iklan gma

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Pencurian kendaraan bermotor tidak mengenal musim, tapi memang di saat saat tertentu seperti menjelang lebaran, kasus pencurian akan makin marak dan tinggi dibanding kondisi lainnya. Duit buat lebaran lads, biasanya itu yang jadi alasan utama, jadi maling juga makin getol mencuri motor. Nah teknologi makin canggih seperti penerapan keyless atau smart key pada motor bukan berarti kendaraan kesayangan 100 persen aman, setidaknya ada tiga cara maling bisa mencurinya, hati hati!

Motor yang sudah memiliki keyless namun tetap menjadi primadona untuk menjadi incaran maling motor setidaknya ada dua, pertama NMax, kedua PCX. Dari urutan penyebutan sudah jelas mana yang lebih banyak diincar.

Tapi meski keduanya sudah dibekali dengan sistem keamanan keyless alias smart key, namanya pencuri motor, mereka memanfaatkan satu hal yang menjadi poin krusial, yaitu momen alias kesempatan! Selain itu ada tiga hal yang bisa menjadi senjata mereka dalam menggondol motor kesayangan lads tersebut, apa saja?

  1. Teknologi

Di sini maksudnya, mereka juga memiliki teknologi pengacak sistem sensor keyless, namun biasanya sangat sangat jarang maling yang memiliki ini karena modalnya lumayan. So, dua poin kemudian lah yang menjadi kesempatan besar bagi mereka untuk menggondol motor yang sudah dibekali keyless

2. Diangkut!

Kisah ini KBY dapatkan dua kali dan kebetulan dua duanya NMax, yang pertama dari video yang lewat di Instagram, lupa save jadi gak bisa share deh. Yang kedua dari cerita teman.

So Nmax yang dilihat maling sudah keyless ini tidak menyurutkan mereka untuk tetap mencoba, karena ternyata selain kesempatan yang ada dan area sekitar yang sepi, Nmax ini dipatahin dulu kunci setangnya, baru kemudian di dorong ke mobil box. Yang satu lagi tidak dipatahkan tapi karena posisinya di paling luar di parkiran, maka cukup dua orang mengangkat, selesai.

3, Tidak Dikunci Setang

Nah kalau kejadian ini dialami PCX. Seperti yang terjadi pada motor Honda PCX warna merah milik warga di Jalan Bentul 6, Jagir, Wonokromo, Surabaya, Sabtu (16/4/2022) siang. Motor dengan nopol L-4976-TY milik Yogi Wijiafitra Pratama (20), berhasil digondol maling.

Kejadian pencurian tersebut terjadi saat motor diparkir di depan rumah, jadi kronologinya ketika Orang tua habis pakai motor PCX ini langsung diparkir di depan rumah namun tanpa dikunci stang. Mungkin karena terlalu yakin dengan keyless-nya.

Saat kejadian, kedua orangtuanya berada di dalam rumah dan tidak menyadari kehadiran tersangka. Sedangkan, dirinya saat insiden pencurian itu terjadi. Dirinya sedang bekerja mengendarai motor lain.

“Enggak dikunci setir dan posisi orangtua semua di dalam rumah,” ujar Yogi dilansir dari TribunJatim.com, Selasa (26/4/2022).

Berdasarkan rekaman CCTV pengawas area gang. Pelaku tampak mengenakan pakaian lengan panjang berwarna cerah, dan berhelm hitam. Pelaku tampak berjalan menyusuri gang kemudian menuju ke motor korban yang diparkir di bahu jalan atau tepat depan rumah.

Kondisi motor yang tidak dikunci stang memudahkan pelaku mencuri motor. Dan pelaku tampak mendorong motor hasil curiannya itu menyusuri gang yang terbilang lengang tersebut. Selain motor, Yogi mengaku, dirinya juga kehilangan jaket dan sebuah helm yang disimpan dalam bagasi jok motor.

“Ada helm sama jaket (ikut hilang),” jelasnya.

Poin ketiga ini jelas kesalahan pemilik, meski hingga saat ini belum ada laporan sahih motor dengan smart key alias keyless mampu dibobol maling, namun dengan kondisi diangkut dan didorong karena tak terkunci ya bisa apa coba pertahanannya?

Cuma KBY sih masih mikir, kalaupun kena maling, itu motor dengan keyless gimana bisa dihidupinnya ya nanti? Bongkar total sistem kelistrikan keknya.. Gimana menurut lads?

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

16 KOMENTAR

  1. Yg aing tau dari GSX (karna punyanya itu aja) remot keyless nya sepaket sama ECU, jd kalo remotnya ilang ya mesti inden buat pnp sama si ecu motornya, harga remotnya sekitar 750rb an, merk lain pastinya tembus jutaan sih. dari sini aja modalnya dah gede bgt dan gak worthed sih buat dicolong. tp ya namanya otak maling, yg kek gini biasanya dijual printilan alias jd bahan kanibalan, kalopun jual utuh pasti jual ke pengadah stengah harga second pasaran ato jauh lebih murah

  2. Tukang kunci duplikat udah banyak yg bisa layani duplikat keyless dan immobilizer, termasuk reset ulang program remote ke unit kendaraan.
    Artinyaaa???

  3. kalau jenis motor lain agak kurang laku dimaling ya mang? masa iya harus pake palu thor biar ga bisa diangkut 😰

Yuk Tinggalin Jejak Lads..