GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Goodbye Honda Jazz!! Akhirnya, setelah sequel berjilid jilid dari mulai bocoran awal di bulan September 2019 hingga terakhir kena spy shot di Juni 2020, All New Honda City Hatchback pengganti Honda Jazz di Asia Tenggara resmi meluncur duluan di Thailand! Yes per hari ini lads.. Indonesia kapan kang? Negeri tercinta akan dapat jatah rilis awal tahun 2021 nanti, bisa Januari bisa Februari, yang jelas City Hatchback 5 doors buatan kita akan memiliki dua varian mesin! Cekidot lebih lanjut yuksss..

Di awal bocoran Honda City tanpa bagasi ini (baca: Siap Siap Honda Jazz Bakal Diganti City Hatchback!) banyak yang gak percaya bahwa Honda Jazz (setidaknya di Indonesia) akan digantikan oleh City hatchback dan tidak akan ada lagi.. Hal yang wajar kalau banyak yang gak percaya, pertama Kobayogas itu siapa sih? Sok teu beud wkwkw.. kedua, Jazz itu legend nya HPM banget, masa mau di discontinued? Ketiga, infonya memang masih prematur banget..

Tapi KBY berpegang teguh pada bocoran yang didapat dari informan kelas wahid ini, bocoran berikutnya pun hadir sesuai dengan timeline yang didapat, berikut artikel lebih lanjutnya di bawah ini:

Dan akhirnya, KBY pun tertawa belakangan, All New Honda City Hatchback sudah rilis duluan di Thailand! Jadi bye bye Honda Jazz! Ssst tau gak? Padahal itu buatan Indonesia loh, betul, yang dibuat oleh HPM alias Honda Prospect Motor.

ALL NEW HONDA CITY HATCHBACK

Buat pecinta Jazz gak usah sedih, meski hilang di pasaran Asia Tenggara, tapi di Jepang dan beberapa benua lain masih ada, jadi kalau mau beli ya silakan aja via importir umum yes hehehe..

Sejarah singkat mengapa Honda City Hatchback hadir sih sebenarnya lebih ke faktor harga, yang seri terbaru cuannya sedikit, ga ngangkat kalau diperjualbelikan di Asia Tenggara – tepatnya Indonesia. Harganya sudah mepet dengan mobil yang berdimensi lebih besar, ya macam City ini.. Tapi kabar ini gak resmi loh ya.. jangan dijadikan patokan resmi wkwkwk..

Kembali ke mobil baru yang lagi heboh ini, meski buatan Indonesia, tapi strategy-nya justru hadir di Thailand duluan.. Gak usah aneh, pabrikan motor juga sudah melakukannya kok, misal beberapa produk Yamaha.. namanya juga strategy lads.

Bentuk Honda City Hatchback terbaru ini memang persis dengan gambar patent dan renderannya! Lebih dari 90%, silakan simak ketiga foto di bawah ini yes..

 

Dari depan tidak ada yang terlalu heboh, karena Honda City sedan pun memiliki wajah yang serupa, dari sisi ini Honda Gienia lebih angker punya, menurut KBY ye.

Honda City Sedan

Belakangnya? Ternyata memiliki garis desain yang serupa juga! Tinggal dipotong aja sih bagasinya, udah mirip deh.. Lampu belakang pun memiliki model yang senada. Ye kan? Hanya saja sebagai sebuah hatchback, bagian belakang City Hatchback menurut KBY pribadi lebih pas dan lebih angker, hot hatch gitu lah.. slurrrpp..

Oia meski tidak disebutkan secara detil di informasi dari Indra Fathan di IG, namun menurut nara sumber KBY, platform All New City Hatchback ini m serupa dengan sedannya dan juga produk Honda lain, misal, Jazz serta HRV.

Sekian dulu soal desain, nanti akan KBY bahas lebih detail di artikel khusus galeri ya.. sekarang kita menuju fiturnya..

FITUR HONDA CITY HATCHBACK

Fitur yang akan KBY bahas di sini merupakan spesifikasi Thailand punya yang merupakan CKD Set dari Indonesia ya lads, mengingat di Indonesia sendiri belum lagi rilis resmi, menurut informan sih paling beda dikit doang, biasanya ada di audio.

Fitur fitur All New City Hatchback adalah:

  • ULTR seat khas City dan Jazz yang tak terkalahkan dari sisi akomodasi yang juga hadir di CRV, yaitu konfigurasi jok sedemikian rupa yang bisa memuat banyak barang. Percayalah, waktu masih punya GD3, fitur ini luar biasa membantu! Dan gada yang bisa mengalahkan fitur ini, top banget!
  • LED headlamp (RS)
  • LED Foglamp (RS)
  • Grill khas RS
  • Ornamen hitam di spion dan antena (RS)
  • Handle pintu sewarna bodi (RS)
  • Velg 16″ (RS)
  • Jok dual tone (RS)
  • Arm rest belakang (RS)
  • Ornamen panel instrument warna merah (RS)
  • Paddle shift, Cruise Control (RS)
  • 8 Speaker (RS)
  • Honda Connect, LWDS (RS)
  • 6 airbags (RS)
  • DRL (std)
  • auto off headlamp (std)
  • Front/ rear defogger (std)
  • tilt & telescopic steering
  • idling stop system, econ button, start stop,
  • ABS+EBD, VSA, HSA
fitur ULTR Seat

Fitur fiturnya ada di atas standar mobil pada umumnya lads, artinya positioning mobil ini cukup jelas. Memang di atas Jazz tapi di bawah Civic – sesuai kastanya memang.

SPESIFIKASI ALL NEW CITY HATCHBACK

Di Thailand, Honda City Hatchback hanya memiliki pilihan 1 transmisi saja, yaitu otomatis CVT. Di Indonesia? Belum tau sih lads, kalau bertujuan menjaring banyak kalangan konsumen sudah pasti transmisi manual akan hadir..

Yang jelas untuk mesin, Honda City Hatchback Indonesia akan memiliki dua pilihan mesin, untuk tipe RS memiliki dapur pacu 1000cc turbo bertenaga 122 PS dan torsi besar khas turbo yakni 173 Nm. Untuk 1500cc ditengarai akan memiliki spesifikasi terbaru – bukan bawaan Jazz atau City saat ini.

Bisa jadi mesinnya serupa dengan Honda Gienia, yaitu seri L15, 1500cc SOHC i-VTEC tapi memiliki tenaga yang sangat besar di kelasnya, 131hp dengan torsi 155Nm dengan pilihan 5 speed MT dan otomatis CVT.

HARGA ALL NEW CITY HATCHBACK

Tentu saja ngomongin harga di sini adalah versi Thailand punya lads, di sana Honda City hatchback dilepas dengan harga mulai dari:

  • 280 juta rupiah (tipe S+ CVT)
  • 315,6 juta rupiah (SV CVT)
  • 350,2 juta rupiah (RS CVT)

Seharusnya sih, dengan info yang buatan lokal, All New City Hatchback Indonesia bisa lebih murah sekitar 5-10 jutaan menurut KBY. Tapi entahlah, HPM kadang suka aneh kasih harga wkwkwkw.. Semoga bermanfaat lads..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
Youtube: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSL-TV]

47 KOMENTAR

  1. rasanya kok desain udah gak cocok buat anak muda…….atau karena belom liat secara langsung yak, jadi penasaran…

  2. Gatau kenapa ya mang kobay, kap mesin honda yg fascianya begini agak kurang sreg, kayak ngecembung gemuk gitu. Jadi agak kurang nyatu desainnya, imho

  3. Kalau yang 131ps 155nm mah sudah bukan L15 SOHC VTEC mang, dia L15B yang sudah i-VTEC (beneran i-vtec kalau yang ini) DOHC

  4. Saya sih yes ya ini.
    dari dulu ga demen sama jazz, dan lebih demen kalo city dibuntungin aja (penggemar hot hatch)

    Daaaaan cicilan Rumah masih 4 tahun lagi, livina saya masih bisa pake sih, tapi ini menggoda banget…..

    • Jazz terbaik GD3 Ama GE8 ajah… Gw demen Audi A3 dan Golf, sepertinya si City Hatchback ini menjawabnya wkwkkw…

      Semoga ada rejeki nih buat tebus

  5. Mang bisi salfok, itu maksudnya d indo 2 tipe mesin termasuk yg 1000cc pakek turbo?? apa cuman thai version aja yg dpet??

  6. Oh ya mang, omong2 soal mesin seceng turbonya…

    Itu apa gak berkesan ‘downgrade’ dari mesin L15? Ya walaupun output powernya kurang lebih sama dan torsi bawah jelas lebih gede, tapi ya dari sisi konsumen awam, mesin 3 silinder itu jelas dongret lah dari 4 silinder. Apalagi ketika dia ditaruh di tipe tertinggi, tipe RS.
    Kalau macam di CRV sih, dari R20 ke L15B7 mah kelihatan threshold peningkatannya, lower displacement tapi turbo. Masih sama2 4 silinder pula. Jelas. Nah kalau disini, lower displacement and lesser cylinders, too? Pun juga sudah tertanam stigma kalau enjin 3 silinder itu ya gak enak, pasti geternya.

    Ya terlepas dari bagaimana level refinementnya nanti sih.

    • Pastinya ada sih ya rasa downgrade, apalagi dari 4 ke 3..

      Cuma kayaknya Honda pede nih dengan 3 silinder turbonya..

      Kita liat nanti deh impresi konsumen gimana

  7. Udah kagak minat ama begini2an mang, lebih prefer ke Med MPV/SUV. Yg beginian sempit kabin nya gak lega. Makanya ambil Almaz meskipun td nya mw nya Innova Reborn Diesel Type V. Kembaliannya buat modif mang.

    Si Hatchback di rumah aja udh modif2 dikit biar nyaman (maklum mobil pertama dan harian), gnt velg, peredam, shock, lampu LED, TC dsb nya, udh bisa beli sport 150cc baru.

    Klo di pikir2 beli begituan kemarenan cash smua bisa beli CBR1000 ya…

    wkwkwkwkwk

  8. semua berawal dari jazz

    jazz – dipanjangin jadi fit shuttle
    jazz – dipanjangin 7 seater jadi stream
    jazz – dipanjanging kasih sliding door jadi freed
    jazz – dikasih over fender plastik, jadi wrv
    jazz – dikasih buntut jadi city
    jazz – dikasih buntut trus dipotong jadi city hatchback
    jazz – ditinggiin dikit jadi vezzel / hrv
    jazz – dikecilin jadi brio
    jazz – dikecilin dipanjangin jadi mobilio
    jazz – dikecilin dipanjangin dikasih over fender plastik jadi brv

  9. Mungkin ane satu2nya yg berpikir design ge8 masih jauh lebih dinamis dan ngena dengan tema jazz dibanding ini. Bahkan bila dibandingin dengan desain honda civic estillo yg udah berusia 28 tahunan? I’ll definitely take estillo any day!!!

  10. lah 3 silinder turbo??? ntu daihatsu charade tahun 84 an udah pernah make…..
    mosok 2021 dibandingkan tahun 84 an???
    belum lagi turbo bensin sangat beda prinsipnya dengan turbo diesel ( bensin sdh main turbo = bbm kencing deras, diesel sdh main turbo = bbm tambah efisien)

  11. Yg difoto city hatchback modulo dari tampak samping belakang kok kayak kakinya cingkrang gitu ya. Apa cuma efek kamera atau model pelek dan ukuran peleknya kurang gede apa ya

Yuk Tinggalin Jejak Lads..