Honda WRV vs Toyota Raize vs KIA Sonet

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr… Tak dirasa ternyata di kelas small SUV ini awalnya hanya ada satu pemain, yaitu KIA Sonet – cmiiw ya – seingat KBY dia ada duluan sebelum duo kembar Rocky Raize..ย Sebenarnya ada satu lagi sih yaitu Nissan Magnite, tapi untuk liga perbandingan komparasi kali ini kita hanya memasukkan tiga nama saja yang dianggap paling afdol untuk diadu, Honda WRV vs Toyota Raize vs KIA Sonet!! Pilih tenaga, teknologi, atau fitur kenyamanan? Atau bisa saja mempertimbangkan price to value, mana yang paling cocok untuk dipinang? Nah semoga menjawab.. rawwrrr…

HONDA WRV vs TOYOTA RAIZE vs KIA SONET

Sebentar kang, kenapa Daihatsu Rocky gak dimasukkin? Oh kamu nenye? Kamu bertenye tenye? Yaudah, biar aku jawab ya.. biar tercandu candu.. rawwrrr. Anggap saja Rocky sudah diwakili oleh Raize, toh kembar, beda tipis tipis aja.. oke setuju ya? Lanjooeettt..

Mari kita abaikan terkait desain, karena sangat subyektif dan dikembalikan ke selera calon konsumen masing masing, satu hal yang pasti diantara ketiga tersebut tidak ada yang buruk rupa, semuanya keren dengan bahasa masing masing, sehingga dari sisi ini, pilih yang manapun gakan salah.. cuma 1 doang paling yang KBY ga suka, tompel plastik hitam di bumper belakang Raize itu.

DIMENSI

Jadi mari kita beralih ke dimensi alias ukuran saja kuy.. Dari sisi lebar, ternyata KIA dangdut eh Sonet adalah yang paling lebar.. WRV 1780mm vs Raize 1710 dan Sonet 1790..! Wow.. Raize paling singset ya..

Dari sisi panjang juga Sonet menjadi yang paling panjang dengan ukuran dari ujung ke ujung 4120mm.. posisi kedua ada WRV dengan 4060mm dan terakhir Raize dengan 4030mm.. Wheelbase, ternyata Raize juaranya, secara teori dengan wheelbase yang panjang, seharusnya lebih nyaman dan anteng, tapi tentunya dengan didukung formulasi suspensi juga.. Di tengah ada Sonet dan paling kecil si WRV, bisa dikatakan yang paling lincah secara teori.

Untuk tinggi dari aspal hingga ke part paling tinggi seperti roof rack misalnya, maka Kia Sonet kembali menjadi yang tertinggi, sedangkan Honda WRV justru paling pendek. Radius putar, yaitu kemudahan bermanuver putar balik misalnya, makin kecil angkanya makin mudah, ternyata WRV yang terkecil, Raize kedua dan paling besar dimiliki Sonet..

Ground clearance tinggi yang menjadi acuan sebagai sebuah mobil SUV dimiliki oleh Honda WRV dengan 220mm, Sonet menyusul di posisi kedua dan paling rendah alias paling pendek jarak ke tanah diambil oleh Toyota Raize dengan angka 200mm.. meski terkesan rendah, tapi angka tersebut sudah batas aman banget untuk sebuah kendaraan alias termasuk tinggi.

Jika ukuran ban dan velg menjadi hal yang penting, maka WRV bisa menjadi pilihan, sudah berukuran 215/55/17.. paling sporty tentu saja dengan ban agak tipis..

DASHBOARD – INTERIOR

Bagi KBY, interior itu atau tepatnya area dashboard gak kalah pentingnya dengan eksterior.. Malah bisa dibilang wajib juga, pasalnya kita sebagai owner justru menghabiskan sebagian besar waktu itu di dalam.. tentu kalau sering bepergian dengan mobil ya. Jadi kalau membosankan ya gimana gitu.. ga betah berlama lama.

Nah kalau bicara dari sisi atraktif (mengabaikan material plastik), maka nomor satu jatuh kepada KIA Sonet.. meski tidak terlalu indah tapi dari sisi atraktifnya tidak akan membuat pengendara dan penumpang sebelah mudah bosan.. Posisi kedua disambar Raize dan paling bontot ya WRV.. di era speedometer digital, Honda masih saja memberikan yang old fashioned.. jarum! Sudah gitu tampilannya B aja.. kaya mobil 2000an awal..

Yang sonet keknya salah ambil gambar nih, itu buat yang diesel, masa redline di 4500 wkwkkw..

ADU FITUR

Nah yang sengit justru di bagian ini.. bisa dibilang saling melengkapi dan mepet mepet. Bila bicara sistem keamanan dan keselamatan (safety sense), maka Honda dan Toyota dapat dikatakan menjadi yang terdepan. 11-12 lah lengkapnya, Honda punya Honda Sensing sementara Toyota punya Toyota Safety Sense.. dari sisi ini jelas KIA Sonet gada apa apanya.. hanya mengandalkan safety standar seperti ABS, Airbags, tanpa safety sense.

Honda WRV vs Toyota Raize vs KIA Sonet

 

Namun ketika kita beralih kepada fitur kenyamanan bagi orang orang di dalamnya terutama sang pengemudi, maka Sonet dapat dikatakan menjadi yang terdepan.. Sebut saja telinga yang akan dimanjakan dengan audio racikan Bose.. Hari panas dan gerah gakan bikin punggung basah dan area “masa depan” kegerahan karena ada ventilated leather seat..

Dan bagi kaum norak (termasuk KBY), adanya sunroof itu menggairahkan, bisa pamer aja gitu wkwkkw.. Apalagi kalau ke area yang dingin kaya puncak atau Ciwidey, siapa butuh AC? Tinggal buka aja itu atap.. icikiwiirrr angin sejuk asli langsung masuk ke dalam.. Ngecas HP tinggal taro, ada wireless charger.. eh kok ga nyala? Wah ternyata HP nya belum mendukung wowkowkowk..

Honda WRV vs Toyota Raize vs KIA Sonet

PERFORMA & HARGA

Tidak akan ada yang meragukan mesin racikan Honda soal performa, ilmunya sudah sampai membuat juara dunia di F1 beberapa kali!! Satu satunya dari Jepang hingga saat ini. Sooo.. di atas kertas sudah terlihat, mesin N/A Naturally Aspirated 1500cc non turbo nya mampu menyalak hingga 121PS!! Dengan asumsi setingan untuk efisiensi penggunaan harian, cukup pakai throttle controller dan piggyback maka aumannya dah bikin yang dua kencing di celana wowkowkwok..

Honda WRV vs Toyota Raize vs KIA Sonet

Pun demikian kalau nyolek Teknologi, maka Turbo charger yang tersemat di kompartemen mesin dari Toyota Raize bolehlah dikasih apresiasi.. Kalau nyarinya ke sini, yaitu ranah teknologi dan bosan dengan N/A.. ya cuma Raize yang punya..

Dan begitu beralih ngomongin harga.. melihat KIA Sonet judiii tettt.. yang seharga Rp 343 juta, maka dua kompetitornya menjadi terasa murah..!! Hasilnya, Sonet terlempar di final dan harus puas menjadi juara ketiga.. ini akibat harga terhadap value yang didapat, tanpa adanya safety sense, harga segitu ya maaf, kemahalan! Meskipun harus diakui, material interiornya adalah yang terbaik..

PEMENANGNYA ADALAH!!

Jadi final yang terjadi adalah antara sang penantang Honda WRV vs Toyota Raize..!! Dan dengan split decision alias menang angka tipis, sang pendatang baru dari Honda yang menjadi juaranya.. Yak, kekurangannya bisa dikalahkan dengan banyak kelebihannya. So, selamat untuk Honda WRV… rawwrrrr..

foto: IG Berkendara

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing ๐Ÿ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

36 KOMENTAR

  1. Kalau powertrain emang ttp masih megang honda kemana2 mang, L series beserta transmisinya emang jawaranya dari reliability, stock power, sama tuneabilitynya
    Hyundai 1.5 smartstream + IVT katanya udah sekelas sama honda perihal rasanya, tapi gatau perkara reliabilitynya

    Kalau toyodai denger2 dia ada masalah di transmisi CVTnya pas high load/nanjak mang, gampang overheat

    • Berharap pake mesin 1L untuk WRV dengan power 12% kapasitas mesin sekitar 120ps setara Ford Fiesta.

  2. Nah , itu aja dah juara dunia….gimana kalau yg d brojolin versi konsep mang ?
    Eh mang kobay ga nanya wokwokwok ๐Ÿ˜‚

  3. Tinggal menjemput yang menangis dipojokan , simobillio untuk dipoles agar seger dan membuat gairah ๐Ÿ˜‚

  4. Juara ? Wah dapat piala nih… (Piala Tarkam) ๐Ÿ˜‚

    Mesin motor ditempel kemobil ya horaa payu cak ๐Ÿคฃ

  5. Dari ketiganya Toyota dan Kia pakai mesin mobil beneran, klo ngonda wereng – V mesin beat bore up (gredeg) ๐Ÿคฃ

    • ketinggian ngomongnya ni bang eka, tu jupi burhan udah distiker baru blm? jangan lupa digosok tiap hari, sapa tau besok ada yang goreng harganya kaya sang radja jeddarrath.

  6. Kalo beli baru wrv sama raize bisa jadi pilihan emang. Tapi bagi kami kaum seken mulus no minus km rendah ya kia sonet pilihannya mang tau sendiri mobil gingseng harga seken turunnya bisa ampe 30%

      • Kia rio kakak gw beli seken udah jalan 5th baik2 aja, cmn kaki2 yg suka jajan. Maintain bagi kaum sekenan ya dibengkel umum mang habisnya ga banyak dan emg kia terkenal bandel spare part tangguh macam suzuki. Rio crdi jg aman sesekali diisi solbus tapi sering diisi sama dexlite. Pemakaian kediri-batang diisi solar cmn habis 200k

        • Gak semua seberuntung itu sih, secara teori kalau memang seperti itu, seharusnya sih dari info mulut ke mulut maka kia bakal banyak diburu – setidaknya seken dulu sebelum ke barunya..

  7. no replacement for displacement, dari sini jelas rocky-raize coret
    dari desain sih mata saya masih belom oke buat sonet.
    kalo rocky-raize mah jelas2 coret dari awal, mobil kok penyok2 gitu sih.

    boleh juga sih ni wrv buat calon pengganti livina saya, dibanding city hb, karena parkiran basement kantor saya bikin livina saya gesrot bawah tiap hari…

  8. Tidak akan ada yang meragukan mesin racikan Honda soal performa, ilmunya sudah sampai membuat juara dunia di F1 beberapa kali!! Satu satunya dari Jepang hingga saat ini.
    Ini fakta ape Hoaks ?

    Berarti yhm sama sym pun kalah , sym dah punya merk mobil walau dibawah bndra hyundai . Ada logonya ….kaga kursus doang ๐Ÿ˜‚

  9. Wrv ga malu2in kalo dibawa kondangan…sekeluarga fbh bisa muat
    Tapi kalo fby…kondangan naik vega bonceng 3 cengangas cengenges gigi kuning muka gosong

  10. Maaf mang, kebalik wheelbase yang paling panjang KIA Sonet, teorinya yg lebih nyaman dan anteng, bukannya raize ๐Ÿ˜…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..