Kobayogas.com – Hola lads, salam geber… Sketsa misterius yang menampakkan sosok Honda CBR250RR dengan bentuk berbeda dengan yang dijual saat ini jadi pembicaraan di ranah maya. Berkat sketsa tersebut isu seputar produk baru Honda yang disebut sebut sebagai CBR250RR-R dengan mesin 4 silinder sebagai lawan Ninja ZX25R 4 silinder pun kembali menyeruak ke atas menjadi topik hangat para pengamat otomotif roda dua. Pertanyaannya, dengan sketsa tersebut yang menampilkan mesin dengan konfigurasi V alias V Engine apakah berarti Honda siap menelurkan V4 untuk sang Baby RR?

Sketsa atau gambar tersebut ternyata diunggah oleh media asal Jepang bernama Kojintekibikematome membuat banyak orang pengamat sepeda motor penasaran, karena tebak tebakan menjadi apakah ini merupakan calon CBR250RR-R yang akan pakai mesin berkonfigurasi V engine? V twin atau V-Four ya kira-kira? Mister kepo mang Asep dari warungasep.net ternyata mendapatkan jawabannya lads.

Namun sebelumnya, bicara soal mesin konfigurasi V untuk CBR250RR sebenarnya sudah menjadi salah satu opsi pada saat baby RR tersebut akan diputuskan sebagai produksi massal. Yoi lads, opsinya ada beberapa macam, 2 silinder inline, 2 silinder V, 4 silinder inline dan konon, ada wacana menggunakan V4! Wew (baca: CBR250RR 4 Silinder Bisa Hadir Lawan Ninja ZX25R).

Nyambungnya dengan sang sketsa di atas adalah, sketsa tersebut adalah buatan orang Jepang yakni Kenji Kawai bersama Takeshi Futamata yang merupakan desainer dari sport fairing 250cc 2 silinder Honda tersebut. Nah, ternyata di awal awal, sketsa Honda CBR250RR tersebut memang mengunakan platform mesin V engine, menurutnya “Ini adalah sketsa awal yang saya tulis, saya mencoba mendekati berbagai desain frame, dan saya ingin menggunakan mesin tipe-V karena saya ingin membuat bentuk mesin sedikit lebih tipis. Saya mengerti” ungkap Futamata San yang yang bertanggung jawab atas desain.

Pada akhirnya, sudah pada tahu semua kan, desain dan pemilihan mesin yang jadi diterapkan adalah CBR250RR saat ini dijual. Pertimbangannya adalah realistis-ekonomis dan cost – benefit oriented. Maksudnya, belum diperlukan produk hi-end kalau tujuannya hanya untuk melewati Ninja 2 silinder saja. Pendekatan ini pernah dilakukan lebih dulu oleh Yamaha saat kehadiran R25 untuk melawan Ninja, sayangnya R25 benar benar diciptakan hanya sedikit lebih baik dari sang Ninja.

jatuh cinta pada pandangan pertama

Trus gimana dong sketsa tersebut kang? Sekedar hoax atau akan jadi beneran? Kembali ke link artikel di paragrap 3 di atas, desain tersebut bisa saja meluncur, tergantung sejauh apa penetrasi Ninja ZX25R ke dalam market. Intinya desain dan pilihan mesin CBR 4 silinder tersebut saat ini dalam keadaan tertidur. Lantas kenapa sketsa tersebut bisa muncul ke permukaan?

GARA GARA YOUNG MACHINE

kenapa media Jepang tersebut mengunggah kembali gambar sketsa lawas tersebut? Ternyata gara gara Young Machine! Media asal Jepang yang memiliki khayalan tinggi tersebut memajang foto renderan sosok motor sport fairing yang mereka sebut CBR250R-R 4 silinder, seperti di bawah ini :

Semua gegara Ninja ZX25R, hehe, terima kasih sih sebenarnya, jadi menggeliat kan? Motor sport tersebut memang sangat fenomenal dan bikin heboh padahal belum rilis resmi. Yang jelas, perkaran nantinya Honda ikutan rilis atau gak, bukan masalah sih bagi mereka, karena jangankan mesin 250cc 4 silinder, mesin 250cc 6 silinder saja mereka pernah bikin! Sosoknya ada pada Honda RC166 yang punya power 62 Hp di tahun 60an lampau…

Yamaha bagaimana kang? Semoga tim asal Iwata tersebut beneran panas dan merilis R25 3 silinder dengan desain dan fitur yang ciamik.. Unik kan 250cc 3 silinder?

Sumber : http://kojintekibikematome.blog.jp/archives/70400651.html

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

34 KOMENTAR

  1. V4 mah kagak mungkin. Mau jual berapa AHM klo sampe V4? Paling logis ya tetep VTwin 250cc pake engine VTR250 yg di remap ulang sampai 45hp. Dengan teknologi sekarang sih 45hp buat VTwin ya masuk akal. Wong CBR250RR aja sudah sampe 39hp kok.

  2. orang gila sih klo ada yg bilang vtwin itu biasa aja wkwkwkwk.. performa pasti gila”an walau vtwin, konfigurasi knalpot jg pasti atas bawah dan bentuknya mungil tp gahar.
    justru klo I4 malah biasa aja krna orang yg mendang mending pasti lebih milih yg cc besar, krna itung” perawatan 4 cylinder harganya pasti mirip” walau 250cc dengan 1000cc cuma beda ukuran piston doang :v

    klo Vtwin kan unik,, cukup vtwin aja, ga perlu v4 buat apa juga kan, itu aja udah unik, performa jg lebih bringas dri i2

    itung” motor udah unik konfigurasi mesin beda sendiri, Kencang pula, pajak jg ga gede” amat.. wkwkwk

  3. Terlalu jauh. Yg ninja 4 silinder saja belum keluar… Hehhee.
    Sprtnya kalau kelas 250, yg dicari kebanyakan suara, kalau pakai V2, orng” trtentu saja yg tau dan mau.
    Kalau 4silinder dr suara saja udah mulai bnyk yg tau.
    Target pasar selain yg ngidam 4 silinder fullpaper+baru, jg incer pemakai moge yg pngen motor harian+lbih irit.

    Dan denger”/atau ane mimpi yak… lol… ninja yg baru ini sj kekuatan cuma 75% dr yg asli, ntah utk update atau keawetan.

  4. @kobay

    tergantung juga mang, klo nanti suaranya merdu kek SV650 ya why not? Gw tetep yakin pasti beda ama Suara V nya Kaisar Ruby

  5. semua motor jg gitu,, ga 100% di fullkan potensinya,, makanya ada remap ECU wkwkwk cbr250rr aja cuma di remap ECU dan gnti sensor gigi 1 sama gigi 6 aja bisa hampir 200kpj (cbrnya davidxxo )

  6. saya lebih setuju V2,, biar sesuai dengan FILOSOFI awal pgn dibuat yaitu lightweight super sport.. cbr 2 silinder aja udh ramping mesinnya, gmna Vtwin ?? rongga mesin dan rangka pasti bisa di tambahin teknologi sejenis Vtech lagi biar makin kencang, itung” bakal bisa menyamai inline 4 kawasaki.

    v2 Body ramping, ruang Mesin masih LUas, bisa di tambahin vtech, konfigurasi knalpot bisa 2 yaitu atas dan bawah dengan bentuk yg ramping, knalpot atas buat power, knalpot bawah buat torsi.

    suara knalpot i4 kan mengagumkan? halah basi,, gnti knalpot aftermarket jg mirip’ suaranya, klo mau kayak moge ya beli moge, ngapain beli 250cc wkwkwk
    tpi kan mau lebih irit dan bisa harian.

    irit dan harian? ngapain beli zx25r, ttp aja boros namanya jg 4 silinder, beli busi 4 biji, perawatan udah sama kayak moge 4 silinder. buat harian? nunduk gitu buat harian wkwkwkwk

    justru klo vtwin lebih masuk akal di banding 4 silinder inline biasa.
    bukan pendukung honda, tpi gua sih sebagai anak motor lihat vtwin di 250cc itu sesuatu banget.. perawatan cuma 2 silinder, tpi performa lebih bringas, lebih ramping ruang mesin,. masih bisa di tambahin perangkat vtech honda. berat bersih jdi makin ringan sesuai namanya lightweight supersport.

  7. Jadi mengerucut ke 2 opsi. Jual performa atau jual suara. Saya mah pilih suara krn nggak suka ngebut. Terserah di jalan raya diasepin V twin atau bahkan i2 sekalipun 😁

  8. Kalau gara gara young machine sih ngga heran, maklun yg muda muda (young) itu kan banyak halu dan menghayalnya….hehe, biar rame dunia persilatan.

  9. bahkan pas awal” CBR1000RR yg sebelum all new rilis dan dipunyai Anak Indonesia yg di beliin Ortunya jg pas masuk mall sency di kira motor 150/250cc ga boleh parkir di tempat moge wkwkwkwk bayangin aja cbr1000rr bodynya kgk lebih besar dri cbr250rr wkwkwkw

  10. Selama Kawak 250 4 cyl tidak merusak lineUp cc diatasnya ,terutama produk2 saingan..saya Yakin Honda masih Adem. Namun jika 250 4 cyl kawak sampe merusak , dijamin akan terjadi Perang Dunia ke 3 😂 dan kita akan lihat siapa yang gugur dan jadi Korban.
    Itulah sedikit jawaban, kenapa hingga sekarang Kawak belum sah dalam memasarkan 250 4 cylnya..karena mereka wajib Extra hati2.
    Sekedar mengetahui nih mang kobay charming..
    Jika dipasaran udah keluar semua yaitu :
    250 4 cyl
    250 3 cyl
    250 v Twin

    Mang kobay pilih mana ?
    Peace v 😀

  11. Mang kobay

    Bicara ramping, banyak banget calon pembeli yg malah demen dimensi bongsor ala ala moge, dan terbukti ketika beberapa pabrikan mengeluarkan motor dimensi bongsor Walopun mesin Secuil Tapi tetep laku (Saya tidak masuk golongan tersebut)

    Bicara keunikan tampilan mesin V atau L baik 2 atupun 4 silinder, menurut Saya lebih cocok untuk naked karena mesin terexpose dan pastinya lebih terlihat gagah ala ala HD. Klo d terapkan d full fairing kan gak keliatan juga, orang Akan melihat dari bentuk fairing design dan suara merdunya.

    • Betul mang, di Indonesia ini bongsor lebih diliat.. makanya wacana om Leopold yang bilang mesin skutik 250cc sudah saatnya punya bodi segede PCX atau NMax kurang ay setujui..

  12. vote buat 250cc V twin, alias RVT250R

    alesannya, pasti sizenya seramping motor 150cc, performa 250. emang sih bukan seleranya orang2 kere di indonesia yang maunya ukuran gede segede2nya biar keliatan moge.

    banyak kok solusinya kalo mau digedein, lah nmax modip aja ada yang selebar goldwing toh.

  13. bisa dipastikan kalau CBR ga akan pakai mesin V.
    selain uda beda filosofi (silahkan cek filosofi dibuat CBR series itu apa), biaya produksi juga ga murah (double cylinder, double camshaft set, double cam chain, etc). pada akhirnya tujuan mereka adalah jualan, dan jualan ga di Indonesia doank yang konsumennya mau ini itu tingkat khayalan tinggi tapi ga ngerti mesin.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..