Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Saat mengunjungi Sirkuti Sepang guna nonton MotoGP Malaysia ketiga kalinya berturut turut, KBY mampir ke salah satu booth motor yang bikin super penasaran, karena perasaan pernah denger namanya tapi agak agak lupa gitu deh wkwkw.. Soo motor itu adalah Zontes! Merek yang sempat KBY duga buatan Malaysia tapi ternyata mocin alias motor cina punya lads. Di booth tersebut ada dua tipe yang dipajang, yaitu Zontes 310R dan Zontes 310X, apa yang berbeda dari kedua tipe tersebut? Dan mengapa KBY bilang kualitas buatannya oke juga? Cekidot lebih lanjut kuy!

Motor merek Zontes memang buatan Cina lads, tepatnya dari daerah atau provinsi Guangdong. Yang bikin KBY terkejut, selain modelnya bisa dikatakan cakep, ganteng dan gagah, ternyata build quality alias kualitas buatan dan rakitan serta materialnya dari Zontes 310R dan Zontes 310X ini bagus juga loh! Setidaknya saat dilihat, diraba dan diterawang.

DESAIN

ZONTES 310R

Kita bahas versi naked bike nya dulu ya, si Zontes 310R.. Sekilas melihatnya, kita bakal dibuat mengerenyitkan dahi menebak nebak dan KBY yakin lads akan salah tebak kalau gada tulisan atau emblem Zontes di tangkinya hehe.

Soalnya modelnya yang keren itu seakan akan dibuat dari berbagai model motor atau moge yang sudah umum ada di pasaran. Ada DNA Kawasaki Z1000 bahkan dari samping kanan serta bentuk joknya mengingatkan kita pada MV Agusta Brutale 1090. Apalagi knalpotnya, sama sama dua dengan bentuk mirip!

Lampu rem keren, meski garis bentuknya jadi ingat pada Bajaj Pulsar P135 kalau ga salah ya.. Tapi ya jauh lebih keren ini sih. Lampu sein terpisah, ada pada mud guard, jadi gak nempel di atas melainkan di bawah. Agak bahaya sih posisinya karena kurang terlihat oleh mobil yang tinggi, untung bukan lampu rem yang di bawah hehe.

ZONTES 310X

Zontes 310X menurut KBY lebih keren lagi desain dan modelnya, tapi seperti saudaranya, modelnya juga gado gado hehe, misal bagian depan kaya CBR series atau Gold Wing. Tipe ini bisa dibilang lebih mendekati sport tourer dibanding fairing.

Dari sosok sih lebih gagah ini dibanding 310R ya. Bagian depan hingga ke belakang terlihat pas. Dan ternyata, walaupun bersaudara, bentuk lampu rem antara 310X dengan 310R berbeda meski posisi sein sama sama ada di mud guard. Model tourer diperkuat dengan adanya behel belakang yang siap menampung box. Spion pun berbeda, versi ini punya batang lebih besar dan terlihat lebih mewah.

Sementara bentuk speedometer punya desain yang berbeda meski sama sama menganut sistem full digital, begitu juga bagian bodi samping, kalau si 310X ini mengesankan delta box. Model swing arm nya mengingatkan kita pada motor motor KTM series. Bukan banana tapi terlihat cakep karena bukan besi kotak doang hehe.

Secara keseluruhan keduanya memiliki desain yang eye catching meski terkesan agak lebay karena terlalu banyak lipatan serta agak kaku. Nice bike anyway

FITUR

Baik Zontes 310X maupun 310R memiliki fitur fitur yang unik yang kayaknya sih baru KBY temukan di skutik, bukan di model sport, atau kalau sudah ada yang pake please infoin motor apa yes.

Yang pertama adalah tidak terlihat adanya rumah kunci sama sekali! Jadi kemungkinan menggunakan remote lads, selama dekat motor tinggal tekan tombol starter. Kedua, karena tidak ada rumah kunci, gimana caranya mengunci setang? Nah di panel kanan ada tombol gambar kunci, so kemungkinan besar caranya putar setang trus tekan tombolnya deh.

Berikutnya adalah pembuka jok, juga dengan tombol, buka tutup tangki bensin, juga dengan tombol. Unik kan? Perbedaannya kalau di panel kiri milik Zontes 310X ada ketambahan tombol naik turun windshield, artinya sudah ada fitur electronic windshield tuh lads. 310X juga ada power socket di sebelah kiri speedometer.

Fitur lainnya adalah, suspensi upside down, rem ABS. KBY tidak melihat adanya tombol control traksi di area panel, mungkin memang belum ada. So far fiturnya sangat memadai sih. Hanya untuk speedometer belum keliatan ada fitur apa saja di dalamnya.

SPESIFIKASI ZONTES

Baik Zontes 310X maupun 310R memiliki spesifikasi teknis yang sama. Mesinnya 310cc 1 silinder dengan berpendingin cari, punya tenaga 35PS dengan torsi 30Nm. Spesifikasi mesin ini mengingatkan kita pada produk kembar BMW G310R dan TVS 310RR Akula, jangan jangan..  Berikut spesifikasi lengkapnya lads, sayang tidak tertera harganya euy

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

18 KOMENTAR

  1. Mang,bahas skuter listrik dong penasaran sama cara ngecas,batere,daya angkut,beli sparepart,perkembangan kedepan gimana

  2. Desainya emang terlihat agak kaku mang…tapi setelah ane perhatikan lebih detail n teliti…ternyata spg nya agak kendor…

  3. Kang, nang Malay motor kaya kuwe lariz apa ora?
    Bahan material/plastik kandel apa ora?
    Kira2 mesin e awet apa ora?
    Menurut Kang K0bay, SPGne ayu apa ora?

  4. Kaki boncenger sebelah kanan auto panas itu

    Tapi ini motor cuma bisa buat pajangan doang, soalnya ini motor zontes

  5. Terlihat pabrikan Tiongkok selalu habis habisan dalam segi desain dan look dari produk produknya…mungkin itu satu satunya cara untuk menarik konsumen, karena kalau dilihat dari brand, history, dan power dari engine yg mereka buat kurang sekali untuk menarik konsumen dari luar Tiongkok…imho

    • itu betul mang, mereka harus punya nilai lebih untuk menarik konsumen, mengingat mereka brand baru.. kalau dibuat sama aja ya susah hehe..

  6. Bore stroke sama persis kaya bmw & tvs 310, tapi rasio kompresi lebih rendah bmw/ tvs punya (10,6:1), tapi tenaga beda tipis.

  7. motor yang warna biru lipatannya bertumpuk tumpuk…klo yang warna item striping merah lipatannya bertumpuk juga gak ya mang???

Yuk Tinggalin Jejak Lads..