Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Meski merupakan sebuah skutik kasta terendah atau entry level skutik yang dimiliki oleh Honda di Indonesia ini, tapi berkat skutik ini lah pundi pundi AHM selaku ATPM sepeda motor Honda di Indonesia makin gemuk. Dimensi yang pas, lincah bertenaga dengan akselerasi yang bisa membuat sebuah moge kelagapan saat adu start di lampu merah, irit bbm, ergonomi yang pas dengan postur rata rata penduduk Indonesia serta didukung oleh desain yang mumpuni plus fitur yang dibutuhkan, membuat Honda Beat menjadi legenda di Nusantara. Perkembangannya kini sudah mencapai generasi All New Beat 2020. Bagaimana review dan test ride All New Beat terbaru? Ternyata masih akan menjadi raja skutik di Indonesia. Apa dan mengapa?

Ketika pertama kali melihat sosoknya di foto yang ada di dunia maya, feeling pertama KBY langsung berkata, ini sih bakal ngehits lagi. Begitu lihat langsung, feeling tersebut benar adanya!

DESAIN ALL NEW BEAT

Ngomongin desain, AHM sangat hapal karakter konsumen Indonesia, makanya, sosoknya tidak terlalu terlihat radikal berubah, masih mempertahankan ciri khas sebuah skutik entry level dan sebuah Beat namun dengan desain yang akan membuat All New Beat dicintai konsumen sepeda motor seluruh Nusantara. Good looking, charming seperti KBY, sporty dan juga luwes dengan tambahan elegan terutama pada pemilihan warna silver.

Menurut KBY, di kelas entry level ini memang susah susah mudah, mudahnya sudah ketebak inginnya konsumen Indonesia itu apa, susahnya, ya jika terjadi perombakan model baru. Jika masalah fitur sih relatif lebih mudah diimpelementasikan, tinggal pasang/ tambahin, selesai deh, tapi tidak demikian dengan desain. Salah desain, bisa bikin konsumen mundur teratur. Untuk hal ini, AHM kembali berhasil membuat All New Beat akan tetap disukai masyarakat.

FITUR ALL NEW BEAT 2020

Meski lebih mudah, namun pemasangan fitur juga tidak bisa sembarangan lads, karena pasti akan berpengaruh ke harga jual. Tapi jika tidak ada tambahan fitur, ya siap siap juga kena cibiran netizen yang boeingdiman hehe. Serba salah kan? Makanya AHM hanya menerapkan fitur yang dianggap dibutuhkan oleh sebagian besar konsumen mereka di kelas ini.

Lampu LED adalah sebuah keharusan, karena selain kompetitor juga sudah duluan pakai, LED saat ini juga menjadi sebagai suatu benchmark fitur kekinian, itu mengapa lampu depan All New Beat terbaru kini menggunakan jenis LED. Kok rem gak? KBY rasa untuk kelas ini sudah cukup dengan bohlam, daripada harga naik lebih tinggi? Hehe. Meski sebenarnya teknologi LED kan sudah murah, jadi yang pertama di kelas entry level juga menarik kan? Tapi kembali lagi, Beat itu bermain di kelas apa?

Selain LED, AHM juga memberikan fitur baru lainnya, yaitu power socket alias colokan buat ngecas hp ditambah pembuka jok terintigerasi dengan rumah kunci. Tidak semua butuh fitur charger, oleh karena itu AHM memberikannya hanya di varian yang lebih tinggi dengan harga lebih mahal tentunya.

Bagasi kini lebih luas menjadi 12liter, makin mampu menampung banyak barang, bentuknya agak oval dan dalam. Soal tangki bensin juga meningkat kapasitasnya lads, menjadi 4,2 liter, artinya akan makin jauh jarak tempuh dan gakan sering mampir SPBU deh. Speedometer yang tidak berubah masih mempertahankan analog digital sebenarnya trik juga, selain modelnya memang sudah cukup oke, kelas ini tidak membutuhkan fitur lebih canggih.

HASIL TEST RIDE ALL NEW BEAT 2020, TETAP LINCAH!

Honda beat adalah skutik raja jalanan sesungguhnya, dimensinya yang ramping dengan tenaga yang mumpuni membuatnya sangat cekatan dan sigap di jalan raya berkat akselerasinya yang memukau untuk sebuah skutik entry level. Tidak jarang saat KBY riding bersama Zeref CBR250RR, dikepretin saat lampu merah beranjak hijau, padahal sama sama start wkwkwk..

Kembali ke hasil test ride, arena test ride adalah area parkir belakang Ji-Expo kemayoran, gak jauh dari Masjid. Disulap sedemikian rupa agar tester mendapatkan akselerasi dan juga kelincahan. Top speed? Ada trek lurus tapi paling cuma 30 meteran. Kuy kita bahas..

Pada dasarnya sasis dan mesin Honda Beat generasi sebelumnya sudah sangat memadai, ringan dan lincah dengan akselerasi oke banget. Bagaimana dengan penerapan sasis baru ESAF (Enhance Smart Architecture Frame) plus mesin 110cc generasi terbaru yang serupa dengan Genio?

Ternyata memang terasa lebih baik, akselerasi makin mantap di bukaan gas awal, laiknya Genio (baca: Test Ride Honda Genio 110). Begitu bertemu dengan kun (cone) yang membuat kita kudu slalom, wuihhh kelincahannya layak dapat dua jempol, handlingnya ringan banget dan akurat. Bertemu dengan tikungan parabolic bodinya cukup anteng tapi terasa terlalu ringan. Keluar tikungan bertemu jalur lurus, langsung betot gas dan.. mendem!

Wkwkwk, memang disini nih kelemahannya mesin Genio yang overstroke yang juga dipakai oleh All New Beat terbaru, bawah hingga tengah sih asik banget, begitu digeber lebih lanjut, mesinnya ngeden susah naik. Karkaternya memang sangat cocok untuk trek dalam kota, luar kota? Menurut KBY sih pas pasan, apalagi kalau misalnya bertemu dengan jalur lurus panjang.

JOK LEBIH EMPUK?

Ada juga yang dirasakan, pertama joknya terasa lebih empuk, tapi tipis, digunakan sekitar 6 keliling sudah terasa mulai dempes alias mendem. Well memang sih cuma penggunaan dalam kota, tapi kalau jarak jauh keknya bakal kerasa juga nih.

Shocknya KBY rasakan sih lebih lembut dari yang lawas ya, tapi sepertinya ban depan terlalu tinggi tekanan anginnya. Soalnya getaran ke setang lumayan kerasa meski mesin terasa bekerja dengan halus. Oia, ergonomi sama lah dengan versi lawas, tidak ada perubahan signifikan, toh memang sudah pas juga untuk rider dengan tinggi 150-168cm.

KESIMPULAN

KBY tidak ragu untuk menyimpulkan kalau Honda All New Beat ini kembali akan menjadi mesin uang utama AHM. Selain memang sudah laris dari sananya, perubahan yang dilakukan juga disertai dengan perbaikan perbaikan lads. Fitur nambah, desain makin mantap.

Harganya memang dinilai tinggi untuk sebuah skutik entry level, meski kalau mau yang standar banget ada tuh varian CBS tanpa ISS dan tanpa power socket dengan harga tidak sampai 17 juta yang KBY yakin akan menjadi varian terlaris. Berikut harga lengkap All New Beat terbaru 2020

  • All New Beat terbaru sporty metro CBS Rp. 16,450,000
  • All New Beat terbaru CBS ISS Active Premium Rp. 17.150.000
  • All New Beat terbaru CBS ISS Deluxe Rp. 17.250.000
  • Beat street 2020 Rp. 17.150.000

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

43 KOMENTAR

  1. Tadinya Saya Mau Ambil Suzuki NexII buat komuter memangharian karena paling mantep dari banyak hal (menurut saya)
    tapi saya tahan, penasaran dengan new beat.
    Dan akhirnya setelah melihat si motor ini.
    New Beat Lebih Worth it! 😄

  2. jadi raja tanpa perlawanan berarti dari kompetitor … iya gak sih Mang

    tetangga sebelah boleh lah bangga jadi yg pertama alias first mover … tapi klo volume jualannya ketinggalan sama “yg katanya nyontek” … yaa kudu evaluasi apa aja minus nya

    kalo cman nyalahin merk, nuduh konsumen gak smart dll … well silakan nangis bombay

  3. Asa eungap ya kang di atas 80 km/j on speedo 😁 Bisa kentjang tapi di jalan yg agak turun. Pernah nyoba di turunan sekitar sentul pake matic entry level, rasanya melayang hehe ngeriiii nyali ciut walaupun pake ban rada gambot. Utk entry level menurut gw cukuplah max lari 80++

  4. Setuju warna silver terlihat paling elegan. Desain belakangnya bagus, memberikan kesan tinggi. Spakbor belakang juga bagus spt Vario 125/150 led generasi awal, memberikan kesan macho. Yg agak mengganjal menurut gw desain sen depan, tapi kalau dikasih warna kuning/oren lumayanlah..

  5. @babeh umar, kenyataannya emang konZumen enggak ZmartZ sih. Hampir 2jt orang tiap tahunnya ketipu sama blogger2 ternama untuk beli beat dibanding mio yang jelas2 lebih value sazZa!!

    Padahal beat banyak kurang nya dibandingin mio series. Jok kurang empuk, harga kurang murah, konsumsi bbm lebih sedikit, mesin kurang geter, velg kurang fitur geal geol.

  6. Semua info di artikel ini stuck di “charming seperti KBY” … Wkkkkk…

    Jujur aja, saya baru sekali menggunakan model motor buat harian dan pas yg saya coba beat (pas sewa motor). Dan saya kaget, ternyata enteng dan lincah. Pantes jd motor buat harian.
    Mngkin addres & mio juga sama, secara 1112 dr bobot dan dimensi.
    Pantes kalau lampu merah pada melesat semua, terutama cewek”.
    ADA FENOMENA BARU, COBA PERHATIKAN, SETIAP LAMPU MERAH, PASTI PEMOTOR CEWEK YANG MELESAT DULUAN.

  7. seperti yg kby bilang. ini entry level wkwkwk ga semua orng mau keluarin duit lebih lgi buat keyless. mau d hargai berapa wkwkw 20jtan buat skutik kecil krna keyless. pasti gagal jdi Mesin Uang lgi hahaha iya kan mang? setidaknya Skutik Honda Masih bisa Kunci stang ke kanan untuk memperlambat pencuri mnggunakan kunci T.. krna banyak omongan para montir di bengkel” bilang, klo beli matic honda aja. alasannya 1, Bbrp motor Yamaha gak Bsa kunci Stang ke kanan wkwkwkwk tp ga tau ya matic yamaha yg skrng. hampir semua bengkel ketika saya mampir buat servis selalu dengar curhatan pemilik motor ke montir maupun yg punya toko tntang motornya, montir dan pemilik toko selalu ngasih tau 1 hal, ya Motor yamaha selalu gitu mas, klo mau irit perawatan ya Honda, bukan krna Kita jualan Sparepart dll tp kami sebagai montir jg ngerti motor.. masalah Di Honda ini ini ini, yamaha ini ini ini .. kelebihan motor honda mesin lebih bandel, jarang berasap/bocor oli/boros oli, cuma Emang Body” mudah geter dll. kebalikannya Yamaha, body awet mesin rewel.. tp skli lgi motor bsa jalan kan karena mesin bukan Body plastiknya.. saya Ngakak dengernya wkwkwk maka saya Rasa Itulah Alasan knp honda jdi Pemimpin Pasar. bukan Krna sales dan Diskonnya, Montir di Bengkel” Independent jg pda Bilang gitu. (bukan pendapat saya loh, Biasa Obrolan”nya Para Montir klo di Bengkel).

  8. lucu pas baca “mendem”, trus jadi inget kemaren ada yang komen genio (dia tes 2 unit) di puncak katanya ga kuat nanjak (dibanding beat lama). akhirnya dientengin rollernya biar kuat (karena emang tinggalnya daerah sono)

    sebenernya ane masih penasaran sama address, pada bilang enak dsb.. klo beat lama & mio125 sih ane uda pernah cobain

    btw ini kolom komen kenapa klo mau reply ga bisa mulu ya (kelempar jadi new comment), uda berbulan-bulan.

    • Address itu enak sehalus PCX, tapi akselerasi nya Boyo, kaya Nex II, jadi kalau buat petakilan kurang cocok.. tengah atasnya yang bagus

      Andai desainnya lebih enak dilihat pasti dah laris tuh address

  9. mang kobay, emang beneran ni mesin overstruk baru buat nanjak” tenaga ngempos ?
    rencana mo ambil beat street padahal…

  10. Bay pernah lu tanya gk? Kenapa harga Beat bisa lebih murah dari Genio. Bukankah katanya mesin dan rangka keduanya sama? Fitur varian tertinggi NewBeat misalnya gk jauh beda dg Genio. Tp beda harga keduanya cukup signifikan. Mungkinkah ada downgrade kualitas part yg membuat NewBeat lebih murah? Serius nanya.

  11. Bodi & cat keknya masih setara Mang… Keknya sih lebih pada strategi bisnis. Biar banderol Beat rada lebih murah tapi unit yang terjual banyak, jadi untungnya tetep gede.

    Wkwkwkwk… So tau banget gue…

  12. Untuk perbedaan harga dimana pengunaan mesin dan sasis yang sama cuma beda fitur dikit (sama kayak Kasus beat dan vario led), menurut Saya itu hanya strategi jualan ajah, mungkin untuk beat ambil untung dikit Tapi kejual banyak dan genio ambil untung agak banyak karena laku lebih sedikit dari beat. Dan ujungnya mereka tetep total untung banyak juga.

    Saya sendiri yakin kualitas mesin lebih bagus yg lebih mahal Walopun mesin identik, sama Kasusnya dengan bebek kirana, karisma & supra 125, pasti Pada setuju supra 125 lebih bagus Walopun dengan type mesin identik. Sama juga dengan merek yamaha antara vega r & Jupiter z, yg Saya rasain juga antara vario 110 fi gen 1 (Sebelum pake ACG starter) lebih bagus kualitas mesin ny dari Pada beat dengan mesin yg identik.

  13. Vario mini….mungkin konsumen akan bosen dgn model spt vario series….krn seharusnya antar varian ada diferensi nya, apalagi harga makin melambung….saya pikir konsumen cerdas dgn uang sebesar itu akan lbh memilih type model atau merk lain….

  14. yang tipe CBS non-ISS itu harganya malah sedikit lebih rendah dibanding Beat versi lama. Tapi cuma tipe itu aja. Tipe yang lain lebih mahal dari versi lawas.

  15. Vario series dan pcx yg saya rasakan saat mau berjalan terasa bergetar walau setelah jalan getarannya kemudian hilang.
    Berkendara di jalan umum khan dilarang petakilan Om….krn disamping membahayakan diri sendiri juga orang lain….
    mnrt saya Adress dan Nex memang disain yg cocok untuk pengendara yg punya attitude berkendara yg baik sopan dan santun…
    Seandainya address dan nex itu di label merk H mnrt saya akan tetap laku….yah krn image generasi tua masih menganggap yg terbaik….
    klo generasi milenial mungkin sdh berubah cara pandangnya…..

  16. Eka Nana.
    Anda jangan pakai nama orang utk dilecehkan.
    Ini bang Yogas juga parah,,komentar kayak gini malah ditampilin ditanggap.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..