75% lebih konsumen) tau ga VVA 4 klep tuh apaan?

    Adek ipar saya yg punya nmax ga ngerti tuh gitu2an. Yang dia tau nmax kenceng tapi ga senyaman pcx, Dan pcx tuh nyaman tapi ga sekenceng nmax.

    Kalo saran dari saya sih sebagai konsumen yang ga pernah beli Yamaha, udahan lah jualan gimmick yang bahkan konsumen juga ga peduli, dengerin konsumen (minimal dengerin jeritan penderitaan efbeye) biar produk ada yang beli.

    Masa jualan numpuk di dealer aja, awal tahun sale motor vin tahun sebelumnya.

    @mang kobay, Aya semangat buat artikel adivi nya, maZa kalah Zama Zuragan saZa nih yang udah 20++ artikel, ngah ngah ngah…..

  22. Wah langsoeng dpt reply dr jang poenya waroeng…tenkyu kang Kobay .
    Tetap semangat..sukses selalu

  23. Karena Honda tau, netijen yg paling banyak komen/mau nya dan paling banyak nyinyir nya itu, klo udh di kasih, ujung2nya blm tentu di beli produk nya, cuma jago jas jes joss dan mencela saza..
    lagipula, masih jauh lebih banyak orang yg beli dan pake motor untuk ke pasar dan antar anak sekolah aja daripada yang suka kebut2an di jalan kog, jadi buat apa 4 klep atau mesin2 yg terlalu kencang nan canggih, toh yg 2 klep sudah lebih dari sangat cukup untuk libas daily commute dan bahkan yg mau bawa turing2..

    sedikit masukan untuk Mang Kobay yg guanteng: tolong di kondisikan, artikel eSPeGeh nya di percepat kemunculannya.. waakakakaa..

  24. Dari pada update vixion yg pasar nya sedang menurun, lebih baik buat yamaha Lexam 155cc +vva dengan body secantik mx king ,
    Dengan fitur selengkap aerox , ini akan menarik .

    Lexam tidak laku karena dianggap kemahalan,
    Tapi kalau mesin aerox dengan bergai fitur nya di templokin ke lexam akan lain ceritanya.
    Karena kenyamanan ring 17 belum bisa di gantikan oleh ring 13 atau 14

  25. Mesin honda forza 125 ya kang? Dia masih satu keturunan engine PCX. Lihat stang seher dan blok silindernya. Ia pake kode part KWN alias milik PCX/Vario 125 wakaka. Bore*stroke jelas sama. CVT pun juga banyak kesamaannya. Untuk data output power sudah mayan gede mang, 14 HP untuk mesin 125cc. Tapi torsi emang rada boyo sih.

    Kalau mesin PCX/Vario series mau pake 4 klep, tinggal cangkokkan saja cylinder head assy milik forza 125. Gak perlu ubahan yang ekstrim.

  26. Beda kencengnya ya Tipis saja .. cuma karena itu senjata jualan Y ,maka dibikin heboh lah 4 klep plus vva ? terkadang menghadapi 125 atau malah 110 H saja ..mpotmpotan.
    4 kelep vevea itu jualan Y
    2 kelep itu milik H
    Yang katanya kenceng ..itu Y
    Yang katanya lemot.. itu H

    Yang perlu digaris bawahi adalah :
    Untuk menghadapi persaingan dg H , maka Y mutlak memiliki embel2 jualan ‘ lebih ‘
    Klep yang lebih
    Bagasi yang lebih
    Pokoknya lebih
    Semangat iklannya juga lebih ? kate siVinales ..gassspooool .

    Konsumen adalah eksekutor, itu Final . Pertanyaan :
    Apa salah dan dosa 4 kelep vevea tsb hingga tak mampu bersaing ?
    Sangaaaaaaat banyak contoh keidakmampuan ‘ lebih’ tsb auto tak berdaya lowh..
    – sebelum ada pcx ( lokal ) .. H dg Vario 2 klep tetap bisa moncer meraih pasar, nmex dan ngerox tetap gak ada taji .
    – Singkirkan vva ( anggap Y hanya ngandelin 4 klepnya saja dg Cc lebih besar ) , disana ada pertarungan 4 vees 2 klep. Ngebeat dan skyupi tak tersentuh sama sekali . Edian? Yoi.
    – Melenceng dikit ..geser k seport vevea dg power yang dinaikkan PUN..tak mampu menumbuhkan tajinya melawan seport H yang dikebiri powernya.
    So..apakah ‘ lebih ‘ ( power ) itu sangat Mutlak bagi konsumen? di 1 sisi itu Pasti..namun , konsumen akan tetap mencari Ramuan yang sangat pas dan tepat , Ramuan tsb didapat dari banyak Sisi – bukan 1 sisi.
    Hasil Pasar adalah Refleksi Nyata..keMAUan dan keBUTUHan konsumen sebenarnya.

    Apa Salah dan dosa ku? ?

  27. Sebenernya jawaban counter dari triatmontok itu gampang

    Kenapa honda pake 2 klep dibandingkan 4 klep?

    Seperti julianto ito, beliau tidak perlu jadi gubernur muntahan dan jadi proxi cina untuk mendapatkan veronica tan

    Daripada ngaku gubernur (padahal muntahan) ngaku orang baik (padahal taik taikin warga) tapi ujung ujungnya jaga bini gak bisa

    Itulah makanya gw bilang bandingin nmex sama adv seperti bandingin si ngahog dengan si julianto ito dimata veronica tan

    Jantan itu bukan seberapa kuat dan kasarnya omongan lo ke nenek nenek.

    Tapi

    Bisa jaga bininya sendiri dari

    7 taun di paculin orang lain

  28. DI dalam sosok ADV ini sebenarnya ada banyak pertanyaan yang bisa diajukan ke petinggi AHM.
    Tapi sama kayak sinetron, ada yang ceritanya simpel dan ada yang ceritanya bikin mikir. Yang laris adalah yang ceritanya simpel.
    Kemungkinan sebabnya ada 2: mayoritas pemirsa TV emang doyan cerita macam itu, atau produsen sinetronnya merasa sebagai pemimpin pasar, yakin sinetronnya pasti bakal laris meskipun ceritanya itu2 aja.
    Tugas jurnalis adalah tetap kritis, bukan hanya melahap semua sajian yang diberikan. Ingat, sosok “media darling” bikin jurnalis susah dan sungkan untuk nyari kekurangannya.

  29. da ceuk bapak oge motor nu alus mah Honda mang,jadi susah mau milih motor yang lain teh

    Preatasi luar biasa Yamaha antara 2005-2011,Yamaha bisa mepet-mepet Honda mungkin karena dari segi iklan atau marketingnya lebih merakyat,pake komeng dan kawan-kawan ditambah film bebek belur,ahhh….. sungguh indah melihat persaingan yang seimbang itu ?

    Saya Fansboy Honda,tapi anehnya sampai sekarang masih setia sama Mio Sporty lansiran terakhir (2011)

    Jarang services,tapi Alhamdulillah mesin gak pernah rewel….ya mungkin kekuatannya setara sama si Kodrat milik abang Mael Lee itu lah ?

  30. Dalam bisnis itu cuan berbicara,
    Para pengusaha tau lah sistem berusaha memang harus menekan seminim mungkin cost produksi dan menghasilkan profit yang sebesar-besarnya.
    Mana ada pengusaha mau rugi…???
    Sekarang AHM kegirangan pisan mungkin ADV booming, dengan cost produksi yg mungkin sama dengan PCX tapi dijual dengan harga lebih mahal ya cuan lebih lah…hahahha ???

  31. Honda itu pinter…ngirit banget ongkos produksi dengan cara buat 1 mesin untuk rame rame… seperti vario 150 pcx 150 adv 150, sonic 150 cb150 cbr 150…ngirit banget dan laku…yg lucu yamaha punya mesin 155cc vva gen 2(aerox) masih lroduksi mesin 155vva gen 1 (nmax) kan bego…membebani proses produksi..harus buat 2 mesin di 2 motor…payah…udah jual ga seberapa laku, biaya produksi membengkak..

  32. Kalo berjilid jilid artinya ada kans laku bang, makanya di buat berjilid jilid

    Satu yg bikin gw ngerutin dahi, vva udah, lebih 5 cc

    Tapi tetep aja beda power on crank cuma segiti segitu aja

    Tapi di poles layaknya seperri jambakan setan motor 4 tak 2 klep vs motor 2 tak yg ccnya ccnya kelebihan 5 cc

    Strategi beliau dalam mempromokan namex mirip teman ngahog penista yg sedang ngangkatnamanya karena denger isu di pdip di serobot sama ganjar. Wkakak

    Dia di isukan orang baik (baik tapi mantan napi)
    Dia di isukan orang tegas (tegas tapi ngatur bini gak bisa)
    Dia di isukan orang jujur (tapi beli 2 pohon aja 1,5 milyar, ngangarin pohon plastique)
    Dia di isukan berwibawa (tapi biarin bininya di paculin orang lain selama 7 tahun)
    Dia di isukan orang yg taat beragama (tapi dia sendiri kawin lagi. Padahal diagamanya gak ada yg namanya cere, artinya dia kumpul kebo dengan bini barunya)
    Dia di isukan sayang anak (tapi anak anaknya dekat dengan tante vero)
    Dia di isukan orang cerdas (tapi beli tanah milik sendiri)

    Wkakaka

  33. @korlap,kalo dengan cc mesin sama, 2 klep vs 4 klep, tanpa vva/vtec keiritan bbm dan output power beda brp besar ? signifikan ngga ?

  34. Ringkasan :
    Lebih itu adalah baik ,tapi lebih itu tidaklah cukup untuk kesehatan secara menyeluruh.
    Racikan sebuah ramuan yang tepat membuat tubuh kita bugar dan sehat . Karena ramuan tsb bisa menyehatkan banyak syaraf dan organ2 penting didalam tubuh kita.

    Kok jadi jualan jamu Mang ? ? intinya sama.

  35. balik lagi pakdhe. mengutip sesepuh Om L7. Motor itu kombinasi berbagai macam parts yg dijadikan 1 dan bersinergi bersama. gabisa dipisah2 satuan. Makanya feel motor bisa berbeda walaupun ada parts yg common dgn yg lain. sejauh ekspektasi ridingnya terpenuhi gw rasa produsen udah berhasil memenuhi kebutuhan ridernya. Misal Kalau kebutuhanya hanya fungsional dan ngglinding sj sudah sesuai ekspektasi mungkin fitur canggih dan kencang jd belum terlalu diperlukan

  36. Yang beli motor katanya kencang silahkan
    Yang beli motor katanya lemot silahkan ,dan memang begitulah yang ada…yang kaga pernah usai itu adalah perasaan yang tersakiti dari ketidakmampuan melihat menerima kenyataan ,bahwa : motor yang katanya lemot meraih prestasi luarbiasa dan penjualan ?

    Sirix dengki irihati dan temen2nya sangat deket dengan tiang gantungan atau tower sutet atau flyover ?

  37. Tuh motor listrik kaga pake klep ,apalagi 4 klep..tetap saja bakal dicari celah jeleknya ?kaga habis2 umat yang begitu mah ,
    2 klep mahal bla bla bla ..
    Mana ad sih H itu murah dari Y ?
    Artinya..yang beli H itu kaga masalahin-mikirin harga ?
    Beli Adv 34 jt ..
    Tar ngahaem bikin acara kumpul2 gratisan..memberikan kesenangan gratisan..jalan2 gratisan, itu gak sebanding dg harga yang ‘ sedikit ‘ mahal.
    Belum lagi dapat mudix Gratis ?
    Sekali mudix Pp ongkos dewe taro 1 jt.
    Nah gimana kalau bisa ikut 3 mpe 4 kali ? Jadi diskon brp tuh motor ya ken ? ?

    Kalau tetangga mudix dewe ,mudix 3 mpe 4 x habis laghh 3 mpe 4 jt juga .. mahal juga ya jadinya simotor ?
    Jadi ngelantur ya ? Jo ih..ngelantur ,namun masih dalam kontek untung rugi.

  38. Ya simpelnya kebanyakan yg beli kendaraan cuma mikirnya… entar setelah 5 tahun klo dijual laku berapa.
    Coba dieropa sono. Udah 5 taun. Klo kata bu susi mah “tenggelamkan”.
    Kadang klo lagi dengerin bapa2 yg pendapatannya maksain nyicil nmax or pcx lebih kenceng ngomongin resale alias ogah rugi padahal beli barang itu harusnya lebih ke value alias nilai bukan price atau harga. Susah sih ya… ini flower country yg udah biasa dikasih teknologi jadul. Jadul is the name of the technology

  39. Produk itu memang gak sepenuhnya sesuai dg apa yang kita mau . Semua teori dan kehebohan yang ada sekarang biarlah ditentukan oleh pasar, sama seperti case2 sebelumnya kok.. ?

    …andaii nanti pasarnya si Adv ini Positif , apakah ada jaminan bahwa kompetitor akan berlapang dada dan diam mengikat jari serta menjahit mulutnya? ?

    Pengalaman sudah membuktikan ,diam itu susah..mentok disini cari celah disana ? sirix yang sudah memiliki Hak Paten .
    Pada akhirnya ? nyinyir itu bakal tetap ada dan tetap berjilid jilid .

  40. membuat paham irit yang beredar di konsumen setidaknya bisa agak terlupakan dengan paham power dan kecanggihan dari sebuah Variable Valve Actuation (VVA).. Sukses? Sejauh ini menurut KBY sih banget ya..
    =========
    se 7

  41. yach kalu ymh jual yg sama dgn ahm, yach tenggelam lah yahama.

    ibarat kata oppo harus kasih speek lebih dan harga lebih murah utk lawan samsung

  42. yach mungkin ahm minta vtec ke jepang ngak gampang,

    walu satu group, bussines is bussines, bayar royalti paten vtec itu harus kalu mau pake.

    coba saja satu motor royaltinya misal 3% dari biaya produksi,

    brp milyar ahm mesti bayar?

    beda dgn ymh yg memang dibawah kendali langsung iwata,

    yach ngak perlu bayar royalti, karena saham 100% iwata.

    itu kenapa ymh bisa pake vva sptnya mudah sekali, sedangkan vtec honda rada susah.

    mungkin saja kalu honda merasa penjualan ahm sudah masuk fase 30%,

    baru mau tidak mau masuk vtec dgn harga diskon.

  43. Bentar lagi motor2 listrik, super torsi hadir..maka adv, Genio, muncul yg torsi..tapi tetap motor listrik torsi nya wowww..gesit torsi nya 25nm, setara? =Torsi CBR 250..Vario 13,mm..
    Jarak 200km motor listrik Rp 3rb charge nya bro

  44. initinya itu,

    yamaha indonesia ngak perlu bayar patent vva karena yamaha indonesia sahammnya 100 % iwata.

    ahm mesti bayar royalti vtec jika mau pake itu teknologi vtec.

    karena walu satu merk, tapi saham jepang kan 50%, jadi bussines is bussines.

    ahm mesti bayar royalti vtec / motor. kalu dimasukkan ke biaya motor itu royalti,

    anggap saja 1-3 % dari biaya produksi, yach ngak kebeli.

    itu aja masalahnya

    kalu tambah biaya royalti, mau dijual brp produk ahm?

  45. trus seumpama d bikinin beneran pake VTEC +turbo (kalo perlu) , harga tentunya sangat” jauh dari harapan,trus apa ada yg beli?

  46. sedikit menanggapi vtec atau yang lainnya,
    Sebenarnya bukan masalah royalti atau sejenisnya..tapi ,sudah layakkah..sudah waktunyakah benda tsb disematkan?.
    Jika H sudah masuk ketahap merevisi mesin dalam hal ini ‘ lebih ‘ dari kompetitor..artinya H sudah menerima sinyal allert ,atau sos . Sinyal dimana H juga sudah diberi Izin oleh para kompetitor ( h y s k – japan club ? ).
    Contoh :
    S punya 1 benda yang akan diterapkannya dimesin 150 metiknya…benda tsb dibawa dulu ke basecamp japan club dan dibahas sampe mana efeknya , batasan2 apa yang perlu dilakukan, sudah layakkah dalam waktu sekarang..berapa lama itu boleh dipakai.. dan banyak lainnya.

    Sampe sini paham maksudnya kan? ?

  47. Basis mesin adv adalah mesin pcx.
    Basis mesin pcx adalah vario.
    Jadi adv adalah…..va…ups wkwkwkwk

  48. Bagaimana respon selanjutnya nanti , jika crf elektrik dibawa kesini dan dipamerkan? ? Nahhh…

  49. Karena dengan matik 150cc mau diajak ngebut dimana? Emang beli matic buat kebut2an atau buat balap2an? Matic itu jalannya 80-90% di kota jalannya padat dan sempit yg penting torsi. Dimensi ADV dan Nmax aja sebenarnya masih mid kok bukan maxi, itu kan marketing gimmick aja biar yg beli seneng berasa punya maxi scoot, padahal kalau mau maxi scoot ya beli xmax atau forza atau sekalian T-max. Maka mau 2 klep atau 4 klep gak ngaruh. Lha produk piaggio banyak tuh yg udah 3v atau 4v santai aja. Konsumennya juga beli bukan karena mau digeber2 kecuali yg memang mau balapan di sentul (gak signifikan jumlahnya). VVA juga setengahnya marketing gimmick, orang beli matic itu karena desain dan utilitasnya, kalau emang mau dapet sport kenapa pabrikan gak ada yg rilis matic sport kayak piaggio DNA lagi? Jadi beli Nmax dapet VVA anggep aja bonus. Lha yang beli mobil dapet VTEC juga kapan di geber sampai dapet manfaat VTEC-nya?

  50. Caption di IGnya melas amat kang kobay. Saya dah baca lho artikelnya yg cukup panjang ini.. keren strategonya, yg komeng akhrnya banyak juga..wkwkwk.. klo buat saya, mau 2 klep atau 4 klep yg penting g rewel, efisien bahan bakar dn mumpuni buat selap selip di kemacetan ibukotah.. gitu..suwun kang Kobay

  51. Sederhana sih… krn ahm masih “berbaik hati” membiarkan yimm menghirup oksigen yg sama, bayangkan klo adv pk variable valve ibaratnya yimm dikentutin ahm, bernapas sih bernapas tp klo yimm menghirup “kentut” ya mati2 jg akhirnya

  52. Hahaha dulu awal nMax keluar thn 2015,
    Ane beli mang kobay cm karna :
    1. Butuh matic (cape kopling di JKT)
    2. Matic yg bs selonjoran,
    3. Terjangkau
    4. HANYA NMAX (Satu2 nya saat itu) krna PCX blm ada lokalnya,

    Jd bukan karna VVA atau apapun yg lain, justru naksir PCX CBU kya punya mang kobay, tp mahallll,

    Jd intinya, org indo, soal vva atau vtec ga terlalu jd nomer 1 utk alasan beli, krna “Ga Keliatan Mata”, nomor 1 saat ini ya tampilan,
    (Atau buat gw doang kali yah), he
    Tp seandainya saat itu PCX lokal lahir duluan ya pilih PCX euy,

  53. Cbr150 emang bgsd.. power paling kecil diantara sport fairing 150cc. Tapi jualan paling banyak.

    Lah.. sekarang buat apa jualan power dikelas matic? Dikelas sport fairingnya aja ga laku?

  54. Value itu termuat dlm harga
    Harga segini dapat apa? Itulah value

    Harga jual kembali juga menentukan value,, kalo pernah bisnis pasti tau namanya depresiasi

    Beli murah tapi depresiasi tinggi buat apa?
    Fitur banyak tapi depresiasi tinggi buat apa?

    Beli motor 25 juta, trus dijual lagi 20 juta, ato beli motor dengan spek dan fitur sama, harga 23 juta tapi dijual lagi cuma 15 juta,,

    Yang satu keluarin uang 5 juta, yang satu 8 juta padahal spek dan fitur sama
    Apa iya beli motor 25 juta trus dipakai sampe mokad?
    Kalo muncul motor baru apa gak ingin ganti?
    Bila beli baru untuk dipakai 3 tahun butuh 5 juta, apa iya merawat motor lama bisa lebih murah? Apa iya fitur motor lama masih lebih baik dari motor baru?

    Kita bukan negara maju yang bisa beli semuanya kayak beli kacang goreng, habis pakai buang,,

    Apa bang udin mau buang motor usia 5 tahun?? Kayak di eropa sono?? Buang sampah aja bayar, tapi kalo abang udin mau buang motor ane terima gratis aja khusus buat abang

  55. Klo buat ane pribadi. Ane lebih mementingkan style yaitu adv 150… Kn ini motor matik, yg jelas buat santai….klo mau ngejar tenaga, dgn uang 34-35juta….ane bakal pilih mt25bekas..meski ini motor sport yg bakal kurang praktis hhe..krn sekalian aja, klo niat ngebut hhe

  56. Colimen 26/07/2019 at 07:35
    Sayangnya ga ngaruh ke bloger kawakan.. Lha kang iwb dan kang nugie (tmcblog) aja mau ngambil adv.. Pdhl mreka orang2 yg paham otomotif..
    _____________
    _____________

    Goblokk Tolol PERMANEN BOTOL….!!!!!!!!??
    TMC Blog, IWB , SATAR ,
    & BLOGGER Indomotoblog juga,
    itu mereka semua adalah PENJILAT AHM
    BLOG GOBLOKK JANCOOKK..!!!!??????

    7Leopold Penjilat kawasaki…??!!!!!
    Rudi TriatRONDO Penjilat YIMM…??!!!!!

    Cari duit halal gak gampang
    GOBLOKKK BOTOLL…!!!!
    Makanya berbohong bilang unit motor ini bagus CVT bagus top markotop ( mesin vario Series ) padahal faktanya GREDEK2 PARAH??,
    Sasis tebal pipa trellis pagar rumah kuat gak patah alias tipis. Nyatanya patah & SETIPIS SENG…dll…..????
    Korban sudah banyak…?????!!!!

    Tetangga juga sama.
    CVT N-max keserempet angkot langsong ambrol ????..!!!
    Mesin 1PA vixion sinchan & bapaknya shincan series vampir oli…??????…dll..!!!!

    Bilangnya BOMBASTIS JAS JES JOS doang aslinya KACUNG AHM ..!!!! ( DULU waktu belum tenar suka bolos kerja & lebih mengutamakan UNDANGAN Test ridE dari AHM…!!!! )
    Dulu dia itu kacungya YIMM…??!!!!!
    Sekarang membelot ganti JONGGOS AHM…!!!???FAKTA…!!!!!

    TMC BLOG A.K.A Kak SETO,
    ( Gaya bahasa sok teknis & halus tapi aslinya KACIUUNG AHM juga…???…!!! )

    SATAR ( mata ? panda ) boss moge DAN PACAR setianya a.k.a RUDI TRIATRONDO alias Juragan MasaPAHIT alias Sepasang KEKASIH OMNIVORA yg sukanya main PEDANG2AN ????????….wkwkwk…
    Dan mereka berdua itu memihak yg kasih saweran besar a.k.a KACCIIUUUNG DOLLAR + RUPIAH..???????.
    Dan mereka berdua juga RAJANYA WEDOKAN …????

    Monkey blog spesialis Susuki….!!!!
    Motor model odong2 sekalipun akan dibilang ini susuki yg desainya paling keren di dunia..!!!????
    Kondom bekas dikasih merek susuki juga dibilang ini kualitas susuki bener kuat anti bocor pkus anti selip…!!!!!!!..wkwkwkk???
    ( DAGELAN ANTI MAINSTREAM )???????

    KALO MANG KOBAY ??
    Rumor yg berkembang selama ini sih;
    Jendralnya AHM…..????

  57. gampangnya begini blogger sekelas IWB dan wak taufik aja lebih milih motor matic yang katanya ngepbeyek nggendong mesin jadul 2 klep ketimbang 4 klep + vva + 5cc junjungan mereka
    berarti kesimpulannya apa? gimmick macem itu banyak yang ngga peduli wkwkwk

  58. Klo opini gw ya dr sisi urgensi jg sebenernya yamaha punya banyak opsi buat naikin imagenya lg atau mendiferensiasi produknya dr si H, bisa fitur, bisa jg desain.. selain mesin. Fitur udah, wlpn kerasa ga jauh beda malah ada yg lebih lengkap dr H punya, contoh dulu engine kill switch (vix vs cb). Bahkan masih sangat diinget keberhasilan mereka membuka mindset konsumen wkt jual teknologi dan engine macam vix vs megapro. Tp skrg udah ga mempan krn H udah ngerespon dgn baik. Ngumbar2 motor juara indoprix/irs ato apapun, jg udh kurang mempan.. Bicara desain, ga mungkin yamaha ga bisa ngedesain lebih bagus (khususnya dr kacamata calon konsumen indonesia), masalahnya desain kebentur kebijakan prinsipal, macam CS1 nya H dulu yg katanya desain awalnya lebih sangar drpd produk masalnya..
    Jadilah mereka ambil sisi jualan engine (+5cc, vva dll), yg bisa applicable buat dijual di mana aja.. tp jelas susah utk ngulang sejarah vix vs mega pro lg.. krn apa? AHM udh punya counternya, belajar dr pengalaman.. apa itu? Ya ngikutin “selera” orang2 indonesia, dan itu ya karena posisi tawar mereka yg punya wewenang buat desain suatu produk sesuai kebutuhan lokal..
    Trus apa salah mesin 2 klep..? Kayaknya emang harus ngaca lg, apa salah r15 yg udh vva+5cc masih pake mesin SOHC.. krn sohc belum mati utk terus dikembangin di segmen sport kecil.. ditambah lagi propaganda H dohc lebih superior dr sohc ga berhasil kan.. nah ngapain ngeluarin dohc.. wlpn psti udah ada prototipenya mesin yamaha 150cc dohc buat di keluarin sewaktu2.. dgn point of view yg sm H jg udh ada toh mesin metik pake 4klep buat senjata pengganti kalo2 awareness konsumen di titik ini muncul.. tinggal keluarin..

  59. Dua klep pasti SOHC y
    Tapi ada sebagian yg bully SOHC
    Hehehe
    Padahal urusan teknologi Jepang mah gampang bikin (H. Y. K. S)
    Tapi anehnya yg org indonesia yg ribut
    Mtr sport mulai kegerus nih
    Mulai byk matic 150 macem2 model mantabz
    ADV klo ban blkg velg 14 gmn positiln ridingnya y apakah ngaruh

  60. namex, aerox gak enak buat nyelip di kota” yg macet. enakan vario bodi ramping, ground clereance mayan tinggi,power pas lah buat commuter, irit juga.

  61. Faktanya. Daerah indonesia yg yamaha laris pasti “maaf” tingkat pendidikanya rendah, tingkat buta hurufnya tinggi

    Terus mau halu apa lagi?

    Di negara lain juga sama. Yamaha selalu mendominasi di beberapa nehara miskin yg masuk negara dunia ketiga, sementara untuk kelas india dan china aja keok.

    Sementara negara megara maju gak banyak yg pake yamaha. Malah milih pake produk ngeropah yg notabenenenya lebih lemot, lebih boros, lebih gak enak dipake

    Khusus motor yah. Soalnya yamaha kagak punya mobil. Wkakak

  62. Ga ngerti jg sih kenapa Yamaha selalu mengagung-agungkan speed.. dari jaman dulu Jupiter yg iklannya, you know lah… Bahkan di iklan Lexi malah adu drag sama nmax… Buat apa cuy?? Moge juga bukan… Tujuan matic dibuat kan buat riding santai.. mau kenceng di jalanan? Masih bocah berarti mindsetnya

    • Karena udah ga bisa pake mindset irit…wajar kudu Cari jalan lain, cuma memang kalau speed itu kurang bisa dipakai secara umum.. Kaya ke skutik .. bebek sih Mayan ..

      Kalau Gw mungkin lebih ke nyaman ya.. semua masuk, skutik, bebek , sport eh mogenya ga dpt Deng wkwk ..

  63. Seperti mesin VVA nya vixion R saat aktif (di rpm 7000) malah terasa tenaga gak naik2 di putaran atas… Sementara CB150 streetfire bisa nampol sampek limiter dengan gampang…. Bobot saya 100KG

  64. Jadi teringat kejadian CBR250rr ketika di test power on wheel banyak yang tercengang termasuk saya kenapa kok power on wheel nya bagus banget dibandin kompetitornya ?

  65. Bener kang.. mau 2klep ato 4klep, kalo dibawanya ga nyaman ya percuma jg.. paling beda akselerasi doank sih.. klo ngejar topspeed buat apa jg ye kan.. hehe

    • Saya pribadi demen Yang powerful baru nyaman, kalau dapet iritnya saya anggep bonus.. tapi bisa juga dibalik, Cari nyaman dulu baru powerful.. tergantung waktu saya beli produk saya mendahulukan apanya?

      Nah Dari Sisi ini saya menempatkan diri melihat Luas/wide .. karena seperti komennya mamas bagus, Gak semua orang paham/peduli teknologi atau kecepatan..

  66. Mang knpa adv nya tdak pakai 200cc agar bisa ngisi kekosongan pcx dengan forza, dan agar bisa lawan matic nya suzuki.

  67. Mang maaf ni..
    Mohon dikoment tulisan saya..
    Waktu wak haji TMC menuliskan semua blogger nasional diundang dalam peluncuran dan test ride ADV 150, saya sempet nanya apakah blogger majapahit diundang dan dijawab TIDAK sama wak haji..
    Tapi yg saya heran, kenapa bisa nulis artikel berjilid2 ya mang…?
    Apa bisa seseorang menuliskan suatu benda hanya dari melihat foto dan penerawangan saja…?
    Gimana menurut mang KBY yg hensem…
    Dah itu saja..

  68. Ini pendapat pribadi ttg artikel ini..
    Saya org desa yg tinggal didesa..
    Mereka membeli motor sama sekali tidak mengerti yg namanya teknologi..
    Apa itu F1, Blue core, injeksi dll..
    Satu kasus kecil saja yg saya temui pada banyak org2 didesa..
    Mereka mengeluhkan motor yg skrg kalo mau manasi meski pake standar tengah/dobel, karena motor metik tidak bisa dihidupkan pada posisi standar samping turun..
    Pdhl ini teknologi kecil yg berguna utk keselamatan juga, tapi bagi org2 desa malah dianggap meriberkan, tidak praktis..
    Lhaa disinilah mungkin Honda meliat dengan jeli seperti apa kebutuhan konsumen..
    Ternyata teknologi kekinian pada motor khususya metik belum diperlukan..
    Boleh deh dilakukan survey ttg motor metik merk apapun, tanya pada konsumen ato yg pake apakah mereka mengerti apa itu vva, f1, iss, esp dll..
    Saya yakin hanya 5-10% saja yg tahu..
    Lainnya beli karena kepraktisan, desain dan brand image..
    Ingat, yg beli motor itu belom tentu melek teknologi dan baca2 berita otomotif dimedia2 dan blogger2…
    Itu saja pendapat saya mang…

  69. Mang, mohon responnya..
    Waktu TMC menulis artikel ttg ADV 150 yg mengundang hampir semua blogger/vlogger nasional diundang utk peluncuran dan test ride motor ini, trus saya nanya apakah blogger majapahit juga diundang, jawaban wak haji TIDAK..
    Tapi kenapa.dia bisa bikin artikel ttg ADV ini berjilid2 ya…?
    Padahal kalo mengulas suatu produk pastinya meelihat dan merasakan lsg seperti apa feel nya ttg produk tersebut..
    Apa hanya dengan melihat foto2 saja ato menggunakan ilmu terawangan sudah bisa merasakan hingga kemudian dibuat artikel berjilid2…?
    Sampe disini saya bingung mang….

    • Bukan mamas Aja Yang bingung.. sepertinya hanya fby akudh Yang bisa paham ?

      Bisa dibilang itu masuk kategori desk analysis.. tapi desk analysis juga Ada batasnya/keterbatasan, namanya juga gak langsung merasakan (melihat, menyentuh, mencoba)

  70. Mantap semakin panas, biar komentar-komentar yang ada semua bisa dilihat pihak YIMM, supaya lawan dari ADV semakin cepat keluar hehehe.

  71. Jawabannya simple.
    Kalo adv pake 4 klep + vtech bakal dijual harga berapa?? Di tempat saya aja harganya 35 jt.
    Kalo pake 4klep + vtech masa iya mau dijual 40 sampai 45 jt??

  72. Jawabannya simple.
    Kalo adv pake 4 klep + vtech bakal dijual harga berapa?? Di tempat saya aja harganya 35 jt.
    Kalo pake 4klep + vtech masa iya mau dijual 40 sampai 45 jt??

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini