Review Konsumsi BBM Suzuki Baleno Hatchback Matik AT

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Suzuki Baleno Hatchback terbaru dari Suzuki memiliki dua pilihan transmisi yaitu Manual dan Matik (AT) 4 speed. Nah bagi lads yang mantengin blog KBY ini tentu tahu saat mudik lebaran tahun 2018 ini, kobayogas dan keluarga dapat amanah berupa Baleno hatchback warna merah transmisi otomatis. Sebagai mobil keluarga dengan kapasitas 5 tempat duduk tentu konsumsi bbm menjadi salah satu faktor yang diintip calon konsumen, apalagi zaman now saat harga bbm kembali naik hehe. Nah ini adalah review konsumsi bbm Suzuki Baleno Hatchback matik saat digunakan harian dan mudik ke Bandung.. Geber biar gak penasaran..!!

Biasanya orang akan berpikiran kalau transmisi otomatis alias matik itu identik dengan boros bahan bakar (BBM), gak salah juga sih terutama jika dibandingkan dengan transmisi manual, harap dimaklumi pada umumnya mobil dengan transmisi AT itu bobotnya memang lebih berat sekitar 10 hingga 20kg dibandingkan tipe manual lads.. Apa yang bikin berat? Ya tranmisi otomatisnya itu yang bikin berat bobot. Belum lagi karakter mobil matik yang open throttle alias gas selalu dalam keadaan engaged terutama saat transmisi pada posisi D dan rem diinjak. Nah berapa sih konsumsi bbm Baleno Hatchback AT ini?

Review Konsumsi BBM Suzuki Baleno Hatchback Matik AT -1

Suzuki Baleno hatchback AT KBY gunakan selain untuk harian juga untuk mudik jauh, yaitu ke Bandung hehe.. deket yak. Namanya mudik menjelang hari Lebaran ya sudah bisa ditebak pasti macet, untungnya sih gak sampai harus berjam-jam, padat tapi jalan meskipun pelan pelan. Saat di Jakarta juga sempat digunakan sebelum ke Bandung, plus di Bandung juga dipakai jalan jalan bersama keluarga.

Koridor pengetesan konsumsi bahan bakar Suzuki Baleno Hatchback AT ini simpel saja lads, mengandalkan AVG (Average) yang ada pada MID (Multi Information Display) di Speedometer Baleno yang lengkap banget!

Review Konsumsi BBM Suzuki Baleno Hatchback Matik AT-2
begitu isi bensin AVG reset ke angka 0

Nah konsumsi BBM Baleno Hachback matik tahun 2017 warna merah ini ternyata hasilnya variatif lads, tergantung kondisi lalin dan jarak juga. Saat digunakan di Jakarta sebelum mudik, sempat kena macet lumayan parah dan digunakan jarak dekat dekat saja konsumsi BBM di MID Baleno sempat menunjukkan angka 1:8.4 di dalam kota.

Review Konsumsi BBM Suzuki Baleno Hatchback Matik AT -3

Begitu masuk tol dan ketemu jalanan padat dan lengang, AVG pada MID berangsur angsur naik. Kecepatan pun variatif dari 50km/jam hingga geber pol nyobain top speed (berapa? Ntar ya artikel terpisah hehe..) dan didapat lah konsumsi bbm Baleno Hatchback AT ini di angka 1:14.2 untuk hasil terbaik selama berada di jalan tol baik saat pergi maupun pulang ke Jakarta.

Review Konsumsi BBM Suzuki Baleno Hatchback Matik AT -4

Selama digunakan jalan jalan di Bandung pun angka pada AVG nya berubah ubah, tergantung kondisi lalin, sempat drop di 1:9.8 itupun karena sering nungguin di Toserba dengan kondisi AC nyala, mau dimatiin kasihan si kecil kepanasan. Sisanya si konsumsi bbm Baleno bermain di angka 1:11-1:13.

Review Konsumsi BBM Suzuki Baleno Hatchback Matik AT -5

THE VERDICT

Bagi KBY pribadi, konsumsi bbm Suzuki Baleno Hatchback AT ini termasuk kategori irit, dengan asumsi selalu digunakan di kota yang saban hari macet maka angka AVG pada MID akan bermain di 1:10-an, yaaa kalau ditambah sering nunggu tanpa matiin mesin dan AC selalu on misalnya, angka 1:9-an masih dapat di raih. Oia jenis bbm-nya variatif juga lads, saat berangkat ke Bandung KBY cobain pertamax sedangkan waktu balik ke Jakarta pakai Pertalite.

Konsumsi BBM Suzuki Baleno Hatchback Matik AT

Loh kok lebih irit Pertalite kang? Tuh angkanya 1:14.2.. Kenapa hayooo? Karena kalau dari Bandung jalannya lebih banyak menurun hehehe.. Semoga bermanfaat sharing review konsumsi bbm Suzuki Baleno Hatchback matik seharga Rp. 212.000.000 ini lads..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

25 COMMENTS

  1. Akhirnya terbit juga artikel ini… Lagi nabung buat Beli janda mobil 5tahun lagi nih…😂

    Berharapnya 5 tahun lagi mobil ini bisa kebeli (jandanya)

  2. Nice article om… saran saja, lebih mantap kalo dicantumin spek teknisnya. Bravo bang Kobay🖒

    • mesin persis R3 1400 cc, cuma firing order ditata ulang atau tidak kurang tahu
      yang asyik itu untuk manual dan matic, semua fitur sama, hanya beda di system transmisi saja
      ada opsi untuk hiburan bisa tukar touchscreen yg awalnya 2din

  3. mang, untuk muatan juga gmn? berapa persen bobot muatan dari berat total? karena dari bobot yg signifikan sangat mempengaruhi komsumsi bbm.
    ambil contoh beban AC, jika rata rata beban AC 2 HP, akan berpengaruh kecil ke konsumsi bbm jika mobil 200 HP, tapi klo mobil 100an HP dibebani AC 2 HP, ya kerasa agak boros, apalagi ditambah jalan nanjak

      • banyakan gw donk kmren mudik, bawa mobil kaleng. gula 50kg, koper baju 5, beras 2 karung, kira2 80kg, blm gula kiloan, oleh etc ama taneman 1… wkwkwwk

        handling jadi ngaco tp Alhamdulillah selamat. Bensin pake pertamax irit juga, muter2 dijabar n jateng, cilacap purwokerto n batu raden dengan jarak tempuh kurleb 1300km cuma habis 600rb sampe rumah penuh lg.

  4. gue sebenernya ngincer ini baleno, untuk variasi drive dalam kota saja, untuk luar kota sudah mengandalkan diesel common rail

  5. Bay mobil matic dibawah 900jt yg gak cvt apa bay. Gw lagi males pake kopling kalo macet macetan .Yg responsif sih. Kayanya yg dct belom dpt yah? Ngah ngah ngah

      • Wasyu. Sigra at jaduel. Lebih bosok dari cvt boy.

        Vw rupanya yah .

        Kalo bmw series 3 itu at nya apa mang? Kayanya masuk juga tuh .wkaka

      • Dulu sih namanya SMG (Sequantial Manual Gearbox), sampe SMG III (2006), belakangan namanya jadi DCT 7 speed buatan Getrag (mulai 2008) sampe sekarang. Tapi cuma tersedia di seri tinggi sih kalau gw baca

    • Mazda 6 Estate Skyactiv saja. itu pakai transmisi Skyactiv Drive (merk dagang Mazda untuk transmisi geared AT / TC-AT mereka).
      mobil impian saat ini. sayang harganya di luar budget…

    • untuk versi yang gw pake ini (2017) belum dpt Touch screen, yang dijual sekarang2 ini baru udah.. nah kalau kamera gw blm cek yang 2018 apa udah ada atau belum

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.