Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Meski berita bahwa Toyota Innova akan berubah menggunakan penggerak roda depan alias FWD sudah ada gaungnya sejak awal taun 2022 ini, namun kabarnya makin santer saja belakangan ini. Dan jika lads merupakan pembaca setia Kobayogas.com, pastinya sudah tahu sejak KBY bahas tentang Toyota Avanza yang akan pakai FWD dua tahun lalu bahwa sesungguhnya tidak cuma Avanza yang berubah, Toyota Innova FWD bahkan akan ikut berubah secara radikal!! Toyota Innova 2022-2023 tersebut nantinya akan menggunakan platform TNGA-C yang sama dengan Lexus!!!

Okey sebelum dilanjut, KBY akan kembali recall ingatan lads sekalian tentang apa saja yang nantinya akan berubah dari RWD alias penggerak roda belakang, menjadi FWD, selain bocoran Toyota Avanza yang sudah terbukti sahih pastinya hihihi.. nih catat ya

Yak segitu aja dulu.. sekarang kita kembali ke Toyota Innova RWD yang akan discontinue dan digantikan dengan produk All New Innova dengan penggrak roda depan alias FWD, bring it on!!!

ALL NEW INNOVA 2023

Menurut beberapa sumber, salah satunya adalah otodriver.com, Toyota secara radikal akan mengubah MPV terpopuler mereka sejak masih menggunakan embel embel Kijang, Toyota Innova!! Mengapa disebut radikal?

Ini bukan yang pertama sih, sudah jelas Toyota Avanza, Veloz dan Daihatsu Xenia bahkan lebih dulu mengambil langkah ini, sasis monokok buatan Daihatsu (DNGA), bukan lagi unibody serta penggerak belakang yang ditanggalkan dan ditinggalkan dengan merubah menjadi roda depan FWD.

Dengan sasis yang fleksibel, bentuk alias desain pun bisa lebih beragam, faktanya desain All New Avanza dan Xenia memiliki lompatan jauh (quantum leap) dibanding sebelumnya. Serta biaya komponen RWD yang banyak dan mahal, bisa dialihkan ke fitur fitur kekinian, meski jatuhnya, harga gak murah juga sih hehe..

SASIS ALL NEW INNOVA

Kok daritadi yang dibahas Avanza Xenia melulu? Sabar, ini nyambung kok. Maksudnya, All New Innova FWD nantinya akan seperti saudaranya. Sasis monokok yang berbasisnya desain Toyota yaitu TNGA C (Toyota New Global Architecture C) dimana sudah lebih dulu digunakan pada; C-HR, Corolla Altis, Corolla Cross, All New Voxy dan Lexus UX!!! Wow selevel Lexus!!

MESIN ALL NEW INNOVA 2023

Sementara untuk mesinnya dikabarkan akan menggunakan tipe M20A-FXS seperti yang disematkan pada Corolla Hybrid.. sebentar hybrid? Iya, kan memang salah satu opsi mesin Toyota Innova terbaru 2022 akan memiliki hybrid lads.. Kalau yang non hybrid? Sejauh ini sama sama 2000cc, tinggal tanggalkan saja hybridnya hehe.

Artinya apa dari semua penjelasan di atas lads? Sudah jelas bahwa – ini mau gak mau suka gak suka – Toyota akan menanggalkan semua atribut akan mobil yang tahan banding dengan sasis tangga ladder frame seperti pada Innova RWD saat ini.. Beralih ke mobil modern, true MPV, bersasis monokok dengan desain flamboyan alias perlente. Desain sih tinggal bayangin aja Toyota Voxy!!

Tidak takut kah Toyota ditinggalkan konsumen? Oh oh, lads lupa ya dengan nama triple elips? Bacot netizen akan rubuhnya dominasi Avanza saat beralih ke FWD tidak terbukti sama sekali!! Bahkan saat trouble datang seperti gak kuat nanjak sekalipun!! Tetap saja terlaris setiap bulannya (baca: 20 Mobil Terlaris Mei 2022).

So, dengan pengalaman seperti itu, Toyota (Astra) tidak akan perlu merasa gentar, lagian seperti pada artikel sebelumnya (baca: Siap Berpisah Toyota Innova Diesel RWD?), mereka akan tetap menyediakan Innova RWD untuk fleet dengan varian standar dan manual transmisi, ya kaya Avanza lah!

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

25 KOMENTAR

  1. mending ganti nama aja. innova dikenal sejak jaman pake nama kijang. rwd kuat nanjak. lewat jalan jelek juga mudah.

  2. Yg sekarang aja Msh ngimpi dulu dapetinnya..dah mau di suntik mati aja..
    Emang berasa jadulnya kl liat lampu depan dan belakang yg masih bohlam 30an ribuan..hahaha
    Di kelas bawahnya aja uda mayoritas pakai led

  3. Au ahh….masih nunggu ada merk yg jual mobil berbahan bakar air….jdi klo hbis bhn bkar di jalan…tinggal kencingin aja bsa jln lgi….skrg harga BBM naik mulu🤦

    • beloon lah toyota.. udh tau dia jdi satu”nya merk andalan Warga yang tinggal d daerah tinggi yaitu RWD. malah jdi FWD.. di daerah sumatera sana yg daerah tinggi malah udh Minim Avanza baru, justru pda beralih ke Rush Terios Innova.. eh ini Innova ikut”an Melambai. kecewa. brarti tinggal rush Terios sama Fortuner doang yg ngandelin RWD. hadehhhh

      masalah Avanza dkk katanya masih laris itu mah cuma d kota besar, di luar Jakarta tepatnya daerah dataran tinggi mana laris, klo pun FWD pda ambil Expander krna masih bs nanjak walau susah payah.

  4. Semua akan FWD pada waktunya, kata fans FWD.
    Konstruksi FWD lebih unggul daripada RWD, karena itu pabrikan otomotif rame2 bikin FWD.

    Salah besar!

    Pabrikan stop bikin RWD karena masalah ongkos dan kerumitan produksi.
    Itu alasan utamanya. Kalau secara rancang bangun, RWD jelas lebih unggul untuk kondisi jalanan di Negara Kesatuan Republik Indonesia Raya ini. NO DEBAT.

    Ada yang lebih unggul dari RWD? 4×4 atau all whell drive. NO DEBAT.

    Logika ini juga berlaku untuk kasus transmisi otomiatsis di mana sekarang pabrikan rame2 bikin CVT dan meninggalkan AT Konvensional (Torque Converter). Semua karena ongkos produksi. Soal keawetan jelas CVT kalah. CVT adalah transmisi ringkih. NO DEBAT.

    Tapi pada dasarnya itu semua sebentar lagi tidak akan relevan lagi. Apalagi dengan situasi perang Ukraina vs Rusia yang entah kapan akan berakhir membuat harga BBM terus meroket.

    Masa depan sebenarnya adalah KENDARAAN LISTRIK (Electric Vehicle/EV). Ingat ya, bukan hibrid, bukan turbo, bukan supercharger, bukan CVT, bukan Torque Converter.

    NO DEBAT!

  5. FWD sucks.. wkwkwkwk gua Udah 11 tahun melalang buana make mobil. dri Ujung Medan sumatera utara sampe Jawa.

    klo di Jawa Okelah FWD tp itu tidak berlaku di daerah Puncak dan tanjakan lainnya. Klo di Sumatera? jgn d tanya, Banyak Orng disana benar” benci FWD, terbukti mayoritas Mobil disana mayoritas Avanza RWD, Innova, rushter.. Jarang sekali menemukan Mobilio expander dkk. misalnya klo liat d jalan rayanya, dri 10 15 mobil pling cuma lewat 1 Mobil FWD..

    itulah kenapa toyota mendominasi di Sumatera, nah sejak avanza dkk jd FWD, disana makin banyak rush terios, segmen avanza beralih ke Rushter sebagai rwd termurah dr Toyota.

  6. Pasti bingung nanti innova ini mau dikasih nama apa
    Allnew innova sudah, innova reborn sudah, apa lagi kira² ? Atau mungkin di gabung “The all new new reborn”

Yuk Tinggalin Jejak Lads..