CBR

Mengupas Fitur Bejibun Milik Chevrolet Trax Turbo, Punya Apa Saja? [Part II]

chevrolet trax turbo interior kobayogas 2
interior chevrolet trax turbo

Kobayogas.com – Hola lads, bertemu lagi dengan pembahasan roda empat tentang Chevrolet Trax turbo, kali ini kita akan membedah fitur yang dimiliki oleh subcompact crossover SUV ini..

Pada artikel sebelumnya, KBY telah membahas dari sisi desain serta teknologi yang diusung Chevrolet Trax turbo 1400 pada mesin serta transmisinya, kali ini giliran fitur unggulan yang akan diolah, mampukah dari sisi fitur sang SUV ini melawan para rivalnya yang sudah lebih dulu hadir?

FITUR CETAR MEMBAHANA

Sebagaimana mobil non Jepang lainnya, memberikan sesuatu yang lebih yang tidak dimiliki oleh mobil Jepang adalah salah satu keharusan untuk dapat bersaing, mengingat mobil Jepang sudah tertancap kuat di masyarakat Indonesia.. So, apa saja yang ditawarkan oleh Chevrolet Trax turbo LTZ AT?

Banyak! And I meant it, Chevrolet Trax turbo LTZ AT bertabur banyak fitur lads.. Selain yang sudah disebut di atas mau tahu apa saja kelebihannya?

  • Cruise Control*
  • MID*
  • Hill Descent Control*
  • Sun roof electric*
  • Tire Pressure Monitoring System (TPMS)
  • Jok kulit*
  • Airbags 6 buah (depan, samping dan tirai)
  • Hill Start Assist
  • ABS, EBD, PBA
  • StabliTrak® (Electronic Stability System)
  • Parkir Camera*
  • Transmisi Tiptronic 6 Speed
  • dll

tanda *= hanya tersedia di tipe LTZ AT

Fitur yang KBY sebut diatas merupakan fitur yang dianggap penting dan signifikan, sementara fitur tetek bengek lainnya juga bejibun deh.. bisa dicek di website chevrolet ini. Jangan lihat fitur milik tipe LT ya, bikin sakit hati, penumpang belakang pake power by hand buat jendelanya wkwkkw..

fitur kamera parkir
fitur kamera parkir

HARGA dan THE RIVAL

Chevrolet Trax turbo hanya memiliki 2 varian di Indonesia, yaitu LT dan LTZ, juga hanya ada satu pilihan transmisi yaitu 6 speed otomatis.. Harga Chevrolet Trax tipe LT AT adalah Rp. 267 juta sementara tipe termahal dan terlengkap yaitu Trax LTZ Rp. 291 juta lads.. Saran KBY jika lads tertarik lebih baik ambil tipe LTZ karena beda fiturnya jauh dengan LT.

Sekarang bicara kompetitor, jika melihat harga, dimensi dan jenis maka Chevrolet Trax turbo 5 seater ini akan bermain main dengan; Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BRV 7 seater, Honda HRV, Ford Ecosport, Renault Duster serta Nissan Juke. Jelas si Trax ini memberikan value yang lebih melalui teknologi mesin, transmisi serta fitur yang diusungnya..

Paling head to head dengan Honda HRV sebenarnya baik dari sisi fitur dan dimensi..Panjang x Lebar x Tinggi Chevy Trax = 4,248 x 2,035 x 1,674 vs Honda HRV = 4.294mm x 1.772mm x 1.580mm, berat kosong 1,334 kg vs 1.206 kg. Tapi untuk mendapatkan fitur yang sama dengan Trax seperti jok kulit, sun roof dan tambahan 4 air bags, lads harus menebus Rp. 54 juta lebih mahal!!

head unit chevrolet trax turbo

THE VERDICT

Nama Chevrolet memang kembang kempis naik turun di Indonesia, sempat cetar di era 70-an, lalu kembali tenggelam dan muncul lagi di penghujung tahun 90-an.. Isu dari nama Chevy masih sama, yaitu durablitas, problem yang muncul di produk lain juga sama.. Cukup tangguhkah sang Chevrolet Trax turbo di belantara otomotif roda empat di Indonesia?

Sementara dari sisi desain sendiri, KBY rasa sudah lebih dari cukup, apalagi jika fitur yang banyak tersebut di atas dimasukkan dalam pertimbangan, jelas crossover SUV ini memiliki kekuatan tawar yang sangat memikat terutama tipe LTZ..

Memang ada beberapa fitur yang absen seperti paddle shift, AC digital, rem parkir elektornik, tombol start stop dan eco mode, juga dilihat dari fleksibilitas kabin masih kalah terutama jika dibandingkan dengan Honda HRV, tapi menurut KBY semuanya sudah cukup terbayar kok..

Tinggal dengan sistem marketing dan gimmick serta pembuktian ketangguhan seperti yang dimiliki oleh Captiva, maka nama Chevrolet Trax Turbo dengan sendirinya akan mendapatkan kepercayaan dari konsumen yang tidak terlalu mementingkan 7 tempat duduk atau sekedar FWD atau RWD…

Foto-foto: website chevrolet indonesia dan Vanda Chevrolet Bali

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

About Kobayogas 3366 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

30 Comments

  1. kalau bikin artikel Mobil spek Wheelbase jangan ditinggalkan.soalnya dari Wheelbase pembaca akan tahu kelegaan ruang kaki.karena jok pengemudi dan penumpang berada diantara WB.serta karakter pengendalian dipengaruhi WB.selisih Panjang keseluruhan dgn WB adalah Overhang total(dp+blk).tambah panjang overhang pengendalian tambah buruk.

  2. Ini mobilnya bagus. Ya bagus modelnya (menurut saya), bagus fiturnya (LTZ) dan bagus built quality nya. Tapi hanya cocok buat orang yang karakternya anti mainstream.

    Gak ada yang salah sama Trax. Hanya tinggal cocok-cocokan saja dengan tipe dan karakter calon pembelinya.

    Sayangnya… GM membuat “cacat” dengan fitur kaca engkol untuk mobil kelas menengah (meski masuk kategorinya low SUV) dengan harga >250jt.

    Tapi yang jelas GM Indonesia juga gak akan punya target tinggi kok buat Trax. Keberadaannya “Bukan Produk Lain Killer”. Tapi untuk pilihan alternatif di kelas Low SUV.

    Kayaknya sudah kapok GM Indonesia kalau terlalu optimis dengan menyematkan “Produk Lain Killer” seperti yang terjadi di Spin. Awalnya digadang oleh GM Indonesia sebagai “Avanza Killer”, yang ada malah “Self Killing”.

  3. Ini mobilnya bagus. Ya bagus modelnya (menurut saya), bagus fiturnya (LTZ) dan bagus built quality nya. Tapi hanya cocok buat orang yang karakternya anti mainstream.

    Gak ada yang salah sama Trax. Hanya tinggal cocok-cocokan saja dengan tipe dan karakter calon pembelinya.

    Sayangnya… GM membuat “cacat” dengan fitur kaca engkol untuk mobil kelas menengah (meski masuk kategorinya low SUV) dengan harga >250jt.

    Tapi yang jelas GM Indonesia juga gak akan punya target tinggi kok buat Trax. Keberadaannya “Bukan Produk Lain Killer”. Tapi untuk pilihan alternatif di kelas Low SUV.

    Kayaknya sudah kapok GM Indonesia kalau terlalu optimis dengan menyematkan “Produk Lain Killer” seperti yang terjadi di Spin. Awalnya digadang oleh GM Indonesia sebagai “Avanza Killer”, yang ada nasibnya malah “Self Killing”.

  4. sebelnya GM tuh kayak Suzuki. punya line up ganti2 terus, gak pernah awet. gak laku, langsung cut. gak cocok dengan jaman, langsung stop produksi.

    liat tuh suzuki, dulu punya baleno. begitu seri next-g hilang arah, stop produksi. aerio gak sesuai selera pasar mainstream, distop. yang dijual lama cuma escudo, sampe bongkok modelnya gitu2 aja. mau lawan siapapun juga gak selevel. dia mau lawan fortuner? level beda, even head on to crv the old enemy pun udah jauh ketinggalan, lawan rush/terios kalah pratical.

    gm juga gitu, dulu ada blazer yang perkasa dimatiin, punya cruze yg segmented dimatiin, aveo alt hatchback dimatiin, gue yakin se yakin2nya kalo nih mobil penjualannya gak bagus 3 tahun ke depan dimatiin juga. yang beli chevy kesian, beli mahal jualnya kaya barang rongsok. #tobehonest

    kayak cruze beli mahal2 nyaris 300 jt, sekarang sekennya 150jt dapet di olx. sakit hateeee wkwkwkwwk… kalo ada yang bilang beli mobil bukan buat dijual bung! tapi buat dipake. silakan, tapi kalo ente lagi kepepet ortu/anak/sodara sakit, bisnis bangkrut, rumah perlu renov, mamam tuh jual mobil yang pasti akan ditawar abis2an ama pedagang + jualnya lama. keburu amsyong 😀

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Chevrolet Trax, Crossover SUV Berfitur Lengkap Dengan Value Yang Menarik.. [Part I] | KobaYogas.COM
  2. First Drive Chevrolet Trax 1.4 Turbo, Mengupas Impresi dan Performa Awal!.. | KobaYogas.COM

Yuk Tinggalin Jejak Lads..