Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Saat nonton MotoGP Jepang di sirkuit Twin Ring Motegi, di pelataran parkir khusus motor di sirkuit tersebut terdapat banyak sepeda motor yang ternyata bisa dikatakan belum pernah atau jarang terlihat di jalanan Indonesia. Salah satunya ya yang KBY lihat ini, bentuknya sumpah unik banget – kalau ga mau dibilang aneh – mukanya kaya Bemo atau si Mater, sobatnya Lightning McQueen dalam film The Cars wkwkw. Motor ini gak cuma punya tampang yang unik, tapi pengoperasian sektor pengeremannya juga tak selazim sebuah skutik, padahal Honda Helix CN250 ini adalah sebuah skutik loh!

Sebelum masuk ke arena paddock di Twin Ring Motegi Circuit Jepang, KBY lebih tertarik menuju ke pelataran parkir terlebih dahulu, tepatnya parkiran motor. Bukan apa-apa, sebagai negara yang terkenal sebagai pencipta sepeda motor di dunia, KBY penasaran, ada motor apa saja yang parkir, mengingat momennya pas dengan adanya MotoGP Jepang. So, bagi bikers pecinta balapan, dapat dipastikan mereka akan berbondong bondong ke sana kaaann..

Apalagi KBY tau, tidak semua motor buatan Jepang itu ada atau dijual di Indonesia, jadi lebih ke rasa ingin tahu kira kira ada motor unik apa yang terdampar di parkiran hehe. Yang jelas di pelataran tersebut terdapat ratusan sepeda motor, jadi membuat KBY berkeliling cari cari yang unik. Daaann.. dapet deh si Mater eh Honda Helix 250 yang punya kode CN250 tersebut..

HONDA HELIX CN250

Pertama kali melihat langsung bikin kaget, terus ketawa ngakak.. lha wajar soalnya modelnya aneh banget lads.. monyong ga jelas, tonggos persis si Mater dah pokoknya. Bagian depannya alias hidungnya mancung maju ke depan, panjang banget! KBY sampe kaget kok ternyata ada ya motor aneh kaya begini.. dan setelah putar putar keliling bodinya baru tau, laaah ternyata Honda! Surprise, Honda bisa juga bikin motor sejelek ini wkwkkwk

Tapi yang paling terkejut adalah, kok ternyata ada juga ya yang mau beli dan pake huahaha.. Sudah jelas banget ini motor kalau ada di Indonesia, dalam arti dijual resmi, bakal di bully abis abisan bahkan oleh FBH akut sekalipun! Wkwkkw.. Jadi kenapa si Honda Helix ini bisa lahir?

HONDA HELIX 250 THE STORY

Jadi kalau menurut wikipedia, awalnya Honda Helix 250 lahir itu dari model yang namanya CH250, sebuah skutik dengan dimensi menengah yang ditujukan untuk turing – mengingat di luar negeri memang sangat memungkinkan untuk itu. CH250 sendiri lahir pada pertengahan tahun 1980 dengan banyak nama, bahkan salah satu namanya adalah SPACY! Jadi bisa dikatakan Honda Helix ini adalah mbahnya Honda Spacy kan?

Honda CH250

Uniknya lagi, model kek Honda Helix gini ternyata sangat populer di Jepang saat itu lads, bahkan pabrikan asal Itali saja sampai “under pressure” dari sisi kapabilitas dan reliabilitas dibandingkan produk mereka dengan si Helix, ternyata wow juga yes?

Sementara di Amerika, Honda Helix ternyata sangat digemari oleh biker paruh baya atau yang lebih tua, kenapa? Karena mereka mendambakan turing jauh tapi ogah pake pindah-pindah gigi atau memang gak bisa pindah gigi, juga tak mau ribet oleh dimensi yang besar ataupun motor yang berat. Helix adalah jawabannya, mesinnya dianggap kapabel dengan akomodasi yang besar.

MBAHNYA HONDA FORZA JUGA

Lebih jauh lagi, Honda Helix 250 ini ternyata merupakan mbahnya Honda Forza, karena setelah selesai masa baktinya di tahun 2001, Honda menggantinya dengan model NSS250 yang punya nama Honda Reflex alias Honda Forza! Sudah tentu desainnya merupakan peningkatan yang jauh dan sangat signifikan yes hehe.

Pada dasarnya Honda Reflex alias Forza memiliki handling yang lebih baik, begitu juga dengan performa mesinnya. Tapi para fans Honda Helix di Amerika berkilah, soal kualitas riding dan kenyamanan jok masih kalah dengan Helix! Eh bused wkwkw.. gak nyangka motor seaneh itu dapat apresiasi tinggi juga ya.

Nah menurut informasi, Honda Helix ternyata dikultuskan juga oleh generasi muda di Jepang dan Honda kembali merilis Helix 250 dengan kode sama yaitu CN250 ke pasar pada tahun 2004 lampu dan saat ini penggemarnya di Jepang masih ada. Sementara untuk pasar Amerika, model ini sudah distop dan digantikan oleh model buatan 2007.

POSISI PEDAL REM BELAKANG

Kembali ke impresi KBY, di awal karena belum paham, dipikir Honda Helix ini adalah motor laki, alias ada kopling dan perpindahan gigi, tapi melihat keliling sudah jelas ada dek dan tidak ada persneling juga tanpa tuas kopling! So motor ini adalah sudah jelas sebuah skutik!

Dan uniknya, posisi rem belakang mengingatkan kita kaya motor bebek atau sport, yaitu di kaki, malah persisnya jadi inget Vespa lawas lads.. yoi. Yang lucu, pemiliknya mengganti model pedalnya seperti telapak kaki wkwkwk..

FITUR

Meski terlihat sangat jadul dan aneh dari sisi model, ternyata begitu melihat instrument cluster yang lebih dikenal sebagai speedometer, eh canggih juga! Jadi seperti melihat area speedometer mobil hehe.. Malah ada jam digital yang masih aktif, sayang kondisi speedometernya mati, ya iyalah kalau idup berarti konslet dong kekeke.. Yang jelas besar kemungkinan modelnya adalah digital.

Fitur lainnya juga lumayan keren, yaitu ada rem parkir – eh Honda Beat dan Mio juga ada deng ya wkwkw.. Tapi bentuknya seperti tuas rem parkir mobil jadul, yaitu ditarik. Posisinya ada di bawah setang, dashboard sebelah kiri. Di bawah setang juga ada laci persegi panjang dengan kunci untuk menyimpan baik hape atau sarung tangan. Sementara di belakang ada box kiri dan kanan yang berukuran lumayan besar, untuk menyimpan tas atau jaket. Ga tau deh kalau di bawah jok juga bisa dibuka.

ERGONOMI

Iseng plus penasaran, KBY coba duduki.. wah ternyata paham deh kenapa para opa opa demen motor ini.. ergonominya santuy abis! Dengan setang tinggi dan posisi duduk rendah, lah cuma 665mm seat height-nya, ini seperti duduk di Harley Davidson dengan bobot yang jauh lebih ringan (157kg) plus tanpa kudu pindah gigi.. Joknya cukup tebal dan empuk. Cocok sih buat turing jauh memang.

SPESIFIKASI HONDA HELIX 250

Sebagai penutup, KBY kasih spesifikasinya ya.. Mesinnya 244cc, 1 silinder SOHC, liquid cool. Tenaganya tidak diketahui tapi dikatakan mampu berlari hingga 113-121km/jam. Lumayan yah. Rem depan cakram sedangkan di belakang masih teromol alias drum. Ukuran ban depan 110/100/12 dan di belakang 120/90/10.. kecil banget yes wkwkkw..

Sayang gada info harga akuratnya.. Gimana menurut lads, Honda Helix CN250 yang masuk kategori Maxi Scooter ini?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

33 KOMENTAR

  1. Ini mah suneo dalam wujud motor atau malah musuh mobilnya mr.bean yg ban nya 3,,

    Bann loh yg 3 buka eee nya 3,, wkwk

  2. Konon menurut legenda kalau motor ini ketemu air,otomatis berubah jadi jet ski mang.
    Kenapa kemarin ga dicoba ceburin ke sungai mang ? Wkwkwk

  3. Mang, pas didudukin dan keliling lihat modelnya rada rada bau kemenyan ngga?….soalnya ini kan mbahnya skutik, biasanya ada keramat keramatnya dan bisa dijadikan tempat ngala berkah…..hehehe

  4. Betul
    ini motor ala wajah Suneo

    Meskipun bukan FBH, dah gak punya motor sayap, tapi secara desain, semua motor H di Indonesia saya paling sreg.

    Bagi saya, ni matic secara garis desain masih bagus dan saya suka. Tapi masih butuh penyesuaian di sana sini sesuai dengan perubahan zaman.
    Kalau gak salah, pernah lihat di artikel mana gitu, honda beat dulunya modelnya macam ni juga.

  5. Nah mang, apa saya bilang diatas bahwa ni motor ada keramatnya. Bung izanagi mah ngerti, mbahnya skutik ini ada penunggunya, mamang wawanianan teu menta izin heula….Lain nanaon mang, bisi kasambet….hehehe

  6. BIsa jg dapet konsep dr mobil tp dng ‘setengah badan’ mank..Jdnya kek gtu dh modelnya!Ato bs jg akibat pergaulan bebas dng si mobil2 tua! ekekekek

  7. kalau ngebahas Honda Helix, langsung teringat debat PCX vs Nmax.
    karena ada pihak-pihak yg mengklaim kalau merk pujaan mereka adalah pionir maxi scooter, hehehe…

    BTW desain unik seperti itu di tahun 80-an dianggap keren loh.

  8. itu sebelahnya si CP2 MT07 ya Mang,, Ngeri ya Honda bikin matic dari jaman 1970an,, kirain bikin matic karna ngikutin si Miong,,

    • wkwkkw.. kalau bicara sejarah gada abisnya, malah pabrikan motor pertama di Jepang itu Meguro Motorcycle tahun 1937. Meguro disebut suhunya dari Honda, Yamaha dan Suzuki.

      Honda mulai tahun 47, diikuti Yamaha tahun 50 (tahun 55 Yamaha Corp berdiri), Suzuki 52, Kawasaki 62 (setelah mengambil Meguro Motorcycle).

      Di Indonesia, Honda tahun 71, Yamaha 74, Suzuki 73

  9. Siip Mang,, ada info mobil baru Suzuki di Indonesia gag Mang, XL 7 ato si adiknya Jimny itu kembarannya si Ignis,,

  10. Anjayy…pas liat foto Kang Kobay diatas motor ini, saia jadi teringat dgn Kotaro Minami..wkwkwkwk

  11. Desainnya setali tiga uang sama Yamaha Morphous.
    Dulu Suzuki Indonesia pernah masukin matic kayak model gini, ngga ada moncongnya sih tp ya rada mirip2 karna desainnya ceper dan panjang, yakni Suzuki Gemma 250. Lebih modern sih.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..