banner

New Toyota Sienta depan

Kobayogas.com – Hola lads, berita akan hadirnya mobil baru MPV 7 tempat duduk dari Toyota, yaitu New Toyota Sienta kembali terangkat ke permukaan…

Isu kemunculan New Toyota Sienta di Indonesia mungkin bukan hal yang terlalu baru, karena ketika baru muncul di Tokyo bulan Juli 2015 lalu, beberapa media pernah mengangkat akan kabar ini.. Namun yang paling asik untuk dibahas adalah ketika Sienta ini disebut sebut sebagai calon Honda Freed killer! Benarkah?

DESAIN UNIK DAN SEGAR

New Toyota Sienta 2015 yang dirilis di Tokyo bulan Juli lalu di mata KBY memiliki desain yang unik dan chic mengesankan pribadi yang dinamis, kreatif dan out of the box.. Coba lihat bagian fascia- dan buritannya yang seakan terdiri dari beberapa bagian yang dijadikan satu.. Menurut KBY desainnya sih eropa banget, semacam desain milik Peugeot Grup (Renault dan Citroen).

New Toyota Sienta belakang

Bicara desain, tidak akan jauh dari selera, bagi KBY pribadi tampang New Toyota Sienta 2015 cant complain lah ya, cenderung ke fun instead of garang atau elegan.. Kesannya membawa keceriaan gitu deh kekekee.. Wajahnya sekilas mirip dengan Daihatsu Sirion lawas ya? Nah sementara dari sisi belakang dia lebih baik. Lampu rem mirip milik Kia New Carens..

Sebenarnya bukan tanpa alasan jika New Toyota Sienta dikait-kaitkan dengan Honda Freed yang sudah lama beredar di Indonesia ini. Karena jika kita cermati dari sisi bentuk, tipe, dimensi hingga spesifikasi memang kurang lebih sebelas dua belas dengan Freed, MPV 7 seater dari Honda tersebut.

Selain hal-hal yang telah disebutkan di atas itu lads, ada juga yang mirip, yaitu selain kapasitasnya sama sama muat 7 penumpang, lalu pintu belakang sama-sama menggunakan sistem geser, dan terakhir bekal mesinnya juga sama, yaitu 1500 cc. Nah gimana gak digontokin tuh New Toyota Sienta dengan Honda Freed?

HARGA DI JEPANG

Info dari otomotif.net, harga Toyota Sienta di Jepang adalah 1.689.709 Yen atau sekitar Rp 182 jutaan. Jika ceritanya diimpor utuh pasti kena berbagai perpajakan, banderolnya pasti akan wow juga tapi diharapkan sih masih kompetitif dengan Honda Freed yakni berada dikisaran Rp 250 jutaan, atau mentoknya Rp. 290 juta mengingat Freed sekarang sudah 280 jutaan..

Pastinya, harga New Toyota Sienta 2016 harus tidak lebih mahal dari Toyota All New Kijang Innova, tapi kemungkinan besar jadi lebih mahal dari Toyota Avanza Veloz 1.5. Kehadirannya MPV Siena ini sendiri kecil kemungkinan mengganggu pasar New Kijang Innova tipe G MT yang dibanderol Rp. 280 jutaan, sementara bisa jadi memakan Avanza Grand New Veloz 1.5 yang bermain di 230-an..

HONDA FREED KILLER?

New Toyota Sienta 2016 jika memang dihadirkan di Indonesia sepertinya sesuai prediksi KBY, yaitu mengisi celah produk antara New Toyota Avanza dengan New Kijang Innova karena memang disitulah ada celah kosong yang bagus untuk diisi diantara kedua MPV andalan Toyota Indonesia itu. Sekaligus, memberikan perlawanan pada Honda Freed yang selama ini sendirian disegmen tersebut.

Jika New Toyota Sienta nantinya bisa dikemas dalam paket yang pas dan menarik seperti harga yang kompetitif dan juga fitur yang berlimpah, maka bisa jadi Honda Freed yang asik sendirian di kelas small MPV 7 seater akan tergeser singgasananya.. Beuh ngeri bener dah Toyota Astra maenannya, udah kaya AHM di motor aja 😀

New Toyota Sienta silver

SPESIFIKASI MESIN NEW TOYOTA SIENTA

Menurut info, di Jepang New Toyota Sienta menggunakan mesin dengan tipe 2NR-FKE 1.5 liter VVT-iE FWD dengan transmisi matik CVT berkekuatan 109 hp dan torsi 136 Nm. Nah bagaimana dengan Sienta di Indonesia? Ini hanya prediksi KBY belaka, yang pertama bisa saja sama dengan yang di Jepang, kedua bisa jadi menggunakan mesin ikonik legendaris 1NZ-FE milik Yaris/Vios dan terakhir bisa menggunakan mesin Grand New Avanza 1.5 L Dual VVT-i..

Namun jika melihat spesifikasi rival, mesin L15A SOHC Honda Freed yang memiliki tenaga lebih besar 118 PS dan torsi 146 Nm, maka yang paling mendekati adalah mesin 1NZ-FE milik Toyota Yaris/Vios dengan tenaga DOHC 109 PS dan torsi 145 Nm, sisa mesin lainnya kurang powerful kecuali dibekali gigi-gigi kasar ala Avanza… Jadi mana yang akan ditanam pada engine bay milik New Toyota Sienta? Hanya Toyota yang tahu lads…

Jadi, apakah Toyota Sienta tersebut akan hadir di Indonesia? Mau tau aja apa mau tau banget? KBY dah coba kasak kusuk lebih lanjut nih, stay tune untuk hot gosip berikutnya ya… !!


Baca juga artikel artikel Hot Gossip lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: [email protected]
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Line: http://line.me/ti/p/%40ekr8886s

77 KOMENTAR

  1. Sedikit sharing dan analisa aja kang. Saya sebenernya udh curiga semenjak kabar innova up to 100 juta menyebar. Kenapa? Segmen innova bisa dibilang bukan orang kaya bgt. Dan 100 juta gak kecil buat mereka.

    Jadi kalo Toyota berani up sampe 100 juta, secara otomatis akan ada gap antara innova – avanza, artinya mungkin bisa dimasukin produk dgn celah harga diantara innova – avanza.

    Entah mobil sienta ini apa gak, yg jelas tahun2 ke depan mobil mpv di segmen kosong ini bakal keisi. Hehe

  2. Bagian depannya ngga banget, belakqng lumayan walau belum bisa dikatakan woww, samping siluetnya kayak freed

  3. Mungkin bisa ralat kang. Freed kan kalo ngga salah 6 seater aja. Kan bangku tengah captain seat

  4. gatau kenapa kalo diliatliat honda freed desainnya masih bagus lho, padahal mobil lama… imo

    mendingan honda buat freed reborn kalo ga masukin stream ke marih

  5. kebalikan ya sama roda dua… yamaha digebug honda..
    ini yg di roda empat, gantian honda yg digebug sama saudara tua yamaha…

  6. kalo bener masuk indo bakalan abis diejek-ejak sama reviewer di indo nih macem motomobi sama autonetmags wkwkwkwk…

  7. kalau diperhatikan, tangki bensin ada di kiri?
    berarti ini asli made in Toyota tulen.
    kalau masuk sini bisa mahal tuh.

  8. Jauh lbih baik Toyota siapin mobil buat menghadang BRV 7. Gagahnya BRV bisa gebuk Rush, 7 seaternya bisa ngeganggu jualannya Innova yg overprice itu !!!

  9. Wah intelnya mbah Yocar kredibel juga. Sienta bakal pakai mesin 1.500cc Dual VVT-I. Tapi gak akan yang serupa Avanza Veloz. Ya bakal bunuh diri kalau segmennya di medium tapi jeroannya pakai kelas bawah. Hahahaha….

    Mesin bakal pakai tipe baru yang nanti juga bakal di pakai di Vios-Yaris. Dan sudah jadi karakter Toyota, Output mesin tetap “kalah” dibanding tetangga sebelah.

    Tapi… Toyota yang dijual kan bukan kenceng-kencengannya. Tapi durabilitas, utilitasnya. Dan built quality nya.

    Sekedar saran ae… mbok mbah Yocar kalau mau tes-tes itu ajak pengikut-pengikut setianya lah… ben berkah..

    • Boleh aja kalau mau jadi tukang foto foto.. Mau gitu? Wkwkwkw..
      Kalau pake kaya di Jepang, torsi nya memble loh. Keknya 1nz-fe mesin jadul (ikonik katanya)

  10. Saya jadi tukang pijet aja mbah… huehehehe…

    1NZ-FE itu memang mesin lawas mbah.. kan dipakai sejak Vios pertama 2003 dulu.

    Kandidat terbesar pakai mesin 5NR-FE Dual VVT-I. Output 107hp/6000 Rpm. Torsi 140Nm/4200 Rpm. Transmisi kemungkinan CVT atau 5 speed AT. Kecil kemungkinan pakai 4 speed AT.

    Demikian penerawangan saya mbah..

  11. “Honda Freed Killer?” haha…

    hahahha, Produk Honda freed jelas jauh lebih keren dan lebih elegan..

    gamungking pangsa pasarnya bisa terbunuh oleh sang sienta..

    Mayoritas di bintaro, mereka menggunakan produkan Honda seperti H-RV, Freed, Jazz, & Mobilio.. Toyota?, masih dibawah Honda..

    dan menurut saya produk All New Innova desain belakangnya nyomot punyanya H-RV..

    Maaf saya bukan menjelekan suatu produk, tapi saya memberikan sebuah fakta yang nyata adanya.. 😀 ..

    yg tersinggung saya mohon maaf ..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini