Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Meskipun penjualan kelas sedan sudah tidak segegap gempita beberapa tahun ke belakang, namun pride atau kebanggaan memiliki sebuah mobil yang nyaman dan prestige masih terpatri cukup dalam di sejumlah konsumen Indonesia. Nah, di kelas sedan small/ compact, Toyota baru saja merilis Toyota Vios terbaru!! Di kelas ini ada dua merek lain sesama Jepang yang dapat dikatakan pantas untuk diadu. So ini dia duel small sedan antara Toyota Vios 2023 vs Honda City vs Mazda2 sedan.. kira kira pilih mana? Juga mana sih yang paling value secara harga vs fitur?

Boleh gak KBY skip soal desain? Karena pada dasarnya ketiga sedan kecil ini, baik Toyota Vios 2022 terbaru atau Honda City maupun Mazda2 tidak ada yang dapat dikatakan buruk, semuanya keren dan kece sih.. meskipun jika memasukkan faktor “usang” (lebih tepat sih bosan), mungkin Mazda2 yang sudah mulai membosankan desainnya.. Mungkin juga akibat bahasa universal dari Matsuda punya desain yang sama dari paling bawah hingga atas ya.

Ditambah karena Mazda2 sedan ini seakan akan merupakan bentuk panjang dari hatchback-nya, maka paling terlihat tidak atau kurang proporsional sih secara keseluruhan..

Posisi kedua adalah Honda City yang meski punya desain long last dan bermain aman namun penampakannya terlalu biasa saja.. dan sebagai jawara ya si Vios 2023 alias Yaris Ativ ini, lebih karena desainnya yang paling fresh sih. Pun begitu, sebagai perbandingan dimensi lads bisa melihat gambar di bawah ini ya..

TOYOTA VIOS 2023 VS HONDA CITY VS MAZDA2

INTERIOR

Eksterior boleh kita skip, tapi bagian kabin alias interior sih jangan, karena sebagai pemilik dan penumpang, lads lah yang paling berlama lama di dalam sini, apalagi kalau dipakai harian dengan rute cukup jauh dan macet.. faktor desain interior akan memiliki nilai cukup tinggi untuk tidak membuat bosan isinya alias ya sang pemilik..

Jika kita lihat gambar di atas sesuai foto, mungkin kabin Mazda2 terlihat paling sederhana ya, tapi percayalah, jika melihat langsung, maka yang paling bawah itu peringkatnya dimiliki oleh Honda City, boring as hell!! Wwkwkkw.. beneran plain dengan kualitas material B saja kalau tak mau dibilang buruk..

Karena belum lihat kabin Toyota Vios terbaru 2023 secara langsung maka untuk area ini – sementara – KBY berikan poin tertinggi untuk andalan terbaru Toyota tersebut karena terlihat fresh dan sporty.. Kedua adalah milik sang Mazda2.. meski kalau dari sisi sederhana, bisa debatable sih karena kabin City terlihat lebih meriah, tapi Mazda menang dari sisi kemewahan dan kualitas material di dashboardnya.

FITUR

Kita bagi dua ya.. fitur yang ada di speedometer dan baru lainnya. Untuk speedometer milik Vios lagi lagi menjadi yang tersegar.. sangat dimaklumi karena brojol paling belakangan. Tema atau theme nya senada sih dengan saudaranya seperti Veloz atau Raize yang paling dulu hadir mengusung tema speedometer seperti ini.

Vios vs City vs Mazda2

Meski tidak sepi, namun speedometer Honda City terlihat boring membosankan.. soalnya sudah sering banget melihat bentuk dan susunannya.. Mazda2 sedan kembali menjadi nomor dua, meski sudah berumur namun kemewahan dan elegannya masih tetap terjaga.. mungkin subyektif, karena jarang jarang kan liat speedometernya, gak kaya dua merek lainnya gitu hehe..

Berikutnya adalah fitur pendukung seperti entertainment ataupun keamanan (safety features).. Kuy digeber lagi.. fitur Honda Vios 2023 vs Honda City vs Mazda2 Sedan:

Sudah langsung terlihat kalau Vios menjadi yang terlengkap dengan hadirnya Toyota Safety Sense termasuk Blind Spot Monitoring + rear cross traffic alert. Kedua ada di Mazda2, sejujurnya sebelum yang lain hadir, Mazda sudah memberikan kelengkapan mendekati ala ala Safety Sense pada Mazda2 hatchback.. So si sedan tinggal ikutin doang.

Terakhir dan menjadi juru kunci.. Siapa lagi kalau bukan Honda City Sedan wkwkkw.. meski termasuk lengkap untuk sebuah mobil modern, tapi hitungannya yaaa udah menjadi standar banget mobil mobil saat ini lah.. Tidak ada yang spesial gitu. Apalagi liat rem belakangnya, ckckckc.. Jadi paham kan kenapa Honda selalu dibully sebagai mobil yang kurang value?

Vios vs City vs Mazda2

SPESIFIKASI MESIN

Di penutup, akhirnya jagoan H tegak bisa menepuk dada dan bangga.. yak untuk spesifikasi mesin Honda masih yang terbaik.. Bermodalkan mesin lebih besar 1cc doang dari yang lainnya, mesin L series 1500cc DOHC i-VTEC korekan Honda masih menjadi yang terhebat di kelasnya!! Mampu memuntahkan tenaga sebesar 121ps dan torsi 145Nm..!

Vios vs City vs Mazda2

Posisi kedua dimiliki Mazda2 Sedan.. Bermodalkan skyactiv kompresi tinggi, sayangnya menang di situ doang, soal tenaga hanya menghasilkan 111ps dengan torsi 144Nm.. Dan paling buncit ya Toyota Vios 2022 ini.. hanya 106PS dan torsi 138Nm!! Dari mesin 2NR-VE racikan Daihatsu yang serupa dengan saudaranya seperti Avanzda dan Veloz serta Xenia.. Vios harus puas berada di urutan terendah. Dibandingkan mesin legend 1NZ-FE sih masih di bawahnya..

Diluar apapun kebijakan Toyota akan mesin ini, terkesan mereka tidak terlalu peduli dengan performa (kencang), lebih ke efisiensi BBM. Tapi soal ini Honda juaranya, ya kencang dan irit juga masih dapat. Harusnya sih kalau sedang salah satu jualannya ya mesin kencang ya..

HARGA

Sooo.. itulah perbandingan dan Duel Sedan kelas 1500cc Jepang antara pendatang baru dan sebagai penantang, Toyota Vios 2023 vs Honda City vs Mazda2 Sedan.. Bagaimana dengan harga? Silakan cek sendiri ya di bawah ini.. (sumber foto: IG Berkendara).

Vios vs City vs Mazda2

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

12 KOMENTAR

  1. Melihat rentang harganya, barulah saya sadar mengapa perusahaan taksi sudah tinggalkan type small sedan sbg armadanya (meskipun sudah downgrade ke versi basic car)

  2. Baru baca judul mang kobay … Belum isi.
    Nah judul e kan Duel , kok ada 3 yang bersiteru ?
    Daripada keduluan pakEka yang protes , maka Saia duluan deh yang nanya .

    😂

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini