Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Meski hingga saat ini belum ada keputusan bulat dari Suzuki tentang kehadiran Suzuki V-Strom 250 ke Indonesia akibat harga yang tidak bisa kompetitif, namun tidak sedikit penyuka motor adventure di Indonesia yang mengharapkan si V-Strom ini bisa hadir mewarnai penjualan di kelas 250cc adventure. Well sambil menanti siapa tau bener kejadian, setidaknya KBY bisa sharing first impression Suzuki V-Strom 250 yang dilihat dan cobain langsung di salah satu dealer Suzuki di Jepang. Jadi seperti apa impresinya?

Saat jalan jalan ke Jepang belum lama ini, KBY dan para sahabat blogger digelandang Suzuki Indonesia untuk berkunjung ke salah satu world dealer motor Suzuki di Shinjuku Jepang. Kita juga penasaran sih seperti apa sih isinya sebuah dealer motor Suzuki di negara asalnya? Ada motor apa saja? Sama seperti di Indonesia?

baca: Review Suzuki V-Strom 650

KETEMU SUZUKI V-STROM 250

Sebelum KBY bahas lebih lanjut tentang motor apa saja yang ditemui, Kobayogas mau bahas yang spesial dulu, yaitu Suzuki V-Strom 250! Yoi setelah hanya bisa melihat dan menatap nanar melalui foto foto di semesta google, akhirnya bisa melihat juga dengan langsung sosok motor adventure suzuki yang punya mesin 250cc 2 silinder ini.

Dan ternyata, sosoknya persis dengan yang dilihat dalam foto hehe, ya iyalah masa beda ya, orang makhluknya sama kok hehe. Begini yang KBY lihat. Oia baca juga ya artikel ini, Suzuki V-Strom 250 Kapan Hadir Di Indonesia?.

DESAIN

Jujur, motor model begini pada dasarnya gak harus ganteng atau keren, bukan ga boleh, ganteng dan keren malah lebih oke kok, tapi menurut KBY yang penting identitas sebuah motor adventure itu dapat! Nah Suzuki V-Strom 250 ini sudah memiliki hal tersebut lads.

Dibilang gagah iya, disebut sporty sudah, dibilang angker bisa, dikatakan tangguh yoi.. Secara keseluruhan sudah memiliki syarat yang dibutuhkan dari sebuah motor petualang sih. Bahkan dari sisi karakter, somehow si V-Strom 250 2 silinder ini lebih punya identitas dibandingkan dengan Kawasaki Versys 250 yang terkesan flamboyan.

Jika melihat di sisi bagian belakang kiri kanan, terkesan motor ini kaya belum jadi karena tidak terlihat ada body yang melapisinya, tapi tidak kok, karena bagian samping tersebut memang begitu adanya. Dan bukan tanpa alasan, karena memang dipersiapkan untuk membawa side box/ pannier di kiri dan kanannya, tinggal plek. Gitu lads.

aura adventurenya sangat kental

ERGONOMI

Sebenarnya gak boleh dinaikin, tapi dasar bandel, TMC udah duluan yaudah KBY juga ngikut dah wkwkkww.. Ya lah, jauh jauh ke Jepang kalau cuma meraba doang rasanya gimanaaaa gitu, tanggung! Kita cobain aja naekin sekalian yes.. Hasilnya?

Weehh nyaman euy, khas motor adventure yang memang mengedepankan kenyamanan bagi pengendaranya, namanya juga motor turing, biasanya dipake jarak jauh, jadi memang kudu dibuat tidak pegal. Ergonominya tegak sebagaimana kebanyakan motor naked bike. Joknya juga empuk dan nyaman diduduki.

Posisi duduk tidak terlalu tinggi, tinggi KBY 165cm, masih jinjit tapi aman, TMC aja jinjit lebih parah tapi no problem hehe. Hanya saja ini motor agak sedikit berat, tapi tidak sampai nyusahin, beratnya cuma terasa saat ingin menegakkan aja.

FITUR SUZUKI V-STROM 250

V-STROM 250 2 silinder sudah dibekali beberapa fitur modern kekinian, misal lampu depan model klasik bulat yang sudah LED, begitu juga dengan lampu rem LED yang cakep ala ala GSX-R series. Speedometer full digital model salome, alias sama dengan Satria dan GSX 150 series. Agak kecewa sih, bukan karena jelek, tapi kirain bakal beda, bosen aja sih liatnya hehe. Tapi liat pas nyala, model negative display cakep dan bikin beda.

speedometer sudah full digital

Fitur lainnya adalah sbb:

  • Newly designed wind-screen – Wind tunnel tested optimized design.
  • Side case mounts – Custom designed for the exclusive side cases.
  • 12V DC power outlet
  • Large aluminium rear carrier – 8.5kg maximum capacity
  • Petal-type brake discs
  • Newly designed 10-spoke wheels
lampu depan dan rem sudah LED

SPESIFIKASI V-STROM 250

Masih sama seperti saat rilis, mesin berbasis Inazuma, SOHC Parallel twin 250cc 2 silinder. Ouputnya sekitar 25ps dengan torsi 23.4Nm. Sudah cukup banget sih meskipun defisit sekitar 8 Ps dengan Kawasaki Versys 250 namun torsinya justru menang 2Nm lads.

Ngomongin identitas, mungkin cuma V-Strom 250 ini yang gak sesuai nama, karena huruf V dari nama tersebut merupakan identitas dari mesin yang berkonfigurasi V hehe.. Lah ini si 250 kan inline alias segaris.

HARGA V-STROM 250

Sooo.. andai beneran masuk Indonesia, sebenarnya V-Strom ini bisa sangat sangat mengganggu penjualan Versys loh, bahkan ga cuma andalan Kawasaki tersebut, tapi bisa juga merambah nyolek nyolek CRF250 Rally. Apalagi kalau harganya bisa di bawah kedua rival tersebut, KBY cukup yakin bakalan laris manis!

Sebagai acuan, harga Suzuki V-Strom 250 ABS di Jepang itu adalah 613.800 Yen dikalikan Rp. 129,5, jadi sekitar Rp. 79.5 juta. Weeehh mahal juga yah.. Jadi kapan dong Suzuki? Semoga bisa dapat harga yang kompetitif kalau nanti hadir di Indonesia ya..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

13 KOMENTAR

  1. Mau di bilang gagah,sporty,angker,tangguh pasti juki ngga bakalan mau,coba kalo di bilang jelek,ngga pantes buat di sini,ngga macho,design aneh,pasti di bikinin

  2. Klo lampu buletnya diganti pk model belah ketupat/ diamond udh keren bgt drpd versys 1000 2019… jelek bgt ky odong2 mall yg pk aki

  3. nyaman pasti, udah nyoba ijum joknya udah kyk sofa hahay. disandingin sebelahan sm versy sangar ini kemana2. versys depannya terlalu ramping, lampunya juga kecil. kalo di jepang sendiri perbandingan harganya dibanding versys x crf kumaha kang? tapi curiga gak bakal masuk sini sih

  4. Suzuki oh suzuki.. kenapa fokus jualanmu hanya carry sama ertiga sih.. bawa dong v-storm dijamin laku, ya setidaknya sama gw..

  5. suka sama modelnya.
    sudah niat kepingin beli satu.
    tapi ditunggu-tunggu kok gak muncul juga di sini,
    kayanya mending lupakan dan beli motor lain saja.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..