Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Banyak pilihan mobil di pasaran saat ini tapi seperti biasa di Indonesia yang paling laris adalah tipe MPV karena memiliki tempat duduk banyak sehingga sesuai dengan karakter guyub masyarakat Indonesia yang demen rame rame hahay. Nah bicara kelas MPV 7 tempat duduk setidaknya ada 4 kandidat kuat sebagai produk terlaris buat dibahas biaya servisnya lads. Berikut ini adalah perbandingan biaya servis Toyota Avanza vs Honda Mobilio vs Mitsubishi Xpander vs Suzuki Ertiga. Mana yang paling terjangkau? Atau beda beda tipis saja? Ayok geber duluuu

Punya mobil, mau bekas atau baru intinya sama saja kudu siap melakukan servis rutin alias servis berkala. Kalau mobil baru tentu selepas servis gratis yang rata rata hanya mencapai 40.000 km, habis itu ya jadi sama dengan mobil bekas yang harus keluar biaya perawatan servisnya.

Yang lucu, ucap ucap sejak jaman baheula kalau biaya servis atau perawatan mobil A lebih murah dari mobil B masih saja berlaku, padahal kadang konteksnya sama sekali tidak relevan karena perbandingannya antara jeruk dengan durian. Contoh? Dulu (bahkan sampai sekarang sih) tersebar kalau biaya perawatan Toyota lebih murah dari Honda, ternyata pas ditanya perbandingan antara Toyota Kijang dengan Honda Civic! Wadehel! Baheula Honda mana punya produk serendah Kijang coba? Wkwkw..

Soo..pada artikel perbandingan biaya servis berkala kali ini KBY akan membandingkan biaya servis yang selevel anyara Toyota Avanza vs Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga vs Mitsubishi Xpander ini KBY mengambil jarak kilometer 80.000 atau bisa disebut sebagai servis kelipatan 40.000 km. Untuk Avanza dan Xpander sumber info yang didapat merupakan jenis manual transmission sedangkan situs Honda dan Suzuki lebih lengkap dengan menampilkan biaya servis Mobilio dan Ertiga dengan transmisi otomatis (AT).

BIAYA SERVIS TOYOTA AVANZA MT

Kekurangan info ini adalah sumbernya tahun 2015, sulit juga ternyata mendapatkan info terkini dari biaya servis Toyota Avanza, bahkan di websitenya pun tidak KBY dapatkan estimasi biaya servis rutin tidak seperti di website Honda atau Suzuki. So biaya servis di bawah ini adalah untuk Toyota Avanza tipe MT, asumsi ada kenaikan harga parts dan jasa sekitar 5-10% dari tahun 2015 ke tahun 2018. Kalau ada sumber terbaru mangga dishare ya lads biar di revisi.

Servis besar atau 80 ribu kilometer dari Toyota Avanza MT biayanya adalah sebesar Rp 3,147 juta. Harga ini terdiri dari jasa (Rp 697 ribu), biaya oli sebanyak 4 liter (Rp 320 ribu), oli filter (Rp 75 ribu), oli transmisi atau gardan sebanyak 4 liter (Rp 320 ribu), minyak rem sebanyak 2 botol (Rp 90 ribu), busi (Rp 100 ribu), saringan udara (Rp 150 ribu), penetrant dan grease (Rp 85 ribu) serta gasket plug carter dan air baterai (Rp 10 ribu) ditambah saringan bahan bakar (Rp 1,3 juta).

Jika Avanza tipenya transmisi matik alias AT mungkin biayanya bisa lebih mahal sekitar 200 ribuan. Sumber: otosia

BIAYA SERVIS HONDA MOBILIO MATIK CVT

Situs resmi Honda mobil memberikan estimasi biaya servis besar Honda Mobilio matik (tipe apapun sama) dengan jarak 80 ribu kilometer sebesar Rp. 2.271.000 (termasuk PPN 10%). Detailnya adalah antara lain oli mesin 4 liter (Rp. 340 ribu), ring tab oli (Rp. 8 ribu), Oil Filter (Rp. 37 ribu), Busi 4 (Rp. 88 ribu), fuel filter alias saringan bensin (Rp. 401 ribu), Oli CVTF 1 (Rp. 297 ribu), Jasa incl PPN (Rp. 983 ribu).

tampangnya makin keren

BIAYA SERVIS SUZUKI ERTIGA

Seperti situs resmi Honda, situs resmi Suzuki memberikan estimasi biaya servis besar Suzuki Ertiga matik dengan jarak 80 ribu kilometer sebesar Rp. 1.759.800. Biaya tersebut hadir dengan detail antara lain; Jasa (Rp. 540 ribu), Filter Oli (Rp. 35 ribu), Filter udara (Rp. 109 ribu), Oil gasket (Rp. 5.900), Oli mesin 3.1 liter (Rp. 248 ribu), minyak rem 2 botol (Rp. 60 ribu), Engine Coolant 1 galon (Rp. 120 ribu), Oli Matik 5 liter (Rp. 519.500), Busi 4 (Rp. 122.400). Tidak disebutkan biaya sudah termasuk PPN atau belum.

BIAYA SERVIS MITSUBISHI XPANDER

Dan yang terakhir adalah biaya servis Mitsubishi Xpander, si MPV Fenomenal penjungkal Toyota Avanza, penasaran berapa biaya servisnya di kelipatan 40 ribu? Cekidot. Biaya totalnya adalah Rp. 1.743 juta saja. Sayangnya sumber dari gridoto tidak menyebutkan secara rinci biaya atau harga setiap partsnya, juga apakah sudah termasuk pajak PPN atau belum. Yang jelas harga tersebut mencakupi hal hal sbb; oli mesin, filter oli, coolant, minyak rem, engine flush, engine oil treatment, gasoline fuel system, filter udara, oli transmisi dan air freshener.

KESIMPULAN

Dari keempat mobil MPV tersebut ternyata biaya servis berkala yang paling mahal adalah Toyota Avanza, sedangkan yang termurah adalah Mitsubishi Xpander – lepas dari perbandingannya merupakan jenis transmisi manual dan tidak dijelaskan termasuk PPN atau tidak. Dengan begitu lepas sudah kalau Toyota merupakan mobil dengan perawatan termurah dan info Mitsubishi perawatannya mahal, terbukti dari data di atas. So? Semoga bermanfaat lads.


Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

74 KOMENTAR

  1. Dari ketiganya pun …beda2 apa yg di kerjain ga plek ketimplek ….jadi ga bisa juga di bilang yg ini lbh murah dr yg ono …

  2. Nahh itu kenapa saat ini susah mencari biaya perawatan toyota dan mereka tidak lg menyebutkan biaya perawatan berkala karena muaahall minta ampun…..

    Pengalaman pake ertiga dari baru 2014 pake 3 tahun, biaya servicenya di beres recomended banget. Tapi udah dijual dan ganti toyota… 😭

  3. Jadi keinget omongan salah satu petinggi brand otomotif ternama, ” kalo eropa dia jualan mobil… presisi, awet (relatif), bq baik, & sejumlah keunggulan fisik lainnya tp part mahal, service mahal, inden, bengkel jauh, sedangkan jepeng dia jualan service, ok lah kualitas mobil dibawah eropa tp kasarnya keluar garasi mobilnya ringsek bengkel banyak, part terjangkau, ongkos murah & inden g selama mobil eropa

  4. Mahal sih, tp servis di beres resmi atoyot harus diakui emang memuaskan pelayanannya. bahkan ada gimmick bisa minta diantar ke mall terdekat gratis.

    tetep kalo udah lepas servis gratis mah mending ke pihak ketiga aja jauh lebih murah, bisa request part wekaweka juga hehe.

  5. Baheula Honda mana punya produk serendah Kijang coba? Wkwkw..
    ini the best part of this article ghahaahaa…. berarti kijang inofa 2.4 mobil kasta rendah ya mang ? Ghahahahaaa…
    #canda

  6. Kalau mobil servis ringan, item-nya apa aja ya? Maklum nggak punya mobil. Kata pamajikan jangan beli mobil, serpisnya mahal.

  7. Ooohhhh… Ternyata… …

    Calon konsumen yang baca artikel ini bisa jadi menjatuhkan pilihan pada Ertiga atawa Xpander…

    Tapi kayanya tetap berat sih kalo kudu menggulingkan Avanza mah… (meski sudah sering kalah penjualan dari Xpander).

    Mindset kebanyakan orang masih menganggap bahwa Avanza adalah MPV paling ekonomis… Apalagi di kampung-kampung. Asal orang cari mobil second, paribasa “Avanza”.

  8. Awas lo mang ntar fans boy astra mencak2 lo. Mobil idaman tetep pajero mang. Sekarang pegang gd3 dulu dan disyukuri

  9. ya itu…part KW atoyot dibanding part ori brand laen… jadi kesannya lebih murah harga separo tapi life time cuma sepertiga, ujung ujung tetep mahal.
    tp secara gue tidak pernah termakan gimmick part murah, sejak dulu penikmat ” born to run” tahu kan mang, itu merk apa??? dari kelas sedan evo, sekarang ganti diesel common rail, retep mempercayakan kualitas si “born to run”

  10. Pengalaman pake avz dan ertiga…..servis berkala avz tuh tiap 10rb kilo tp klu ertiga tiap 7,5rb kilo harus servis berkala….jadi siapa yg lebih murah hariannya?

      • Ganti oli, spooring balancing, cek filter, aki, dll
        Banyak kok itemnya gak cuma ganti oli doang

        Biaya jasa itu dah termasuk spooring balancing
        Yang gue heran itu filter bensin avanza harga 1,3 juta emang mau seberapa bersih? Mau sejernih air RO kayaknya

        Servis 80k pertimbangkan juga harga kaki2,, kampas rem, sokbreker, tie rod long tierod pasti dah waktunya jajan

      • wheel alignment ga pernah gw percaya ke beres, walau ga semua tapi rata rata di subcon lagi..

        Cek filter? Bisa sendiri, cek aki? bisa sendiri. Bahkan ganti oli pun sebenarnya bisa sendiri hehe.. yang gw ga bisa cuma setel klep ama wheel alignment

  11. beres , di daerah ngk ada pilihan nya blm part indent , klw bandel ana pilih mitsubishi banding toyoda ,S beresnya penuh mulu kurang tk 😉 bengkel umum jg banyak jago, cuma kwalitas n kejujurannya yg susah naker klw ngk nyoba 😂

  12. ikuzus memang lebih murah seperitinya karena sparepart Indomobil yang memang terkenal akan kemurahannya
    atoyot bisa semurah ikuzus juga kalo pake part kw nya, bukan yang dari astra asli
    koreksi kalo salah. hahah

  13. Bulan 7 kmarin baru serpis apansa 2013,,kilometer baru 56ribuan…dan jatah gratis nya udah abis
    Abisnya ya 1,2 jutaan… Cuman ganti oli, spooring balancing,, pake produk engine flushing,, brake cleaner…
    Awalnya hampir 2 juta,, skip2 yg gak perlu, kayak cuci AC,, dll
    Yg bikin miris,, pake oli bawaan 10W-30 (apansa yg baru udah pake 0W) ada biaya tambahan 120 WTF banget lah biaya apaan inih…. Biaya jasa sih ada potongan 25%,,lumayan jadi 400an
    Sekian….
    Eh kpanjangan yak

  14. Kalo untuk belah mesin macem ganti ring piston, bersihin kerak carbon, ganti gasket2 mesin, skir klep/ ganti seal klep itu tiap berapa km idealnya?
    Atau nunggu se nggak enaknya mesin baru dibelah?

  15. Bikin tabel donk Mang.. Biar mudah bandingkannya..

    Anyway, karena saya ga pernah beli mobil baru, jadi ga pernah servis ke Beres. Dan karena mobil2 yang saya beli langka dijalan, saya masih setia sama bengkel langganan saya.

  16. pengalaman di yasir bakpao ane servis 80ribu km di list total 3,6jt printilan2 seperti service avanza + mereka keukeuh nyuruh gw ganti motor fan gelondongan + service ac + spooring balancing + ganti sensor O2 depan belakang mungkin kalo ikut SA mereka bisa jebol kena 6juta,,tapi entah knp gw malah beli rush 2018 skr wkwkwkw

  17. baru minggu kmrn servis avanza G 2013 M/T KM 105000 di bengkel B*S daerah jl raya bogor deket lamer cibubur meliputi :
    tune up
    ganti oli mesin (castrol magnatec full syntethic 5-40)
    ganti oli gardan
    filter oli
    filter ac
    filter udara
    busi 4 biji
    lampu senja 1 biji
    carbon cleaner
    spooring + balancing all
    servis rem all
    ganti ban 2 biji achilles 122

    total 2,5jeti

    pelayanan OK n tempatnya jg enak, pengerjaan terhitung cepet masuk jam 10 pagi jam 12:30 kelar.
    ane ga promosi cm sharing aja

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.