Review Hyundai Creta 2022

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Review ini sudah duluan tayang videonya, tapi di artikel kok ngendon terus di folder draft wkwkkw.. So better late than never ya lads, terutama bagi rekan rekan yang masih suka membaca dan mantengin terus blog ini. Review Hyundai Creta 2022 ini merupakan tipe Prime single tone, tidak ada perbedaan selain warna dengan versi two tone, sama sama sudah sunroof dan panoramic roof, sudah ada seat cooler dan driving mode. SUV ini memang merupakan lawan kuat Honda All New HRV!

REVIEW HYUNDAI CRETA 2022

Dari sisi desain, meski sangat jauh dari kata buruk memang masih menjadi kekurangan produk asal Korea Selatan ini. Singkatnya jika Honda All New HRV tidak butuh lama atau bahkan bisa langsung suka saat pertama kali lihat alias love at first sight, tidaklah demikian dengan Hyundai Creta Prime ini.. utamanya bagian buritan yang bikin butuh waktu untuk mencernanya.

test drive Hyunda Creta

Video Review & Test Drive Hyundai Creta Prime

Yak hanya itu saja sih “cacat” dari sang Creta 2022 ini. Sisanya no complain at all, garis desainnya menggunakan bahasa Hyundai secara global terutama bagian grill yang penuh dengan bentuk segi empat berjejer dan teratur dalam balutan warna chrome, dapat ditemukan di banyak produk produk Hyundai modern saat ini. Pada dasarnya semua orang akan menyukainya.

Review Hyundai Creta 2022

Jadi kalau sisi desain memang kalah karena kembali ke soal selera, bagaimana dengan fiturnya? Nah ini lah yang menjadi andalan utama dari review Hyundai Creta 2022 terbaru tipe prime ini.. tak hanya fitur, built quality serta kualitas material interior yang digunakan juga dapat membuat andalan H tegak sebenarnya ketar ketir insecure!

Review Hyundai Creta 2022

Video first impression Hyundai Creta

Yang disayangkan adalah, andai Hyundai memberikan Creta dengan balutan soft pad atau soft touch di dashboard-nya maka sudah pasti SUV ini menjadi yang terbaik. Kekurangan interiornya ya di sini, bagusnya, kerapatan antar part di perakitan layak dapat dua jempol, begitu pula dengan plastik yang digunakan di sekujur dashboard serta door trim-nya. Sementara HRV kalah di material tapi sudah menutupinya dengan soft pad di beberapa bagian, nice trick Honda!

review Hyunda Creta

DRIVING POSITION – ERGONOMI

Sangat baik! Jok semi bucket memeluk sempurna termasuk pada punggung dan sisi kiri kanan tubuh. Begitu juga dengan dimensi jok bagian bawah, paha ditopang dengan sangat baik, ini akan berefek pada kenyamanan mengemudi terutama jarak jauh lads.

Pandangan ke depan luas, dan meskipun tanpa jendela kecil di pilar A, namun visibilitas ke samping tidaklah terganggu sama sekali. Setirnya nyaman digenggam dan cukup empuk. Karena semua ukuran ban sama di semua varian, mungkin saat bergerak di awal, setir terasa berat karena penerapan ban dan velg yang lebih besar (215/60/17), tapi tidak sampai menggangu, lagipula feedback setir sangat baik, akurat serta presisi.

Sebagai penumpang pun demikian, meski tanpa reclining seat di belakang, namun posisinya sudah diatur untuk memenuhi kenyamanan para penumpang lads. Punggung dan paha tertopang dengan nyaman dan penuh.

FITUR

Seabrek fitur kekinian sudah diberikan Hyundai untuk Creta, terutama di tipe Prime. Smart Safety dengan tajuk Hyundai Active Sense hadir, jadi sistem seperti:

  • Lane Keeping Assist
  • Lane following assist
  • Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA)
  • Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA)
  • Rear view monitor (tanpa harus mundur)
  • 6 air bags

Sudah hadir. Ditambah fitur kenyamanan seperti Hyundai Connect, wireless charging, Ventilated Seat (Seat Cooler), 4 driving mode (eco, normal, smart dan sport), Traction mode (sand & mud), rem elektrik, Bose premium speaker, air purifier, AC climate control, glove box with cooler, rear USB port, wah pokoknya banyak deh.

PERFORMA, HANDLING DAN KENYAMANAN

Mesin Hyundai memang tidak dikenal sebagai yang memilik performa galak dan trengginas yang identik layaknya Honda. Review Hyundai Creta ini diberikan tipe smartstream Gamma II berkapasitas 1500cc naturally aspirated dengan tenaga so-so 115ps/6300 dan torsi 147Nm/4500.

Pada mode normal, tenaganya cukup impresif saat transmisi CVT dengan label i-VT (intelligent Variable Transmission) dilakukan pedal to metal alias bejek, sentakannya lumayan. Impresi cukup berbeda saat driving mode digeser ke Sport Mode, tarikannya lebih galak lagi! Meskipun demikian pergerakannya terasa lembut, seakan gak ngebut.. nah dikembalikan ke konsumen deh, lebih suka yang gimana.

Top speed yang mampu diraih sementara ini bisa mencapai 170km/jam saat KBY tes di tol Kalimalang Becak kayu. Di sini juga dapat dirasakan kinerja lane keeping assist yang berkali kali mengoreksi dan berbunyi saat roda keluar jalur garis jalan hehe.. Sayang memang performa ala VTEC kicked in yo tidak dirasakan, cenderung flat meski tetap kencang.

Peredaman kabinnya juga sangat baik, suara kendaraan lain minim masuk, kecuali motor dengan knalpot brong. Bagaimana dengan handling dan kenyamanan kaki kakinya? Nah ini, bagi yang suka mengayun alias lembut mungkin akan terasa agak keras, tapi bagi KBY formulasi kaki kakinya pas, saat di kecepatan 40-60 ayunannya tegas, tapi bisa mengayun lembut ketika perlahan melewati polisi tidur. Di kecepatan tinggi setirnya menjadi berat dan shocknya stabil dirasakan.

KESIMPULAN Review Hyundai Creta 2022

Modal kuat sebuah Hyundai Creta selain fitur yang seabrek, memang pada kualitas buatannya yang dapat dikatakan jempolan, layaknya sebuah mobil kelas eropa papan atas, rapi jali dan berkualitas. Setidaknya jika konsumen ingin melipir dari merek Jepang dan merek eropa dirasa kemahalan, nah sebenarnya di sini lah positioning dari sebuah merek Korea Selatan tersebut.

Silakan kalau ada kesempatan saat jalan jalan ke mall dan ada display Hyundai Creta, lihat lihat aja, dari versi termurah pun rapi jali built quality sama! Yaaa yang beda tentu di tampilan dashboard serta speedometer.

Fitur kenyamanan juga sangat menunjang bagi pengemudi, adanya seat cooler/ ventilated seat juga sangat mengasyikan terutama bagi mereka yang gampang keringetan. Pendingin jok ini nyaman digunakan, tidak menyembur ala kipas angin yang bisa bikin tidak nyaman, tapi berhembus merata ke punggung dan ke “masa depan” di bagian bawah hehehe.. enaaaakkk

Harganya mungkin agak tinggi ya, saat ini sudah tembus 400 juta kecil, tapi sepadan lah dengan apa yang didapat. Bagaimana dengan All New HRV? Nanti KBY ulas di blog ya, videonya sih udah tayang duluan. Segitu dulu ya Review Hyundai Creta 2022 tipe prime!!

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

17 KOMENTAR

  1. tapi modelnya itu loh
    trus entah kenapa merk hyundai sepertinya kurang menggigit pada mindset orang sini

  2. Not gonna lie, terlalu banyak unsur dynamic shield MILIK mitsubishi yang dipinjam, dan itu tidak baik, unoriginal

    Sementara itu, susunan sub-partisi yang membentuk grille dan lampu drl, adalah terobosan yg brilian dan cerdas, tetapi mengapa gua pribadi merasa fascia serupa milik hyundai santa cruz, mampu melakukan tugasnya dengan jauh lebih baik?

    Design terbaik di segmen ini masih milik chr dan corolla cross, dan gua adalah fans diehard honda. Lantas berikutnya ada cx30, lalu creta, and the rest. All new hrv? Seperti melihat real madrid/barca, entah karena sebab apa, terdegradasi ke divisi 3 di liga spanyol. Memalukan.

  3. Secara design.. Hyundai dan kia yg notabennya korea… Memang ciamik2 secara design dan fitur… Tp produk jepang lain ikut berbebah…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..