Kobayogas.Com – Hola lads, salam geberrr… Honda Daya Adicipta Motora (DAM) main distributor motor Honda di Bandung memberikan kesempatan test ride Honda CRF250 Rally dalam acara launching resmi regional motor dual purpose tersebut di Bandung 11 Maret 2017 lalu. Bagaimana first ride Honda CRF250 Rally menurut kobayogas.com?

test ride honda crf250 rally

Jika lads sudah pernah melihat langsung Honda CRF250 Rally berwarna merah ini pasti tahu segimana besar dan jangkung (tinggi) nya motor dual sport adventure terbaru dari Honda ini.. Kalau belum melihat langsung ya gapapa, KBY jabarkan kalau Honda CRF250 Rally memang punya dimensi yang bikin orang jerih alias was was deh untuk mencoba menungganginya, paling tidak bagi rider yang punya tinggi di bawah 170cm hehe..

First impression Honda CRF250 Rally saat launching resmi nasional oleh AHM sudah KBY sharing dalam artikel beberapa waktu lalu, dan hingga Sabtu kemarin, rasa intimidasi dari sang motor tersebut belum juga sirna..  Masih terlihat menakutkan untuk dites haha.. Ditambah lagi KBY memang gak terlalu tertarik dengan jenis motor seperti ini.. Namun rasa penasaran djiwa seorang bike enthusiast berkata, lu kudu coba! So here we go lads!

test ride honda crf250 rally

NGERI NGERI SEDAP!

Sepertinya KBY gak perlu lagi panjang lebar menjelaskan soal desainnya, sudah pernah KBY bahas juga di beberapa artikel terkait. Kita langsung saja menuju first ride impression dari Honda CRF250 Rally ini.. Jelas banget, kekurangan Honda CRF250 Rally yang pertama adalah seat height-nya yang mencapai 895mm, bukan sahabat bagi rider dengan tinggi di bawah 168cm.. KBY tinggi 165cm jinjit balet lads! Masih bisa sih diakalin dengan duduk miring pas di lamer cuma ya nyusahin aja wkwkwk..

naek dari kanan lads kekeke

Tapi tantangan Honda CRF250 Rally ini KBY terima! Modal sepatu dengan alas cukup jangkung dan bergerigi dari Nike Salbolier Mid paling tidak membuat ketinggian naik sekitar 1,5cm haha.. Plus, naik ke atas joknya yang tinggi dengan cara dari sisi kanan juga membantu, gak akan terguling kang? Selama dasarnya keras dan bukan tanah lembut, insya Allah aman! Apalagi teringat bobotnya yang cuma 155kg, masih lebih berat si Zeref!

ergonomi honda crf250 rally
jinjit balet ngeri ngeri sedap

DI LUAR DUGAAN, SO EASY!

Nah begitu PR terbesar sudah ditaklukkan, kini tinggal mencari pijakan yang paling pas bagi rider di bawah 168cm, jangan memaksakan untuk sok sokan memijakkan kedua kaki ke tanah, mending keliatan lucu dengan miring sedikit daripada jatuh konyol dan bego 😀 Begitu sudah duduk di atas jok CRF250 Rally, lah, sirna sudah keparnoan akan limbung dan beratnya motor ini.. Ada beberapa hal yang menurut KBY dapat dijadikan catatan..

Yang pertama, terima kasih atas shock belakangnya yang lembut, begitu kita duduk di atas joknya, si shock akan turun, ini membuat ketinggian motor berkurang drastis lads.. Kedua, ternyata bodinya sangat center dan well balance.. gada perasaan doyong ke salah satu sisi. Pokoknya si CRF250 Rally ini bikin rider tenang setelah berada di atasnya.. Setang yang panjang dan cenderung ke arah rider juga bikin ergonomi jadi rileks! Intinya, di luar dugaan, si CRF250 Rally ini jadi bersahabat deh.. Ini poin keunggulan pertama.

TENAGA SMOOTH DAN LINEAR

Ada satu kekhawatiran juga dari mesin Honda CRF250 Rally ini lads, yaitu mesinnya yang satu silinder. Karakter mesin 1 silinder apalagi kapasitasnya 250cc biasanya ndut ndutan di putaran bawah, digas lompat, gas ditutup kedorong ke depan.. hal tersebut diamini juga oleh Eno dan Jejen macantua yang punya Z250SL. Ternyata, ini kejutan yang kedua.. Gas alias thottlenya bisa dikatakan halus dengan tenaga lembut, bukan lemot ye.. lembut!

Yang KBY rasakan sih cukup putar gas sedikit saja, biarkan rpm naik disekitar 2000 dan lepas kopling perlahan, si Honda CRF250 Rally ini akan melaju dengan perlahan dan santai! Bahkan ketika melewati obstacle KBY gak perlu mengatur kopling! pokoknya biarkan si motor melewati rintangan, dan tinggal atur saja bukaan gas.. Wah sedap, sangat sangat bersahabat dan mudah banget ternyata! Nanti lads bisa lihat di video deh perhatikan tangan kiri KBY berapa kali menarik tuas kopling.. Kayanya cuma 1-2 kali!

Ini adalah poin keunggulan kedua

HANDLING

Namanya motor jangkung, pasti gerakannya akan sedikit berbeda, apalagi ini punya setang baplang, di area test yang sempit, ternyata ketakutan akan susahnya berbelok perlahan lahan sirna.. Ya asal jangan maen betot gas aja sih aman! Hanya saja simulasi ini tidak ada di jalan raya..jadi belum tahu handlingnya di keramaian. Intinya sih tetap butuh adaptasi tapi tak membutuhkan waktu lama bagi KBY untuk menikmatinya.. So easy!

Ini poin keunggulan ketiga

KINERJA SUSPENSI

Nah ini yang layak diacungi dua jempol, mantap lah suspensi milik Honda CRF250 Rally ini.. dengan shock upside down di depan dan monoshock dengan pro-link di belakang yang lembut, melewati rintangan yang tipis seperti batang besi maupun batang pohon yang lebih tinggi gak bikin rider tergunjang gunjang, mau lewat pelan pelan atau kencang, suspensinya bekerja dengan sangat baik! Ini adalah poin keunggulan keempat..

PERFORMA MESIN

Honda CRF250 Rally punya mesin yang serupa dengan CBR250R dan CRF250L kapasitas mesinnya 249cc, 1 silinder, berpendingin cairan dengan tenaga dan Torsi sebesar: 24.4 hp/8500 dan 22.6Nm/6750 serta bobot ringan 155kg.. Belum terasa bagaimana kalau dibetot sekaligus di jalan aspal misalnya.. So sejauh ini yang KBY rasakan tenaganya mumpuni dan tak meledak ledak, membuat rider amatir pun tidak akan merasakan kesulitan menaklukannya, asal jangan over pede!

Dan ini adalah keunggulan kelima

THE VERDICT

Tetap bagi KBY cacat Honda CRF250 Rally ada pada ketinggiannya. Kalau gak suka suka banget sih rider semampai lebih baik menghindarinya, karena bagi KBY sendiri, naik motor itu jangan sampe nyusahin diri sendiri! Hehe.. Sementara dari sisi bentuk dan performa tidak ada komplain, desainnya oke dan modis, sedikit menanggalkan citra dari sebuah motor terabas.. Soal tinggi kayaknya tinggal diakalin dengan pake velg yang kecil..

Jok belakang bisa dikatakan minim dimensi, kalau ridernya gede gede seperti IWB dan KBY wah nyaris gada sisa! Ini dapat bermasalah untuk perjalanan jarak jauh.. Busa yang tipis juga diindikasikan akan membuat datangnya bokong pegal lebih cepat.. Tangkinya juga termasuk mini, hanya 10.1 liter.. Jika sesuai dengan klaim Honda, maka bisa menjelajah sejauh 330km lebih..

Last, kalau suka, ada duitnya, segera beli! Dengan harga Rp. 62.9 juta OTR Jakarta dan Rp. 63.375jt OTR Bandung, ini motor kuotanya cuma sedikit perbulannya.. bakal eklusif! Siap diajak terabas maupun sekedar gaya di jalan untuk cari perhatian.. Kalau KBY? Duh maaf belum dikasih suka sama model kek gini.. hehehe..

many thanks to: Honda Daya Adicipta Motora

jangan lupa tonton videonya

link via hp

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube Channel: Yogas Erlangga
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

27 COMMENTS

  1. Sebelum baca suda ane duga mang, karakter shock rata2 buat motor trail dsb smooth semua wkwk

  2. …Last, kalau suka, ada duitnya, segera beli! Dengan harga Rp. 62.9 juta OTR Jakarta dan Rp. 63.375jt OTR Bandung, ini motor kuotanya cuma sedikit perbulannya.. bakal eklusif! Siap diajak terabas maupun sekedar gaya di jalan untuk cari perhatian.. Kalau KBY? Duh maaf belum dikasih suka sama model kek gini.. hehehe…

    Ehm, bilang aja gak nyampe kakinya :v

    Kira2 kalo 175cm jinjitnya seberapa ya?

    • Om kobay, aku silend blog om. Boleh tanya jika dibandingkan wr250 enakan mana ya om, lg bingung antara wr 250r (bekas, krn yg baru yamaha sudah gak jual) atau baru crf 250? Jk tenaga sih bagusan wr ya om
      Mohon penjelasann dan arahannya om. Tks
      Sukses blognya

    • Om kobay, aku silend blog om. Boleh tanya jika dibandingkan wr250 enakan mana ya om, lg bingung antara wr 250r (bekas, krn yg baru yamaha sudah gak jual) atau baru crf 250? Jk tenaga sih bagusan wr ya om
      Mohon penjelasann dan arahannya om. Tks
      Sukses blognya ohya saya juga 165cm

      • wah WR250 itu jauh lebih tinggi mang.. tapi saya belum ngetes, kata vandra, tmc dan iwb aja itu .. kalau ga masalah ketinggian sih silakan aja.. WR afaik juga lebih kental nafas trabasnya..

      • Tks kang…
        Pengertiannya, jadi masih bingung jg ambil mana. Sukses kang blognya

Yuk Tinggalin Jejak Lads..