CBR

Honda New CB150 versus Yamaha Vixion Advance, DOHC vs SOHC Jilid Sekian

new-cb150r-vs-vixion-advance

Kobayogas.com – Hola lads.. Perseteruan alias persaingan dua kubu raksasa otomotif dunia memang tak pernah usai.. Honda New CB150 vs Yamaha Vixion Advance pun kembali terangkat untuk ke sekian kali..

Β Sebenarnya artikel ini seharusnya sudah terbit ketika Honda New CB150 ada di tangan KBY guna review tes harian beberapa waktu lalu hihihi.. tapi karena sibuk dan banyaknya artikel update, membuat artikel New CB150 vs Vixion Advance ini jadi terbengkalai deh hehe.. mangap yak lads…

Okey, jadi apa yang mau dibahas dari masing-masing produk unggulan di kelas street fighter 150 cc baik kubu sayap kepak dan garpu tala ini? Seperti yang sudah diketahui, Yamaha Vixion Advance sudah lebih dulu lahir sesaat sebelum Honda New CB150.. Karena sejarah yang cukup kuat diantara keduanya, maka memang cocok deh New CB150 menantang Vixion Advance.. masalahnya, tidak ada pabrikan lain yang bermain di kelas ini.. eh ada gak sih?

New CB150 vs Vixion Advance, bisa dikatakan persaingannya tanpa usai dan berdarah darah, sejauh ini kubu garpu tala selalu memimpin berkat kepahaman akan keinginan dari suatu produk sport di pasar.. Namun tantangan kali ini bisa dibilang lebih berat karena CB150R baru, datang dengan segudang amunisi lengkap! Ayo geber lads..

Baik, ini koridor penilaian dari artikel yang KBY buat, KBY tidak akan menitikberatkan pada performa, karena tidak fair mengingat KBY belum pernah sekalipun icip icip yang namanya Vixion Advance.. So, untuk penilaian sisi performa KBY hanya akan menggunakan sisi spesifikasi resmi saja yah? Sisanya, artikel New CB150 vs Vixion Advance ini akan berbicara dari sisi desain serta fitur, karena untuk desain kebetulan sudah melihat dan meraba langsung keduanya..

DESAIN

Vixion Advance

Yang mana dulu? Sang penantang dulu atau sang juara bertahan? Sang juara dulu kali ya? Yamaha Vixion Advance melakukan upgrade dari sisi penampilan, atau yang lebih kita kenal sebagai facelift..

Wajahnya yang dulu chubby, kini sedikit tirus, meski masih kurang gahar, namun fascia dari Vixion Advance sudah bisa dikatakan lebih ganteng dari sebelumnya.. Tidak ada perubahan radikal dari sisi desain.. Sasis masih menggunakan model delta box yang dipercaya kerigiditasannya di lintasan.. Delta Box juga memiliki kelebihan lain, yaitu bentuk bodi menjadi terlihat lebih padat dan mengaburkan ‘kekopongan’ pada area mesin..

Yamaha memberikan shroud baru pada Vixion Advance yang sedikit lebih besar dan panjang dengan imbuhan emblem 3 dimensi alias nongol.. Bukan hal yang aneh mengingat sepupunya, Soul GT sudah melakukannya lebih dulu. Tapi secara kemewahan, emblem tersebut membantu sosok keseluruhan si Vixion..

Spakbor belakang pelepah pisang yang lebar pada New Vixion Lightning kini ditanggalkan, Vixion Advance kini memiliki spakbor dengan bentuk yang lebih reasonable dibanding sebelumnya.. Hmm apalagi ya.. Sektor speedometer juga ada sedikit sentuhan baru. Tidak pada bentuk melainkan penampilannya. Oia si Advance ini kini memiliki under cowl yang cool..!c

Kelebihan mutlak dari Vixion Advance adalah kualitas plastik materialnya di beberapa bagian, seperti shroud dan plastik di atas tangki. Kualitas catnya pun bisa dikatakan sangat baik, glossy dan tebal..terutama pada varian MoviStar. Sementara kekurangannya lebih kepada desain yang sudah mulai membosankan.. sisanya cant complaint.

Nilai: 8

plastik dekat kunci kontak dilapisi cat, lebih mewah
plastik dekat kunci kontak dilapisi cat, lebih mewah

New CB150

Honda berupaya sangat keras dalam misi memepet penjualan Yamaha Vixion, setelah hadirnya CB150 Street Fire yang kurang bergaung dari sisi penjualan, kini pabrikan sayap kepak menelurkan New CB150 dengan misi yang sama!

Oke, dari sisi keseluruhan bentuk, sebenarnya ciri khas gen CB150 lawas masih ada disana, tidak terlalu radikal perubahannya. Hanya saja dengan cerdik Honda merubah cukup banyak sektor yang akhirnya dapat merombak secara total penampilannya..

New CB150 memiliki bentuk headlamp yang tirus, membentuk segitiga terbalik, ganteng. Bentuk tangki dan shroud berubah, begitu pula dengan bagian buritan, kini lebih lancip dan modern dengan lampu rem menyipit dan lampu sein kecil.. Spakbornya juga serasi, lebih kecil namun tetap fungsional..

Bentuk speedometer New Cb150 juga berubah total, full digital lads.. Kini sang CB baru juga mengadopsi gaya rivalnya, ada plastik di atas tangki yang kini tutupnya rata..plus penempatan kunci kontak juga disana.. Sementara sasis trellis dipertahankan dengan tambahan batang aluminium pengurang getaran yang cukup eye catching..

Tak hanya itu, bentuk knalpot alias exhaust New CB150 juga mengalami sentuhan perubahan, octagonal alias 8 sudut terlihat futuristis.. Ukuran ban yang lebih besar juga mendongkrak penampilannya secara keseluruhan.

Kekurangan dari New CB150 ada pada isu beberapa kualitas material plastik dan pengecatannya.. Sementara sebagai produk baru, kelebihannya lebih banyak yang diberikan.

Nilai: 8.5

New CB150R 1

FITUR

Vixion Advance tidak memiliki fitur baru alias apa yang telah dimiliki Vixion Lightning masih tetap dipertahankan. Speedometer digital – analog dengan pilihan tripmeter namun masih minus jam digital, engine cut off, passing beam, magnetic secure key tetap ada.

New CB150 memiliki fitur gimmick yang lebih lengkap..sebut saja lampu-lampu Full LED dari depan hingga belakang. Speedometer full digital dengan pilihan trip A dan B serta jam digital dan secure key shutter. Sayangnya, tidak ada engine cut off dan passing beam.

Nilai: Vixion Advance: 7, New CB150: 8

pass beam lebih safety dan fokus
pass beam lebih safety dan fokus
futuristis, elegan dan mewah tapi kurang lengkap
futuristis, elegan dan mewah tapi kurang lengkap

PERFORMA

Tidak hanya sisi kosmetik semata, sisi mesin Vixion Advance pun ada sedikit perubahan.. Yaitu perubahan kode dari 1PA menjadi 2PV.. Konon mesin 150 cc SOHC 5 speed berkode baru ini tidak ngebul dan tidak haus pelumas lagi..

Sementara, New CB150 memiliki mesin dan transmisi hasil racikan terbaru, berkode sama dengan sang adik Honda Sonic 150 yaitu K56. Perbedaanya sang mesin DOHC kini memiliki karakter overstroke, lebih menggigit dan ganas di bawah sementara atasnya tidak terkebiri terlalu banyak..

Untuk feeling berkendara, KBY hanya punya modal New CB150 saja, sedangkan Vixion Advance gada hehe.. So, silakan cek review dan impresi berkendara bersama sang CB klik disini.. Tapi kalau penasaran hasil testnya, lads bisa klik artikel New CB150 vs Vixion Advance versi Motor Plus sebelah sini…

Nah langsung saja menuju spesifikasi masing-masing yah..

Spesifikasi Vixion Advance:

Mesin: 150 cc SOHC 5 Speed. Emisi euro 3 dengan catalytic converter
Bore x Stroke: 57 x 58.7
Tenaga: 12,2 kW (16,59 PS) pada 8000 rpm dan Torsi 14,50 Nm pada 7500 rpm.
Harga: 24.250 juta

Spesifikasi New CB150

Mesin: 150 cc DOHC 6 Speed
Bore x Stroke: 57.3 x 57.8
Tenaga: 12.4 kw (16.9 PS) pada 9000 rpm dan torsi 13.8 Nm pada 7000 rpm
Harga: 25.4 juta

Demikian lads, komparasi antara New CB150 vs Vixion Advance versi Kobayogas.com, jika ada yang terlewat harap dimaklumi yak hehehe..

new cb150r wheelie

Baca juga artikel artikel KOMPARASI lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog

Advertisements
About Kobayogas 3231 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

55 Comments

  1. Kalo menurut ane pasa beam jadi fitur mubazir, safety riding lampu uda nyala tinggal high beam sama aja cmiiw.

    • memang sudah nyala, tapi pengoperasiannya yang memudahkan dari sisi respon jari…
      dan kedipan nyala lampu biasa dengan hi-beam kan beda om.. meski lampu kecil/ low beam dah nyala juga hehe

    • Saya pribadi juga sangat merasakan kegunaan dari pass beam..
      Paling terasa saat kita mau belokan dan berpapasab dgn kendaraan lain..
      Kita tinggal tekan tuasnya.. kendaraan di depan tau kita mau belok..
      Terkadang lampu sein aja gk cukup gan.. hehhe..
      Dan mmg lbh praktis pake pass beam daripada hrs mencet saklar lmpu jauh/dekat..
      Coba sendiri deh..

  2. Menurut saya pribadi,designnya masih cakepan nva. New cbr designnya kurang macho dan seperti mocin.

  3. Kalo diliat aja…kayaknya Jelas kok Om..
    CB gurih kemana-mana…. Kl orang ga tau gak akan nyangka itu produk Honda… (Biasanya kan relatif kalem desainnya,lah kok ini “serem”)
    πŸ˜€

    Tapi kalo di samperin…
    Terus di nikmati detail nya.. Weleh, kok Vixion lebih baik ya… Buld quality, material, cat.

    IMHO

    πŸ˜€

  4. kalau mau obyektif tidak usah di kasih nilai om, perbandingan sebaiknya hanya berupa ulasan, biar pembeli yang menentukan…tapi kalau memang ada pesanan khusus ya terserahlah……

    nb : saya heran pemimpin pasar kok nilainya kalah telak dengan penantang yang baru lahir…he..he..jadi jutaan konsumen yang beli vixion itu rada geblek ya om…..atau jangan jangan yang kasih penilaian itu ???

    • kl hanya brupa penilaian ujung2nya cm kata bagus dan jelek yg menentukan. tp kl pake point kan gep ato disparasinya lebih tipis. ibaratnya mau bilang sama2 bagus cumaaa, nah cumanya itu digambarkan dlm bentuk point.

      oya, cobain dulu pake NVA om trus bawa keliling2 pulau jakarta, trus cobain OCB ato NCB bebas deh. biar krasa point plusnya dimana.

      lagian kl mau jujur sejak kehadiran NVL YIMM emang udah serius, kabel speedo di mesin, tutup tangki ga jenoong. lah OCB sbg penantang baru ngapain? stang model megapro (emang jujur nyaman, tapibentuknya gmanaaa gitu..), kabel speedo di ban, tutup tangki jenong plus gada saluran buangan air yg gara2 ini patut diduga tangki mudah bocor kl tangki sering 3/4 kosong. skarang diupgrade jd NCB tp ya kekurangan yg kmaren mlah makin kliatan (las2an ga rapi, antar bodi ga nutup simetris). stuju sama mang kobay, mending gajadi kluar deh drpd malu2in nama besar.

  5. Klo desain, material, cat, masih menang vixion….. klo mesin jelas menang cb, 11 12, dan itu wajar dan sudah seharusnya…. mosok motor baru kalah di semua sisi, yo kelaut aja πŸ˜€

  6. saya kemaren beli ncb di kalbar cas 26,1 juta. klo vixion kok harga udah 27 jutaan ya. dari sisi value makanya say apilih ncb

  7. Api mulai berkobar diwarung KobaY.menunggu sambil nonton aja,kalau ndak jadi tambah besar apinya baru gue siram bensin.absen memantau.Ngoahahaha.

    • Keren ajah gapake bingits. Itu konsep CB 2012 minus headlamp led yg artinya di kalangan internal udah jadul bangetsss pakek S.

  8. Mang… numpang tanya…klo wind shield Nmax yg panjang belinya dimana ya…kok beda jauh ama yg di dealer yamaha…?

  9. aku pernah pake nvl new cb r15 k45,, punya keunggulan masing masing kayaknya, nvl desain ok material bagus tp koq kayaknya agak oleng, new cb desain sangat oke , material kurang bagus , mesin oke banget, kenceng dan nyaman banget, r15 desain oke banget, material oke mesin lumayan tp capek bawanya,, k45, desain oke banget, nyaman make nya, mesin halus bro, tp material dan beberapa part kayaknya kurang bagus

  10. Kobayogas – 12/11/2015

    Loh kok malah lbh mahal NVA ya?
    =============================
    ya saya juga heran kok mahal nva.padahal harga asal kan lebih murah nva.
    tapi puas kok pake ncb terutama mesinnya yang halus jadi kadang dilampu merah dikira mesin mati.

  11. cb baru liat 2 biji. liat mukanya awalnya kirain p200ns eh buntutnya beda ternyata cibi. saru ya hehe

  12. kalau di iklannya exciter 150 (kode mesin 2PV), sudah mengadopsi offset cylinder..

    btw mesin R15 sekarang kodenya 1PA atau 2PV?

  13. boleh lah ikutan komen, bahasannya menarik banyak orang wkwk

    di bekasi populasi masih banyak nva, ya biar ga bisa di bilang rame juga sih.. ncb dari awal launching mungkin masih bisa di itung pake satu tangan kalo saya liat (ini bahaya gak kalo naik motor lebih sering liatin motor orang drpd jalanan? wkwkwk)

    ohiya, kayaknya banyak yg gak suka sama model knalpotnya ncb, hampir jadi aftermarket semua di jalan haha

  14. NCB keren cuma syangnya dari jauh doang ! Seandainya NVA dan NCB baru diliat masyarakat sya yakin NVA lbi wow dari pada NCB, hanya saja kebetulan NCB dtang blakangan dan orang sudah mulai sering liat Vixi kelihatan deh wow NCB ..

    Disulawesi tengah NCB beda 1,8 juta dengan NVA , dijalanan bisa dihitung make 1tangan yang pake NCB .

    Padahal ahm sudah dtang dengan artisnya, dealer buka sampe jam 10mlam dan DP ringan ..

    Coba bro mainnya jauh dikit jangan di jawa yang motornya cuma dicuci dan dielus doang , mampir kesulawesi NTT atau papua ..
    Disini motor untuk gaya dan kerja makanya yamaha mendominasi

    • ada beberapa daerah yang memang Yamaha bisa dibilang mendominasi, misal pontianak, market sharenya di atas 60%.. terus pulau sulawesi juga Yamaha yang pegang..

  15. sales fBH0M0 pada ribetin mesin SOHC pabrik suling, kayak yang ketakutan gitu yak akakakak padahal sembahannya DOHC 150 cc juga katanya MS MAH0NDA 75%, kok masih meriang zaza lihat penampakan motor made in pabrik suling.

    Berarti sales AHM0CIN sadar kalau majikannya cukup dilawan sama pabrikan suling kasta rendahan. wkwkwkwk

    knsmen mah kaga ribet.

    -mau SOHC 150 cc pilih NVA/R15/MT15/Byson atau NMP/Verza

    -mau DOHC nearly mentok 150 cc pilih NCB/CBR150Lokal

    -mau naik kelas ke 250 cc 2 silinder DOHC pilih R25/MT25 atau sport Kawasaki

    Wkwkwkwk

    sales fBH0M0 koarΒ² DOHC nearly mentok 150 cc buat nutupin aib majikannya kaga punya 250 cc 2 silinder DOHC.

    zlubbb

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Honda Kuasai Pasar Sport, New CB150 Salip Vixion, Efek Nmax, MT15 Atau Asap Nih? | KobaYogas.COM
  2. DIY: Setel Ketinggian Sorot Lampu Depan Honda New CB150R – Ternyata Gampang! | KobaYogas.COM
  3. Brosur Yamaha Vixion Advance vs Honda New CB150r – The King Strikes Back..! | KobaYogas.COM
  4. Email Pembaca: Mahasiswa Cari Motor Sport 150, Mana Paling Cocok? | KobaYogas.COM

Yuk Tinggalin Jejak Lads..