Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr… Aduh apakah mobilku boleh minum Pertalite? Atau sudah dilarang? Pertamina memberlakukan pembatasan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi sejak 1 Juli 2022 lalu lads. Pembatasan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya penyaluran BBM subsidi lebih tepat sasaran, ceritanya. Banyak netizen dan masyarakat yang bertanya-tanya, mobil apa saja yang akan diperbolehkan membeli BBM bersubsidi seperti Pertalite dan solar? Benarkah klasifikasinya sudah tepat? Cekidot daftar Mobil Pertalite dan Solar berikut ini kuy!!

Anggote Komite BPH Migas Saleh Abdurrahman mengatakan, salah satu kajiannya adalah membatasi jenis kendaraan tertentu berdasarkan kapasitas cubical centimeter (cc) mesin.  “Jadi kalau untuk mobil mewah yang dalam kajian itu yang 2.000 cc ke atas, tapi ini belum diputuskan ya,” kata Saleh dikutip dari pemberitaan Kompas.com. Catat ya lads, belum diputuskan (per 6 Juli 2022).

Kalau demikian, berdasarkan koridor di atas, maka tidak ada salahnya kita coba memilah mobil mobil yang beredar di Indonesia dengan kapasitas mesin (cc) berada di bawah 2000cc.. Alias Daftar Mobil Pertalite dan Solar.. Ada apa saja?

Daftar Mobil di bawah 2.000 cc

Untuk mobil, saat ini masih banyak banget pabrikan – atau malah rat rata – yang menawarkan kendaraan dengan kapasitas mesin di bawah 2.000 cc. Berikut beberapa daftarnya:

  • Toyota Yaris
  • Toyota Agya
  • Toyota Vios
  • Toyota Sienta
  • Toyota Avanza
  • Toyota Calya
  • Honda Brio RS
  • Honda Jazz (udah discontinued ooii)
  • Honda Mobilio
  • Honda BR-V
  • Honda HR-V 1,5 L
  • Honda HR-V 1,8 L
  • Daihatsu Xenia
  • Daihatsu Luxio
  • Daihatsu Terios
  • Daihatsu Ayla
  • Mitsubishi Xpander
  • Mitsubishi Xpander Cross
  • Nissan Grand Livina
  • Suzuki Ertiga, Ignis, XL7, Jimny dll

Masih banyak lagi kalau mau di break down, silakan aja tengok artikel 20 Mobil Terlaris Mei 2022 atau MPV Terlaris Mei 2022. Lucunya meski disebut sebut BBM solar juga, tapi dari nama nama mobil di atas tidak satupun ada mesin diesel ya? ENtahlah gimana itu Kompas.com memilahnya wkwkkw..

Bingung kalau solar, coba cek mobil bermesin diesel yang kapasitasnya di bawah 2000cc, Chevy Spin palingan.. ada lagi? Sisanya 2000 ke atas semua ya gak sih lads? CMIIW.. Sementara di bawah ini daftar mobil Pertalite yang menurut CNN Indonesia:

Selain berdasarkan kapasitas mesin, pemerintah juga akan mengontrol pembelian BBM bersubsidi dengan penggunaan MyPertamina. Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution mengatakan, kebijakan ini dikeluarkan agar kuota yang sudah ditetapkan bisa mencukupi selama satu tahun.

Sebab, pihaknya masih menemui adanya konsumen yang tidak berhak membeli Pertalite dan Solar. “Dalam menyalurkan BBM subsidi ada aturannya, baik dari sisi kuota atau jumlah maupun dari sisi segmentasi penggunanya,” kata Alfian dalam keterangan resminya kepada Kompas.com, Selasa (28/6/2022).

Jujur aja, KBY sih sudah lebih dari setahun pakai aplikasi MyPertamina, bukan karena patuh patuh amat, tapi namanya aplikasi, pasti ada gimmicknya, KBY incar poin dan reward serta diskon harga kalau isi Pertamax Turbo hehe.. So gimana menurut lads?

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

18 KOMENTAR

  1. Enggak pas klu menurut kapasitas silinder. Soalnya yg diatas 2000cc cm dikit jd enggak akan terjadi penghematan nasional dan seharusnya diesel jg jngn disamakan batasan kapasitas silindernya karena output tenaganya beda jauh dg bensin dg kapasitas silinder yg sama

  2. pake kompresi mesin sih harusnya… cc mesin mah g jamin… fakta 80% mobil beredar ccnya 1500cc kebawah 😑😑😑

  3. Ya beginilah jadinya kalo ngasih subsidi tapi masih pakai syarat “hanya yg berhak menerima”. Akhirnya ribet sendiri bikin “syarat”nya.

    Padahal kalo emang keuangan negara dasarnya nggak kuat, ya udah gak usah ada subisidi sekalian.

    Lagian udah tahu bahwa BBM ini menyangkut hajat hidup rakyat banyak, malah jadi bahan “mainan” tingkat tinggi.

  4. ertiga diesel 1300cc

    btw patokannya cc di bawah 2000 ya? A200 turbo juga bisa donk?
    soalnya 2 bulan lalu ane liat 520D (nopol b2926ubg) antri isi pertalite, tapi setelah 15menit muter² ternyata corongnya ga bisa masuk 🤣 (no pic karena konon katanya ga bole pake hp di spbu, eh)

  5. Ane mikirnya gini mang
    Kendaraan mewah di ukur dari kapasitas silinder itu bisa dibilang gak bisa jadi Patokan… Sekarang katakanlah kalo di mobil veloz dengan fitur yg bisa dibilang mewah tapi cc dibawah 2000 mang
    Atau kalo dimotor r15m aja yg 155cc dengan desain keren dan banyak fitur apakah itu gak bisa di bilang mewah?
    Ane lebih setuju secara teknis aja… Yakni menurut dari kompresi mesin dan cc atau isi silinder itu gak ngaruh… Karna contoh kecil dimotor aja ktm duke 250 kompresi 12,5:1 yg wajib pertamax turbo
    Terus tiger revo aja 200cc kompresi 10:1
    Apalagi mobil? Yg cc sekian kompresi sekian

  6. Mobil lawas 2000cc kompresi rendah disuruh nelan Pertamax. Mobil sekarang cc kecil kompresi tinggi boleh nenggak premium. Sungguh membagongkeun sekaleeeee🥹🥹🥹

  7. Biar ga pusing, pertalite hanya cm buat motor. Krn yg punya mobil termasuk golongan non miskin. Ga usah pake aplikasi2an.
    Kan thunder gw bisa berguna. He he

  8. Sebaiknya berdasarkan tahun saja untuk mobil. Yg usia nya 10 tahun lebih boleh pake solar dan pertalite.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..