Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Bagi yang pada tahun 1990-an berusia belasan tahun pasti tahu yang namanya Suzuki Carry, minibus yang dapat dikatakan fenomenal pada jamannya. Nama legendarisnya bisa dikatakan selevel dengan Toyota Kijang. Kini nama Carry mungkin hanya terdengar familiar di kalangan wirausahawan karena MPV (nama keren minibus) tersebut saat ini lebih digunakan sebagai kendaraan niaga. Nah ini adalah bentuk baru dari All New Suzuki Carry 2019!

BISA NYETIR GARA GARA SUZUKI CARRY

Belum genap berusia 15 tahun seingat KBY saat itu, Suzuki Carry karoseri Adi Putro lah mobil yang pertama kali KBY supiri. Tanpa pengawasan orang tua, kami para bocah nakal saat itu curi curi mengendarai mobil milik salah seorang paman.

model begini yang KBY setirin pertama kali

Kala itu kami sedang ada acara kumpul keluarga besar di rumah Uwak, terletak di komplek departemen keuangan Ciledug. KBY dan beberapa sepupu yang sebaya bermain di dalam kabin Suzuki Carry milik ayah seorang sepupu.

Sang anak pemilik mobil saat itu berceloteh, eh kita jalanin yuk mobilnya, siapa yang bisa nyetir? Tanyanya.. KBY menjawab, gue belum pernah nyetir tapi gw tau caranya, tiap bokap nyetir gw selalu perhatiin.

Kalau begitu tunjukkin! Nih kuncinya, ujarnya sambil menyodorkan sang kunci. Sambil mengingat ingat ritual bokap kalau nyetir, KBY pun sukses berkeliling komplek, sekali jadi! Wkwkwk.. yang kocak karena lupa gigi 2 itu ke bawah, jadi dari gigi 1 langsung ke 3, untung gak mati tuh mesin wkwk..

Singkat cerita, setelah KBY, sepupu pemilik Carry itu tertarik. Sini gantian gw yang bawa! Ajarin ya! Udah bisa ditebak, sang mobil nyerempet bak sampah. Kita semua kena semprot dah hahahaha..

ALL NEW SUZUKI CARRY 2019

Pada dasarnya menurut website Suzuki, Suzuki Carry model passenger car masih dijual, begitu juga versi pick up nya yang ditambah dengan Mega Carry jelmaan Suzuki APV.

Kini sebagai pembaharuan, PT Suzuki Indomobil Sales Divisi Roda Empat memberikan bentuk baru bagi sang legenda. All New Suzuki Carry tampil berubah total, lebih melar alias lebih lebar dari sebelumnya.

Melihat desainnya tidak terlalu mengejutkan, karena seperti melihat Toyota Hiace maupun Daihatsu Gran Max. Bahkan kalau diliat lurus dari depan seperti Mitsubishi Fuso. Mukanya lebar dan bentuknya panjang ke belakang. Secara singkat, desainnya minim kurva dan didominasi dengan bentuk kotak yang memang terlihat dibuat untuk mengangkut banyak barang.

Belum diketahui All New Suzuki Carry ini apakah akan hanya ada 1 model seperti pada foto atau hanya menggantikan model Carry Original?

Yang baru di Suzuki Carry 2019

  1. desain baru
  2. mesin baru yang diklaim hemat bahan bakar yakni SUZUKI K15B-C dengan tetap penggerak roda belakang yang cocok buat angkut angkut
  3. body diklaim lebih tangguh dengan cabin guard
  4. rangka lebih kuat tebal kokoh tahan lama
  5. ukuran bak belakang lebih luas dengan 3 sisi pintu ( belakang, kanan, kiri ) aka 3 way
  6. daya angkut lebih besar yakni hingga 1 ton
  7. cabin lebih lebar, dapat menampung 3 orang
  8. kompartemen di dalam kabin banyak buat simpen barang kecil
  9. sudah pakai immobilizer
  10. kursi dapat digeser maju mundur untuk kenyamanan
  11. ada audio system
  12. ada Ac aka air conditioner
  13. sistem kemudi power steering

HARGA SUZUKI ALL NEW CARRY 2019

Hingga saat ini belum ada rilis resmi seputar harga All New Carry 2019, di website resmi Suzuki pun model ini belum tersedia lads.

foto : Kiki Suzuki Jagorawi & @maya_ibeth494

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

41 KOMENTAR

  1. Tapi kalo body gede gitu di topang ban yg seukuran mobil standar ya kelihatannya cungkring ngga balance,apalagi kalo di pasang box aluminium,tapi ngga apalah asalkan kuat buat kendaraan niaga

  2. Mega carry disuntik mati apa dijual beriringan ya? Secara dari dimensi sekarang (kayaknya) gedean carry baru ini… Apv sebagai basis dari mega carry juga penjualannya senen kamis.. mungkin bakalan digantiin sama carry baru versi penumpang buat saingan h2h sama grenmek.

  3. Mentang2 mobil niaga, desain eksterior nya dibuat asal, ini mah desain mobil awal tahun 2000. Masa kalah cakep sama Truck Hino.

  4. Desain ada kemiripan dengan legenda pickup mitsubishi L300, simple, tangguh dan reliable.

    • kemungkinan besar ada, tapi ini mesin tidur bukan melintang.

      Dan seperti biasa kode part meski depan sama tapi C di belakang menandakan perbedaan, mungkin di material? Bisa aja sih..

  5. jadi inget kenangan mobil pertama Orang Tua, carry 1990 rakitan Adiputro. belajar makenya juga diam-diam. sumpah koplingnya susah banget, begitu pindah make pabrikan toyota, kerasa gampang banget kolingnya tapi kagok karena ga bisa pake mobil yang ada moncong mesin di depan.

  6. Beuh.. ada immobilizer… merek sebelah yg katanya mobil terlaris aja cm ada immobilizer di seri V.. pdhl seri termurah aja ud di atas 300jt..

    Jok bentuknya kayak bantal teplek begitu.. apakah emg begitu bentuk daleman mobil niaga lainnya?

  7. @widhy980
    Sebenernya sih ini lbh mementingkan fungsionalitasnya, d buat boxy n lebar agar ruang kabin lbh luas jdi bertiga duduk lbh nyaman
    Mobil niaga sih people buy them not for the look n style but functionality, tow capacity, durability, n running cost, jdi model nomor belakang ajalah

  8. Pick up pke K15B?
    Memang ertiga bru putaran bawahnya kuat bgt mang kobay?
    Kalo iritnya sih gak ragu
    Pernah pke K14B 1st gen edtiga memang irit tpi putaran bawah gak terlalu kuat, putaran atasnya n tghnya yg asiik, mungkin ada tuning khusus kah?
    Kalo G15A memang badak tuh mesin, nanjak curam gigi 2 msh naik, torsinya kuat, tpi boros n kalo udh lewat 4k rpm, gila raungannya tpi larinya gakda, memang buat mesin angkut tuh mesin
    Granmax lbh laku karna lbh irit sih d banding G15A, klo yg pernah pke dua2nya lbh badak n torqy G15A d banding mesin daihatsu, cma boros
    Kira2 APV bakal d matiin apa d lanjut?
    Mungkin G15A bsa d upgrade, kompresinya naikin 10:1, piston skirt d coating anti friction, rocker arm pke roller, injeksi d upgrade, pasang vvt
    Mungkin bsa jdi lbh irit minimal mepet2 granmax lah

    • seperti yang ay respon di komennya Bwang Merah, meski basis mesin sama tapi kode belakangnya C, jadi pastinya ada perbedaan.

      Prediksi gw sih maen di gear (termasuk final gear) sama settingan ECU yang bakal bikin tenaga dan torsinya ada di bawah sebagai mobil niaga. Macam Avanza gen 1 lah perbandingan giginya kasar kasar.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.