Home Honda Mobil Toyota Yaris Cross vs Honda HRV vs Hyundai Creta, Siapa Terbaik?

Toyota Yaris Cross vs Honda HRV vs Hyundai Creta, Siapa Terbaik?

20

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Ada produk baru dari Toyota di kelas Compact SUV nih lads.. Kelas dimana Honda HRV jadi penguasa dan tak tersentuh dari sisi penjualan setiap bulannya. Yaris Cross hadir untuk menghentikan hegemoni dari andalan H tegak tersebut, sekaligus mengemban tugas kedua yaitu untuk membuat andalan H miring makin gak dilirik. Ini dia duel segitiga antara Toyota Yaris Cross vs Honda HRV vs Hyundai Creta. Mana yang terbaik dari sisi spesifikasi, fitur dan kenyamanan serta keamanan?? Cekibrot mana yang akan dipilih Inara Rusli.

Sebelum dilanjut dan para pemuja Wuling protes kenapa gada nama Alvez di situ? Kan sama sama compact SUV?? Sabar, ini kelas Jepang vs Korea bung, di luar itu minggir dulu wowkowkwok.. Oke jadi paham yak.

Selain itu pemilihan ketiga produk ini, Toyota Yaris Cross vs Honda HRV vs Hyundai Creta bukan tanpa alasan kuat. Pertama, HRV jelas dipilih sebagai penguasa pasar..bahkan dari jaman sebelum All New. Kedua, Creta sering banget disebut sebut sebagai HRV killer, karena punya nama Non Cina, merek kuat asal Korea, fitur berjibun dan harga yang lebih terjangkau. Selain itu Hyundai Indonesia seakan memiliki dana kuat untuk terus mengangkat produk mereka ini melalui marketingnya.

Toyota Yaris Cross 2023, HRV Akhirnya Punya Lawan Tangguh?

Ketiga dan terakhir, Toyota, nama ini apa perlu dijelaskan lagi? Yaris Cross produk terbaru sebagai penantang yang sangat kuat, berbekal nama kelas kakap. VVoolink Alvez? Tar dulu, promonya aja gak gencar gencar amat, kurang niat, jadi terkesan kaya cuma buat ngisi kekosongan Wuling di kelas ini aja..  jadi setuju ya, cukup trio ini saja yang dibahas.

Toyota Yaris Cross vs Honda HRV vs Hyundai Creta

DIMENSI – UKURAN

Meski bermain dan terjun di kelas yang sama yaitu compact SUV, tapi apakah dimensi ketiganya benar benar mirip? Sejauh apa bedanya? Mana paling lebar, panjang atau tinggi?

Toyota Yaris Cross vs Honda HRV vs Hyundai Creta

Kalau soal ukuran gada menang menangan, murni ukuran di atas kertas saja.. So paling panjang itu HRV, sementara lebarnya sama dengan Creta. Paling tinggi itu Creta, sedangkan wheelbase terpanjang dimiliki Yaris Cross, secara teori kelincahan dimiliki oleh HRV dan Creta, sementara paling nyaman itu Yaris Cross..

DESAIN

EKSTERIOR

Desain, ini murni subyektif dan obyektif, karena bukan spesifikasi di atas kertas, jadi rasa suka dan tidak suka akan berpengaruh di bagian ini.

Juara desain valid no debat no kecot ada di HRV, mau dilihat dari sisi mana juga udah lah keren lah.. Kedua, Yaris Cross.. meski desainnya agak plain dan terasa umum banget, tapi penampilannya gak sampe harus bikin mengerenyitkan dahi.. Pilihannya suka atau suka banget.

Juru kunci, si Creta. Sementara bagian depan masih oke, giliran melipir ke belakang bikin bingung, haruskah gw suka atau gw benci? Keknya mayoritas pada pilih opsi kedua ya…

INTERIOR

Dari foto di bawah sudah keliatan sih.. Kemungkinan besar material interior Yaris Cross gak terlalu jauh dengan Veloz, di atas Raize. Tapi dari desain terlihat gak mengalir, berantakan dan saling tubrukan.. kaya lukisan Abstrak. Bentuk setirnya KBY suka, terlihat mewah dan berkelas.

Sementara itu HRV terlihat sophisticated, anggun dan bersahaja. Wow efeknya memang kurang, tapi tata letak dan desainnya bagus. Materialnya juga baik. Creta? Dari sisi material bisa dikatakan yang terbaik, begitu juga build qualitynya. Sayang desainnya terlalu konservatif dan boring.

So di bagian interior, HRV kembali terdepan dengan selisih poin sangat sangat tipis dengan Creta yang hampir unggul berkat tampilan speedometer-nya. Sedangkan Yaris Cross berada di urutan terbawah.

FITUR

AMENITIES

Makin ke sini, produk yang dilihat itu ya fiturnya, selain yang pertama tentu saja desainnya. Apa yang dimiliki dan ditawarkan oleh konsumen merupakan kunci menarik mereka. Jadi apa modal ketiga produk tersebut??

YARIS CROSS

  • 10″ Head Unit
  • Elektrik Park Brake + Auto Hold
  • Adaptive Cruise Control
  • BSM + RCTA
  • Jok kulit
  • Wireless Charging
  • Panoramic glass roof dengan elektrik shade/tirai
  • Ambient Light
  • Electric seat (Driver)
  • Panoramic camera
  • Headlamp height Adjuster
  • Power back door + kick sensor
  • T-in touch (connected)
  • 6 Air bags + ABS, EBD, BA
  •  VSC + HSA
  • Toyota Safety Sense

Toyota Yaris Cross vs Honda HRV vs Hyundai Creta

Dapat dilihat dari gambar di atas, Honda CRV paling cupu dari sisi fitur, gak aneh sih dari dulu begitu wkwkwk..

Posisi kedua, ini yang agak berat, antara Yaris Cross vs Hyundai Creta keduanya saling mengalahkan. Misal, Yaris Cross punya HU 10″ si Creta cuma 8″ tapi speakernya bose. So setelah ditimbang timbang, di kategori fitur Yaris SUV hampir menjadi juaranya berkat adaptive cruise control dan electric seat, tapi pada akhirnya dikalahkan oleh panoramic sunroof Creta yang bisa dibuka.

Tipis memang, bagi yang lebih suka adaptive cruise control dan electric seat mungkin ventilated seat dan sunroof bukanlah poin yang disukai. Kalau lads sendiri gimana??

SAFETY

Honda bisa dikatakan pelit dari sisi keamanan. Dengan asumsi varian yang diduelkan adalah dengan rentang harga sama yaitu hingga 450 juta, maka varian HRV SE CVT jadi paling minim fitur. Yang lain sudah 6 air bags, dia masih empat. So posisi juru kunci yang pantas disandangnya.

Toyota Yaris Cross vs Honda HRV vs Hyundai Creta

Andai tanpa Tire Pressure Monitoring System (TPMS), maka akan makin sulit untuk menempatkan mana antara Hyundai Creta atau Toyota Yaris Cross. So dengan adanya satu fitur tambahan tersebut maka Creta layak jadi pemenangnya.

SPESIFIKASI

Honda tetap yang terdepan dari sisi tenaga maupun torsi, HRV menjadi yang terkuat di atas kertas. Kedua dimenangkan oleh Creta dan paling boyot adalah Yaris Cross.

HARGA – Toyota Yaris Cross vs Honda HRV vs Hyundai Creta

Menuju bagian paling sensitif, duit berbicara alias harga. Mengesampingkan HRV RS yang harganya udah di luar liga begitu juga dengan spesifikasi mesinnya, maka yang bisa ditandingkan adalah versi tertinggi di rentang harga 400 jutaan.

Berasumsi Yaris Cross bensin punya varian tertinggi tipe S CVT GR Sport yang bermain di harga 415-425 juta sementara HRV SE CVT 416jt, maka Creta Prime iVT menjadi yang termurah dengan segala kelebihan dan juga kekurangannya.

Beda 8-10 juta si Creta dengan HRV dan Yaris Cross masih membuat calon konsumen berpikir mending nambah duit segitu tapi dapat merek yang sudah jelas puluhan tahun meski kalah fitur.. Berat memang, mana Creta desainnya masih ga bikin “fell in love at first sight” kaya ngeliat Inara Rusli gitu.. ehem!!

sumber: Berkendara

inara rusli kobayogas Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

20 COMMENTS

  1. Ho’oh Kang di Bandung.
    Gimana Kang, kalau ada uang 300, mending beli MPV apa?
    Atau SUV apa ya Kang?
    Atau lebih enak pakai MPV atau SUV kalau di Bandung?

    (letar belakang pertimbangan, bebas Kang, mau apa saja)

  2. Kalau buat perbandingan ambil dg yg tipe tertinggi dong kenapa dg non hybrid krn harga Yaris cross hybrid tdk mencapai 500 jt dibandingkan hrv.

  3. btw Suzuki Grand Vitara ga masuk ke segmen ini ya mang kobay , kok di bandingkan sekalian
    Eh ni dah mulai di distribusikan kapan sih Grand vitara semenjak launching ga ada kabar lagi?

  4. Gambar terakhir kirain iklan obat kuat atau skincare..
    taunya beneran iklan buat para lelaki pemburu janda.. uwak-uwak-uwakkss…
    atau itu WILB-nya kang Kobay yah..
    (Wanita Idaman Lain yang Baru)

  5. IMO agak kurang rela mengeluarkan uang Rp. 400 juta + untuk seekor Daihatsu (walaupun berbulu Toyota). kayanya mending sekalian ambil real Toyota (Zenix) deh, atau ambil merk sebelah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here