Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Bosen gak beberapa hari ini artikel KBY isinya kebanyakan Press Release? KBY aja yang ngetiknya bosen wkwkw, bukan karena gada bahan, tapi emang waktunya nyaris gada untuk bikin artikel khas Kobayogas euy. So kali ini disempatkan deh bikin artikel di luar PR, yaitu sebuah eh satu sosok motor buatan Cina – Thailand yaitu GPX Demon 150GN! Motor mini alias kecil ini KBY temukan di salah satu SPBU saat bertandang ke Thailand untuk nonton MotoGP bersama Evalube. Yuk cekibrot!

Kang, bukannya merek GPX itu buatan Thailand ya? Hmm ga salah juga sih, di awal hasil baca baca literatur memang buatan Thailand, tapi yang punya, orang Thailand asli tentunya – bilang ini motor buatan Cina.. jadi bingung euy wkwkw, yaudah KBY sebut aja si GPX Demon 150GN ini adalah motor hasil kolaborasi Cina dan Thailand, deal yah?

DESAIN GPX DEMON 150GN

Saat rombongan sedang beristirahat sebat (sebatang rokok) di sebuah SPBU dalam perjalanan menuju Buriram Thailand, KBY melihat satu sosok motor unik diantara motor yang parkir di SPBU tersebut. Lihat dari jauh makin penasaran, akhirnya mendekat dan jeprat jepret sana sini deh. Ternyata ini lah GPX Demon 150GN Lads! Bentuknya bisa dibilang lebih besar dari Honda Grom 125 (alias MSX125) tapi tetap lebih kecil dibandingkan motor sport pada umumnya seperti CB150, Vixion atau GSX-S150.

Modelnya adalah naked, setang baplang dan yang menarik – sepertinya halnya Honda MSX125, shok bagian depan sudah mengadopsi model tebalik alias upside down yang sering disingkat menjadi USD. Sosoknya pendek (bukan pendek kebalikan dari tinggi, tapi kebalikan dari panjang ya), mengingatkan kita akan Yamaha Xabre 150 dengan buritan yang pendek. Meski pendek tapi joknya yang model split terlihat lebar baik di depan maupun di belakang.

Selidik punya selidik ternyata si GPX Demon 150GN ini bisa begitu karena tangkinya yang kecil, jadi kompensasinya jok bisa dibuat lebih nyaman bagi pengendara dan penumpangnya. Bentuk tangkinya sendiri mengingatkan KBY akan Yamaha MT-25.

LAMPU DEPAN, SASIS DAN ARM

Beralih ke bagian depan, wajahnya serasa gak asing, ternyata ada kemiripan dengan KTM Duke yah? Lampu depan masih menganut model bohlam lads. Melihat bentuk lampunya sih ini bukan model terbaru, karena model baru sudah ada DRL-nya. Di bagian bodi, meski dibuat agak tersembunyi dari shroud yang besar, namun tak dapat menyembunyikan bentuk sasis yang model pipa atau teralis, iya lah warnanya merah gitu gimana mau ngumpet wkwkw..

ada motor apa aja hayooo

Untuk kaki kaki, bagian depan sudah KBY sebut menggunakan upside down, di belakang swing armnya meski belum model banana tapi manis dilihat, gak model kotak tahu sumedang hehe.. Nice lah. Oia speedometer sudah full digital lads, bentuknya mirip milik Honda CRF250 Rally atau CB500X. Lampu rem kaya punya CS1 dan tailnya jadi inget Yamaha R15 lawas.

Melihat peredarannya, selama di Thailand ini KBY baru sekali dua melihat sang GPX Demon 150GN ini, artinya, penjualannya tidak terlalu heboh ya? Sayang KBY gak sempat bikin videonya karena sang pemilik yang sepasang itu datang dan akan segera berangkat, sama juga ke Buriram buat nonton MotoGP. Menurut lads sendiri gimana nih motor kalau misalnya hadir di Indonesia? Bakal lebih baik dari Minerva kah?

SPESIFIKASI GPX DEMON 150GN

Mesin GPX Demon 150GN berkapasitas 150cc SOHC 6 Speed, masih karburator ternyata lads. Sayang tidak disebutkan berapa tenaganya di website resmi GPX Thailand. Cekidot spesifikasinya.

Engine
Engine Type 4 stroke SOHC
Displacement 149 cc
Compression Ratio 9.0:1
Fuel System Carburetor
Transmission 6 Speed
Starting Electric
Fuel Gasohol 91,95
Fuel Tank Capacity 8 Liters
Light front | rear LED | LED
battery 12v 6.3Ah
Dimensions and Weight
Chassis Trellis Frame
Length x Width x Height 800 x 1,800 x 1,080 mm.
Seat Height 770 mm.
Ground Clearance 200 mm.
Curb mass 130 กก.
Suspension: Front Up Side Down
Suspension: Rear Mono Spring
Break Front | Rear Single disc | Single disc
Wheel Max
Tire Front | Rear 120/70-14″ | 140/70-14″

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

8 KOMENTAR

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.