Review dan Test Drive Suzuki All New Ertiga 2018

Kobayogas.com – Hola lads para pembaca setia Kobayogas, salam geberrr.. Akhirnya kesempatan itu datang juga, rasa penasaran ingin nyobain mobil MPV 7 tempat duduk terbaru dari Suzuki – All New Ertiga bisa kesampaian! Pada satu kesempatan tersebut KBY bisa melakukan review dan test drive Suzuki All New Ertiga MT ESP 2018, yoi, Ertiganya tipe Manual Transmission alias transmisi manual yang sudah pakai ESP – Electronic Stability Program, fitur anti selip dan ngesot yang ada di MPV Suzuki ini. Seperti apa kesimpulan dari hasil test drive MPV terbaru Suzuki yang punya tag line The New Face of Urban MPV – Gear to Gather tersebut? Nah geber dulu yuks..

All New Ertiga MT ESP ini merupakan tipe termahal kedua setelah versi matiknya, harganya Rp. 228 juta, beda 10,5 juta dengan versi otomatis (baca: Harga Suzuki All New Ertiga). Sebenarnya KBY sangat ingin mencoba All New Ertiga AT ESP lads, ingin tau seresponsif apa dan sehalus apa transmisi matiknya, tapi sudahlah better luck next time, toh tipe manualnya juga patut dicoba sih tenaganya seperti akselerasinya serta kesigapan dan keakuratan perpindahan tiap giginya. Selain itu test drive Suzuki Ertiga versi MT ESP juga bisa merasakan koplingnya lads, enteng atau berat, jadi bisa tau sejauh mana kenyamanan buat betis kiri hehe..

KBY tidak akan mengulang akan desain dan sosok dari Suzuki All New Ertiga ini ya, lads bisa klik link ini – galeri foto All New Ertiga untuk mengamati dan menyidik nyidik lebih jauh akan sosok mobil berjenis MPV dengan tujuh buah tempat duduk ini.. Dan ternyata MPV ini tak hanya punya wajah baru alias New Face, tapi lebih dari itu! So langsung aja ke sesi review dan test drive Suzuki All New Ertiga MT ESP!

REVIEW TEST DRIVE SUZUKI ALL NEW ERTIGA MT ESP

KENYAMANAN

Sektor kenyamanan ini meliputi ergonomi seperti Driving Position, kenyamanan seat alias jok tempat duduk, seperti lekukan jok apakah ergonomis dan memeluk tubuh dengan baik, ketebalan dan keempukan busa jok saat diduduki baik sebagai driver maupun penumpang. Penumpang di sini dari depan hingga baris paling belakang ya.. KBY kebetulan sudah mencoba semua lads..

Driving position layak dapat jempol, meskipun setir masih mengadopsi tilt-steering saja tapi setelan joknya oke punya – termasuk bisa dinaik turunkan, driver jadi bisa mendapatkan posisi nyupir yang pas tanpa mengurangi visibilitas ke depan, samping atau belakang. Joknya juga suportif dengan busa tebal nan empuk, memeluk tubuh dengan mantap, sudah semi bucket seat sih. Kenyamanan jok ini dirasakan hingga jok paling belakang lads.. NILAI 8,5

Review dan Test Drive Suzuki All New Ertiga

Nah kenyamanan juga membahas kelegaan jarak antar tempat duduk, tak sia sia All New Ertiga bodinya melar dan lebih panjang, karena kini duduk di paling belakang pun bagi penumpang dengan tubuh 165cm dan bobot 72kg kakinya masih cukup lega. Simulasi dilakukan dengan memundurkan jok tengah ke paling belakang dan menyenderkan jok 2 step.. Kaki KBY nyaris mepet tapi gak mentok. Kemudian jok tengah diatur agar penumpang tengah kakinya masih lega tapi gak bikin baris ke tiga sempit, hasilnya? Kaki penumpang paling belakang jauh banget! Enak!

Di baris ketiga juga posisi duduk masih nyaman, paha tidak menggantung dan 3/4-nya tertopang busa dengan baik, artinya apa? Untuk perjalanan jarak jauh pastinya lebih nyaman dong, gak cepat pegal. Tentu saja tempat duduk belakang jangan diisi yang tingginya lebih dari 170cm ya, karena hasilnya bakal berbeda, kepala bisa mentok atap, kaki bisa mentok jok tengah hehe. KBY juga suka head rest-nya yang empuk, gak bikin kepala sakit atau puyeng saat bersandar. Sektor ini dapat NILAI 8.5 karena dikurangi seat belt adjuster yang menghilang..

Review dan Test Drive Suzuki All New Ertiga 2

Kinerja kopling juga masuk hitungan, berat atau enteng, soalnya akan berpengaruh kepada kenyamanan sang driver toh? Ternyata enteng tuh, kena macet juga gak ngeluh, tapi tetap aja kalau kena macetnya berjam-jam ya? WKwkwk.. NILAI 8

Kenyamanan All New Ertiga juga membahas kinerja suspensi secara keseluruhan, opini KBY kinerjanya mantap, empuk tapi tetap Stabil, gejala limbung minim, artinya ini masih sama dengan versi lama, good job! NILAI 8.5

Sejuknya pendingin udara juga masuk jadi penilaian dan lolos dengan baik, juga fitur amenities pendukung kenyamanan driver dan penumpang seperti power outlet, kemudahan mengoperasikan Audio Video juga dihitung. Bahkan, intrusi suara alias kekedapan kabin juga termasuk poin yang dinilai oleh KBY. Sektor ini dapat NILAI 7.5 karena ternyata peredaman kabinnya kurang mantap. Suara ban sih gak masuk, tapi suara orang dan kendaraan lain cukup jelas masuk kabin.

PERFORMA MESIN

Sekarang beralih ke performa mesin Suzuki All New Ertiga MT ESP.. mesinnya baru dengan kode K15B 1.462 cc DOHC VVT menggantikan K14B 1.373 cc yang di pakai ertiga lama. Artinya sesuai kode K15, mesinnya sudah 1.500 cc. Tenaga yang dihasilkan juga tentu mengalami kenaikan, kini tenaganya mencapai 104,7 daya kuda (ps)/6000 dan torsi 138 Newton meter (Nm)/4400. Sebelumnya, Ertiga hanya punya tenaga 93,6PS/6000 dan torsi 130Nm/4000. Terlihat torsi maksimal diraih pada rpm yang lebih tinggi lads..

Review dan Test Drive Suzuki All New Ertiga 4

Mencoba akselerasi dari posisi diam dan akselerasi pertengahan seperti menyalip, All New Ertiga tidak pernah kehabisan nafas.. RPMnya naik dengan cepat dan bertenaga di setiap putarannya. Tapi karena keterbatasan waktu KBY tidak dapat meraih performa puncaknya, ya lain kali lah ya hehe.. Lagian macet dimana mana, gimana mau geber pol hehe.. Yang jelas pergerakan tuas transmisinya akurat dan sigap, minim gejala speleng. Keseluruhan sektor ini dapat NILAI 8.

Review dan Test Drive Suzuki All New Ertiga 5

KONSUMSI BBM ALL NEW ERTIGA

Ngobrolin soal macet, kondisi ini juga menjadi salah satu yang membuat konsumsi BBM Suzuki All New Ertiga jadi drop banget hehe.. Ditambah beberapa kali pengetesan akselerasi, jadi aja konsumsi bbm-nya cuma 9,6km/liter.. drop jauh sebelum terkena macet dan tes akselerasi yang bermain di angka 13.6km/liter. Tapi setidaknya ini adalah kondisi real dimana kalau hari hari rute selalu kena macet .. Setuju? Nilainya 7,5 saja lads.

Review dan Test Drive Suzuki All New Ertiga 2018 1
konsumsi bbm All New Ertiga

THE VERDICT

Secara keseluruhan, Suzuki All New Ertiga memang lebih baik! Baik dari Ertiga terdahulu maupun dibandingkan dengan kompetitor.. The New Face of Urban MPV Gear to Gather tak hanya tampang dan desain baru, karena beberapa fitur unggulan hadir seperti socket charger yang lebih banyak, pendingin minuman pada console depan, layar monitor yang besar, speedometer tampilan lebih mewah, tombol start stop – smart key, ESP, hill hold control hingga dimensi yang lebih luas dan panjang ditambah kenyamanan jempolan yang memperkuat kata kata Gear to Gather – alat/ media atau wadah untuk berkumpul..

Review dan Test Drive Suzuki All New Ertiga 7

Yah memang beberapa fitur jadi dipangkas untuk mengakomodir harganya seperti seat belt height adjuster menghilang, AC belum digital dan handle atap yang tak lagi model lipat. Namun semuanya masih masuk akal jika dibandingkan dengan harga yang diberikan.. Apalagi kini mesin All New Ertiga sudah baru, 1500cc yang lebih powerful dan sigap namun tetap efisien..

Mangga digeber Video Review Suzuki All New Ertiga di bawah ini, jangan lupa subscribe ya

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

37 KOMENTAR

  1. klo mw kosong melompong ke Cipali aja x mang pas malem2… (edisi gelar top speed kek Yudibatang), sekalian ke alas roban buat gelar cerita mistis yg udh lama gak ada di blog ini

    • aman mang, tapi memang belum komprehensif seperti misalnya muatan penuh..

      udah di tes diparkiran rumah sakit yang tanjakannya lumayan tinggi hehe..

  2. desain lampu belakang klo lagi nyala keren bingitsss….. perubahan di sektor mesin harusnya makin mendongkrak penjualan ertiga ini apalagi target pasar yg disasar kelas xenia-mobilio ….

  3. Bagus euyyy…. Beli gak ya ? Gg ah lom cukup saldonya
    Wah kirain esp enhans semar power. Ati2 nulis judul lads ho a… ho e…

  4. Sayang banget pengaturan arah ac-nya disunat sampe cuma nyisa ke arah kaki, padahal fitur itu salah satu nilai lebih di ertiga

  5. Dari depan, desainnya innova reborn wannabe
    Dari belalang, desainnya CRV turbo wannabe
    Ertiga mobil yg mengerti keluarga indonesia

  6. Jadinya overall lebih baik New Ertiga dibanding Old Ertiga ya Mang Kobay.

    Di keluarga besar kami totalnya ada 5 Old Ertiga.

    Dulu ponakan yg di Bekasi minta advis beli Ertiga apa merk sebelah yg populer. Saya bilang sambil merem ambil Ertiga.
    Eh nggak lama dua ponakan lagi yg di Bekasi juga beli Ertiga.
    Disusul anak no.2 saya dan ponakan yg di Surabaya.

    Cuma ponakan Surabaya agak kecewa krn enggak dapet info kalo mau keluar New Ertiga.

  7. Yg pling disayangkan hilangnya armrest jok baris kedua kang. Padahal yg gen 1 ada dan satu2nya LMPV yg punya armrest baris kedua..

  8. Salfok sm speedonya, Batas atasnya gak sekalian sampai 300 kph tuh? Wkwkwk. Saya kok kurang suka kalo batas atas speedometer terlalu tinggi.. Kurang nikmat bacanya. kurang safe juga soalnya karena skalanya terlalu luas, “seolah” mengindikasikan kalau kecepatan yang kita capai masih rendah meskipun udah lari 100kph di tol misalnya. harusnya mobil lmpv 1500cc-an batas atas speedonya dikasih di 140/160 kph aja.. Toh ga ada kan yang cukup gila mau geber lmpv diatas kecepatan itu. Sukur2 diatas 100 di speedonya dikasih redline & buzzer kecil kaya mobil jadul.. Secara psikologis biar orang merasa overspeed & mengurangi niat menambah kecepatan.

    • Soalnya jadi nilai jual juga sih mang… Ngeliat speedometer Cuma smp 160 atau 180 misalnya, mindset nya langsung jir ni Mobil lemot wkwkwkk… Pdahal yg 220 pun gakan smp segitu aslinya… Misal jazz idsi gw dulu wkwkkw

    • Old ertiga ditaun 2016 lalu saya pernah geber sampe 160 tapi mesin nga kedengeran ngejerit di tol kanci susul susulan sama Freed, muatan penuh, waktu balik nonstop dari jatim, mobil juga tetap stabil

      Waktu berangkat rush ma avanja mah enteng banget dilewatin,

      Sejak saat itulah benih2 cinta bersemi sama ertiga

      Yang baru ini nyampe nga ya 180 ???

      • Beberapa kali saya liat di yutub, emang mobil mpv 1500cc mampu sih buat digeber sampe 180kph, cuma ya kayaknya kurang bijak & bahaya buat diri sendiri lebih lebih ke orang lain. Mungkin mesin mampu digeber kecepatan segitu, tapi komponen pendukung lain macam cv joint, ban, rem dll siapa yg tau.. Apes sedikit aja bisa fatal buat orang banyak. Kalo saya sengebut2nya cuma berani 110kph ditol. Sering2nya sih 90kph.

        Dulu saya pernah sih khilaf, iseng nyoba ngebut make (lebih tepatnya minjem) Bmw F30, itu aja ditol yang masih baru & sepi gaada mobil lain didepan.. Lari diatas 180 udah ga karuan rasanya, gimana kalo sampai ‘susul-susulan sama mobil lain.’

  9. handle atap yang tak lagi model lipat..
    ini yg mana ya kang??
    btw konsumsi BBMnya kena macet kok cuman 9,6km/l , itu di MID ya??hehehe
    btw all new ertiga ini lama2 diliat baru keliatan bagusnya..
    rencana mau ambil…denger2 diskonnya udah lumayan nih sekarang…(pemburu diskon ane..jujur)
    salah satu yg enggak banged dari AN ertiga ini adalah pelknya..aneh..padahal kalo sporti dikit aja…keren deh
    btw thanks lah for the info…kapan2 kita perang lagi deh

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.