GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geber.. Belakangan ini marak dibahas sebuah motor kecil berjenis skutik dengan tenaga baterai alias listrik yang disewakan di beberapa tempat. Skutik listrik tersebut punya nama Migo. Warnanya mencolok dan khas, yaitu kuning terang lads. So, pada satu kesempatan KBY bisa melakukan test ride motor listrik Migo ini, bagaimana first impressionnya? Tenaganya? Gimana kalau dipake boncengan?

Motor listrik Migo ini sempat menjadi viral an buah bibir di kalangan kantor KBY, apalagi di luaran sana ya hehe.. Sobat pemilik Suzuki GSX-R600 K8, Arvy Este udah lama ngajak buat iseng ngetes skutik imut ucul unyu unyu tersebut, tapi belum kesampaian..

Eh pucuk dicinta si Migo tiba.. rekan di kantor tiba tiba datang ke meja dan bilang, lek ayo kita tes Migo. Wah ternyata dia bayar sekaligus untuk beberapa jam, jadi bisa dibawa ke kantor hehe..

TEST RIDE MIGO MOTOR LISTRIK

DESAIN & FITUR

Mungil, jelas ini motor lebih ke arah dimensi skutik skutik 50cc jaman dulu, seperti misalnya jaman Kymco JetMatic 80-100cc. Secara keseluruhan bentuk dan desainnya modern punya lads dan cocok untuk pemakaian jarak dekat.

Lampu depan model kotak persegi, sama seperti di belakang. Bedanya lampu depan sudah ada DRL (Daytime Running Light) plus lampu LED meski modelnya bohlam kaya Suzuki Nex II. Karena siang KBY ga tau performanya kek gimana.

Kantong MIGO ada dua di depan, menyatu, terpisahkan oleh batang setang. Bentuknya dalam dengan adanya power socket model USB, jadi kalau naro HP, dompet dan pernik kecil lainnya relatif aman, kalaupun terguncang gakan sampai lompat keluar.

Meski lampu rem belum LED, tapi lampu depan dan sein sudah pakai tuh lads. Sayang kunci kontak tidak diberikan, so KBY gak bisa membuka bagasinya, pengen tau sih segede apa. Oia power socket juga ada persis di bawah ujung jok, wah ada dua nih, hebring lah.

Speedometer MIGO juga udah full digital, tapi gak bisa diapa apain, alias gada tombol pilihan apa apa sih.. given aja, pasrah hehe. Yang unik adalah rantainya, rata rata motor punya rantai di kiri, ini adanya di kanan, matanya juga kecil kecil hihihi..

ERGONOMI MIGO

Bakal disukai kebanyakan konsumen Indonesia yang didominasi cewek! Iya soalnya MIGO ini rendah banget lads. Kaki KBY aja nekuk wkwkwk.. Posisi riding juga nyaman dengan posisi setang sedikit agak di atas pinggang.

Deknya tinggi jadi saat berkendara kita akan serasa jongkok. Meski rendah tapi nyobain lewat polisi bobo dengan bobot 72kg dan tinggi 165 sih aman, gada gesrot ya. Rendahnya Migo terbantu dengan diameter velg yang cuma 10″ aja, bener kan segitu ya keknya hehe.

KENYAMANAN

Nah saatnya ngetes kenyamanannya, dengan dual shock di belakang – serius! kecil kecil suspensinya MIGO dua buah loh – ayunannya masuk kategori moderate cenderung stiff. Joknya tebal dan empuk! Nyaman sih secara keseluruhan ya.

Dibawa boncengan juga enak aja (lihat video), tenaganya nyaris sama, termasuk tenaga di atas yang habis. Tapi karena ketinggiannya jadi turun, belok agak miring pedal buat mengayuh jadi gesrot terus ke jalan wkwkw.

PERFORMA – TOP SPEED MIGO

Sayang KBY belum menemukan spesifikasi skutik listrik MIGO ini, jadi ga tau deh di atas kertas kaya gimana. Namun saat dites, tenaganya cukup impresif, karakternya mirip dengan kendaraan listrik pada umumnya seperti Selis BALIS misalnya.

Saat gas dipuntir sekitar 10%, motor belum mau bergerak sama sekali, ditambah 20% barulah si MIGO ini menghentak maju, cukup halus. Dibetot gas lebih banyak, torsinya langsung membuncah.. terussss membawa sang skutik ini melaju hingga habis di tengah tengah hehe.

Yoi, jadi di bawah kosong, tengah powerful, atas selesai.. Torsinya langsung kepakai di awal dan tengah aja lads. Percuma gas diabisin juga gakan nambah lagi larinya. Top speed MIGO ini setelah berkali kali diulang cuma dapat 38 km/jam haha.. Iya lah wong skutik mungil gini.

YANG UNIK DARI MIGO & BIAYA SEWA

Meski ada kunci kontak, tapi menyalakan e-skutik MIGO itu lain daripada yang lain. Sistemnya dibuat sedemikian rupa hanya bisa dinyalakan melalui aplikasi lads. Yaitu dengan menyorot kode QR yang ada di plat belakang dengan menggunakan HP yang sudah terbuka aplikasi MIGO-nya. Liat video deh.

Migo juga bisa berfungsi sebagai sepeda, terbukti ada pedal kayuh di kiri dan kanan bodinya lads. Jadi kalau mau olahraga dikit tinggal mundur duduknya dan ngaboseh deh wkwkw..

begini cara nyalain Migo

Sesuai info, Migo ini disewakan lads, dengan biaya Rp. 3000/ 30 menit. Meski belum liat langsung yang pakai, tapi di dekat kantor yaitu daerah Kalibata konon banyak yang nyoba skutik listrik ini.

THE VERDICT

Meski KBY ga tau Migo ini dijual bebas atau tidak, tapi bicara untuk penggunaan harian, skutik listrik ini oke juga loh. Tentu dengan batasan tidak untuk digunakan jarak jauh, di jalan raya pun dengan kecepatan maksimul 38km/jam harus sering di sebelah kiri biar gak ngagokin orang.

MIGO cocok untuk penggunaan di perumahan ataupun jarak dekat seperti ke pasar, supermarket, antar jemput anak ke sekolah atau jarak jarak dekat. Kalau dijual kira kira berapa harga Migo ini yak? Lucu juga haha..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

25 KOMENTAR

  1. Kalo laris manis pabrik H biasanya ngekor,tapi belom bisa ngekor kalo pabrik Y belom ngekor,kali aja E fino mau di setting jadi Migo 😁😁😁

  2. Mang kobay kadang lebay,nge test motor ginian helmnya full face pake sarung tangan,sekalian aja full riding gear

  3. Lapor mang : R25 knalpot standar , gear 5 tembus 172 kpj, gear 6 tembus 192 kpj , wooowww, dan masih nyisa 500 rpm lg .. imho bisa tembus 200 kpj , juozz gandozz , ngeriii, segera dibuat artikelnya mang , geger dedel duwel cbr250rr

  4. migo ini klasifikasinya motor atau sepeda listrik ya? krn gak ada plat nomer, tp bentuknya mirip motor dan utk penggunaan jalan raya..
    kalo mau beli yg model begini kan ada Viar Q1, lumayan juga tuh kyknya, di IG nya gw liat jg viar ngeluarin skema penyewaan kyknya tuh tp utk seharian..

  5. Tanya tukang duren di makam pahlawan kalibata city tuh dia sering bolak balik make ni motor, gua awalnya Yamaha Qibik pas gw pelototi ternyata migo

  6. naik turun bolak balik baca artikel sembari liat foto-fotona kok ya kagak ada keterangan nama sang model plus IG nya hahahahaha

    plus judul video nya nama si skutik typo tuh Mang … jadinya Mogi bukan Migo

  7. Pertama kali tau Migo di Youtube di vloging sama Dodit Mulyanto(komika) di Surabaya

    Beberapa bulan kemudian nongol deket tempat kerja daerah Kebayoran Baru, Singgalang, belakang Apartemen Botanica

    Itu sepeda listrik sih masuknya
    Cuma ga tau punya lokal apa gimana

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.