Kobayogas.com – Hola lads, Salam geberrr.. Baru kemarin bahas bocoran fitur dari All New Fortuner 2020 terbaru, eh hari ini dapat info kalau si big SUV 7 seater tersebut sudah resmi rilis di Thailand! Iya lads, masih di sana, belum resmi di Indonesia, karena untuk Fortie basis produksinya bukan di sini.. Seperti apa sosok terbarunya setelah selubung stiker kamuflase yang tempo hari muncul dilepaskan? Kuy kepoin fitur, spesifikasi dan harganya..

Fortuner adalah andalan penjualan Toyota di kelas Big SUV, tak hanya di Thailand, tapi juga di Indonesia. Basis produksinya sendiri di Thailand lads, di Indonesia masuk CKD dan dirakit di TMMIN. Setiap bulannya, penjualan Fortuner selalu saja bersaing dengan sang nemesis abadi, Mitsubishi Pajero, biasanya Fortie lebih banyak menangnya, karena diskonnya lumayan wkwkwk..

Nah New Fortuner baru saja meluncur di Thailand setelah spy shotnya hadir duluan beberapa bulan ke belakang. Menurut info yang beredar, model terbaru ini memiliki dua varian, Fortuner (standar) dan Fortuner Legender. Apa bedanya? Yuk kita cari tau lebih lanjut..

DUA VARIAN NEW FORTUNER 2020

Kalau versi lawas memiliki beberapa varian, termasuk dua mesin, bensin 2700cc dan diesel 2400cc, plus dua pilihan penggerak, yakni 2WD (RWD) dan 4WD. Di versi terbaru kini dibedakan dengan dua tipe yang lebih jelas, Fortuner dan Fortuner Legender. 

Masing masing tipe sendiri memiliki varian tersendiri pula lads, yang paling jelas adalah di tipe standar tidak memiliki mesin 2800cc diesel, hanya ada 2400cc saja. Sedangkan di tipe Legender memiliki dua pilihan mesin 2400-D dan 2800-D. Yang menarik KBY tidak menemukan adanya mesin bensin 2700cc, mungkin ini hanya untuk pasar Thailand kali ya?

Dari sisi desain terlihat banget perbedaan di sektor fascia alias mukanya, versi standar tidak terlalu jauh ubahannya dengan versi yang dijual saat in, hanya sedikit lebih sipit dengan DRL yang lebih mewah. Grill-nya juga berubah lebih besar tanpa bilah sirip chrome. 

Tipe Legender terlihat ingin lebih mirip Lexus series, mata sipit dengan DRL cluster yang memisahkan antar lampu dekat dan jauh (sequential). Grillnya juga mirip Lexus, split terbagi dua atas bawah. Sudah jelas memang kemewahan tampilan menjadi pembedanya. Keduanya memiliki lampu di bawah foglamp yang katanya merupakan lampu sein, agak aneh juga, posisi sein di bawah ini sebenarnya dari sisi safety kurang baik terutama tidak terlihat dari spion dalam. 

Di bagian belakang, agak sulit membedakannya jika tanpa emblem, karena bentuk lampu rem model baru sama saja. Kita bisa melihat dari bentuk bumper Legender yang memiliki pahatan vertikal di ujungnya laiknya Sienta.

INTERIOR NEW FORTUNER 2020

Masuk ke interior, sekilas tidak ada perbedaan signifikan dengan versi lawas, tapi panel meter langsung terlihat lebih fresh dari sisi pencahayaan – bentuknya sih sama. Lay out dashboardnya sendiri ternyata masih sama, namanya juga New, belum All New.. Artinya bagian kabin tengah dan belakang juga akan sama persis lads. 

FITUR NEW FORTUNER FACELIFT 2020

Mungkin ini yang paling ditunggu pecintanya, punya tawaran apa untuk konsumen si New Fortuner terbaru 2020 ini? Okey kita coba bedah yes, semoga gada yang terlewat. Kita mulai dari tipe teratas alias Fortuner Legender.

FITUR FORTUNER LEGENDER

Beberapa fitur yang hadir di New Fortuner dan New Fortuner Legender sebenarnya sudah ada di Fortuner saat ini, misal kick sensor – yang membuka bagasi dengan menaruh kaki di bawah bumper belakang. Sisanya, sebagai berikut:

  • Ambient light
  • New Head Unit
  • wireless charging
  • Kombinasi jok sesuai selera
  • 7 air bags
  • Toyota Safety Sense (khusus Legender 2.8) – meliputi 
  • Pre-Collision System
  • Lane Departure Alert
  • Dynamic Radar Cruise Control

Nah yang disebut di atas, tidak ada di tipe standar, untuk versi Thailand ya. Di Indonesia bisa saja ada perubahan lads. 

SPESIFIKASI NEW FORTUNER FACE LIFT 2020

Tadi sudah disebut ada dua mesin, salah satunya tipe terbaru 2800cc diesel. Untuk versi 2400cc Diesel konon tidak ada perubahan, masih menggunakan 2GD FTV VNT variable nozzle turbo intercooler bertenaga 150PS (Indonesia 149,6PS) dengan torsi 400Nm. Nah di mesin 2800cc, tenaganya melejit menjadi 204PS dan torsi raksasa 500Nm! 

HARGA NEW FORTUNER & NEW FORTUNER LEGENDER

Ini masih bicara harga di Thailand yang coba dikonversikan ke rupiah ya lads.. Cekidot harga keduanya di bawah ini:

Sementara harga New Fortuner face lift 2020 versi standar dimulai dari Rp. 590,6 juta hingga Rp. 668.9 juta. Silakan diprediksi kalau nanti hadir di Indonesia jadi berapaan hehehe.. Semoga bermanfaat [KBY dari Indra Fathan & Autonetmagz]

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com Facebook : @kobayogas Twitter : @kobayogasblog Instagram: Kobayogasblog

31 KOMENTAR

  1. Yg tipe standar ada stability control gak mang?

    Paman nih rencananya mau beli si bagero semprot zakar, tapi tunggu2 si new un-fortuner rilis katanya. Kalau gini… well…

  2. Akhirnya penamaan mobil ada yang pake bahasa jawa lagi selain hyundai atoz.

    Kalau seinnya disitu bener kata mang kobay, ga bakalan keliatan di spion wkwkwkk.

    Innova aja kadang ga keliatan kalo nge sein/hazard di spion tengah. Paling keliatan lewat pantulan cahayanya.

  3. lebih suka yg generasi pertama bentuknya ….
    kesini2 model bentuknya tajem2 …
    sering ngebayangin yg generasi pertama di cat all black … sangar kaya mobil2 police di amerika sana ….

  4. Apaan nih fortuner punya legender dan hilux varian tertinggi pake nama revo. Besok innova pake nama fit kali ya

  5. Mang, klo ditanjakan 500Nm RWD vs 500Nm FWD kira2 menang mana mang? anggap aja bobot sama2 1 ton gt. penasaran euy…

  6. Kang K0bay, makasih infone.
    Itu kira-kira nama ne akan sama gak kalau dibawa ke Indo?
    Karena kalau sama, maka namane’ hampir mirip nama
    makanan nang desaku Kang.
    “LegendAr”

    Terus itu artikel tanpa SPG Kang?

  7. Di antara semua varian midsize hingga fullsize toyota, fortuner ini adalah varian paling beda sendiri dan paling jelek desainnya. Kita bisa merunut aksen tonjolan round-ish dengan distingsi garis lurus yg tegas dan konsisten pada rav4, 4runner, tlc, prado, hilux, tacoma dan sequoia, begitu juga dengan template karakter grille trapezoid yang konsisten. Hal hal tersebut tidak dijumpai di fortuner.

    Fortuner berusaha tampil tajam aggressive dan dinamis, tetapi terlalu banyak bulatan tumpul yg mementahkan usaha tsb. Sorry fortuner, when it comes to exterior aesthetically? Pajero sport any day. Bahkan dengan airmata stoplamp melelehnya!

  8. 750 jeti di pabriknya, sampe sini bisa 820 jeti, yg tertinggi sampe dimari hampir menyentuh 1M.
    ke ingat harga grand pajero punya mitsu bertengger di 1.5 M, akhirnya menjadi mobil langka dijalanan.
    kelas sultan harga diatas 1M mending ambil brand eropa atau amerika ( hummer atau rubicon), gengsinya jelas dapat, tidak ada kelas ekonomi pula

  9. Kalau di compare sama Santa FE kira” mending mana kang,,,??

    Nanya aja belinya mah nanti” kalau udah anjlok harganya,,,🤣🤣

  10. Mang, fortuner asli bikinan Indonesia. Bukan impor CKD. Pabrik toyota yg bikin fortuner ada 5: TMMIN (domestik dan ekspor cbu ke GCC plus amerika latin, laos, filipina, malaysia, brunei), TMC (domestik thailand, ekspor cbu afrika, oceania, singapura, myanmar, kamboja), TKM (domestik india, ekspor cbu asia selatan dan ckd pakistan), TMV (domestik vietnam), sama TSAM (domestik afrika selatan).

Yuk Tinggalin Jejak Lads..