vario 160 vs Aerox 155
iklan gma

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Paling hepi kalau rasa penasaran sudah tuntas terjewantahkan wkwkkw, ibarat bisul atau jerawat pecah, rasanya lega beuddd.. Yah meskipun sudah cukup banyak yang melakukan komparasi dan adu duel drag race antara Honda Vario 160 vs Yamaha Aerox 155, tapi kalau belum mencobanya sendiri seperti ada yang kurang dan hambar, ibarat beli bubur ayam atau mie ayam tapi kok gada daging ayamnya, apa dong namanya wkkwkw.. So ini lah hasil versi Kobayogas, satu Vario 160 dikeroyok dua Aerox 155!

vario 160 vs Aerox 155

PROLOG:

KBY belum pernah mencoba Yamaha Aerox 155 yang All New, so kesempatan datang waktu Aerox milik GMA Products hadir di Kobayogas Manor. Jadi di hari yang sama saat sang skutik datang, KBY langsung nyoba boncengan bersama Sena sambil mencari lokasi yang sekiranya memungkinkan untuk dilakukan drag test antara Vario 160 vs Aerox 155.

Nah akhirnya KBY paham karakter dari mesin All New Aerox 155 dan sesuai dugaan, mirip dengan All New NMax lads.. halus, bisa dikatakan lompatan kehalusannya cukup jauh dibanding versi pertama yang ada di Gendis. Bawahnya bagi yang terbiasa versi lama mungkin dianggap kurang responsif, karena memang disetting smooth (mungkin agar lebih efisien dalam mengolah bbm).

Tapi tengah dan atasnya tetap galak, jadi halusnya dapat, galak dan responsif di atas tetap dihadirkan. Atas dasar ini lah KBY cukup pede bahwa sebenarnya Aerox itu masih bisa menang melawan Vario 160. Tentu saja, sumbernya adalah dari hasil test ride All New Vario 160 di trek AHM tempo hari. Hehe.. pokoknya yakin lah Aerox bisa menang walau tipis.

ADU DRAG VARIO 160 VS AEROX 155

Terms and conditions: Karena waktunya mepet dan sempat dilakukan reskedul beberapa kali karena mengikuti ketersediaan unit baik Vario 160 maupun Aerox-nya, maka lokasi yang didapat dalam waktu singkat ya dapat dikatakan kurang ideal. Jalannya memang lebar dan panjang tapi cukup ramai. Jadi obstacle yang pertama adalah adanya kendaraan lain, yang kedua karena kondisi tersebut akan ada momen dimana para rider jadi harus mengendorkan gas.

Yang ketiga, jalannya ternyata model beton cor.. karakternya agak bumpy. Di satu sisi kondisi ini kurang menguntungkan untuk traksi ban pada aspal, namun justru di sisi lainnya lagi, hal ini malah dapat mengetahui kinerja suspensi baik Vario 160 maupun Aerox 155 saat digeber atau dalam kecepatan tinggi, ya kan? Yang punya kinerja shock baiklah yang akan diuntungkan, seharusnya, secara teori.

vario 160 vs Aerox 155

KONDISI MOTOR

Untuk All New Vario 160, tipenya ABS, kilometernya belum genap 500km, kalau ada yang bilang masih gres itu diuntungkan justru sebenarnya kurang tepat, karena gerakan semua part di dalam mesin masih peret laiknya perawan. Intinya, performa mesin belum dalam kondisi optimal.

Untuk All New Aerox ada dua, yang pertama yang dibawa KBY, kilometernya 2000-an, tipe standar, yang satu lagi milik teman yaitu Alex, mesinnya sudah 7000-an kilometer, sama, tipe standar juga.

Bobot Vario 160 ABS itu 117kg, kerb/curb weight, berat kosong, dimana artinya bobot murni motor ditambah cairan penting seperti oli mesin, oli transmisi (jika ada), air radiator, minyak rem dan freon (kalau mobil). Kadang juga dihitung dalam keadaan bbm terisi full, tapi kita abaikan ini, karena ternyata sifatnya gak selalu dimasukkan.

Bobot Aerox STD itu 122kg, berat isi, berat isi di sini menurut banyak sumber (silakan cari di google), artinya sama dengan berat kosong, dimana sudah termasuk cairan penting pada kendaraan. Beda lagi dengan berat bersih, itu biasanya bobot kendaraannya doang, kalau berat kotor adalah berat isi/kosong plus beban maksimal yang bisa diangkut si kendaraan. Sampai sini sudah dapat ya.

Kondisi motor semua dalam keadaan sehat serta standar tingting dan diisi RON 92 (Aerox KBY dan Vario160) serta RON 95 (Aerox Alex). Di lokasi, kondisi meter bensin Aerox KBY 3 bar, Aerox Alex 2 bar dan Vario Farid 4 bar.

KONDISI RIDER

Awalnya KBY akan ikutan dengan diadu bersama Sena, karena kalau dengan yang lain bobotnya gak ideal. Rider Vario 160 adalah Farid, bobotnya mengaku 85kg, tinggi 165cm. Rider Aerox satu lagi adalah Alex, bobotnya 84kg dengan tinggi 174cm. Sudah paling pas untuk diadu nih.Β Sementara KBY itu 165cm 71kg dan Sena 170cm 64kg.

kiri Alex, kanan Farid

BOBOT MOTOR

Agar perhitungan secara bobot lebih mudah, maka konsentrasi adu drag race Vario 160 vs Aerox 155 adalah antara Farid dengan Alex. Biasanya netizen itu pengennya benar benar fair, KBY pun mengkondisikan dari sisi bobot motor sudah sama, biar gada alesan gitu wkkwkw..

Bobot Farid plus Vario 160 adalah 85kg + 117kg = 202kg, Bobot Alex plus Aerox adalah 84 + 122kg = 206kg. Maka ada kesenjangan bobot sebesar 4kg. Nah KBY memang bekal dua barbel dari rumah masing masing bobotnya 4kg (bukan 5 seperti pada video). Jadi Vario kita kasih beban tambahan biar sama, 1 barbel plus kantong minuman seberat plus minus 1kg.

Hasilnya gimana? Silakan tonton videonya ya.. Kocak momen adalah ketika KBY salah hitung, harusnya Aerox KBY yang dikasih beban, ini malah semua beban dikasih ke Vario. Pantes Aerox gw menang dua kali running di depan, awoawoowwokkk.. Padahal perhitungan udah ada, tapi karena HP dipegang Sena, sementara gw wara wiri, jadi buyar semua angkanya.. Ngah ngah ngaaahh..

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing πŸ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

96 KOMENTAR

  1. Saia mulai bingung liatnya saat semua barbel dan bungkusan dikasih ke sebelah , bobot ridernya juga lebih berat kemudian lanjut Ngedrag .
    Play back dong ….. Simak , n pause….ikut ngitung Saia 🀭
    Lowh lowh
    Asli Kocak

    πŸ˜‚

    • Refleksi seketika atau Spontan itu bang .
      Cuman FBY yang denger malah jadi kesel sama Mang Kobay πŸ˜‚

  2. yang penting klo aerox menang berarti ini blog netral, yg lain drag di yusub emang diamplopin sama sebelah, paling gasnya gak mentok.

  3. Aerox wajar mang kl kalah….itu mesin racikan 2016 mlh yg All new diiritin…. btw Vario 160 mesin PCX 160 THN
    2021 ,trus pasti ada pembaharuan di 2022….wajarr engine 2016 v engine 2022….. Beda 6 tahun pengembangan nya…..aduhhhh….jadi butuh waktu 6 tahun untuk Honda membuat engine Vario 160 yg bisa bersaing dgn Aerox skrng…..itupun harus memakai 4 Valve…saya yakin Yamaha pasti ada langkah kedepannya dgn menambah hybrid diawal start untuk mengimbangi Vario 160….. Nah user kyk kita akan g diuntungkan…..tp ttp ” goodjob’s ” buat Yamaha….kl ga ada persaingan sama Yamaha… Honda ga bakalan kyk gini….πŸ‘πŸ‘ satu aspal

    • rasa2 nya doeloe2 ga ada tulisan model gini waktoe adu2an model laen. udah aja. yang fair model sama belum tuwir, artinya ya ga masalah dong.

      • Akan Ada 2 alasan yang akan selalu tetap menjadi jawaban bagi pihak yang kalah, pertama tidak mengakui kekalahan dengan cara diam,
        Yang kedua mengakui kekalahan dengan berbagai syarat & alasan.

        Dan jangan coba -coba menjadi seorang fansboy,
        apalagi penyembah merk karena gue gak terima, kecuali gue sendiri yang bilang kalian fansboy & pemuja merk H, ingat itu..
        Ngaah.. Ngaah.. Ngoaah..

        • Emang bakal banyak alasan dan Teori , makanya ngakak liat kolom komen yang ngeles2 .
          πŸ˜‚

    • Kata-kata dia ini juga berlaku buat Nmax dan Aerox yg nyoba ngalahin PCX dan Vario, inget mesin PCX dan Vario itu hasil pengembangan dari tahun 2010 tapi ga ada yg ngomong wajar kalo PCX dan Vario kalah dari NMax dan Aerox.

    • Karena dulu ngorox dan Vario itu sejaban jabanan , sekarang V160 udah diatas segala nya .
      Bukan karena alasan pengembangan.
      Coba saja adu lagi V150 vs ngorox 155
      πŸ˜‚

  4. Topspeed aerox 120kpj
    Topspeed nmax 122kpj
    Topspeed vario 128kpj
    Next adv 160 132kpj
    Fix ya mang…yg terloyo udah jelas…
    Kasian lah sama fby…kalo buka yutub hatinya ngilu…pdhl baru aja girang paizo hits…lngsng dihajar vario auto uninstal yutub

  5. Bubur ayam ga ada ada dagingnya itu namanya bubur sangu mang… Itu mah jualan urang keur di Lembang.. hahah

  6. “Sementara KBY itu 165cm 71kg dan Sena 170cm 64kg.”
    yg satu tumbuh ke samping … yg satu tumbuh ke atas ….
    kabuuurrrr ….

  7. ya emang harusnya vario ditambahin beban mang, buat simulasi kalo lagi angkut galon.

    —–
    udah 2x liat vario 160 di jalan, keren banget sih, cuma kalo udah biasa sama akomodasi pcx pasti kurang banget ini motor.

    dan alhamdulillah nya saya juga udah 2x liat paijo di jalan, pertama malem2, kedua kalinya lagi parkir. ehh saya emang FBH sih, cuma syumfaahh deh ni motor jelek pake banget.

    • Baru sekali liat Fazzio dijalan, reaksi gua pas pertama kali liat buritan motor ini..Eehhhhhh…kok..πŸ˜•
      Bentuk buritannya Fino jadi lebih manis dimata gua setelah liat Fazzio

      • Sama ane di kalsel baru liat sekali dijalan, wrna toska itupun cuma lewat..

        Scrolling di tempat keramaian blm nemu, Apa blm distribusi atau memang bnyak permintaan di daerah jawa sono ya?

    • Udah sekian kali liat V160 , tapi Belum pernah ay liat Paijo dibawa orang dijalanan , ay kurang beruntung πŸ₯Ί

      • Awas cak nanti terpesona dgn buritan fazzio yg “otentik” yaitu tidak sekedar copy paste dr vespa matic sejenis dikelasnya… Buritan fazzio justru adalah aura pemikat yg luar biasa bagi yg melihat…

        Jangan jadi fansboy akut cak,

        • Udah lihat diDealer , muntaaaahhhh πŸ˜‚

          Maksud gua lihat yang make dijalan pak Eka.
          Pada risih apa ya …yang beli Malu Makek ?
          πŸ˜‚

    • Di Sumbar belum pernah liat paijo sekalipun, Vario 160 udah sering malah udah ketemu yg dimodif trondol tadi siang padahal belum punya nopol

      Jujur kasian liat motornya πŸ˜”

  8. Saran aja Mang ..
    Better bobot motor disamakan dulu aja..
    Trus bobot pengemudi yang selisih biarin aja, ga perlu disamakan, nantinya bisa dilakukan gantian..
    Misal Mang KBY bawa ngerok dan menang, berarti karena ada selisih bobot 14kg dari user Vario 160.
    Trus gantian mang KBY pakai Vario 160, pasti ngerok dengan bobot lebih berat pengemudinya akan ditinggal sekabupaten…

  9. Tapi percuma juga sih tes adu drag kayak gitu dilakukan..
    Lhaa wong KBY sudah dicap efbenyek sebagai blogger AHMplopan kok…

    • Gak mungkin SiPeaPea kalah!!! Kalau nge drag kudu pilih medan yang steril..coba selenggarakan di landasan udara, Xerokan cantolin ke Boeing 747 yang lagi take off..niscaya Hamilton pun ternganga🀭🀭🀭. Tercepat dan tegak lurus ke nirwana, wakakak. Namun yang paling penting bantu apa?? Prok3x..πŸ‘‹πŸ‘‹πŸ‘‹ #bantubeli

  10. Jelas2 bobot KBY lebih ringan daripada user Vario 160, malah ditambahi barber 5kg + plastik 1kg..
    Jadi total selisih beratnya 14kg+6kg=20kg….
    Pantes aja ngerok featuring KBY ngacir..
    Pas moment itu efbenyek loncat2 kegirangan.,..

  11. Mamg…
    Pliiisssss, video part 2 jangan diposting ya…
    Itu benar2 akan membuat perasaan efbenyek tersayat dan pilu….
    Kasian efbenyek mang…
    paijo sudah tenggelam ditelan bumi…

  12. Pesan moral dari peristiwa “keroyokan” di artikel ini adalah : kemoceng tetep harus disediakan🀭🀭🀭…Lhaaa .rasanya gak nyambung, tapi ya sudahlah😁😁😁

  13. gak tahu kalau iwb posting tes drag aerox connec vs vario 160 di sentul.

    yg ngakak waktu dwiki 53 kg pake aerox vs gilkun 91,5 kg vario, tes drag setelah tikungan terakhir, lewat garis finish vario ketinggalan 3 body, lewat dibawah lampu start vario ketinggalan 1 body. sayangnya track sudah habis, kalau tambah 200m dijamin vario 160 bisa nyalip.

  14. honda makin sangar desain2nya euy. asli dapet banget sportynya. tp kl seumuran gw ttp milihnya metic slonjor wkwkw

  15. Coba disamakan kompresi, untuk aerox pake piston r15v3, ukuran ban disamakan..kira2 bejaban gak tuh.. juga pr buat new aerox selanjutnya tinggal menaikkan kompresi plus hybrid dan cakram belakang..dah mantap tu..

  16. Ge ga peduli dan bodo amat sama 2 merk motor itu..
    Gw cuma konsern 1 kata doang

    ….peret kek PERAWAN…(bener2 ahlinya ) 🀭

    Anjaaaayyyyyy….😍😜😝🀣🀣🀣🀣

Yuk Tinggalin Jejak Lads..