Toyota Innova Zenix

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrrr… Gosip kencang terkait Toyota (Kijang) Innova yang selain akan berpenggerak roda depan alias FWD serta akan memiliki varian mesin hybrid tak lama lagi akan terlaksana nih.. Bahkan cikal bakal nama yang disematkan juga sudah ada.. dia adalah Toyota Innova Zenix 2023!! Yak masih ada embel embel nama Innova sebagai pertanda dia adalah generasi penerus, bukan pengganti. Persis seperti Avanza dan Xenia yang masih menempelkan nama legenda.. Kuy kita simak bocoran tipe alias varian serta desain yang ternyata … dan tanpa pilihan mesin diesel!! dah scroll aja deh hehe..

TOYOTA INNOVA ZENIX

Semua akan FWD pada waktunya wowkowkwok.. dan di kelas MPV untuk merek Toyota, era FWD sudah dimulai sejak legenda mesin uang mereka yaitu keluarga Avanza (serta Xenia) berubah total tak hanya dari desain tapi juga penggerak. Meski masih banyak konsumen Indonesia yang percaya kalau MPV keluarga itu harusnya RWD, namun tidak demikian dengan banyak pabrikan otomotif (Jepang). RWD alias rear wheel drive untuk MPV, kini hanya menyisakan Wuling Confero dan MPV niaga ataupun Bus dan Truk..

baca juga: Platform Toyota Innova Zenix Selevel Lexus!

TOYOTA INNOVA ZENIX – TANPA DIESEL!!

Kita kembali ke Toyota Innova Zenix 2023, mungkin benar adanya kalau lompatan “Kijang” yang satu ini akan mengingatkan kita pada jaman LGX series menuju Kapsul yang cetar dan begitu banyak perubahan, hanya saja menurut KBY, dari Innova ke Zenix lompatannya lebih banyak di sektor mesin dan sasis!!

innova

Yak, jika kita anggap Innova Zenix 2022 nantinya tidak terlalu jauh dari desain rendering di atas, maka desainnya tidak terlihat terlalu melompat jauh jika dibandingkan dari LGX ke Kapsul atau Avanza ke All New Avanza.. Tapi mari kita intip modal yang akan dimiliki Innova 2023 ini.. sudah siap?

  • Platform TNGA-C (Toyota New Global Architecture tipe C)
  • Sasis monokok (monocoque)
  • Penggerak roda depan (FWD)
  • Tidak ada varian mesin diesel
  • Ada mesin hybrid
  • Buatan Indonesia (termasuk varian hybrid)

Yang mungkin akan dapat cemoohan alias BOO.. ya penggeraknya. Tahu sendiri kan kalau konsumen Indonesia ini banyak yang merasa “si paling RWD”, meski ucapan dan komentarnya dapat dikatakan benar adanya hehe.. Yaitu bahwa FWD sebenarnya hanya akal akalan pabrikan untuk menghemat biaya pembuatan.. dan faktanya itu benar kok..

Toyota Innova Zenix

Kedua adalah menghilangnya mesin diesel yang terkenal badass!! Tentu saja untuk saat ini kita belum tau alasan pastinya Toyota menghilangkan varian diesel yang sudah terkenal menjadi semacam ikon untuk Innova (maupun Fortuner dan Hi-Lux).. Apa karena ingin mengembangkan (tepatnya mempromosikan lebih kuat) teknologi hybrid? Ya bisa jadi.

Karena jika kita bicara soal “real hybrid” dan bukan “mild hybrid”, teknologi ini benar benar tak hanya dapat menghemat energi (BBM) tapi juga mereduksi emisi.. Karena pada saat macet macetan atau kecepatan rendah, tidak ada bbm yang terbakar, semua dilakukan oleh mesin listriknya..

VARIAN INNOVA ZENIX

Nah yang lebih dahsyat adalah, gak cuma bocoran desain, teknologi dan spesifikasi, tapi juga varian Innova Zenix terbaru ini nantinya..! Gila juga wkwkwk.. Yaaa mungkin trik marketing juga kali ya, sengaja dibocorin biar pada siap memilih wkwkkw.. So berikut di bawah ini varian yang akan tersedia disertai perbandingan dengan model lawas..

harga Innova Zenix

Jelas banget Toyota membuatnya jauh lebih kompak, dari 14 varian sebelumnya dipangkas hanya menjadi 5 varian saja!! Mungkin banyak varian bikin pusing juga kali ya wkwkw.. Yang jelas sementara ini berdasarkan foto yang ada, tidak tersedia transmisi manual sama sekali, semuanya matik CVT!!

Untuk Kode sih sudah cukup jelas, dimana H berarti mesin bensin Hybrid. Dengan demikian hanya ada dua yang non hybrid tuh, tiga varian lainnya hybrid semua.. Oia dari nama juga ada TSS dan hanya ada satu varian saja sementara ini. Soal Toyota Safety Sense ini palingan gakan jauh dari milik Raize atau Veloz..

Sooo.. gimana menurut lads nih mobil yang di India disebut sebagai Toyota HyCross tersebut (indikasi modelnya memang semi crossover).. jadi pengen beli Inipi disil mitik nih.. (sumber: Indra Fathan IG)

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

22 KOMENTAR

  1. Umur FWD dan CVT jg nantinya pendek karena bentar lg berubah ke listrik yg cm memasang dinamo mau di depan atau belakang dg biaya yg sama murahnya dan pasti sdh otomatis karena tanpa transmisi

  2. koreksi dikit. kalimatnya kurang lengkap, seharusnya
    “RWD alias rear wheel drive kini hana menyisakan Wuling Confero dan MPV niaga ataupun Bus dan Truk dan mobil mewah seperti Lexus LS, Toyota Century, Mercedes E-Klasse, BMW 5 series, dll”

    AFAIK biaya produksi RWD itu mahal, makanya pada pindah ke FWD supaya cuan tambah gede.

    • sudah pasti pake CVT bro, kelas di bawahnya aja da pake CVT. selain itu kan pabrikan bakal lebih seneng kalau CVT nya pada cepet rusak karena kebiasaan orang sini yang super males dan merusak gearbox matic.

      • Maksudnya kalau mau pake CVT jangan pake 1TR paling enggak pake mesin Voxy/Altis yg sama” 2000 cc.

  3. tapi sejak jaman matic yang ada hill assist & fitur yang bisa ngurangin slip saat akselerasi, soal nanjak sih fwd juga ga semenakutkan dulu.
    nyatanya meskipun rush/terios itu rwd, ketika si drivernya ga bisa nyetir di tanjakan ya matic rush/terios terpantau ga kuat nanjak di sitinjau. jadi semua balik lagi ke drivernya yes?

    btw penghilangan diesel ini yang cukup kontradiksi dimana itu mesin lebih efisien, namun katanya polusinya sekarang lebih parah dari mesin bensin. temen saya yang kerja di perusahaan pensil warna (jerman) aja sampe melarang jajaran direksi pakai mobil diesel, tepatnya mobil operasional kantor (klo pribadi ya bebas kali ya)

  4. Saya sebagai pecinta diesel yang powerful and stronger mulai LGX-Kapsul sangat tidak setuju dengan rencana ini, diesel is the best!

  5. dipastikan harga innova seken akan naik, dan lebih baik beli mobil seken.

    fwd apanya yang bagus buat nanjak gunung?

    apalagi cvt semua????

    • Fwd tetap bagus kok buat nanjak gunung.
      Syarat dan Ketentuan berlaku:
      punya modal awal momentum (bukan macet stop n go), kagak overload, jalanan kering.

    • Hmm kalau extrem dan muatan penuh susah nanjaknya fwd, mw cvt atau nggak jga gak ngaruh
      Cma cvt ini concern jga sih, cvt memang effisien ya, tpi jangka panjang daya tahannya gak sebadak torque converter biasa
      Ini masalahnya

  6. Lagian ngapain avanza pake cvt sih.. ertiga expander aja msh pro rakyat pake matic 4 speed.. udah minim jedug pula..

  7. Cvt tidak sekuat matic hidrolik, keawetannya jauh kemana2 metic konvensional, cvt menang nyaman dan responsif aja

Yuk Tinggalin Jejak Lads..