Honda Forza 250 vs Yamaha XMax 250

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Setelah sekian waktu bermain dan melenggang sendirian, Yamaha XMax 250 kini punya lawan sepadan! Sama sama bermain di kelas serupa, Honda Forza 250 dengan lantang menyerukan tantangannya kepada jagoan Yamaha di kelas Maxi Skutik tersebut. Pede banget sih? Hehe. Memang apa saja yang dimiliki oleh sang Forza 250 2018 tersebut? Di atas kertas secara spesifikasi dan fitur siapa yang unggul? Baiklah berikut spesifikasi resmi Honda Forza 250 2018 vs Yamaha XMax 250.. Boleh diintip sebelum memutuskan atau sekedar bahan penambah wawasan..

Melihat langsung, meraba dan mencoba menaiki dalam kondisi statis, setidaknya membuat KBY dapat mengetahui sejauh mana kehandalan Honda Forza 250 terbaru ini dalam bermain di kolam yang sama dengan XMax.. Inget ye, ini masih pendahuluan, mukadimah hehe.. So biar fair and square, perbandingan juga dengan XMax dalam keadaan statis, belum mencapai ranah test ride.. Insya Allah di Thailand nanti bersama tim TDR dan YSS, KBY bisa nyobain si Forza..

Honda Forza 250 vs Yamaha XMax 250 1

Desain Forza memang memiliki pendekatan yang berbeda dengan XMax lads, di saat XMax mengedepankan konsep sporty sebagaimana halnya ciri khas Yamaha, Honda juga tetap mempertahankan karakter produknya yang kebanyakan elegan, mewah tanpa meninggalkan kesan sporty. Yak desain Honda Forza 250/300 memang lebih condong ke aura elegan dibanding sporty.

review Honda Forza 250

BUILT QUALITY HONDA FORZA 250 vs YAMAHA XMAX 250

Tentu lads masih ingat kalau KBY sudah sempat melakukan test ride dan review dari Yamaha XMax 250, kalau belum baca mangga diklik link berikut (Test Ride Yamaha XMax dan Review Dua Hari Bersama Yamaha XMax) juga sudah membuat komparasi untuk versi 300cc-nya (Yamaha XMax 300 vs Honda Forza 300). Bedanya, kali ini KBY sudah lihat dan pegang langsung si Forza 250.. Lantas dari sisi built quality menurut KBY mana yang lebih baik?

built quality Forza 250 istimevva!

Sori ya buat penggemar XMax hehe, ternyata kualitas buatan alias built quality Honda Forza 250 CBU Thailand ini lebih baik.. Cat tebal, kinclong, plastik solid, tebal dengan jarak perakitan antar part presisi.. Meraba bodinya, dari depan hingga belakang terasa begitu kokoh, bahkan catnya pun terasa banget tebal dan berkualitas, silakan tonton deh videonya di bawah..

Honda Forza 250 vs Yamaha XMax 250 3

Ini mengingatkan KBY pada Honda PCX 150 2014 CBU Vietnam vs Yamaha NMax hehe.. Solid dan kokohnya dua skutik maxi ukuran sedang tersebut berbeda.. Sebenarnya hal yang wajar karena NMax diset untuk memiliki harga terjangkau di Indonesia.. sudah cocok sih harganya, kalau dikasih mendekati PCX CBU tar gak masuk lagi harganya hehe..

Tapi bicara kemewahan, ada satu bagian yang membuat Forza kalah lagi dari XMax, yaitu bagian keyless, punya Forza meskipun ada lampu ringnya, namun materialnya dan warnanya terlihat biasa seperti , beda dengan XMax yang terlihat mewah berkat warna cat black piano.. Forza 250 juga kalah dalam sisi akomodasi karena hanya memiliki satu kantung depan di kiri, sedangkan XMax ada dua.

Honda Forza 250 vs Yamaha XMax 250 4

ERGONOMI FORZA 250 vs XMAX 250

Giliran impresi menduduki Honda Forza 250 nih, hmmm.. ini awal awal loh ya, lom jalan, KBY merasa memang lebih rilek Forza sih, kalau XMax lebih sporty dengan setang sedikit agak ke depan, kurleb kaya NMax vs PCX lagi nih.. Tapi posisi duduk keduanya sama nyamannya lah..

Review Honda Forza 250 ergonomi

Begitu merasakan joknya.. nah ini dia, Yamaha XMax 250 unggul banget lads! Joknya yang lembut kaya sofa memang terasa lebih baik dibandingkan Forza 250.. Busa Forza memang terlihat solid tapi tak selembut milik maxi Yamaha tersebut lads.. Wah kalau pilih kenyamanan duduk sih jelas XMax lah ya.. Tapi soal kemudahan rider, Forza yang lebih pendek joknya pastinya yang unggul.

Tapi jangan tanya kalau sudah jalan soalnya baru XMax yang sudah dites jalan dan memang shock belakangnya terasa firm, namun sangat sangat terlindungi oleh lembutnya sang jok. Shock depan XMax juga terasa kaku meskipun tidak sampai mengorbankan handling maupun kelincahannya. Mungkin pengaruh dari model suspensi depan yang seperti sport ya…

Mungkin lusa KBY bisa mendapatkan kesempatan nyobain riding Forza 300 yang secara spek hanya berbeda kapasitas mesin dengan Forza 300.. Semoga, biar bisa lapor apa yang jadi beda antara shock depan model “skutik biasa” seperti pada skutik kebanyakan ala Kymco, SYM dan skutik di bawah 250cc lainnya..

Honda Forza 250 vs Yamaha XMax 250 6

SPESIFIKASI HONDA FORZA 250 2018

Pada generasi terbaru ini wheelbase menjadi 1,510 mm alias lebih pendek 36mm dan panjangnya kini justru jadi lebih pendek 24mm menjadi 2,142mm. Sementara Yamaha XMax 300 PxLxT: 2160 x 790 x 1,085 (mm) Di bagian kaki-kaki, revisi ring pelk jadi lebih besar yang sebelumnya 13 inch belakang dan 14 inch depan dinaikkan satu tingkat menjadi 14 inch belakang dan 15 inch depan.

Frame aka sasis baru diklaim lebih rigid namun ringan, hasilnya bobot New Honda Forza 300 2018 terpangkas 12 kg dengan bobot kotor kini hanya 182 kg saja. Jika dilihat lebih seksama perombakan juga menjamah suspensi lads, derajat kemiringan shock belakang  yang bisa diseting 7 tingkat kekerasan terlihat lebih miring yang asumsinya akan lebih nyaman ayunannya, di depan diameter shock mengadopsi ukuran 33 mm. Piringan cakram 256mm depan dan 240mm belakang (ABS).

Mesinnya Honda Forza 250 2018 memiliki kapasitas mesin sebesar 249cc SOHC 4 klep liquid cooled yang mampu memuntahkan tenaga hingga 23.52 PS (17.3 kW)@7,500 rpm, dan torsi 24Nm@6,250 rpm. Beuh kuatnya juga ya, kalau dibanding XMax gimana?

XMax punya bobot lebih ringan 3kg, yaitu 179, wheelbase lebih panjang 1540mm vs 1510mm, secara teori Forza akan lebih lincah. Tenaga Xmax adalah 22,85Ps (16.8kw)/7.000, meski kalah tapi selisihnya gak sampe 1PS lads.. Sudah gitu torsi XMax juga lebih besar, yaitu 24,3 Nm/5500. Catatan, tenaga dan torsi XMax juga diraih pada rpm lebih rendah, artinya secara teori, Maxi Yamaha ini akan lebih ngacir duluan.

THE VERDICT

Sekarang tinggal hitung hitungan harga, ini kalau soal desain dikembalikan ke selera masing masing ya, senang Forza yang elegan dan desain yang benar benar fresh belum ada di Indonesia, atau tetap XMax yang lebih sporty? Perbedaan harga 13jutaan dimana Forza harganya 70 jutaan dan XMax ada di 57 jutaan, apakah worthy jika kelebihan Forza 250 ada pada kualitas material dan built quality yang aduhai, windshield electric, speedometer lebih mewah serta kapasitas bagasi lebih besar 3 liter.

Semoga komparasi Honda Forza 250 vs Yamaha XMax 250 ini dapat menambah wawasan kita semua ya.. Mangga ditambahi jika sekiranya ada yang terlewat oleh KBY. Jangan lupa subscribe Youtube Channel KBY yaaaa..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

103 KOMENTAR

  1. Sebagai pemakai harian xmax ..tetap pilih xmax dari harga selisih 13jt dapet motor lg ? ..
    Masih ada dan pakai pcx generasi pertama ampun spare part nya inden lama..apalagi forza ini..
    Harga sparepart xmax pasti jauuuuhhh terjangkau dibanding forza ini..
    Automatic windshiled…kebanyakan di ganti after market ws nya
    Xmax parkir, serempet2 dijalan body lecet gampang sama terjangkau wong buatan sini
    Menangnya forza ya eksklusifitas ?

      • iyam kan mestinya impor lebih mahal, jadi di thai mestinya xmax lebih mahal dari forza

    • xabre indo vs m-slaz thai aja mahalan m-slaz thai loh, xabre dan m-slaz kalo ga salah yamaha indo dan thai bikin sendiri2.

    • mungkin cost produksi di thai lebih tinggi, dan mungkin standar kualitas juga lebih tinggi.. Entahlah.. ?

      • Xmax indonesia d eksport ke thailand jg standart kualitas’y pasti udah sesuai ama standart thailand mang.
        Kalo standart thailand z gk tercapai, masa bisa d eksport ke eropa &amerika yg standart’y quality’y lbh tinggi.
        Imho

      • Betul, intinya tiap motor yang di ekspor pasti sudah memenuhi persyaratan yg diminta pihak sana..

        Itu kenapa QC akhir tiap part untuk jualan ekspor bisa 3x lipat daripada produk untuk dijual di lokal..

      • Dan utk kualitas material/build quality sama kan mang antara yg eksport dan lokal.
        Produk lokal citarasa global.
        Imho

    • Kalo spionnya elektrik iya bagus
      Ini spionnya pindahin pake tangan juga
      Jadi ya 11-12
      Menurut ai menangnya hanya di electric windshield aja

      • tapi banyak juga loh pengguna xmax yg memodif spionnya dipindahin ke fairing depan pake spion r25 atau cbr250rr.

    • Pendapat pribadi baik dr model dan harga,xmax msh best value.klo soal windshield emang kelebihannya tp xmax setang bs disetel loh. trus spion bs modif jg ddpn. Kdpn klo ad facelift pasti bakal lbh full fitur nih xmax.

    • Ane lebih suka spion yg di stang , lebih leluasa ngeliat ke belakang klo stang belok krn kaca lebih dekat ke badan rider , bisa lebih awas pantsu pergerakan di belakang

  2. Wajar sihh..
    Build Quality AP Honda Thailand Dari Dulu memang JUARA!
    Beda dengan AHM
    you know laahh

  3. Kmrn minggu pas GIIAS dateng ke booth Yamaha & booth Honda…

    Jauuuh yah…ujung ke ujung ??

    Dan akhirnya…pilihan SPK jatuh di booth Honda

    Emg bener kata mang kobay…elegan & eksklusif..fresh design..BQ-nya mantepp…

    Pinjem istilah blog sebelah “celengan ambroll caakk..” ???

  4. Speek beda dikit

    Sama sama gak kepanasan kalo lagi ujan. Dan gak keujanan kalo lagi panas,

    Kalopum udah malem juga gak akan kepanasan

    Ngah ngah

    Jokowi-puan 2019 indonesia ancur

  5. Mending xmax si yah…selisih 13 jt tpi fitur yg unggul cma ada windshield elektrik + build quality doang rada ngga worthed si

  6. kayanya produk YIMM ga ada yg pake lampu sein LED ya? (CMIIW)
    bahkan yg kelas 250cc sperti Xmax aja sein-nya msh bohlam? apakah YIMM ga bisa bkin sein LED?
    mungkin emang kliatannya ga trlalu penting, tp mmpengaruhi prestige juga loh
    IMHO

    • Lampu sein kan jarang nyala bro, dan kalopun pas nyala kedap kedip doang jadi ga terlalu boros listrik sehingga pake bohlam biasa aja ga masalah.

      • Bukan boros listriknya bro, tapi umur pakai sein itu sendiri, kalo sein bohlam bisa gampang putus, kalo led lebih susah untuk matot

    • Led led , ane ga perlu sein led & stoplamp led, yg penting headlamp nyala warna putih terang ky suzuki nex ll / aerox / lexi itu udah ok

  7. lampu sein xmax masih pake bohlam, sedangkan forza full LED..(CMIIW)
    apakah YIMM ga bisa bikin sein LED?

    • shock depan X max 250 ala motorsport sedang forza kaya skutik entry level pada umumnya. apakah honda ngak bisa bikin shock depan di maticnya sama dengan motorsport

    • Bikin lampu utama “led” yg gak silau z bisa gan.
      Apalg cuma sein led biasa.
      Sebelah bisa gak gan bikin lampu led yg gk bikin silau di mata??
      Kwkwkwkwkwkwkw

    • Tambah lagi gesek atm mu 13.000.0000 ,-
      Klo ane dgn harga wajar, lokal , banyak sparepartnya dari cbu , torsi gila 5.500 vs 6.250 dgn bobot lebih ringan 3 kg , fix xmax

  8. Ada satu yang ketinggalan nih mang Kobay, kapasitas bagasi forza memang lebih besar dari xmax, tapi tangki bbm justru lebih kecil (kemakan bagasi?).

  9. Buat yg kesemsem sama Forza jangan nunggu lokalannya, mendingan ambil CBU punya.
    Lebih mahal? Iya.
    Lebih mahal sparepartnya? Iya.

    Tp lu bakal dapetin kualitas yang jauh uh uh uh dibandingkan buatan lokal.

    Serius beda banget deh. Gue punya cbr cbu thai BQ nya lbh bagus drpd lokal.

    Tp kalo ga ada duit buat minang forza, mendingan ambil xmax hehehe

    • Dan salesnya bilang 70an itu angka maximal…

      Strategi as**a kan gitu sejak zaman CBR 250RR & PCX….pas rilis harga tinggi…..tapi ga lama kemudian harga resmi turun….

      Jadi forza harusnya sih pas harga resmi rilis ada di kepala 6-an…

      Kalo kata salesnya….???

  10. Dikarenakan status masih CBU selisihnya lumayan forza bisa main aman lah gaperlu muluk” overtake penjualan xmax tapi kalo udah lokal plus harga sepadan saya yakin potensial buyer pada larinya ke forza

    • Klo ane fix xmax , lebih ringan 3 kg , udah gitu torsinya gila lebih gede dari firza , di xmax 5.500 vs firza 6.250 , ngacir beut xmax buat stop n go juos. Ane pernah di kelapa 2 depok yg macet, lha xmax hampir ngak kalah gesit dari aerox ane

  11. yg priceless disini adalah shock depan, ga bisa ganti sendiri yg model full + kedepannya sparepart (harga/inden) tau sendiri lah honda kalo cbu
    tapi kalo kesengsem new model sama kelihatan mewah, go lanjut aja

  12. ARTIKEL SELAJUT NYA GW DAH TAHU SIAPA YANG UNGGUL, JADI GG PERLU DI BUATKAN ARTIKEL NYA, MAKLUM JALAN JALAN KE THAI SIAPA SPONSOR NYA HAYOOOOO, DAH ITU AJA…..

  13. artikel selanjut nya gw sudah tahu siapa yang menang, jadi gg perlu di buatkan artikel nya, sponsor jalan jalan ke thai siapa hayoo..
    kapan indonesia bisa maju kalau informasi selalu di manipulate cuma karena uang , hadewww

    • terus mereka bilang, blog punya gw masalah loe apa, emang loe bisa kasih makan gw, loe bisa nya cuma nyinyir, begitu kata mereka

    • Gw paling Demen deh sama komentator kek gini, terutama di saat fitnah mereka salah wakakaakaa.. Sayangnya yg kaya gini Cuma banci, soalnya ngumpet di ketek nickname ga jelas wkwkwkw…

    • Kobay mah bukan org yg tepat jadi tim swat , ane ngerasain sisi imbangnya , ngak ketara banget kobay bikin honda itu produk yg sesuatu banget yg laen biasa aja, kobay ngak trampil bermain kata² spt itu (meski diperhalus bgs penulisannya ada loh blogger kondang yg ketara berat ke honda , entah krn dia fbh atau A(mflop) factor)

  14. Sebagai pemakai GTS250i dan XMAX… untuk dipakai harian saya tetap pilih XMAX. Kapasitas tangkinya Forza itu lho… Nanggung. Sama seperti GTS250i. Soal fitur windshield… paling terpakai di awal… cari settingan yang pas. Kalau sudah pas, apa masih mau naik turun lagi?
    Yang menarik dari Forza hanya spion dan standar tengah. Tapi pengalaman spion GTS250i rusak… gantinya bisa 1jt. Plus-minus sih…

    Mohon review standar tengah dong… karena posisi standar tengah beda banget sama GTS dan XMAX.
    Terus mohon review juga lampu beam. Baik posisi tombol, sudut cahaya, dan efektivitasnya saat ingin mengatakan “permisi… ” di malam hari.

    Pada akhirnya pasar yang akan membuktikan. Elegan vs gampang dimodif.

    • Oh, satu lagi… pernah lihat review forza 125 eropa. Komentarnya posisi spion kurang tinggi, Jadi saat lihat ke belakang terhalang siku. Forza 250 gimana posisi spionnya? Cukup tinggi dan lebar kah untuk lihat ke belakang tanpa terhalang?

  15. Soal Desain ane kepincut ma Forza, tapi kalo ahm yg jual ribet di spare part. Pas gw tanya stang verza di bagian spare part di honda cibereum katanya doi cuman jual kanvas rem ma oli doank. WTF!

  16. Forza 250 cuma menang gimmick windshield elektronik, itu yang di gembar gemborkan bloger ternakan, kelebihan X-Max windshield bisa dinaikdinatueunkan juga-setang bisa di atur maju mundur-kunci pengaman rahasia mematikan pengapian (jadi double safety sudah keyless ditambah pengaman lagi)

    • Dibilang gimmick bisa sih, tapi setelah gw praktekin sendiri di jalan Raya, ternyata gak cuma gimmick semata hehehe… Mksdnya, ya sangat bermanfaat ternyata itu windshield elektronik

      • Serius nanya mang Kobay, berhubung belum pernah ngerasain maxi scooter. Fitur electric windshield itu penting banget ya? Maksudnya apa sering dipake selama perjalanan misal lagi touring gitu, windshield dibuat naik turun bolak-balik? Mohon pencerahannya, jangan di-bully ya ☺️

  17. Mmmmmmm, so mang kobay jadi pilih yang mana? Katanya mw beli 1 big scooter 250
    Mw jadi fby atau fbh lagi????
    Hayo yang mana hayo
    Wkwkwkwk

  18. Secara desain forza unggul sedikit dibandingkan xmax. Kekurangan xmax dari segi desainnya mungkin jidat warna hitamnya terlalu lebar terus cover tengah yg silvernya terlalu panjang dan klo forza kelihatan lebih enak dilihat.

  19. Elektrik w.screen itu fitur yg ngak setiap hari kita adjust , klo udah dirasa pas ya udah , kaya kaca spion , udah pas ya udah fix ngak perlu diutak atik lg, buang waktu jg. Klo torsi jengat xmax yg lebih gede dari forza , torsi xmax jg cepet dapet max 5.500 dgn bobot 3kg lebih ringan , itu yg tiap saat tiap detik tiap menit kita rasakan manfaat ngacirnya dgn enteng , joy ride xmax lebih sering dirasakan manfaatnya dari fitur nyesuaiin w.screen yg diawal²nya aja perlu dan hanya sesekali aja dipake , overprice 13.000.000,00

  20. Bukanya forza udah pake riding mode kang? Honda Selectable Torque Control (HSTC), xmax msh biasa.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.