Kobayogas.com – Hola lads, Salam geberrrr… Jaman tahun berapa yah, akhir tahun 80 hingga 90an ada yang namanya Daihatsu Taft Rocky, sosoknya seperti halnya SUV (biasanya lebih disebut jenis Jip), dimensi cukup pendek dengan ground clearance tinggi, khas mobil penjelajah yang tangguh deh. Nah di tahun 2019 ini atau tepatnya untuk pasar 2020, lahir kembali SUV legendaris tersebut dengan nama Daihatsu Rocky 2020! Yap lads, kali ini Daihatsu menghilangkan nama TAFT di depan Rocky. Namun ternyata perubahannya banyak termasuk kelasnya lads.. Jadi apa saja perubahannya? bagaimana bentuknya? Berikut adalah foto, fitur dan spesifikasi sang Rocky terbaru yang bisa jadi merupakan DNGA pertama untuk pasar Indonesia.

DNGA – DAIHATSU NEW GLOBAL ARCHITECTURE

Sekedar informasi, DNGA adalah Daihatsu New Global Architecture yang secara singkat merupakan platform atau basis sasis global untuk beberapa produk Daihatsu – untuk kelas Kei Cars dan Subcompact Cars. Jika lads pernah mendengar kata TNGA – Toyota New Globa Architecture, nah ini juga mirip, atau bisa dikatakan DNGA itu merupakan derivatif nya TNGA khusus mobil kompak. Jadi dapat dikatakan “pemilik resmi” platform ini adalah Toyota.

baca juga: Daihatsu DN-TREC SUV Sub Compact DNGA

DAIHATSU ROCKY 2020 – SUV A SEGMENT

Bicara DNGA, menurut referensi, mobil Daihatsu pertama yang menggunakan platform global ini adalah Daihatsu Mira (alias Toyota Pixis Epoch atau Subaru Pleo Plus) yang bentuk dan desainnya mirip dengan Daihatsu Ayla – di tahun 2017. Kemudian di tahun 2019 ada Daihatsu Tanto dan Subaru Chiffon. Barulah menjelang tahun 2020 alias di akhir 2019 hadir Daihatsu Rocky 2020 yang punya kembaran Toyota Raize!

Nah seperti yang KBY bahas di awal, Daihatsu Rocky terbaru ini bisa dikatakan jauh dari sosok – alih alih dimensi – Taft Rocky terdahulu. Meski masih masuk dalam keluarga SUV, namun kini Rocky menjelma menjadi SUV compact yang sesuai info masuk ke dalam A Segment. Artinya bentuknya akan kecil – seperti konsepnya terdahulu Daihatsu DN Trec yang kurang lebih hanya sebesar Suzuki Ignis.

DESAIN ROCKY 2019/2020

Bicara desain, Daihatsu Rocky terbaru ini ternyata ada perbedaan dengan Daihatsu DN Trec, iyalah si Trec kan cuma konsep hehe. Meski dari garis desain tidak terlalu radikal perubahannya. Jika Trec bagian moncongnya terkesan flamboyan, Rocky terkesan lebih tangguh dengan sudut lebih tegas. KBY melihatnya seperti ada kemiripan dengan Hyundai Tucson yes?

Yang membuatnya sama adalah over fender berlapis plastik keras berwarna hitam, sebagai salah satu ciri khas cross over atau sebuah SUV. Bahkan bagian buritan pun terlihat berbeda, lagi lagi Rocky punya desain keras dan tegas dibanding DN Trec.

INTERIOR

Meski bermain di segmen SUV compact – mini yang identik dengan kesederhanaan, namun interiornya seakan tidak menyiratkan demikian. Interior Daihatsu Rocky ternyata cukup mewah jika melihatnya di dalam foto. Tentu untuk kualitas material harus melihat dan memegang langsung sih ya.

SPESIFIKASI

Untuk spesifikasi mesin, Daihatsu Rocky 2019 akan memiliki mesin 1000cc turbo dengan transmisi CVT untuk semua varian. Belum tau apakah versi Indonesia akan menggunakan mesin yang serupa atau kalau mau spec down dan mengurangi biaya, paling gampang ya pakai mesin yang ada, mesin Sigra 1200cc dual VVT-i. Toh ini bukan mesin yang buruk juga.

FITUR, HARGA DAN VARIAN

Daihatsu Rocky 2020 terbaru sudah rilis di Jepang, menurut penuturan Indra Fathan, pengamat otomotif roda empat yang spartan, josss.. Terdapat 4 varian Rocky, dari tipe L, X, G dan Premium dalam versi 2WD dan 4WD.

Untuk harga Daihatsu Rocky terbaru saat rilis, lads bisa melihat foto di bawah ini yah. Sementara fiturnya juga tak kalah menarik, ada pre-collision warning juga loh. Fitur lengkapnya mungkin tidak akan semirip saudara kembarnya tapi yang jelas, speedometernya canggih euy asik dan enak dilihat.

ini punya Toyota Raize, tapi gakan jauh lah

KAPAN DAIHATSU ROCKY 2020 HADIR DI INDONESIA?

Jika melihat harga di atas, gak bisa dikatakan murah juga ya, tapi ingat, itu di Jepang. Naahh di Indonesia, Daihatsu dan Toyota akan membuatnya secara lokal! Bisikan KBY sih time schedule masih lama, ada di akhir tahun 2021, sekitar Nopember – Desember 2021, tapi bisa juga lebih cepat tergantung sikon.

Sebut saja benar, maka tentunya harga bisa ditekan dan jadi seharga Avanza, karena pastinya model ini harus berada di bawah Terios dari sisi harga. Sooo.. kita tungguin aja yes.. Sekarang tau deh kenapa Mitsubishi ngebut soal tayang Xpander Cross nya wkwkwkw.. Padahal gak sekelas juga, lebih ke Suzuki Ignis nih.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

18 KOMENTAR

  1. Nanti klu expander cross sdh keluar,bs dibandingkan dg terios ttg ketangguhanya melibas medan lumpur

  2. kalo Taft yg dulu reborn, boleh juga sebenernya, spt Jimny reborn, pasti bakal sukses juga, pake platform dari Toyota FJ series, bisa banget itu, body kotak2 dengan sentuhan modern, bisa mirip Mercedes G-Klasse versi Jepang

  3. mending yg dlu direborn lebih hot ….
    ini mukanya gabungan calya xpander outlander …..goda goda eh gado gado

  4. TAFT sampe hari ini masih kelihatan keren walopun jadul dan masih kelihatan berkeliaran, kl TAFT reborn boleh juga tuh.
    Rocky kl gak salah designnya mirip taft tapi agk panjangan.

  5. Pokona mah kl vs astra harus siap 5 langkah yes, eta mitsu komo szuki, bukan karena kualitas tapi nama yang dibawa, ceuk wakepoh mah kitu senah

    • Ya bisa punya nama karena terbukti kualitasnya dari jaman dulu .. meski kalau belakangan ini sih Wallahu alam hehe… tapi karena udah terbukti tangguh ya nama itu selalu diingat dan kebawa sampe sekarang.. hal itu yang kudu diikutin sama kompetitor

  6. Daihatsu Taft, Toyota Land Cruiser, Suzuki Jimny cs terkenal badak dan tahan banting, makanya image merk mobil2 tersebut sampai sekarang terkenal reliable dan gak rewel.
    BTW, Rocky / Raize gosipnya baru akan masuk Indonesia tahun 2021, mungkin mereka menunggu peraturan pajak yg baru

  7. Klo mesin bensin dan pake mesin sigrA, udah deh ga usah blg Rocky reborn..mending beli Rocky yg lama aja..mesin disel dan ber CC besar

  8. haduh, kenapa gak pake bentuknya dn-trec aja ya mang..? keren ala2 VW kan.. ini bentuk facianya rasa campur2 gitu.. based on foto keliatannya aneh, gatau kalau liat langsung sih

Yuk Tinggalin Jejak Lads..