Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Pada daftar 20 mobil terlaris bulan Juli 2019 kemarin, Toyota Rush mampu menggeser posisi Mitsubishi Xpander dari posisi kedua menjadi posisi ketiga. Xpander masih belum aman karena saat itu Honda Brio menguntit ketat dengan selisi 120 unit saja.. Bagaimana dengan daftar 20 mobil terlaris Agustus 2019? Bener juga kan, akhirnya Brio mampu menyalip Xpander dan membuat mobil terlaris Honda tersebut bertengger di posisi ketiga. Bagaimana dengan yang lain? Kuy kita cari tahu lebih lanjut!

Tidaklah heran dengan kondisi seperti itu Mitsubishi Indonesia sangat ingin segera menghadirkan Xpander Crossover alias Xpander SUV, karena bisa membantu dalam meningkatkan penjualan model ini, terlebih – mungkin – bisa lepas dari production line yang satu garis dengan Nissan New Livina. Tidak dipungkiri, berbagi line dengan MPV Nissan tersebut sepertinya memang berimbas pada kemampuan produksi Xpander.

HONDA BRIO NAIK SALIP XPANDER

Contoh nyatanya ada di penjualan bulan Agustus 2019 ini, di akhir kuartal kedua tersebut, lagi lagi Xpander tersalip. Memang ancaman tersebut sudah muncul sejak bulan Juli, karena selisih keduanya tipis, hanya 120 unit saja, dan benar, Honda Brio menurut Data Gaikindo bulan Agustus ini mampu naik ke posisi ketiga, menyalip Xpander.

Sementara itu, Avanza dan Toyota New Rush masih mantap dan kokoh di posisi kedua dan ketiga. Cara berjualan Astra yang expansif mampu mencapai berbagai pelosok menjadi salah satu penyebabnya. Nangkring di depan Alfamart/Indomart atau SPBU? Gak masalah, cukup 1-2 tenda, taro 2 unit Toyota disitu deh.. Strategi ini KBY lihat mulai diikuti oleh Mitsubishi dan juga Suzuki.

MOBILIO DAN FORTUNER HILANG!

Avanza di posisi 1 naik 169 unit, New Rush di posisi ke 2 naik  399 unit, Brio naik 282 unit. Xpander yang turun 414 unit di posisi 4. Wow di posisi 5 ternyata Carry PU geser Calya! Calya sendiri turun ke posisi 8, karena model lama sempat di stop kali ya? Andalan Suzuki lainnya, All New Ertiga juga drop 1 posisi ke 14.

Daihatsu New Terios melejit dari 18 langsung ke 10! Wuling Almaz juga naik dari 19 ke 18. Kejutan hadir dari NissaN New Livina, yang tadinya gada langsung hadir di posisi 19 dengan 941. Tapi paling top ya Mitsubishi L300, seperti Carry, L300 baru hadir bulan ini dan langsung bertengger di posisi 11! Kehadiran L300 dan Livina membuat Mobilio dan Fortuner tergusur dari 20 besar lads.

FUNGSI DATA GAIKINDO

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) merupakan organisasi nirlaba yang menyediakan data penjualan yang menjadi dasar dalam menentukan mobil terlaris di Indonesia. Data dari GAIKINDO tidak hanya bisa untuk menentukan mobil terlaris di Indonesia saja, tetapi juga bisa untuk mengetahui mobil terlaris per merek, merek mobil terlaris, mobil terlaris untuk pasar ekspor, dan produksi dari mobil terlaris.

Berdasarkan data mobil terlaris tersebut, pabrikan bisa menentukan sikap soal strategi dalam penjualan mobil terlarisnya. Baik untuk mempertahankan penjualan mobil terlaris atau meningkatkannya. Tentu setiap pabrikan memiliki data tersendiri tentang mobil terlarisnya, tetapi tentu saja mereka masih membutuhkan data mobil terlaris para kompetitor. Untuk itu data mobil terlaris ini sangat berguna untuk meningkatkan iklim persaingan sehat pasar otomotif Indonesia. (OTOSIA.COM)

Sayang, DATA AISI (sepeda motor) malah distop, padahal baca tuh, berguna untuk meningkatkan iklim persaingan sehat pasar otomotif Indonesia loh..

DAFTAR 20 MOBIL TERLARIS AGUSTUS 2019

Baiklah, biar gak penasaran dan bertanya tanya, duh mobil idola gw ada gak ya, duh merek sesembahan gw posisi berapa ya.. wkwkwk. Mending diliat dulu deh daftarnya, oceeehh.. Cekibrot semoga bermanfaat. Berikut ini 20 mobil terlaris di Indonesia pada bulan Agustus 2019 berdasarkan Data GAIKINDO.

1. Toyota Avanza – 8.017 unit11. Mitsubishi Colt L300 – 2.717 unit
2. Toyota Rush – 6.353 unit12. Honda HR-V – 2.371 unit
3. Honda Brio – 5.937 unit13. Toyota Agya – 2.012 unit
4. Mitsubishi Xpander – 5.361 unit14. Suzuki Ertiga – 1.923 unit
5. Suzuki Carry PU – 4.578 unit15. Daihatsu Ayla – 1.850 unit
6. Daihatsu Sigra – 4.371 unit16. Mitsubishi Pajero Sport – 1.346 unit
7. Toyota Kijang Innova – 4.265 unit17. Honda CR-V – 1.240 unit
8. Toyota Calya – 3.436 unit18. Wuling Almaz – 1.022 unit
9. Daihatsu Gran Max PU – 3.384 unit19. Nissan Livina – 941 unit
10. Daihats Terios – 3.335 unit20. Toyota Yaris – 938 unit

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

25 KOMENTAR

  1. Tujuan data aisi/gaikindo buat apa kalo masing masing principal pegang data jumlahnya.kalo emang penting sekalian aja smartphone,kulkas,tv,mesin cuci dll harus di tunjukin data penjualannya setiap bulan

  2. Carry sama l300 lagi banyak didistribusi sih emang…tapi kalo mobil emang gak bisa produksi sembarangan…gak mungkin numpuk di gundang banyak2…butuh lahan besar sekali ..beda ama motor,,dgrojok banyak asal gudang masih muat

  3. Brio emang mobil kutu LCGC yg paling fun dikendarai makanya harga secondnya pun paling tinggi dikelasnya. Tapi gak tau deh kalo yg all new Brio sekarang dibanding agya / ayla 1.2 nya

  4. Bentar bentar. Kembaran avanza kok gak ada ya… Agak aneh kalo avanza nomer 1, tapi Xenia gak ada di 20 besar. Apa mungkin data Avanza+Xenia digabung jadi satu?

  5. coba Rush / Terios ada versi 4WD, mungkin bisa lebih laku lagi, mengingat jarang ada mobil 4WD di harga 200~300 jutaan.

    BTW Xenia mungkin gak laku karena harganya makib mepet Avanza, jadi banyak konsumen yg akhirnya sekalian beli Avanza saja, fiturnya lebih lengkap.

  6. Xenia menghilang. ternyata kembar pun bisa beda nasibnya sedemikian parah. Secara kualitas padahal sebetulnya beti

  7. mobil kaleng ya laris dan itu yang di sebut brand image. klo mocin ya brand image nya lemot, cacad, gampang rusak, sparepart langka. tau deh klo mobcin.

    tp untuk Bus dan Truk sih dibanding ama Hino ya jelas menang Hino kemana2.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..