Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Kesempatan melihat langsung skutik adventure 150cc yang fenomenal yang bahkan bisa membuat video sobat blogger Iwan Banaran nangkring di Trending Youtube hingga saat ini – akhirnya kesampaian juga di hari Jumat tanggal 19 Juli 2019 kemarin. Melihat dengan mata kepala sendiri memang lebih akurat dibanding dari katanya atau hanya penampakan foto semata. Jadi inilah first impression Review Honda ADV 150 Indonesia yang KBY temui langsung di Springs Club BSD Tangerang. Cekibrot..

Melalui foto, Honda ADV 150 terlihat kokoh dan tangguh seperti layaknya sebuah motor sport adventure namun dengan sentuhan stylish atau fashion. Yap, kamsud KBY tidak seperti motor adventure tulen atau sebut saja motor terabas yaitu motocross dimana di kelas sport tulen 150 tersebut Honda udah punya CRF150.

Karena ini sebuah skutik, maka pendekatan desainnya bakal aneh kalau ngambil model CRF – dan sejenisnya – yang begitu begitu aja wkwkwk.. Pemilihan desain yang mengambil dari Honda X-ADV dan juga Africa Twin jelas pilihan yang sangat tepat dan brilian! Karena ADV150 ini menjadi tak hanya terlihat tangguh tapi juga stylish yang enak dilihat layaknya dua moge tersebut!

DESAIN

Kenapa KBY bawa bawa Africa Twin di desainnya? Karena ternyata memang ada DNA-nya disana meskipun tidak sebanyak DNA milik X-ADV. Terlihat pada bagian kepalanya terutama dilihat dari samping, ada Africa Twin siluet disana, yang artinya bagus punya! Paling mirip itu versi modifikasinya sih

Headlamp nya cakep, agak sipit dan memang ada kemiripan dengan Africa Twin. Kalau dari depan dan lampu nyala bisa ketuker dengan CBR150R hehe, siluetnya mirip, yang membedakan adanya “codet” persis di ujung lampu. Sedangkan lampu remnya setelah dilihat lihat mirip punya Yamaha XMax namun tanpa pemisah. Atau lebih mirip lagi lampu rem Yamaha NMax facelift yang sudah bocor gambar patent nya beberapa waktu lalu.

Kalau melihat dari samping full, bagi yang terbiasa melihat motor dengan buntut atau buritan lancip, maka melihat sosok Honda ADV150 akan sedikit merasa aneh, karena belakangnya seperti terpotong atau kaya belum selesai. Itu karena desain lampu rem yang pipih sih ya, tapi sebenarnya ga masalah, cocok dengan desain keseluruhan dan sesuai dengan tema adventurenya.

DIMENSI

KBY menemukan komen komen kocak yang nyinyir kalau Honda ADV 150 ini cuma segede Vario 150 wkwkw.. yah diketawain aja deh secara mereka belum liat langsung tapi pedenya setengah mati. KBY kasih tau kalau dimensinya itu lumayan besar, setidaknya selevel dengan Yamaha NMax lads.

segede Vario? Think again! Wkwkwk..

SKUTIK ADVENTURE MULTI FUNGSI

KBY tidak akan aneh kalau ke depannya akan terlihat Honda ADV 150 banyak sliweran di jalan, karena fungsionalitasnya bisa dikatakan nyaris total! Memang pengendara atau pemiliknya mungkin akan lebih didominasi oleh kaum adam, sementara kaum hawa cenderung memilih PCX atau NMax meskipun tidak sedikit juga kaum hawa yang suka motor macho.

Kalau kaum wanita ganjalan terbesarnya adalah ketinggiannya, oleh karena itu tidak aneh juga kalau Yamaha Lexi lebih banyak terlihat digunakan lelaki. Nah cewek yang tidak ada masalah dengan ketinggian seperti halnya Lexi, maka bisa saja memilih ke Honda ADV 150, karena meskipun tinggi namun bobotnya tidak sampai membebani.

Honda ADV 150 merupakan skutik advance yang multi fungsi karena siap buat kemana aja, dari cuma ke pasar sampai ke pegunungan yang jalannya berbatu atau trek off road ringan, ya hayuk saza! Multi fungsi ini juga datang dari besarnya kapasitas bagasi yang 28 liter, tangki bbm 8 liter dan adanya laci tertutup di depan dengan power outlet. Benar benar kedemenannya anak turing nih.

FITUR HONDA ADV 150

Honda ADV 150 ini juga dibekali dengan fitur fitur penunjang yang mampu membuat pemilik atau pengendaranya enjoy terutama untuk perjalanan jauh dan berpetualang. Buat yang suka akan tampilan multi fungsi di speedometer, AHM membekali ADV 150 ini dengan model kotak yang cukup besar dengan berbagai informasi selain info standar seperti jadwal ganti oli, trip a dan trip b, MID/ AVG BBM di trip A dan trip B, jam digital, hari & tanggal, termometer, kondisi accu hingga real time avg model bar kaya vario.

Uniknya, indikator lain seperti lampu sein, lampu jauh, ISS On, smart key, ABS, radiator/ suhu mesin dll ada pada kotak terpisah.. Sisanya adalah lampu full LED dengan ESS (Emergency Stop Signal) seperti pada CBR150R ABS, smart key, wavy disc hingga windshield yang bisa dinaik turunkan, Adventure banget dan lengkap dah!

SPESIFIKASI HONDA ADV 150

Honda ADV 150 memiliki basis mesin yang serupa dengan Honda PCX 150 (dan Vario 150), namun dengan setingan berbeda pada ECU-nya. Akibatnya ADV150 memiliki tenaga lebih rendah 0.2PS dari PCX yaitu 14.5PS vs 14.7PS yang sama sama diraih di 8500 RPM.

Namun setingan tersebut justru membuat torsi ADV 150 melesat tajam sebesar 0.6Nm menjadi 13.8Nm vs 13.2Nm sama sama di 6500 RPM. Tak heran, dengan bobot yang lebih berat 1kg dari PCX (133kg vs 132kg) namun lecutan akselerasi di awal jauh terasa lebih ringan si ADV 150 tersebut lads..

KESIMPULAN

Dari sisi desain menurut KBY sangat bagus, mungkin juga bukan selera semua orang, tapi KBY pribadi suka ya. Dan dengan tampil yang paket lengkap seperti ini, KBY sih gak heran kalau Honda ADV 150 bakal mendulang sukses dan menjadi sumber duit AHM. Tentu penjualannya gakan bisa ngalahin beat, scoopy atau vario series, tapi akan bersaing ketat atau bahkan melebihi penjualan PCX setiap bulannya.

Di saat orang pilih PCX karena desain yang mewah, elegan, kehalusan mesin dan kenyamanannya, pemilih ADV 150 bisa dibilang nyaris dapat semuanya dengan tambahan kemana aja hayuk! Harganya adalah 33,5 untuk CBS dan 36,5 untuk ABS, agak terlalu tinggi sedikit sih, tapi ya ini adalah kebijakan AHM dengan mempertimbangkan harga PCX dan juga kompetitor. Kalau dikasih beda tipis silakan tebak efeknya hehe.

Nah itulah first impression atau impresi awal dari Honda ADV 150 menurut KBY. Soal ergonomi, performa, handling, pengereman serta kenyaman ADV150 akan KBY bahas di artikel test ride yak.. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing πŸ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

63 KOMENTAR

  1. Bakalan jadi berapa episode nih adv150 mang??. Ulah eleh ku blogger sebelah (nya oge teu di ulem)πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  2. Cerita ini bukanlah Fiktif ,tapi diangkat dari kisah nyata .

    Untuk menghilangkan rasa cemburu dan penasaran sama orang2 yang sudah melihat dan tes ride , akhirnya sampe juga saya dihadapan si Adv150 ini..gak perlu saya ceritakanlah tentang pendapat , cukup mengatakan…saya terpaku terpukau ( Suwerr ) artinya..gambar2-foto yang hanya dilihat itu kaga ada bohongnya πŸ˜€ tiap detailnya oke punyak πŸ‘ . Udah datang kesorean truz eeeh Sampe lupa waktu didalam ..niat ingin tes ride gak kesampean alamaaaaak….udah lewat magrib rupanya diluar sana ( sesi yes dah tutup ) πŸ˜‚ urut dada menentramkan hati sembari bersiul kecil ..yow udah, belum rezeki ( gondox ).
    Kembali kedalam ( sesi ke 2 ) untuk mantengi si adv ini lagi..ngebatin : assssiiik coyyy .. asiiik.
    Tiba2 tangan saya direnggut dari belakang… Ayo mas , katanya mau di Spk in ?? ( Bokin πŸ˜‚ ) Kaget ! saya Kaget dan tersadar… Ini makin merangkak semakin malam.
    Satu jam kemudian…..
    akhirnya terlaksana juga, untuuung belum sampe tutup. Kan gk lucu gagal 2x gara terpaku terpukau apa kesengsem yak ? πŸ˜‚

    Gimana Mang kisah nyata saya ? πŸ˜‚
    Biar kaga Penasaran..emang kudu datang dan lihat langsung.
    Owya ..itu Spedo kalau dilihat divideo para blogger ( termasuk video Mang kobay ) berasa kecil..tapi kalau dicoba dan lihat sendiri saat duduk diats adv150 ini… gak berasa kecil tuh ukuran speedo nya, masih aman dan sangat layak dilihat mata.

  3. Awalnya agak pesimis liat desainnya yg beda banget sama mogenya, apalagi kaki2nya. Tapi lama kelamaan kesengsem juga tho πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ™πŸ™

  4. Gak taulah ya
    ..selera kan pastinya beda2..yang ada stripingnya ( si abs ) kurang menyihir saya..malah cbs polos dapet banget disain adv nya.
    akhirnya comot satu πŸ˜‚

  5. Bakalan jadi berapa episode nih mang?? Jangan kalah sma blogger sebelah (nya oge teu di ulem)πŸ˜‚πŸ˜‚

  6. untuk mang kobay dan semua blogger yg lain saya himbau untuk tidak lagi menulis ttg adv 150 lagi…
    dengan sangat sangat saya minta untuk segera menghentikan segala kegiatan yg berhubungan dengan adv 150 untuk kemudian di tulis dan di posting di blognya masing2….
    karna hal tsb bisa membuat saya sedih di sebabkan sampai detik ini saya blm bisa meluluhkan hati mentri keuangan bwt memboyong ini motor….walaupun dengan opsi menjual all new vario 150 saya ……
    huahuahuahua…😭😭😭

  7. Mang kob mo nanya nih.ban dual purpose gitu ngga berisik ya klo jalan di aspal halus?trus perkiraan harga nih ADV klo di P.Sulawesi kira2 berapa ya mang?soalnya ane skrg netap di Makassar…thankx sblmnya mang

    • Belum tau kalau berisik ya, harusnya sih Gak kalau model gitu, kecuali ban tahu..

      Kemungkinan Di Makassar lbh Mahal 1,5-2jt daeng.. apa kareba?

  8. Schwantz 22/07/2019 at 06:13
    Pricingnya dah tepat sih…
    Kalo beda 1jt sama pcx,,bisa2 ga laku si pcx sama nmax

    Alasan klasik πŸ˜€

  9. @Kuy,
    O ya terutama dibully karena mesinnya. Kasihan kalau mau ngebut minimal pakai Yamaha R15 atw R25 kalau pakai NMAX moge wannabe mah malu dan terlihat alay krn bukan peruntukannya.

  10. Kang K0bay, inyong arep takon, tulung dijawab dengan jujur iklas dan bersahaja.
    1. Mengapa eSPeGenya cuman 1 tok. Nek ketemu maning, salam nggo SPGne.
    2. New NMx sampai sekarang belum keluar. Mnurut Kang K0bay, apakah kemunculannya akan lebih booming dari ADV ini? (Nek aku ngrasa kemunculan Nmx sudah terlalu lama tidak muncul2. Suwe-suwe buyuten dan jenggoten karena nunggu).
    3. Untuk pasar Jogja Kedu kenaikkan harga ADV sampai berapa ya Kang?
    Tulung dijawab Kang. Makasih

    • Helowww..

      1. SPG Di keep untuk artikel khusus
      2. Gakan lebih booming dari ADV karena mayoritas sudah menebak desainnya gakan terlalu jauh Dari yg sekarang, sementara ADV bikin kaget .
      3. Kemungkinan lebih mahal 500-800rb

  11. Baji baji mang hehehe…ntar pulang kerja mau ke diler Honda mang.mudah2an udah ada display dan buka pemesanan dsini.nunggu New Nmax kelamaan mang…

  12. maaf mang mau tanya, apakah Helm bawaan dari Adv150 ini Helm TRX juga atau dapet model lain?
    suwun mangπŸ‘

  13. @joel. Dari H nya dapet trx
    Jika ambil dari fif.. dapet lgi helm zeus ( gak tau tipe apa ) πŸ˜€

  14. Terimakasih mang, artikel2 adv nya sungguh bermanfaat, alhasil saya ikutan inden.. mudah2an artikel2 selanjutnya lebih banyak spg nya.. dah itu aja..

  15. kang..kalo masalah finishing sma quality gmn kang?lebih baik dri pcx apa pada bae?suwun kang..sukses trs kang kobay..πŸ‘πŸ‘

  16. Ya namanya matic kan dicari kemudahan kenyamanan , kadang suka bingung persepsinya , matic kok buat kenceng kencengan , genrenya ada tourer ya dicari nyamannya , yaitu kalah ganteng jadi ada semacam tekanan batin πŸ˜‚

  17. Kalah kenceng sama nmax mang kobay.. secara nmax sudah vva 4 klep.. 155cc. Kenceng dan anteng di kecepatan tinggi. Kok Honda bikin motor keren tapi lemot ya.. kasian nanti adv diasepin nmax..

    • Mau kenceng kok pake skutik.. heran saya.. skutik itu Yang penting Gak lemot, tenaga lebih Dari cukup, irit bbm, banyan fitur Dan fungsional.. kalau bisa lari kenceng anggep Aja bonus hehe

  18. Ya itu kan mang kobay arti dari multifungsi..ke pasar siap..ke gunung bisa..mau ngebut hayuuk..πŸ˜€

  19. EHH CONG, LOE KENAPA KASIH BINTANG LIMA, ASAL LOE TAHU GKK ADA PRODUCT YANG SEMPURNA, DASAR BLOGGER TITIPAN

  20. Ne motor jualan nya 11 12 kayak aerox dijamin. Gak bakalan lebih tinggi dari nmax atau pcx. Pcx aja blm bisa ngalahin jualan nmax.

    • Pcx Aja belum bisa ngalahin jualan NMax…

      Ini Yang dari kemaren statement Gw Cari sumbernya.. Ada Sumber valid Gak mang Kaya jaman aisi tempo Hari ..

  21. Mampus pada diskak yang punya warung, ,
    Metik ko buat ngebut situ ga mampu beri r25??
    Sport ko berharap nyaman situ ga bisa bawa metik?
    Kalo saya simpel kang, ,beli produk tuh yang tampilannya bagus karna kualitas pabrikan sekarang ya 11 12, ,powe juga ya, ,gitu gitu aja ya, ,mau ngebut dijalan yang penting nyali yang gede bukan ccot yang gede
    Siapin mental pula, ,mentang mentang bawa SOHC 4klep ngledekin mesin 110 2 klep pula, ,pas digeber ditinggalan sekecamatan sama 110 2klep yang ternyata sudah bore up 170cc
    Wahahaha

Yuk Tinggalin Jejak Lads..