Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr… Meski bukan customer loyal ojek online (ojol), tapi penggunaan jasa ojol bisa dikatakan sering juga KBY lakukan, dari naik sendiri, pesan buat istri, anak, ortu sampe kirim barang.. Sejak ojol hadir beberapa tahun lalu tercatat baru dua kali KBY mendapatkan skutik Maxi sebagai unit yang dibawa drivernya.. sisanya ya motor di luar itu dah wkwwk. Nah KBY mau sharing pengalaman naik ojol yang motornya NMax dan PCX, mana sih menurut KBY yang lebih nyaman untuk penumpang??

Ojol Yamaha NMax pertama kali KBY dapatkan sekitar satu bulan ke belakang, waktu itu mau ke Bali undangan turing Honda ADV 150, sejak itu ga pernah dapat lagi wkwkw.. nah baru dua hari lalu KBY dapat ojol yang pakai PCX lokal! Cocok banget nih keknya buat dibandingin mana yang lebih nyaman buat penumpang, tentu pengalaman ini sesuai porsinya, yaitu sebagai penumpang, ya kali gw yang bawa wkkwkwkwk..

NAIK OJOL YAMAHA NMAX

Saat dapat ojol NMax, tujuannya ke terminal bus rawamangun, iyalah masa ke Bali wkwkwk. Jadi ceritanya mau naik Damri ke Bandara. Jarak dari rumah di Duren Sawit ke Terminal Rawamangun berdasarkan peta di aplikasi ojol adalah 4.9 kilometer, kita bulatkan saja menjadi 5 kilometer yes.

Saat pertama kali dapat, wuihh seneng dong, perdana nih dibonceng Yamaha NMax, maklum dari waktu punya dulu ngebonceng terus, belum pernah dibonceng kekekeke.. Sekaligus ingin membuktikan kenyamanan plus keluhan yang cukup sering KBY baca kalau habis dibonceng Nmax itu pangkal paha sakit, jalan pun jadi ngegang wkwkw..

KBY percaya? Tentu tidak lah, cuma ngakak aja baca komen komennya. Sooo, paling bener itu kan testing is believing yes? Buktiin dulu sendiri baru percaya. Jadi ini lah saatnya pembuktian! Hoax apa memang benar dibonceng NMax itu pegel?

NAIK OJOL HONDA PCX 150

Naahh kalau Ojol Honda PCX baru dua hari lalu, karena mau tugas keluar kantor, KBY males bawa motor jadi pesen ojek online deh. Ternyata di luar dugaan dapatnya Honda PCX 150 lokal! Wiihh sedappp.. Pas buat cari tau dan membandingkan kenyamanan sebagai penumpang antara PCX dengan NMax.

Tak seperti saat dapat NMax, saat dibonceng PCX tujuannya ke kantor, lebih jauh, sekitar 12km, artinya ada perbedaan sejauh 7 kilometer saat dibonceng NMax dengan dibonceng PCX. Jadi bagaimana hasilnya? Lebih nyaman dan enak mana dibonceng Nmax atau PCX? Lanjut ke bawah yes..

KESIMPULAN

Dibonceng Honda PCX

KBY bahas mana dulu nih? Ojol Honda PCX dulu aja kali ya? Okeyyy.. Karena sudah test dan review beberapa kali si Honda PCX ini, jadi KBY sudah tau karakternya. Jok PCX itu tipis, agak lembut dibanding Vario, tapi gak selembut atau seempuk NMax. Hanya karena bentuknya yang ergonomis lah membuat bokong tidak mudah capek dan pegal.

Bagaimana kalau dibonceng? Sempat terjadi kekhawatiran, duh joknya kan tipis dan agak keras, dibonceng rasanya gimana ya.. Begitu duduk.. loh kok empuk? Standar loh ini joknya. Dimensi jok penumpang juga ternyata pas dengan bokong KBY, malah bisa dibilang masih ada sisa sedikit.

Kaki naik ke foot step, wah nyaman juga, posisinya gak terlalu ke depan, bentuk dan penopangnya juga lumayan besar, meski belum sebesar milik PCX CBU. Ini membuat posisi kaki terasa pas ditambah telapak juga tersangga lebih baik, membuat kaki tidak sering berubah untuk mendapatkan posisi yang nyaman. Untuk menjepit driver di depan juga pas.

Ayunan suspensinya juga enak euy, lebih pas ternyata jika dipakai berdua. Kesimpulannya, dibonceng PCX ternyata enak, jarak 12km tidak ada sisa pangkal paha pegal atau punggung sakit karena kudu nahan bodi.

Dibonceng Yamaha NMax

Ini dia, akhirnya tiba ke kesimpulan dibonceng ojol Yamaha NMax. Begitu naik, wah joknya empuk, meski terasa tidak terlalu besar tapi bokong disangga dengan baik, posisinya yang agak tinggi dari PCX juga enak, yang kek gini gak bikin punggung cepat pegal karena kudu nahan akselerasi misalnya.

Begitu kaki nempel footstep, mulai deh terasa. Posisi footstep agak terlalu jauh, ini akan menjadi masalah bagi penumpang yang tingginya 167cm ke bawah, kecuali punya kaki lebih panjang dari badannya. Kaki harus meraih ke depan agar tersangga footstep.

Begitu mulai jalan, telapak kaki mulai gak bisa diam, seringkali berubah untuk mendapatkan posisi yang enak, ini karena footstep NMax ala motor sport yang kecil dan tipis, telapak kaki hanya tersangga sedikit. Akibatnya, kaki dipaksa ngangkang karena posisi footstep tepat di bagian bodi terlebar, ditambah kalau harus menjepit driver, terasa banget itu pangkal paha bekerja keras wkwkwk..

Untunglah ayunan suspensi Nmax sudah yang model tabung, terasa pas dan nyaman. Sama seperti PCX, tidak ada getaran berlebih yang terasa hingga ke penumpang. Dari sisi ini gada masalah sama sekali. Nah begitu sampai tujuan, ternyata apa yang dikatakan orang orang kalau pangkal paha pegel dan jalan ngangkang gak bisa dipungkiri terbukti benar.. Ya gimana ya, itu yang KBY rasain sendiri sih.. wkwkwk.. Untung jaraknya cuma 5km.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

103 KOMENTAR

  1. ga bisa gtu mang….itu namanya merendahkan martabat beye….itu motor junjungannya beye…..
    the most perfect motorcycle ever built…..

    #motor saya vario lho

  2. Bhahahaha … bakalan kobong nih artikel Mang, bentaran lagi si 3X juga bakalan nongols

    siapin kupi buat nemenin nonton bola

  3. Kang mau tanya, knpa ya pengendara variyem(125/150) banyak yg lampu jauh’y di nyalain pas berkendara.
    Bikin silau.

    • Ah koplak aja itu mah… Ada kemungkinan bekas make malem lampu kurang terang (emang kurang sih) nyalain lampu jauh besoknya gak dimatiin..

  4. Berarti masalahnya ada dipostur tubuh yak mang??

    Kalo orang jangkung macem lek ari apalagi IWB kalo diboncenng naik PCX kaya orang lagi nongkrong di WC toto dong? *Jangan dibayangin

    Wkwkwk

  5. Ngapain naik ojol sampai berkilo-kilimeter, mending naik angkot, kopaja kek, transjak, atau taksi. Tulisan ini kelihatan hanya mendiskreditkan salah satu merek aja, kasih tau aja jgn beli yg merek A atau yg B itu aja kok susah…

  6. sm ky bonceng lexi…jarak pijakan terlalu jauh khusus buat yg kurang panjang kakinya..ini keluhan yg pernah bonceng ane..ane pengguna lexoy..

  7. Paling bete kalo naik ojol, padahal motor masih baru, baru setahunan/ beberapa bulan tapi motornya udah buluk jarang dicuci, trus sektor mesin udah bunyi2 an aneh kratak kretek, entah karena jarang ganti oli/ roller peyang/ yang lain. Ini yang punya nyadar gak sih?
    Nyari duit sih nyari duit, tapi gak segitunya sampe gak peka & males sama kondisi motornya lah.
    Penumpang juga jadi gak nyaman naiknya.

  8. Mikir………??? Lu punya otak ga Sih jelas si pengemudi Ojol PCX ny Krempeng ya Jok ny ada lebih tempat duduk
    Yg Nmax Gendut dpan ad koper
    Udah pasti sempit lah klw PCX Sm N Max Adu BANTENG Pakem an Mna???? Rem ny Ya yg pasti Yamaha lah Lu jln ke Daerah Mana??? Pun yg terlihat di jalanan
    Lebih Banyak N Max

    • Wuihhh gitu dong ngegassssss.. wkwkwkw

      Btw gw baru tau kalau PCX sama NMax itu joknya rata, jadi drivernya bisa duduk sampe belakang atau penumpangnya bisa duduk sampe depan 🤣🤣🤣

  9. Jujur saya ga baca artikelnya, langsung skip ke kolom komentar karena dari judulnya udah keliatan pasti pcx yg bakal dimenangin 🤣🤣🤣

  10. Intinya yamaha menang jok, honda menang shock.. Selebihnya hoax, yg enak y Suzuki cuma rupanya medeni..

  11. Dilihat dari bentuk saja udah ketahuan mana yg ntar pegel di paha dalem (kalau dibonceng jarak 50km keatas).
    Jika faktor lain sama, yg lebih besar ya mesti lebih pegel di paha bagian dalem, iya kan mang 😁.

    Pengalaman dari bawa motor 250cc vs 150cc (itu dalam keadaan bawa/nyetir motor, yg konsen pasti di nyetirnya dan cepetan terasa pegel yg gede)…
    Apalagi yg dibonceng, gk ngapain” yg pasti akan lebih cepet pegel dibagian paha dalem. Ntar 30mnt kemudian paha digerak”kin ke atas dikit, agak geser” dikit biar ngurangi rasa kebas dipaha bagian dalem. 😅
    Gk bisa bayangin kalau yg dibonceng cewek apalagi yg mungil… 🙈

  12. kakinya mentok body nmax ga? sakit itu kalau pas kena poldur/lubang.
    hal yang sama sejak jaman mio

  13. saya biasa bonceng nmax jarak juga sama 5 km perasaan biasa aja mang, nggak ada rasa pegal yg berlebihan, apalagi pegelnya sampai 2-3 jam gitu, ya sama lah seperti dibonceng motor matic 150 cc lainnya yg rata2 berbody lebar, tinggi saya 170 cm
    memang benar jarak pijakan nmax lebih maju kedepan, namun dampak yg saya rasakan bukan di pegel ngangkangnya, namun lebih kepada kaki jadi kurang sigap/kuat untuk menopang dan menahan badan saat melewati jalan keriting/gundukan, walhasil badan jadinya “pasrah” naik turun kebanting-banting ke jok
    beda dengan pijakan pcx yg menurut saya lebih “normal” posisinya seperti motor bebek/sport naked

    • Nah tinggi ay 165 mang, sisa pegel 2-3 jam menurut ay normal, kalau sampe seharian baru lebay, emangnya habis olahraga hehe..

      Sebenarnya pegel bisa diminimalkan kalau mau pegangan/meluk driver, jadi kaki gak jepit ke driver buat nahan hentakan.. cuma masalahnya mau gak kalau sama orang Laen hehe..

  14. Orang ngejar damri ke terminal pulogadung pagi2 buta gitu..
    Lu aja yg naik metro subuh2, biar di mbat dompet lu ama todongan pisau..😏
    Parah..ga baca dgn cermat langsung komen

    • Itu dia kamsudnya wkwkw.. emang milih ojol itu buat santai? Wkwkw.. kalau mau santai sih bener pake non ojol motor.. dan itu namanya jalan jalan ya gak kekeke

  15. wah beruntung mang bisa dapet nmax dan pcx pas pesen ojol, saya kalau pesen ojol selalu dapet mio atau beat yang dua2nya udah kekecilan terus gak enak juga baik buat dikendarai sendiri apalagi dibonceng…mungkin di app ojol harusnya ada pilihan profil pengguna seperti berat dan tinggi badan jadi ojolnya menyesuaikan gitu supaya dapet motor yang pas…

  16. Adv gua malah enak lagi..kalau jalan mulus, yang bonceng ampe ngantux 😂 wuzzzzzzzzz…

  17. @Dimas
    Nope rem msh enak pcx feel n performanya sorry to say emang fakta nya bgtu, nmax enak tarikan menengah atas aja d banding pcx, mesin jauh halus pcx, kalo boncengan gak tw ya, tpi jok nmax emang empuk cma kurang ergonomis d banding pcx, jok pcx kontur nya bikin bokong pas duduknya, cma jarna keras ya hslnya 11-12 lah ama nmax, cba nmax bentuk joknya kyk pcx uenak itu

  18. @berrubah
    Oh gtu yak mungkin jga, kmren waktu pke nmax nganterin pulang temen cwe emang mungil bgt sih orangnya 160cm, bsknya udh gak mw d bonceng lgi, mending naik beatnya dia katanya, punggung ama kaki sakit, itu nmax non facelift, ya emang shocknya gak punya perasaan sih keras beud dah

  19. Siap siap mang, status bakal dibuat khusus untuk mamang 10 menit sekali.:D

    Nyeduh kopi ndesek ah

  20. Rata2 tukang ojolnya tau mana yg nyaman buat penumpang. Tidak terbatas pada 2 tipe itu. Bahkan penumpang yg SERING naik ojolpun tau mana yg nyaman. Semua sudah tau, sama2 tau. Btw paling parah waktu dibonceng aerox non shock tabung. Getaran dan guncangannya sampai ke otak. Klo aeroxnya mah kereeenn… sepanjang shocknya pakai tabung 😎

  21. seumur umur naik ojol gak pernah dapet matic bongsor,
    dapatnya selalu mbit dan mio,
    cuma pernah sekali dapet Vario, sekali dapet Aerox, sekali dapet Supra.
    nasib

  22. belum pernah dapat ojek Online yang PCX, kl yang Nmax pernah….,
    postur ane 11-12 lah sama mang kobay….., pas turun berasa banget pangkal paha sakit…., itu untuk jarak 17km lho, dr jatiasih ke cakung.

  23. sy sependapat dgn penjelasannya, walaupun sy gak prnh sm sekali mengendarai/di bonceng dgn motor honda PCX, tp sy pny motor nmax sejak bln juli 2016 s/d skrg, istri sy prnh mengeluh, beberapa kali mengeluh, apabila dia di bonceng sy (naik nmax) terutama di bag. footstep, kurang nyaman & utk sy pribadi/pengemudi, jg tidak nyaman, dgn footstep nmax, cz pd saat jalur macet, kaki sy yg turun ke jln (utk menahan keseimbangan) selalu, bersentuhan dgn kaki yg dibonceng, cz stand footstep nmax blkg terlalu maju, & itu sangat menganggu pengemudi, pdhl istri sy selalu berinisiatif utk memundurkan kaki bag. depannya dari footstep, agar tidak menggangu kaki sy/pengemudi, saat akan melakukan penurunan kaki.

  24. Sama gue juga langsung ke koment krn udh tau pasti PCX yang jadi juaranya, biasanya jg gitu. hemmmmmm

  25. Hahahahaha firmansyah kok tau, udh kaya paranormal aja, tapi bener juga si pasti PCX yang di menangin,kalo di liat-liat drivernya ko beda ya PCX kurus, NMAX gemukan, spacenya pasti lebaran PCX drivernya kurus.

  26. Aku sering dapat dua-duanya mang perasaan aku nyaman2 aja mang, gak ada yang aneh-aneh.

  27. wih rame2. enak lah dpt ojol pcx / nmax. gw pernah dapet ojol astrea grand buluk shock nya mati jalurnya jalan kriting dan jauh pula. si otong amsyong abis dah mang

  28. Setiap orng pasti punya pendapat dan itu beda-beda tidak bisa kita pungkiri. disini gue juga punya pendapat gue pernah nyoba di bonceng kedua motor di atas dengan orang yang sama, krn kebetulan motor tmn” gue sendiri semuanya baik-baik aja dan 22nya jg nyaman.

  29. Gue suka koment ini, udh bisa menyimpulkan sebelum membaca, itu sebabnya gue lebih suka web sebelah yang NETRAL dalam mereview barang kalo hitam ya hitam, kalo putih ya putih.

  30. engga bs komenk, blm pernah mesen ojol sih. sering pesen grab mobil. itu jg klo lg genting aja, 😅. paling antar jemput pake motor pribadi, klo engga BeAT, XeonGT, ato RC200. sesekali bw OJMX or Mio Smile py kaka.

  31. Kalo saya pribadi lebih suka NMAX nyaman, posisi duduknya jg enak kalo di bonceng, kakipun gak pegel krn nahan beban, beda sama PCX yang bikin pegel kaki krn nahan beban, setiap orang pasti punya pengalaman berbeda bukan begitu mang?

    • Ini siapa sih Nick name Gonta ganti biar seakan akan banyak yg komen 🤣🤣

      Ya kalau merasakan kek gitu bebas aja mang, kan situ yg merasakan bukan? 🤣🤣🤣

  32. Kok di lihat-lihat dari komenannya udh banyak yang menyimpulkan ya mang kalo PCX juaranya, atau mungkin perasaan aye aja kali hehehe

  33. Aku sebagai ojol yang pake nmax alhmdlh malah bnyk yang komen positif enak dan nyaman, apa mungkin krn akunya atau motornya, yang jelas duduknya enak nyaman, cuma itu si yang terdengar dari penumpangku.

  34. Wahhh rame nih ikut komen boleh ya mang? kalo menurut aku tergantung yang bawa motornya kali mang, motor sebagus apapun kalo yang bawanya jelek mah tetep gak enak betul gak mang? hehehee

  35. vario lah mang pantat serasa kebakar 😁😁😁
    #pemakaivariobuatngegrabbike

  36. Lu olang masih mending 5KM doang…
    Oe yg kakinya imut nan Unyu ini di bonceng Nmax pas order Uber Motor, dari Cirendeu ke Kebon Sirih ±22KM…
    Perjalanan ±10KM Baru sampe Pondok Indah, Kaki & Tunggir udah gelisah…
    Pas turun Oe punya selangkangan, susah rapat, maunya LDRan terus…😭😭😭

  37. wakakakak, dah pada nyampe ya tuyyul2 digitalnya, kurang banyak ah ternak tuyyul nya.

    iseng nyobain naik punya adek ipar semalem (statis ga jalan), FYI tinggi saya cuma 160cm, proporsi badan X kaki bisa dibilang kaki lumayan panjang koz upper torso saya kecil banget (kemeja ukuran 14).
    problem nya posisi duduk di Nmax menurut saya sih gara2 body yang agak kembung dan footstep yang masuk kedalam dan agak jauh kedepan.
    efeknya buat saya, naik Nmax di posisi belakang, paha harus terbuka lumayan lebar, tapi dengkul ga bisa ditekuk karena jarak footstep lumayan jauh, padahal footstepnya masuk kedalam.
    walhasil dengan posisi begini telapak kaki saya yang nempel ke footstep cuma tumitnya aja.
    kalo mau pasrah dan peluk ridernya sih posisi ini ga masalah, kalo ngerem ya mentok helm, kalo ngegas ya kehempas ke belakang.
    kebiasaan saya kalo dibonceng sih, posisi telapak kaki ditengah footstep, jadinya kalo rider ngegas telapak kaki bisa bantu supaya badan ga kehempas, dan kalo lagi ngerem telapak kaki bisa tahan badan biar ga mentok sama rider.

    nah posisi sigap yang begitu yang ga bisa didapetin kalo naik Nmax buat badan sekecil saya. kalo maksain ya paha harus ngangkang tapi telapak kaki maksain bisa dapet kendali footstep padahal dengkul susah ditekuk. hasilnya sih kalo jarak jauh kaya senam buat ngencengin otot paha dalem.

  38. Maklum aja .. kan di pantau sama junjungan nya .. salah dikit ga di transfer nanti .wkwkwkwkkkww

  39. Gpp mang. Perlu review yg jujur juga. Tapi lebih bagus disertakan tinggi dan berat badan. Biar yg baca bisa kebayang dan klo perlu mungkin bisa dikasih solusi biar makin nyaman.
    Artikel begini enak mang review langsung pemakaian jadi netral.
    Good job mang kobay 🤩

  40. Soal ergonomi, honda memang paling pas.

    Tim R&D Honda sip dalam meriset postur tubuh orang asia tenggara.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..