Kobayogas.com – Hola lads, Salam gebeerrrr.. Suzuki XL6 atau tepatnya Maruti Suzuki XL6 yang kemarin sempat bocor penampakannya di India (baca: Penampakan Maruti Suzuki XL6) akhirnya dibuka selubungnya secara resmi di India. Sooo.. Maruti Suzuki kini resmi sudah memiliki produk anyar yang disebut sebagai MPV 6 tempat duduk yang diset sebagai MPV premium sehingga kelasnya berada di atas All New Ertiga. Bagaimana dengan fitur dan spesifikasi Suzuki XL6 ini? Benarkah bisa dikategorikan sebagai MPV Premium?

DESAIN MARUTI SUZUKI XL6

Pada dasarnya jika ada yang berkomentar si Suzuki XL6 ini adalah All New Ertiga ditinggikan ya gak salah juga hehe, karena memang basis pembuatannya diambil dari MPV 7 seater Suzuki All New Ertiga. Paling terlihat dan sebenarnya agak mengecewakan adalah desain dari bagian buritan Suzuki XL6, mengapa? Karena benar benar plek dengan Ertiga terbaru dengan hanya sedikit ubahan saja.

Coba lihat desain lampu remnya, plek sama persis! Sebenarnya tidak terlalu buruk juga, hanya saja mengingat ceritanya ini produk baru, dan kemudian oleh Maruti disebut bukan merupakan varian All New Ertiga, tapi lampu belakang Suzuki XL6 ini malah tidak diubah, jadi kalau terlihat dari belakang, apanya yang baru? Orang sekilas akan menganggap sebagai si Ertiga. Andai saja lampu remnya berubah. Bagusnya bumper belakang berubah plus adanya penambahan skid plate. Setidaknya bisa terlihat dari sini lah, selain emblem.

Tapi di bagian depan, menurut KBY ubahannya radikal dan dapat dikatakan sukses, meskipun lagi lagi tidak terkesan orisinal – karena sekilas mirip Toyota Rush hehe – Suzuki XL6 memiliki bumper depan yang didesain ulang, yang selain menjadi lebih berkarakter juga semakin menegaskan tampilan tajam serta agresif si XL6. Di tengah bawah bumper depan ada skid plate, jadi seperti Xpander sih. Di bagian pinggir terdapat rumah lampu kabut berwarna hitam yang mengesankan kekokohan.

Tapi lagi lagi ciri khas All New Ertiga tidak dihilangkan, tuh liat antena nya, harusnya model shark fin yang dipilih. Tapi sektor depan XL6 tampil keren berkat adanya daytime running light LED yang tak lagi terpisah seperti pada All New Ertiga Suzuki Sport, DRL nya menyatu dengan headlight. Di atas ban, terdapat over fender berwarna hitam yang terlihat agak terlampau besar. Jadi kaya Mobilio yang berubah jadi BRV yes?

KAKI KAKI SUZUKI XL6

Hanya sayang banget, Maruti Suzuki sangat nanggung memberikan spesifikasi untuk kaki kaki, bayangkan, dengan model laiknya SUV seperti itu, velg 15-inci masih dipertahankan, bahkan ukuran bannya pun sama, 185/65 R15, hadeuh. Setidaknya 16 inci lah ya. Tapi entah bagaimana, KBY cukup yakin kalau Suzuki Indonesia nantinya akan memberikan kaki kaki milik SX4 S-Cross, velg 16 tapi ban agak kecil, dari 215 menjadi 205/60/16, cukup lah ya.

FITUR SUZUKI XL6

Ini yang menarik, meskipun masih ada yang seharusnya ada tapi gak ada (bingung gak kwkwkw) seperti telescopic steering, tapi Suzuki XL6 memiliki fitur yang tidak ada di All New Ertiga versi Indonesia, antara lain:

  • Seat belt height adjuster
  • Spion dalam dengan setelan siang malam (anti silau)
  • Sliding Arm rest depan
  • Speed sensor Auto door lock
  • High speed alert (ini gada sih gapapa wkwkk)
  • Speedometer TFT Color (kaya Baleno)
  • Sun visor dengan kaca dan lampu
  • Eco Drive Illumination
  • Auto headlamps
  • Follow and welcome home headlamps
  • Cruise control (ini gada gapapa juga)
  • Socket di baris ketiga
  • LED Headlamps
  • LED Foglamps
  • ISS, Brake Energy Regeneration, Torque Assist
  • Sisanya mirip dengan All New Ertiga Suzuki Sport

Banyak kan? Semoga pas hadir di Indonesia fiturnya gada yang disunat, malah ditambahin kalau bisa hehe. Oia konfigurasi tempat duduk Suzuki XL6 adalah 2+2+2, dengan tempat duduk model captain seat di tengah.

speedometer mirip Baleno – sebenarnya All New Ertiga India juga begini sih

SPESIFIKASI SUZUKI XL6

“Melalui mobil CNG, hybrid, dan listrik, Maruti Suzuki bertujuan untuk menurunkan tingkat emisi dan memberikan solusi mobilitas sadar lingkungan kepada para pelanggan. Peluncuran XL6 adalah bagian dari strategi yang sama, karena ditenagai oleh mesin bensin 1.5liter empat silinder K15 dengan teknologi hybrid,” ujar Managing Director dan CEO MSIL, Kenichi Ayukawa.

Suzuki XL6 memakai mesin K15B SHVS BSVI 1.5L (Smart Hybrid) yang menghasilkan tenaga 104,7 PS dan torsi puncak 138 Nm. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4-percepatan.

Melihat dimensinya, Suzuki XL6 kalah panjang dari All New Ertiga Suzuki Sport, tapi menang lebar dan lebih tinggi.

Length (mm)4445
Width (mm)1775
Height (mm)1700
Wheelbase (mm)2740
Turning Radius (m)5.2
Seating Capacity6
Engine TypeK15B SMART HYBRID
Fuel TypePetrol
Capacity (cc)1462
Fuel Efficiency (km/l)*19.01 (MT) 17.99 (AT)
Compression Ratio(10.5 ± 0.3):1
Bore x Stroke (mm)74.0 x 85.0
Power (kW @ RPM)77/6000
Torque (Nm @ RPM)138/4400
Emission TypeBS VI
Fuel Tank Capacity (L)45
Idle Stop Start
Brake Energy Regeneration
Torque Assist During Acceleration

HARGA SUZUKI XL6 DAN PILIHAN WARNA

Ada 6 pilihan warna yang ditawarkan Suzuki XL6, yakni Nexa Blue, Auburn Red, Premium Silver, Brave Khaki, Magma Grey, dan Actic White. Suzuki XL6 tersedia dalam empat varian.

Suzuki XL6 Zeta MT seharga INR 979.000 atau Rp 195 jutaan (kurs INR 1 = Rp 199). Suzuki XL6 Zeta AT seharga INR 1.089.000 (Rp 217 jutaan). Suzuki XL6 Alpha MT seharga INR 1.036.000 (Rp 206 jutaan). Suzuki XL6 Alpha AT seharga INR 1.146.000 (Rp 228 jutaan). Ini artinya lebih murah dibanding All New Ertiga Suzuki Sport

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

    • Email me: kobayogasblog@gmail.com
    • Facebook : @kobayogas
    • Twitter : @kobayogasblog
    • Instagram: Kobayogasblog
    • YouTube channel: Yogas Kobayogas
    • Path: Yogas Kobayogas.com

17 KOMENTAR

  1. Kayaknya nyasar segmen ruster ya klo masuk indo? Mesin sama2 1500cc. Bener2 dari samping mirip mobilio yg diup ke brv.. desainer males desain ulang. Kaki2 kekecilan juga, 17 in masuk tuh

  2. Dari sisi desain depan malah menurut saya segaris ama Grand Vitara CMIIW
    Btw Grand Vitara uda ga update an lagi ya mang kobay?

  3. Cm bisa komen : bagussss
    klo soal lampu blkng kt sy sih lepas aja tuh yg nyatu sm reflektor sekalian sm list krom2an nya jd full vertikal dr pilar ke bawah, baru kerasa suv nya

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.