Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Toyota di Indonesia ini memiliki mobil andalan di kelas hatchback yaitu Toyota Yaris. Mobil setengah sedan yang punya nama lain Toyota Vitz di luar negeri tersebut konon akan mendapatkan sosok pengganti lads. Dibalik cerita hot gosip tersebut ada yang menarik mengapa Toyota mempertahankan bentuk hatchback dan benarkah akan ada korban lagi dari kebijakan tersebut yaitu Toyota Vios? Simak kisah pengganti Toyota Yaris untuk tahun mendatang..

Toyota Yaris lahir untuk mengimbangi kedigjayaan penjualan Honda Jazz yang hadir pada tahun 2004. Tahun 2005 Yaris generasi awal yang di Indonesia sering disebut dengan Yaris bakpau tampil serba membulat, karena saat itu trending nya lagi model chubby chubby gitu, toh Honda Jazz GD series juga punya bahasa desain yang serupa hehe.

Singkat cerita, saat ini Yaris tetap eksis dengan mempertahankan desain sebagai hatchback murni sementara Honda nampak kebingungan karena Jazz dimensinya terus membengkak dengan desain lebih menyerupai small MPV dibandingkan sebuah hatchback. Mungkin itu juga yang membuat All New Jazz 2020 kembali ke asal mula bentuknya (baca: All New Jazz 2020 Balik Ke Model Asal).

PENGGANTI TOYOTA YARIS

Dalam 2 tahun belakangan ini, penjualan mobil model hatchback dan small sedan seperti Vios atau City sedang mengalami kemunduran, kalah dengan city car atau MPV dan bahkan compact SUV. Penyebabnya? Menurut KBY sih jenis ini produk nanggung, harga mahal, prestige kurang, fitur juga nanggung.

Maka tidaklah heran kalau Honda Indonesia (HPM) akan menghentikan penjualan Honda Jazz, menggantinya dengan Honda WRV (baca: Honda WRV Calon Pengganti Honda Jazz) yang secara posisi kelas berada di bawahnya. Begitu juga dengan Honda City, akan dirubah dari sedan menjadi City Hatchback berbasis Honda Gienia.

Toyota sepertinya melihat hal yang sama, Yaris yang tidak lagi menjadi mesin uang sudah saatnya mendapatkan pembaharuan, bocoran yang KBY dapatkan sih berkode pengganti, artinya Toyota Yaris akan stop penjualan dan diganti dengan model baru yang namanya belum diketahui.

TETAP HATCHBACK

Bocoran dari sisi bentuk akan mobil baru Toyota berkode DG7 tersebut adalah tetap berbentuk Hatchback laiknya Yaris saat ini. Dan uniknya, awal rencananya adalah akan didesain dan diproduksi oleh Daihatsu (ADM) dengan memberikan opsi nantinya Daihatsu akan menjual versi sedannya. Jadi akan ada dua produk, hatchback nama Toyota sedangkan versi sedan bernama Daihatsu.

Entah bagaimana, keputusan berubah, mobil hatchback pengganti Toyota Yaris tersebut akhirnya akan diproduksi oleh TMMIN dan hanya akan tersedia versi hatchback saja. Daihatsu? Hanya kebagian disuruh bikin desain doang wkwkwk.. Ini juga yang menguatkan bahwa Toyota Vios akan phase out alias stop penjualan di Indonesia.

Well, semua masih bisa berubah, nanti kalau ada update akan KBY infokan lagi yes, sementara digeber dulu saja bocorannya.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

34 KOMENTAR

  1. Dai mau make nama charade lagikah
    Yang ngarep kek yaris euro yang make TENGA jauh2 lah… Paling kek yasir lele lagi yang khusus buat dunia ketiga

  2. mang, out off topik gpp ya.
    kemaren sy ambil all new bahenol matic 2020 ( nik 2019) harga 224 full bonus, karena sejak tahun jebot selalu make manual ( digarasipun nongkrong pajero sport full manual), sy masih bingung makenya nich.
    tolong bagi ilmunya make bahenol matik cara parkir paralel, trus gear box biar awet cara perlakuannya gmn??
    please….

  3. Daihatsu bikin sedan? apa bisa laku? mengingat image Daihatsu di Indonesia itu mobil ‘kelas bawah’
    apa mereka mengincar pasar fleet ya?
    terakhir Daihatsu jualan sedan di Indonesia itu Classy.
    dan itu sudah lama sekali, masyarakat sudah banyak gak yg ingat.

    BTW Yaris XP90 dulu laris karena lincah compact & practical khas city car.
    begitu diganti jadi Yaris XP150, mulai banyak yg mengeluh, karena sudah tidak praktis dan lincah lagi, terutama radius putarnya yg bisa bersaing dengan Innova.
    walhasil penjualannya turun terus.

  4. Selain jazz , honda juga punya civic hatchback kan mang kobay? Mungkin kurang ter ekspos ,Tapi harganya juga wow

  5. Ada apa sama toyota?
    avanza mo diganti..
    yaris mo diganti..

    apakah ada kuda troya yang masuk kedalam tubuh toyota dan melemahkan toyota dari dalam secara pelan-pelan?

    kl dah lemah tinggal dicaplok..

  6. ganti nama:
    rush –> rust
    yaris –> nyaris

    btw baru sadar harga mobil beginian sekarang mahalnya ga ketulungan ya…

  7. Dpt bocoran akhir taun kemaren dari org wi*jaya toyo*ta kalo yasir baru desainnya bakal rada2 bulet lagi katanya.
    Ay langsung ngarep XP210, wah yasir bentar lagi tobat nih..

    Lha taunya malah bikin yasir2an bareng dehatsu.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..