Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Akhirnya, setelah sempat pending – artikel terakhir sekaligus penutup dari riding bersama Honda ADV 150 sang skutik advance urban explorer ini kelar juga. Pada artikel turing keliling Bali bersama ADV 150 kali ini KBY akan memberikan kesimpulan serta menjelaskan apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan Honda ADV 150 setelah digeber sejauh hampir 200km, termasuk top speed nya. Tentu ini adalah versi dari Kobayogas.com, setiap orang punya pandangan dan kesimpulan berbeda. Kuy geber heula..

Ada baiknya bagi lads yang belum membaca artikel part 1 dan part 2 riding bersama Honda ADV 150, silakan klik link berikut ini: Review Honda ADV Part 1 & Review Honda ADV 150 Part 2. Jadi bakal nyambung dengan artikel penutup ini, oceh?

ETAPE TERAKHIR – KINTAMANI KE DENPASAR

Setelah mencapai puncak Kintamani dan istirahat, shalat serta makan siang, perjalanan dilanjutkan sekitar pukul 2 siang. Etape ke 3 yaitu Kintamani menuju Denpasar akan berhenti sebentar di daerah Bypass, sekitar 30 kilometer lagi menuju garis finish yaitu Mall Galeria Bali.

Saat stop di Kintamani, kilometer pada Trip A ADV 150 sudah menunjukkan angka 113,8km sementara angka pada AVG BBM nya di angka 51,7. Sesuai info, jalur Kintamani menuju Denpasar di dominasi oleh jalanan lurus 60%, namanya dari puncak pasti jadi turunan kan, meski ada tanjakan tapi porsinya lebih sedikit. Berkat turunan, konsumsi BBM yang tadinya sempat turun dari Jatiluwuh ke Kintamani kembali meningkat.

PIT STOP BYPASS

Di Bypass, kami istirahat cuma sebentar, paling 15 menit, hanya untuk minum atau pipis bagi yang kebelet, maklum dari Kintamani itu udaranya dingin sampe nembus sarung tangan wkwkwk..

Di sini KBY mencoba eksperimen baru, yaitu Trip B direset, otomatis AVG juga ikut tereset, tujuannya adalah mengetahui konsumsi BBM pada trip B menuju Denpasar melewati jalan Bypass. Naahh di jalur ini diinfokan kita bisa menggeber pol (jika kosong dan memungkinkan) si Honda ADV 150 tersebut. Jadi, gimana kondisi konsumsi BBM ADV 150 usai digaspol? Ancur kah? Atau masih tetap irit?

AVG sempat menunjukkan angka 1:57!

TOP SPEED HONDA ADV 150

Top speed Honda ADV 150 disini belum dapat dikatakan maksimal, maksudnya gini, kalau maksimal si speedometer mentok udah gak mau nambah lagi, naik turun naik turun. Sementara yang KBY alami, kecepatan maksimum ADV 150 sebenarnya masih bisa nambah lagi tapi paling juga naik 2km/jam, sayang sudah kudu ngerem lagi.

Karena rombongan dan KBY itu nomor 5 setelah IWB, TMC, Aripispot dan Ipan P7, serta di depan masih ada 3 RC, maka dalam usaha mengail top speed kudu ada trik tersendiri. Hal ini pernah KBY lakukan saat ngetes Moge CBR650F dan CBR250RR di rute yang sama beberapa tahun lalu.

Jadi saat jalan kosong, Honda ADV 150 KBY bawa perlahan, 70-80 km/jam hingga barisan paling belakang maju semua, RC sudah gak keliatan dan hanya menyisakan Sweeper. Barulah si ADV 150 KBY geber pol.. itupun karakternya gak bisa maen gas pol, tambah sedikit demi sedikit. Usaha mengail Top Speed ADV 150 dilakukan 3 kali, dan top speednya di dapat pada percobaan kedua dengan angka 118km/jam. Pelan yes? Videonya di bawah ya.

KONSUMSI BBM AKHIR

Mulai masuk area kota, sudah mulai macet lads, disini kelincahan selap selip Honda ADV 150 diuji, termasuk kesempatan untuk merasakan adanya gredek atau tidak saat posisi stop dan go. Hasilnya? Tidak ada ya.. Kilometer total (bukan tripmeter) ADV 150 ini sekitar 400-an kilometer.

Konsumsi BBM akhir Honda ADV adalah sbb: Total Trip A 189.2km, AVG Trip A 55.5km/liter, jarak bypass ke Denpasar = 29.2km, AVG Trip B = 48.9km/liter! Mantap padahal udah digeber di bypass tadi.

AVG Trip A akhir etape
AVG Trip B

KESIMPULAN – KEKURANGAN DAN KELEBIHAN HONDA ADV 150

Oke, sekarang kita menuju kepada kesimpulan. Jadi menurut KBY, bagaimana si ADV 150 ini? Selain harga yang memang menurut KBY agak tinggi, seharusnya bisa 34 juta lah buat ABS, sisanya ada di bawah ini:

KEKURANGAN HONDA ADV 150
  • Built quality
  • Bidang bodi yang terkena cat kurang banyak
  • Tenaga kurang istimewa
  • ABS hanya 1 channel
  • Warna speedometer kurang tajam
  • Shock belakang kurang lembut untuk sendirian
  • Bungkus jok bergeser
KELEBIHAN HONDA ADV 150
  • BBM irit luar biasa
  • Handling predictable dan luwes
  • Ergonomi
  • Traksi ban
  • Fitur lengkap
  • Bagasi luas
  • Desain macho/ manly
  • Jok empuk (untuk sebuah skutik Honda)
  • Mesin sangat halus
  • Stabil
  • Bodinya besar tapi ringan
  • Lampu All LED

Kesimpulan yang KBY berikan tentu sifatnya subyektif, dari sisi KBY saja, orang lain atau tester lain bisa berbeda hasilnya. Semoga review Honda ADV 150 terakhir yang membahas top speed, kelebihan dan kekurangan Honda ADV 150 ini dapat bermanfaat yes.

Jangan lupa, pantau IG KBY karena ada Giveaway berupa Helm KYT Enduro ukuran M, helm apparel dari ADV 150. Kalau mau itu juga wkwkwk..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing ๐Ÿ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

    • Email me: kobayogasblog@gmail.com
    • Facebook : @kobayogas
    • Twitter : @kobayogasblog
    • Instagram: Kobayogasblog
    • YouTube channel: Yogas Kobayogas
    • Path: Yogas Kobayogas.com

49 KOMENTAR

  1. Gambar 2 terakhir diliat liat emang jiaaannn wess ancen ganteng iku sing nduwe adv black simin cak.. dibandingkan yg lain bahkan samaa yg punya warung sendiri.. ekekekek #peace
    Trahe wong perhotelan ancen ganteng2 yoh mang..

    Btw untuk matic gambot dengan konsumsi bbm ala rider mang kobay (yg ternyata kebaca mid irit abisss) dapet top speed 118 kpj termasuk istimewa.. kenapa? Irit bgt bisa dapet segitu.. Bisa aja sih fuel consumtion di set 1:40 bahkan 1:35 an, dengan ganti injektor cbr k45a misalnya, performa jelas meningkat pesat.. belom lg kalo udah mainan ecu, porting, ganti knalpot, bahkan pengoptimalan area cvt (racun yg suka kenceng tp ogah bore up), bisa njengat2 tuh ala metik herex.. hehehe

    • jangan salah lek, IWB itu pancen ganteng, tapi yang charming cuma ada satu satunya.. Kobayogas wakakakak…

      Soal irit pancen marai geleng geleng cak, uiritte puolll wis digeber geber koyok ngono kok ya masih di atas 1:48… (dah kaya IWB lom? Ngah ngah)

  2. Kweerreen maang ๐Ÿ˜‚ sudah kuduga ,masih dibawah saya capaian speednya ,wajar..saya lebih ringan dari mang kobay but.. Okeh..mantap , secara bobot motor ukuran motor dan spek..sudah oke deh buat si Adv , pernah ngetes ngerox yang bisa nyenggol2 di 121 kmh …
    berarti tes si Adv saya kemaren sampe nyenggol 122 kmh boleh seneng dong ya..nah ,gimana jika si adv diborosin dikit setara ngerox , apakah bisa moncer lagi ? ๐Ÿ˜‚๐Ÿ‘
    Untuk kekurangan dan kelebihan biarkan ditempatnya .

  3. Ditangan konsumen gak bakal seirit dan sekencang itu. 118kph brp km tuh? Vario 150 yg lebih entemg tarikan aja keteteran nyentuh angka 100kph,irit jg main di 1:18-1:49.

  4. emang yg versi murah cbr250rr built qualitynya jelek om? apa cuma catnya aja apa gmn? lebih tipis gitu?

  5. jgn ngibul 1:18… vario 125 gua aja baru beli, udah 300an km, langsung geber ga pake acara irit”an, gmpang nyampe 100, tpi bru nyoba smpe 108 kpj , BBM rata” 42,9 – 41 km/liter..

  6. wkwkwk juoosss gandoss sampeyan mang..
    Carming ke siapa dulu inii?? Sama model yg onoh yaaa jelaasss..

    Keren emang, kenceng dapet, irit juga dapet. Tapi memang kebanyakan orang cuma liat satu sisi doang, misal top speed. Padahal kailan tenaga yg berasa dari rpm rendah yg bikin akselerasi lebih nampol gk jd sorotan jg. Mungkin ini jg kenapa ya banyak acara tes ride biar tau dan rasain sendiri bawa motor ini gimana tanpa harus memiliki.. #uwuuuwwww
    Lama2 jadi beneran tuh tagline netizen sebelah, metik harus kencang, sport harus nyaman

  7. mantaplah ripiew ala Ghost Rider XMalang wkwkwkw

    gak usahlah bikin artikel julied puluhan jilid … suruh aja kompetitor bikin produk sejenis biar ada pilihan fans boy nya, beres toh

  8. Mang mau tanya
    Klo data konsumsi bbm yg kita liat di speedometer itu bener2 real apa ada deviasi’y ya mang??
    Contoh kyk topspeed di speedometer.

  9. ini dia yang menjadi KOENTJINYA KOENTJI
    Jangan lupa, pantau IG KBY karena ada Giveaway berupa Helm KYT Enduro ukuran M, helm apparel dari ADV 150. Kalau mau itu juga wkwkwk..

  10. Kalo ulasannya disampaikan oleh org yang mencoba langsung, saya sih percaya..
    Tapi kalo ulasan ditulis berdasarkan liat foto2 aja gimana kesahihannya ya….?
    Serius nanya…

    • Itu namanya desk analysis .. gak salah tapi kurang mendekati riil ..
      Apalagi kalau cuma modal dari foto ..

      Di asuransi ada yang namanya desk analysis, tugasnya loss adjuster menganalisa tanpa harus survey dan melihat kejadian atau obyek yang rusak..

      Modalnya dari report yg udah disediakan.. biasanya jarang salah tapi itu juga karena obyek yg rusak memang sangat dikenal oleh loss adjusternya, udah tau misal alat berat excavator, terguling, yang rusak anu anu dan anu.. tanpa harus liat biasanya adjustment akurasi 95% karena memang keahliannya di bidang itu..

  11. Lhaa terus kalo produk itu baru dan fresh from the oven, apa bisa hanya dengan melihat foto saja trus bisa mereview mang…..

  12. Berarti gak 100%real yak mang, makin tinggi deviasi’y semakin terbaca lebih irit, dan
    Makin kecil deviasi’y berarti akan terbaca lebih boros, dri yg deviasi’y lebih besar
    Imho
    Cmiiw

  13. Kelebihan honda adv yang lain : bisa naik matic tapi tetep matching pake jaket touring + helm trail/dual purpose.

    Btw give away-nya syaratnya gabisa dipermudah ya mang. IG + youtube aja dong wkwkwk…

  14. Bole la mang itu helm buat saya, adv udah dateng dan dapatnya tetep helm legendaris dikasih topi panjangin dikit.. saya jadi punya teori, sebetulnya honda ini jualan helm bonusnya motor

  15. temen kantor dah ada yg dikirim aja. cmn inden 2 minggu gegara kenal orang ahass. tinggal tunggu plat

Yuk Tinggalin Jejak Lads..