Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Pada artikel sebelumnya, KBY sudah membahas Alasan Memilih All New Ertiga Suzuki Sport, di luar dugaan responnya masif juga, jadi KBY mau say thanks buat lads yang sudah menyempatkan mampir baik yang komen ataupun cuma baca dan nonton youtube-nya. Nah di artikel kali ini, KBY akan membahas kekurangan All New Ertiga Suzuki Sport, dimana kalau kita sudah memilih produk, berarti kekurangannya sudah bisa diterima dong. Lagipula, pembahasan ini sebagai masukan untuk Suzuki Indomobil Sales agar bisa lebih baik ke depannya. 

Pada artikel sebelumnya, KBY menyebutkan bahwa All New Ertiga Suzuki Sport bukanlah mobil bergenre Low MPV 1500cc paling sempurna, masih ada kekurangan sana sini yang andai dilengkapi pasti bisa menjadi best of the best hehe. Jadi apa saja kekurangan All New Ertiga Suzuki Sport yang KBY kasih nama si Aness ini?

DESAIN

Ngomongin ideal, KBY lebih suka kalau lampu DRL (Day-time Running Light) All New Ertiga Suzuki Sport tidak terpisah, tapi menyatu di dalam rumah lampu utama. Contoh di produk Suzuki sendiri misalnya Baleno, SX-4 S-Cross dan bahkan Ignis. Gak jelek sih, tapi kalau menyatu dengan headlamp lebih terlihat harmonis aja gitu.

Untuk sektor belakang somehow KBY melihat bentuk lampu rem nya agak terlalu besar, jadi kalau dilihat terus menerus bodi belakangnya kaya kedodoran, soalnya dimensi Ertiga Suzuki Sport ini kan gak sebesar Pajero atau Fortuner, bahkan dengan Innova pun kalah. Untung bentuknya enak diliat hehe, sudah DRL dan LED pula.

Spoiler atap di belakang juga agak aneh desainnya, gak tau kenapa harus banyak lekukan, jadi kaya atap spandex kekeke.. Semoga nanti ada pilihan spoiler yang lebih sederhana tapi enak dilihat.

KAKI KAKI

KBY juga berharap nantinya Suzuki bisa memberikan kaki kaki berukuran 16″ dengan ban paling tidak dengan lebar 195. Biar stance nya bisa terlihat lebih mantap lagi gitu. Kalau dulu anak anak masih kecil sih pasti udah upgrade ke velg aftermarket Jepang atau Italia, sekarang heman heman dah duitnya kwkwkwk..

FITUR

Nah sebenernya kalau ngomongin fitur, ada beberapa fitur yang membuat KBY kurang sreg, bagusnya sih bisa terlupakan karena adanya fitur lain di All New Ertiga Suzuki Sport yang mampu membayar kekurangannya itu dengan sangat layak. Kekurangan pada fitur antara lain:

  • Lampu sudah projector tapi belum LED, padahal saudaranya si Baleno projector HID, si S-Cross Projector LED, bahkan adiknya si Ignis sudah Projector LED juga loh. Sayang banget kan. Jadi KBY sudah mengganti bohlamnya dengan model LED, tar dibahas terpisah plus videonya yes hehe.
  • Setir belum teleskopik, kalau udah wah perfect
  • Seat Belt height adjuster malah hilang, di Ertiga lawas ada. Bagusnya posisinya pas, tanpa adanya pelindung leher pun, tali seat belt tidak menempel ke leher.
  • Arm rest belakang juga hilang, padahal salah satu ciri khas kemewahan. Arm rest depan harusnya juga ada menyatu dengan console box.
  • Spion dalam tanpa pengaturan anti silau
  • Minim kompartemen di depan, kadang sulit menyimpan barang kecil, terbatas
  • Tidak ada speed sensor/auto door-lock, bisa diakalin sih
  • Socket charger tidak sampai baris belakang
  • Jok baris kedua tidak dapat terlipat ke depan – sebenarnya bagi KBY pribadi ga masalah, karena emang bakal jarang banget ngangkut barang banyak. Tapi belum tentu buat yang lain
  • Tanpa fitur follow me/ welcome light
  • Tidak ada spion autolipet saat mobil dikunci, ini juga bisa diakalin sih

PERFORMA

Di kelasnya, All New Ertiga itu masuk di tengah tengah dari sisi tenaga, mesin K15B 1500cc DOHC VVT nya masih kalah sama mesin SOHC i-VTEC L15Z Mobilio yang menjadi yang terkuat di kelas Low MPV 1500cc. Outputnya hanya 104,7PS dengan torsi 138Nm. Meski KBY sejauh ini gak merasa si Aness keteteran tapi andai disetel lebih powerful setidaknya 110PS dengan 145Nm pasti makin ngacirrr.. hehe.

Bukan big problem soalnya KBY masih merasa lebih dari cukup performanya, iritnya juga mantap. Soal tenaga, bisa diakalin pake Dastek Unichip bekas si Kuro Jazz dulu hihihi.. Lumayan lah bisa naek 2-3PS kalau dari standar banget.

TRANSMISI AT

Karena pernah punya mobil transmisi AT dengan tipe CVT, sejauh ini KBY merasa CVT adalah yang terbaik, sangat halus penyaluran tenaganya. Apalagi kalau ditambah adanya virtual gear (pseudo tiptronic), makin mantap lagi. Sejauh ini di kelasnya hanya Mobilio yang sudah CVT tapi tanpa tiptronic mode. Semoga Suzuki memberikan transmisi AT jenis CVT ke depannya untuk All New Ertiga maupun Suzuki XL6.

Nah itulah review kekurangan dari All New Ertiga Suzuki Sport AT yang KBY miliki, sejauh ini sifatnya hanya minor, tidak ada ya gak masalah, tapi kalau ada bisa lebih baik lagi.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

    • Email me: kobayogasblog@gmail.com
    • Facebook : @kobayogas
    • Twitter : @kobayogasblog
    • Instagram: Kobayogasblog
    • YouTube channel: Yogas Kobayogas
    • Path: Yogas Kobayogas.com

32 KOMENTAR

  1. coba kalau transmisinya pakai punya S-Cross (Torque Converter / Geared AT 6 Speed), pasti lebih asyik daripada CVT

  2. Yg komplain konsumen kbnyakan:
    1. Seat high adjuster
    2. Arm rest
    3. Lcd audio bagus nya pake Dreza punya.

    Itu aja yg dikembalikan ke ertiga new

  3. Yg kurang enak diliat itu area di Logo “S” nya di belakang mang, itu terlalu nonjol ke belakang dan kelebaran, rada wagu gmn gtu, he, mnurut saya lho mang,
    Sama spoiler blkg nya itu jg bner kata mang kobay, ga pas bentuknya, spoiler yg cakep itu ya punya si Drezza mnurut saya lg lho, cm udah susah dpt nya tuh spoiler, ud cari2 blm dpt2, selebihnya utk tampilan ud oke kok mang,
    ALE yg paling ga ngebosenin dliat dari kompetitor nya, “Tp diliat dari depan yah” heee,

  4. Nah ini, bner kan, si jendolan itu emg yg bkin ganggu dan bkin wagu, coba dbuat flat aja biasa, cakep dah, soalnya bnykan diliat dijln kan dr blkg,

  5. Bikin artikel owning experience ya mang nanti,, sapa tau 2-3 tahun ke depan bisa beli,, hehe

  6. review secara menyeluruh mang mulai dari pemakaian sehari-hari sampai ke biaya perawatan dan trouble yg muncul dipakai jangka panjang.

  7. Alhamdullah pitur follow me home, port usb sampe baris ke tiga, layar gede + camera mundur, tpms, cakram depan belakang, auto door lock speed 10km, peringatan pintu belum tertutup rapat dengan alarm, cukup confero s captain seat aja di rumah yg ada skr

  8. Suzuki ANES tampilan depan udh enak diliat.. tapi bagian belakang jadi merusak nilai tampilan buat enak diliatnya terutama bagian antara bodi belakang dan kaca belakang, jadi ilfil ngeliatnya..

  9. Kang klo all new livina plg tinggi diskon nya gede nggak? Mau tanya sales tp males disuruh ninggal telp kwkwkwk

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.