Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Yamaha Fazzio vs Honda Scoopy vs Suzuki Address. Yamaha Fazzio 125 memang sudah gencar dikirim ke dealer dealer Yamaha seluruh nusantara, dan buat yang sudah ngebet ingin punya bisa segera mendapatkannya di dealer terdekat, meski pilihan warna biasanya terbatas, karena ternyata dealer tidak diberikan pilihan warna, jadi ya seadanya yang datang. Warna Cyan ternyata menjadi salah satu primadona, dan salah satu konsumen pemilik skutik unik tersebut sudah melakukan komparasi loh dengan dua skutik lainnya. Kuy scroll dulu..

Adalah juragan asal Citayam, yak siapa lagi kalau bukan Ikhsan Jumaris wkwkkw.. Lelaki tampan bertubuh sterek ini juga pernah mensponsori KBY dalam adu jotos antara Honda PCX 160 vs Yamaha NMax tahun 2021 lalu, sudah lihat videonya? Kalau belum nih di bawah.

Namanya juragan, kalau duitnya ada ya terserah dia, kebetulan memang doi ini orangnya tipikal penasaran banget, sangat kepo, sampe sampe gak bisa tidur kalau gak kesampaian awokwoaowkwok…Begitu juga dengan keinginannya mendapatkan Yamaha Fazzio sesegera mungkin, dan ternyata berhasil, berhasil, horee… pas banget pula warnanya yang Cyan.

Oke lads, langsung saja ya, kenapa KBY menyadur dari video beliau? Karena baru Jumaris lah yang melakukan review termasuk lengkap, tidak hanya riding yang melintasi tanjakan sendirian, berboncengan hingga hampir 200kg bobotnya, tes cahaya lampu hingga mendapatkan konsumsi BBM Yamaha Fazzio. Tahu kesempatan yang sama mungkin gakan pernah datang, so dengan semangat menginfokan kepada lads semua, KBY pun sudah dapat ijin dari beliau. Kuy kepoin hasilnya

ADU TERANG LAMPU

Yang pertama tentu adu lampu, maksudnya dari sisi terang, kuatnya dan fokusnya sinar antara lampu Yamaha Fazzio vs Honda Scoopy. Kebetulan menurutnya, dia juga ada Honda Scoopy donat, jadi bisa langsung dikomparasi. Suzuki Address tidak ikut di kompetisi ini, karena sudah jelas kalah saing, masih bohlam wkkwkw.. So ini adalah adu lampu antara dua skutik yang punya bahasa desain mirip dan pencahayaan lampu sudah LED.

Sesuai video di atas, dapat dikatakan Honda Scoopy adalah pemenangnya. Berkat penerapan model projector, sinarnya tak hanya sedikit lebih pekat dan putih, tapi juga lebih fokus dengan cut off yang sangat baik. Sedangkan untuk daya terang, sebenarnya Fazzio sudah cukup baik, namun terlalu tinggi (ini harusnya bisa disetel) dan melebar (pecah).

Dari sisi fitur speedometer bisa dibilang keduanya saling mengalahkan, Fazzio punya fitur konektet, Scoopy ada AVG BBM plus real time. Bagi KBY pribadi, dibandingkan fitur konak konek, lebih pilih ada fitur AVG BBM agar bisa kepantau konsumsi BBM-nya. Soal liat pesan mah, pas berhenti juga bisa hehe..

ADU KENYAMANAN

Nah di sektor ini, barulah Suzuki Address diikutkan, meski sebenarnya kurang nyambung juga ya, beda bahasa desain soalnya. Bahkan sebenarnya ketiga skutik yang diadu ini masing masing punya kapasitas mesin berbeda, Scoopy 110cc, Address 115cc dan paling nampol ya Fazzio, 125cc plus hybrid. Kalau sisi teknologi juara lah udah Fazzio.

Dari sisi kenyamanan menurut Ikhsan, jika dibandingkan dengan Scoopy, Yamaha Fazzio masih menang meski agak agak tipis, itu berkat joknya yang lebar dan lebih tebal (meski menurut KBY gak empuk juga). Untuk peredaman, Scoopy memang tipis karena bannya memang lebih tebal ya. Tapi juaranya tetap skutik kesayangannya, yaitu Address, mengapa?

Karena di luar faktor jok yang sudah diganti dan dilapisi dengan menggunakan dua lembar latex, juga karena ayunan suspensi yang mantap, dan sektor ini memang KBY akui address juara, empuk sekaligus stabil. Untuk ergonomi menurut Ikhsan juga lebih baik, katanya sih dibawa sekitar 100km gak terlalu pegal, posisi kedua adalah Yamaha Fazzio, dan terakhir ya Honda Skupi.

HANDLING DAN PERFORMA

Ikhsan Jumaris menyebutkan, Fazzio lebih lincah dan anteng dalam bermanuver jika dibandingkan dengan Skupi, sayang beliau seingat KBY tidak membandingkannya dengan Address. Untuk performa yang meliputi akselerasi dan kehandalan di tanjakan, skutik unik andalan Yamaha tersebut menjadi nomor satu, tentu berkat adanya motor assist dan kapasitas mesin lebih besar. Diposisi kedua adalah Address dan terakhir si keong Scoopy.

ADU KONSUMSI BBM

Untuk konsumsi BBM masing masing skutik hasilnya adalah sebagai berikut: Honda Scoopy donat (belum All New – tested by KBY) 1:42,9, Yamaha Fazzio hybrid (tested by Ikhsan Jumaris) 1:43,63 dan Address (tested by KBY) dengan perolehan angka 1:39,4. Masing masing ada artikelnya ya di bawah ini:

Konsumsi BBM Suzuki Address Playful 2017, Seberapa Hemat?

Konsumsi BBM Honda New Scoopy Terbaru Saat Digunakan Harian, Seberapa Boros?

First Ride Yamaha Fazzio 125 Hybrid, Kekurangan dan Kelebihannya

Dari hasil perolehan konsumsi BBM tersebut di atas, sudah jelas ternyata juaranya adalah Yamaha Fazzio! Penerapan motor assist ternyata memang membantu angkatan awalan, sementara besarnya kapasitas mesin membantu saat cruising dan tanjakan yang membuat gas tidak perlu diputar lebih dalam. Terlebih bobot tester Fazzio ga ringan, 100kg lebih!

Honda Scoopy berada di posisi kedua dan Suzuki Address menjadi juru kunci. Semoga artikel komparasi antara Yamaha Fazzio hybrid vs Honda Scoopy vs Suzuki Address ini dapat menambah khazanah perotomotifan kita semua.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

45 KOMENTAR

  1. Berhasil, berhasil, horeee… Astagaa.. ternyata mamang si pole dancer ini penggemar dora the explorer? 😱

  2. Mungkin dalam waktu dekat dILER Yiamah mesti nambahin tenaga security untuk mengantisipasi pengunjung yang dorong2an, sikut2an bahkan cakar2an sembari mengacung2kan KTP buat inden si Betott ini😁😁😁..nice!!! Tapi yang nyinyir belain pasang badan tetep numpak BurHan🤭🤭🤭 #tanyaknapa #bantu #catet-wakakak

  3. Adu nilai NJKB duong…
    Mana yg paling value utk konsumen.. yaitu yg paling kecil rasio up nya harga jual vs NJKB..

    Njkb adalah nilai pokok penjualan, pajak2 sdh fix burden ditanggung konsumen, ditambah margin dealer…
    Mau ngomong busa2 se-value apapun tuh motor, tetep aja harga pokok nya segitu & sdh tertera..

    Dari artikel TM*blog, njkb Fazzio cuma 12,2 jt.
    Harga jualnya???
    Beliau kalkulasi & terawang di 16-17 jt an (CMIIW) dan ternyata Salah…. xixixixi.. bukan salah beliau sihh…

    Berlaku utk motor2 overprice lain: nmax, pcx, xsr155, dll

  4. Konek2 adalah fitur andalan yamlehoy yang digunakan saat ini sebagai senjata marketingnya.
    Ehh malah dianggap ga guna oleh KBY.
    Dibales engine cut off tahu rasa dehh….

  5. Berhubung Pak Joki dan pak Eka lagi semaput…..Ada perwakilan yhm lainnya ga dimari …ay mau tanya , target jualannya perbulan atau pertahun brp unit nih 😂

  6. Untuk spidometer scoopy kalo malem diliatnya adem…kalo paseo kaya absenan pabrik kecap layarnya…konek2 ga guna udah pake samsung gear lngsng geter ditangan

  7. Kayak gak tau si jumaris saja…
    Pasti pemenangnya yahama dia kan buzernya fby setelah si tit tit 😂

    • Joki ?????
      Eka ?????
      Kira2 siap gak ….tenang , gua ga gak main kasar
      Bagaimana jika kita diskusi sejenak ? Ngebahas Paijo Panjul atau kalian bilang Fi-la-no ( Fino tambah la ditengah ) boleh sih , Fi-la-no versi dunia lain .
      Tapi beneran diskusi ..terutama tekhnis / fitur dari apa yang diusung Paijo P ehhh Filano
      🙄

  8. Sensasi berkendara kekinian ala SquidFaijo adalah: Betottt..Setopp!! Betott..Setopp..asekk👋👋👋. Namun jangan lupa lirik spion dulu supaya gak kesundul angkot jurusan Citayam..EaEaEa🤭🤭🤭. SiKupi manabisa kek gitu huhh🤣🤣🤣

  9. Ya udah kalo gak mau diskusi .
    Siapin saja stock Kamocheng ….karena bentar lagi V160 dan Adv 160 bakal bikin Gempa jagat Raya .yihaa…..yihaaa……🤣

  10. Buzer hondut silahkan bekerja extra, termasuk yg pny warung ni, siapkan kuota agak gede biar recokin tiap warung otmtif yg lg edan2an bahas fazio, ..hikhik

  11. Saya pake address 3 tahun konsumsi bbm 1:50 .itu di jakrta yg macet . Pas PPKM ketat malah bisa lebih

  12. Liat pesan mah pake jam tangan Garmin bisa, bahkan ada fitur reply juga loh, gaperlu berenti buka hp untuk sekedar balas was/ angkat telpon.

    Dari pada pitur konek konek gatau apa fungsinya tuh 😅✌️

Yuk Tinggalin Jejak Lads..