Honda Jazz discontinued

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Salah satu ikon hatchback lokal di Indonesia sudah memastikan masa pensiunnya, dia adalah Honda Jazz! Yak setelah mengabdi sejak tahun 2004 alias 17 tahun beredarnya di Indonesia, Honda Prospect Motor selaku ATPM mobil Honda di Indonesia sudah mengumumkan produksi terakhirnya beberapa hari lalu. Akhirnya mobil yang terkenal dengan fitur Ultra Seat-nya itu tutup buku, Honda Jazz Discontinued resmi untuk pasar Indonesia.. so sad.

Di sosial media instagram beberapa hari lalu, muncul foto Honda Jazz Last Production di beberapa feed, KBY sudah mengabadikannya eh kelupaan mau diposting akibat hebohnya berita akan Toyota Avanza 2022, Toyota Veloz 2022 dan calon Mitsubishi Xpander Facelift.

Mitsubishi Xpander Facelift 2022, Siap Tempur Lawan Avanza FWD!

Resmi, Avanza Xenia RWD Discontinue, Masih Ingin Beli? Bisa!

Toyota Avanza 2022 Terbaru dan Veloz, Fiturnya Bikin Kompetitor Melongo!

HONDA JAZZ DISCONTINUED

Meski sudah tahu sejak dua tahun lalu saat memberitakan Honda City Hatchback bahwa Honda Jazz akan selesai masa baktinya di Indonesia, tetap saja begitu hari H-nya, serasa ada yang hilang dari hati, cieeee wkwkkw.. Pasalnya, model ini memang begitu melekat di kehidupan KBY selaku pecinta otomotif lads.

Honda Jazz discontinued

Siap Siap Sambut Honda City Hatchback Pengganti Honda Jazz!

KBY memiliki Honda Jazz i-DSI GD3 dari gress buatan tahun 2005 yang dinamakan si Kuro, karena berwarna hitam. Hatchback tersebut menemani sejak Sena berusia 2 tahun hingga tahun 2017 lalu terpaksa dilepas buat nambah nambah renovasi rumah yang membutuhkan biaya tidak sedikit. Jadi soal model ini, insyaa Alloh ngelotok dah wkkwkw.

Jazz sendiri lahir pada tahun 2004 akhir, dimana sudah dinantikan banyak konsumen yang mengetahui bahwa di Jepang dan beberapa negara eropa, mobil yang bernama Honda Fit tersebut sangatlah dikenal. Untuk mesin ada beberapa varian, dari 1200 hingga 1500cc. Untuk Indonesia sendiri 1500cc L15 series lah yang digunakan. Mengusung fitur yang sama persis dengan saudaranya yaitu City, Jazz memiliki transmisi CVT dengan 7 speed mode, tercanggih, pertama dan satu satunya di kelasnya.

Pengetahuan Dasar Seputar Fungsi dan Huruf Pada Transmisi Automatic di Mobil Matik (Part 1)

Sebenarnya banyaknya calon konsumen yang tahu seputar Honda Jazz/Fit tersebut karena sebelum resmi dibuat oleh HPM, sudah cukup banyak Fit yang sliweran di jalan yang dibeli melalui importir umum pada tahun 2003-2004. HPM gerak cepat dengan melokalkan model tersebut dan untuk mengantisipasi membludaknya inden, mereka bekerjasama dengan Thailand. Makanya di awal ada dua produk, Indonesia dan Thailand, membedakannya cukup mudah, versi lokal ada heater, Thailand gada. Lokal berkode sasis MHRGD3, negeri nongpoy MRHGD3.

ini waktu si kuro di retune di SS Performance

Laris bak kacang goreng di awal rilisnya, HPM hanya membuat satu mesin saja untuk sasis GD3, yaitu i-DSI (intelligent – Dual Sequential Ignition) yang memiliki dua busi dalam satu silinder, memercik bergantian sesuai dengan putaran mesin. Dalam kondisi non macet alias lancar, mesin ini sangat irit, bisa 1:28-30 loh, sayang karena tidak efisien dalam kemacetan serta emisi yang cukup tinggi, teknologi ini tidak diteruskan.

Pada pertengahan Mei 2005, HPM menambahkan varian mesin yang terkenal sejagad raya, the legendary VTEC (Variable Valve Timing and Lift Electronic Control) bertenaga 110PS, terkuat di kelasnya. Modelnya sama dengan i-DSI namun ditambahi aero kit atau body kit model add on. Bentuknya yang sama membuat banyak model idsi menggunakan body kit VTEC ini, termasuk KBY wkwkkw..

Tahun 2006 ada facelift, model masih sama hanya perbedaan pada area bumper dan grill dengan bentuk baru, berlaku untuk i-DSI maupun VTEC.

Tahun 2008 muncul lah sasis baru Honda Jazz Generasi kedua berkode GE8, disebut sebut sebagai model terbaik yang pernah dimiliki hatchback tenar tersebut. Mesin juga memiliki development anyar meninggalkan VTEC menjadi i-VTEC (intelligent VTEC). Pada tahun 2010 hadir versi facelift dengan bumper depan belakang lebih agresif dan lampu rem LED menjadi pembeda

Fitur ultra seat yaitu kabin yang luas, ergonomis serta fleksibel, dimana jok yang bisa menjadi kasur dan bagasi lapang karena jok tengah bisa dilipat rata tetap hadir di versi ini.

Tahun 2014 generasi ketiga alias terakhir di Indonesia lahir, membawa banyak perubahan dari semua lini, termasuk fitur fitur kekinian seperti lampu depan sudah LED projector serta AC touch screen. Sayangnya meski sebenarnya tidak buruk, namun desainnya dikritisi lebih bengkak mendekati MPV, tidak lagi sebuah hatchback.

Full Impression Review All New Honda Jazz GK5 2014: Technology Plus Launching Video (PART II)

Harganya pun terkerek naik dan makin ke sini semakin mendekati saudaranya yang punya positioning lebih tinggi sebagai sebuah sedan, yaitu Honda City. Makin tak bersaing harganya, penjualan pun drop drastis, bertahun tahun menjadi pemimpin hingga membuat Toyota kelimpungan akan penjualan Yarisnya, namun harga pulalah yang menjatuhkan Honda Jazz dari singgasananya. Yaris pun tertawa terbahak bahak belakangan.

Hingga era All New Jazz 2020 yang diperkenalkan pada September 2019 lalu hadir, saat itu KBY sudah dapat informasi HPM tidak akan melanjutkan eksistensi Jazz di Indonesia. Salah satu alasannya adalah production cost yang tidak lagi dapat memberikan cuan, bisa bisa malah nombok. Oleh karena itulah Honda City Hatchback dipilih sebagai pengganti sang legenda.

Honda Jazz 2020, Kembali Ke Desain Awal Atau Kehabisan Ide? [Galeri]

So, say goodbye kepada salah satu legenda Honda di kelas hatchback, Honda Jazz discontinued, mungkin tidak selamanya. Bisa jadi di Jazz generasi berikutnya saat perhitungan biaya produksi kembali ke normal (baca: cuan banyak), Indonesia akan kembali mendapatkan sang ikon ini..

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

23 KOMENTAR

  1. Harga second nya nahan banget euuyy. Heran.

    Mending jazz ge8 face lift atau civic fd mang? Harganya beti

  2. Epbeha ga masalah jazz suntik mati,bokap masih pake accord,nyokap crv,ntar beli type R….lah kalo epbeye nmax suntik mati…mau jualan suling..ekekekekek

  3. Kang, kabar Avanza gak diterusin?

    Untuk Jazz, selamat tinggal,
    sad juga ya, padahal belum sempet meminang, malah sudah discontinued….
    Sementara masih setia sama Ipah 2005 bensin yang aduhai….

Yuk Tinggalin Jejak Lads..