Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Sepertinya sudah tersibak mengapa Mitsubishi terkesan gurung gusu alias buru buru dalam menelurkan SUV jadi jadiannya dalam bentuk Mitsubishi Xpander Cross. Selain untuk menaikkan penjualan, kehadiran duet TNGA dan DNGA yang baru rilis di Jepang dengan nama Daihatsu Rocky dan Toyota Raize dianggap bisa mengancam. Tapi sebenarnya sah sah saja kalau Xpander memiliki versi Crossover atau SUV wannabe, toh pabrikan lain juga melakukannya. Okey langsung aja kita simak fitur, spesifikasi dan harga serta varian dari sang Xpander Cross ini..

MITSUBISHI XPANDER CROSS MENURUT KOBAYOGAS

Sosok Mitsubishi Xpander memang bikin degdegserrr.. Bisa dibilang banyak banget konsumen Indonesia yang tergiur akan MPV 7 tempat duduk buatan Mitsubishi ini, sejak hadir di bulan Juli tahun 2017 lalu, hanya produk ini setelah generasi Mitsubishi Kuda yang benar benar bisa merusak tatanan penjualan Astra dengan andalannya Toyota Avanza. Coba ingatkan KBY ada gak produk people carrier Mitsubishi yang sefonemal ini sepanjang sejarah mereka di Indonesia?

Dari mata turun ke hati – peribahasa ini benar benar dipraktekkan oleh Mitsubishi Indonesia, untuk membuat konsumen terpikat, desain harus menjadi yang utama. Dari poin ini saja Xpander sudah menang banyak.. orang terpikat, suka dan rela menjadi “kelinci percobaan” di luar merek penguasa. Ditambah fitur membludak dengan kualitas baik, makin yakin konsumen memilih mesin ATM pabrikan berlogo tiga berlian ini.

Konsumen pun menjadi tidak terpengaruh akan imej Mitsubishi yang tidak “seramah” kompetitornya, maklum Mitsubishi bukan produk yang terkenal irit, mudah dan murah perawatannya, kalau bandel sih iya. Baru kali ini Toyota kalang kabut dibuatnya hingga harus mengeluarkan jurus andalan yang sudah sering terbaca dan sebenarnya basi – facelift!  Hasilnya ya lumayan, meski gak bagus bagus amat, tapi namanya ada perubahan, penjualan Avanza kembali naik.

XPANDER CROSS

Bermodalkan desain yang sudah ciamik, hanya butuh sedikit polesan agar Xpander makin dilirik. Varian crossover adalah keputusannya, dan dengan modal kosmetik yang membuatnya lebih gagah serta terkesan tanggung, Xpander Cross hadir memberikan tambahan yang tidak didapat di varian biasa. Hal yang biasa dilakukan karena sudah ada pabrikan yang melakukannya, misal Honda Mobilio jadi BRV, Nissan Livina dan X-Gear, Chevy Spin dan Spin Activ, Suzuki Ertiga sudah ada XL6 di India dll.

Seperti yang KBY bilang, Xpander itu sudah bagus bahannya serta sudah cenderung ke SUV look alike, dan sosok Xpander Cross menjadi lebih ganteng dengan tambahan aksesoris serta fitur yang bahkan Avanza masih nanti nanti memberikannya hehe. Terkesan kabur dari kompetitor? Ya biar saja, berarti ada celah di situ, dan yang terhantam bukan lagi Avanza, tapi Honda BRV!

Kenapa BRV? Karena Livina X-Gear sudah almarhum, senada dengan Chevy Spin Touring, Suzuki XL7 belum lagi lahir. Praktis di kelas SUV jadi jadian alias crossover ini cuma ada dua petarung, Xpander Cross dan Honda BRV. Sebenarnya bisa sih Toyota Rush dan Daihatsu Terios masuk, tapi yang ini SUV beneran masuknya.

YANG BARU DAN FITUR XPANDER CROSS

Eksterior jelas ada perubahan, pertama adalah grill baru dan bumper depan belakang yang lebih tebal, wheel arch alias over fender tebal di atas ban khas SUV/ Crossover, ban dan wheel rim juga naik menjadi berukuran 17 inchi. Ground clearance ditinggikan naik 20mm menjadi 225mm. Sisanya antara lain:

  • lampu depan LED
  • lampu kabut/ fog lamp LED
  • roof rail
  • shark fin antena
  • rear defogger
  • tail gate garnish
  • side body moulding/ garnish
  • auto folding mirror

Sementara untuk interior fitur terbaru Xpander Cross adalah:

  • Cruise control (seingat KBY di tipe ultimate dah ada ya?)
  • Dual tone leather seat
  • 7″ monitor
  • interior two tone
  • emergency stop signal (ess)
  • sisanya sudah dimiliki di varian Xpander ultimate AT

Sayangnya, masih ada dua fitur yang tertinggal, AC belum digital auto climate dan lampu rem masih juga bohlam.

SPESIFIKASI

Tidak ada perubahan untuk spesifikasi mesin dan kaki kakinya, masih persis dengan Xpander biasa.

HARGA XPANDER CROSS

Mitsubishi Xpander Cross tersedia dalam 3 varian, MT, AT dan Premium Package (AT). Harganya adalah sbb:

  • Xpander Cross MT: Rp. 267.700.000
  • Xpander Cross AT: Rp. 277.700.000
  • Xpander Cross Premium Package: Rp. 286.700.000

Dengan desain yang keren dan beberapa fitur tambahan, jelas ini akan mengancam penjualan Honda BRV yang memang sudah lesu dalam beberapa bulan terakhir ini.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

47 KOMENTAR

  1. kurang sreg sm design pelek nya …. harusnya bisa lebih tegas garis designnya … itu aja sih sisanya sih biasa lom bisa kebeli …. hehehe

  2. Kereenzz euyy…. cuma harganya blm bisa beli… ah mending2 ajalah. Mending SUV seken… ah cuma bisa berkhayal…..

  3. Kang K0bay,
    “gurung gusu alias buru buru” alias “KESUSU” nek nang nggonku.
    Makane kadang inyong ngomong karo anake, “ojo kesusu yo lé”
    Piye kang, enak to, Ke-Susu hehe

  4. “Mitsubishi bukan produk yang terkenal irit, mudah dan murah perawatannya, kalau bandel sih iya.”
    Kalau Honda, Daihatsu, Toyota dll terkenal gimana Kang?
    Bisa jadi 1 atau lebih artikel itu Kang.

  5. Kalo menurutku sih, mitsubishi malah kalah sama wuling mang…
    Karena wuling sudah 5 berlian sedangkan mitsubishi dari dulu masih 3 berlian saja…

  6. Mengapa aku merasa terjebak mengikuti Quiz Instagram:

    “TEMUKAN 10 PERBEDAAN DALAM 2 GAMBAR BERIKUT, DAN MENANGKAN 10 ×××PHONE XXX UNTUK 10 ORANG PEMENANG”?

    which i failed miserably, since i couldn’t find the differences.

  7. bneran keren deh, untung saya baru kredit rumah, kalo ga bisa kalap juga ni buat gantiin livina x-gear saya di rumah.

    —-
    yang pasti setelah ini ada versi nissan nya, yaitu —–> livina X-gear

  8. suka dan rela menjadi “kelinci percobaan” di luar merek penguasa.
    Maksude piye ya kang mas kobay?. Apakah ploduk baru selalu sebagai kelinci percobaan dan ploduk yg cukup lama adalah paling joss..mohon pencerahan kang mas kobay al motoriyyah…

    • jadi begini, sebelum ada Xpander, Avanza dan Xenia adalah mobil sejuta umat yang artinya “paling dipercaya”oleh konsumen karena sudah terbukti tangguh dan simpel perawatannya.. meskipun minim fitur, kurang nyaman, model biasa aja dan gak irit irit amat. Tapi ini mobil konsumen Indonesia banget lah ceritanya.

      Nah si Xpander ini kan baru nongol, MPV mitsubishi apa sih yang terkenal? Kuda? T120SS? Mungkin, tapi itu dulu, setelahnya gada lagi yang terkenal tangguh dan bandel. Jadi sebagai produk baru, konsumen yang tertarik Xpander bisa dibilang nyoba nyoba lagi, ini mobil bagus gak? Jangan jangan rewel, boros, susah perawatan dlsb.. Begicu mang ceritanya..

  9. Kalau dibandingin sama All new Scross Suzuki gimana mang kobay? Dari sisi harga ma fitur nya? Apakah sepadan bila dibandingkan

    • S-Cross ya? Ada beberapa fitur yang bikin S-Cross menang telak dengan harga yang kurleb sama..

      – Rain Sensor
      – AT 6 speed – Manual Mode Paddle Shift
      – Projector LED
      – Rem LED
      – AC Digital Auto Climate
      – Tenaga lebih besar
      – rem belakang disc
      – Kalau ga salah auto headlamp sensor juga

      Tapi AT nya udah 297jt sih.. masih worthy juga sebenernya.. kalah tempat duduk sebaris kekekke

  10. Terima kasih pencerahannya Al Mukharom Al Ustadz Kang Mas Kobayogas Al Motoriyyah…maybe this is another reason why you bought Ertiga Seprot…

  11. “Coba ingatkan KBY ada gak produk people carrier Mitsubishi yang sefonemal ini sepanjang sejarah mereka di Indonesia?” ada Bang,,,, Colt T120 era 70-80an,,,, bener2 raja tuh

  12. Mending wuling aja kalo harga segitu mah. itu mah xpandir pengen naikin harga tp persaingan harga makin ketat. di bikin lah embel emebl suv.

  13. “Coba ingatkan KBY ada gak produk people carrier Mitsubishi yang sefonemal ini sepanjang sejarah mereka di Indonesia?”

    Setahu ku dulu ada produk people champion, eh people carrier yang fenomenal, Mitsu L300

  14. Selama avanza – xenia masih main dikelas 1300 cc & RWD..sepertinya masih aman mang.
    Kalaupun sempat turun penjualannya,ga lama akan naik lagi.Seperti yg sudah-sudah.

    Kalaupun nanti mpv cross laris manis…dan ternyata avanza-xenia ikutan dibikin cross,siap-siap ketemu “dia lagi-dia lagi” ditiap sudut jalanan negeri ini 🤣

  15. Delica itu bisa dibilang penerusnya L300, di negara asalnya L300 itu namanya sejak dulu Delica (DELIvery CAr)

  16. Harusnya spander lampunya sudah Full Led,kedepannya di harapkan lampu sudah Full Led untuk semua tipe

  17. SUV jadi2an (FWD) inilah yg sejatinya SUV.. Kalo dibawa di medan jelek + jalan naik turun, kerasa banget adrenaline rush, keringat bercucuran akibat ban depan sering selip.. Inilah hakikat sport driving yg sebenarnya

    Kalo naik RWD, ya gak ada tantangannya

  18. Neh mobil ga boleh sembarangan ambil fotonya, harus dari angle tertentu supaya kelihatan cakepnya.

  19. https://youtu.be/BUxvQRc40wA

    Lagu-laguan Xpander cross buat iklan.
    Nih video Y**T*** jd bukti, aslinya Xpander ngga berkutik di jalan tanah. Ending videonya malah dibikin malu sama Avanza yg 1300 cc.
    No BC, bukan sales, ini video real.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..