Mobil Penggerak RWD vs FWD vs AWD bagus mana

Kobayogas.com – Hola lads, salam geber.. Karena pada artikel tentang Mitsubishi Xpander back to back ngalahin Avanza dan Wuling Geser Posisi Nissan serta Penjualan Honda Mobil Turun Ke Posisi 4, ternyata banyak juga yang paham dan diskusi tentang mobil dan ternyata salah satu topik panas yang dibahas adalah tentang penggerak roda, yaitu gerak roda depan (FWD) dan gerak roda belakang (RWD). Masing masing beropini sebagai yang terbaik serta efisien. Sebenarnya mobil penggerak RWD vs FWD vs AWD (4WD) itu bagus mana sih? Kencengan yang mana dan irit yang mana? Kelebihan dan kekurangannya masing masing apa? Sebenarnya semua tergantung sudut pandang serta kebutuhan kok lads, plus show off dari pabrikan.. Makanya biar lebih tau mana yang cocok yuk geber dulu..

KBY sudah pernah bahas tentang Mobil FWD vs AWD,  hanya kali ini dicoba lebih dalam lagi dengan ditambahkan mobil dengan penggerak yang jarang ditemukan di Indonesia, yaitu AWD alias All Wheel Drive, agar lebih lengkap tak hanya Front Wheel Drive (FWD) atau Rear Wheel Drive (RWD) saja. Pada dasarnya ketiganya punya konstruksi dan karakteristik yang berbeda satu sama lain. Nah, kalau begitu apakah kelebihan dan kekurangan ketiga penggerak ini?

Mobil Penggerak RWD vs FWD vs AWD bagus mana 1

Kelebihan Mobil Penggerak Roda Depan (FWD)

Mobil berpenggerak roda depan mesinnya akan menyalurkan tenaganya ke roda depan mobil secara langsung! Di jenis ini, as roda depan langsung terhubung dengan transmisi dan mesin tanpa harus melalui propeler dan differensial. Karena itu, jumlah komponennya bisa lebih sedikit dan dari sisi ongkos produksi mobil FWD adalah yang termurah, sehingga bisa menekan ongkos produksinya lads.

Kelebihan memiliki dan mengendarai mobil penggerak roda depan adalah biasanya irit BBM karena bobot mobil lebih ringan daripada sistem penggerak lain. Kerugian mekanis mobil FWD saat tenaga mesin diteruskan ke roda adalah yang terkecil, sehingga tenaga akan terasa lebih besar dan lebih responsif. Posisi mesin yang searah dengan roda (melintang) lebih meringankan beban mesin, sehingga tenaga lebih efisien tersalurkan yang ujungnya dapat menghemat bahan bakar.

Kelebihan lainnya, mobil FWD juga bisa memberikan nilai plus pada kabin karena lantai kabin bisa dibuat rata, sehingga lebih nyaman ditumpangi terlebih untuk kaki penumpang. Serta karena tak ada bunyi gardan belakang seperti pada mobil RWD, mobil FWD biasanya tak berisik. Secara teknis pun, traksi pada roda depan akan lebih besar karena berat mobil bertumpu di bagian depan.

Mobil Penggerak RWD vs FWD vs AWD bagus mana 2

Kekurangan Mobil Penggerak Roda Depan

Ada kelebihan tentu ada kekurangannya juga. Mobil-mobil FWD pada umumnya memiliki usia komponen kaki-kaki yang tak seawet RWD, karena roda depan bekerja sangat keras, tugasnya adalah All in One. Selain sebagai penopang berat mesin, menggerakan roda dari mesin, juga bertugas berbelok ke kiri ke kanan dan lurus. Karenanya, radius putar juga biasanya terbatas tak bisa sepatah RWD.

Mobil FWD juga biasanya tak memiliki tenaga sebaik RWD saat diadu di tanjakan, karena saat nanjak titik berat akan pindah ke belakang, juga secara teori sederhana, daya dorong akan lebih kuat/ bertenaga dari daya menarik, contohnya seperti kita mendorong atau menarik pagar rumah, butuh usaha dan tenaga lebih saat pakai gaya menarik silakan dicoba ditanjakan hehe. Selain itu FWD cukup riskan jika dijejali mesin bertenaga besar, 400 hp ke atas misalnya.

Dari sisi pengendalian, resiko understeer pada mobil FWD termasuk besar. Understeer itu begini, pada kecepatan tinggi dan mobil disuruh berbelok kiri atau kanan, mobil seperti tak mau belok dan cenderung berjalan lurus menuju sisi luar belokan. Hal ini bisa mengakibatkan kecelakaan, tapi risiko understeer lebih mudah diantisipasi dengan cara mengurangi gas saat mobil berbelok di kecepatan tinggi.

Mobil Penggerak RWD vs FWD vs AWD bagus mana 3

Mobil FWD = Wrong Wheel Drive?

Karena kekurangannya itu, ada beberapa cibiran yang diberikan yaitu mobil FWD adalah mobil dengan sistem gerak yang salah alias wrong wheel drive. Benarkah? Tidak juga, bicara kecepatan bisa ditengok Honda Civic Type R Turbo yang bisa menuntaskan 7 menit 50 detik di Nurburgring atau Nissan GT-R LM Nismo, keduanya adalah mobil FWD lads.. Kok bisa? Ya bisa, yang penting adalah engineering yang cutting edge agar mobil FWD bisa sangat superior, ujung-ujungnya? Gakan bisa murah juga hehe. Tapi intinya, bisa!

Dan karena cost yang murah maka lebih banyak mobil-mobil FWD di pasaran, termasuk di Indonesia, dari Jazz, Mobilio, City, Freed, Toyota Yaris, Sienta, Agya, Calya, Mitsubishi Xpander, Hyundai Santa Fe, Mazda CX-5, Nissan Juke, Mitsubishi Delica, Ford Focus, dan masih banyak lagi.

Test Drive Mobil FWD:

Kelebihan Mobil Penggerak Roda Belakang (RWD)

Mobil penggerak roda belakang adalah mobil yang roda belakangnya mendapatkan tenaga dari mesin, sementara roda depan murni untuk belak belok saja. Tenaga dari mesin di depan disalurkan ke roda belakang melalui gardan yang diletakkan di belakang. Mobil penggerak roda belakang sangat populer sebelum era tahun 90-an.

Kelebihannya mengendarai mobil RWD apa sih? Pertama, mobil RWD umumnya lebih tahan banting, khususnya untuk melibas jalan jelek, karena roda belakang hanya bertugas menggerakkan mobil maju atau mundur sedangkan yang mikir mau belok kemana diambil alih roda depan. Masing masing punya tugas, gak dibebankan pada satu pihak.

Selain itu, karena arah roda depan tidak dibatasi oleh drive shaft maka radius putar mobil RWD umumnya bisa lebih patah. Power steering pada mobil RWD biasanya terasa lebih enteng karena sekali lagi, roda depan hanya menopang berat mesin dan berbelok. Di jalan menanjak, umumnya mobil RWD bisa melaju lebih mantap dibandingkan FWD. Alasannya ada di atas.

Mobil Penggerak RWD vs FWD vs AWD bagus mana 4

Kekurangan Mobil Penggerak RWD

Kekurangannya apa? Pertama bobot, mobil RWD biasanya lebih berat ketimbang FWD, karena jumlah komponennya lebih banyak, paling gampang bayangin aja ada besi memanjang dari depan ke belakang yaitu gardan, itu baru gardan doang. Jumlah komponen yang banyak maka kerugian mekanisnya pun lebih besar daripada FWD. Akibatnya, tenaga mesin yang sampai ke roda mobil RWD tidak sebesar FWD. Ada power loss di sana, misal dari mesin 100%, karena kudu “permisi” dulu via Gardan, tenaga di roda belakang jadi cuma 70% – misal.

Umumnya, mobil RWD juga punya “terowongan” yang membuat lantai kabin memiliki tonjolan di tengahnya, sehingga memakan ruang, tapi tak sedikit juga mobil RWD yang punya lantai kabin rata, tergantung insinyurnya lah, tapi kalau mau rata biasanya ada biaya lagi.

Mobil Penggerak RWD vs FWD vs AWD bagus mana 5

Kekurangannya lainnya dari mobil RWD juga biasanya punya kapasitas bagasi yang lebih kecil karena sektor belakang mobil harus menyediakan ruang untuk komponen-komponen penggerak mobil sehingga lantai bagasi cenderung tinggi, dan konsumsi BBM mobil RWD umumnya lebih boros daripada FWD, pada perbandingan yang sama, misal sama 1500cc.

Di pengendalian, mobil RWD punya kecenderungan untuk oversteer, atau gampangnya, ngepot. Inilah kondisi di mana pantat mobil ngebuang ke sisi luar belokan. Nah, oversteer inilah yang membuat lahirnya motorsport drifting yang selalu mengandalkan mobil RWD. Menurut beberapa pakar drifting, mobil FWD dan AWD tidak akan diakui bisa drifting meski gerakannya sama, karena jika anda bisa mengepotkan mobil FWD, itu disebut ass dragging (seret pantat) dan AWD disebut power slide.

Biasanya, mobil-mobil RWD bisa kita temukan pada mobil sport atau supercar, bahkan hypercar, tapi MPV, SUV dan sedan juga banyak yang pakai. Contohnya mudah, ada Toyota Avanza, Toyota Innova, sedan-sedan dan hatchback BMW, Mazda MX-5, Nissan Fairlady Z, Toyota 86, Subaru BRZ, Ferrari California, Porsche Cayman, Pagani Huayra, Aston Martin Vanquish dan masih banyak lagi.

test drive mobil RWD

Bersambung ke halaman 2

</span></p>

132 COMMENTS

    • Aduh gg kepikiran, sumpah gg kepikiran mang, mungkin next project insinyur honda bikin mobil SWD (side wheel drive)

      • @Draco
        ga juga sih, sebenernya roda mobil yang muter itu cuman sebelah.. yang sebelah lagi pakai differential…
        klo ga percaya silahkan taruh mobil anda di lantai yang permukaannya licin (misal keramik garasi), guyur kedua ban yang diyakini berputar (misal belakang untuk RWD).. trus spin deh, liat yang ada bekas ban muter tergelincir yang mana

      • @martin
        Gak koq om itu tetep muter dua2nya, kalo sebelah aja ya muter2 aja mobilnya
        Cma d gardan ada differential yg bsa bagi kecepatan roda kiri n kanan, tujuan utama sih ketika nikung, untuk atur kecepatan roda kiri n kanan, kalo smw jalan dg kecepatan sama jdi susah belok, ketika belok kiri, roda kiri punya jarak tempuh lbh pendek dri roda kanan bgtu pula sebaliknya

      • Sebenarnya ada crv 4×4 di luar sana…pasar usa, uk, jepang dll…namun karena pajak mobil 4×4 disini gak masuk otaknya akhirnya pihak hpm males jualan…sebagai contoh

        Toyota Fortuner VRZ 4X2 520jtan
        Toyota Fortuner VRZ 4X4 638jt

        Bedanya 100juta lbh…nah karena macem2 crv jarang ada yg dibawa offroad…ntar galaku…jatohnya kek honda spacy…wkwkwk

  1. Panjang beut artikelnya….
    Kalo buat harian lebih enak fwd.
    Kalo kaya lambo atau ferari yg mesinnya di belakang cocok buat racing, karena pada speed corner rwd lebih cocok membantu arah mobil.

  2. Mobil listrik lebih gampang buat AWD, kan motor listriknya bisa di masing2 roda tanpa powerloss gede

    Btw, ane sampe sekarang masih pesimis kalo gaya dorong lebih baik buat nanjak daripada gaya tarik, nanjak tergantung torsi sama traksi kan? Setidaknya ada yg bisa kasih hasil penelitian tentang perbedaan gaya tarik sama dorong?

    • Justru malah logika sepelenya sy benda berat lbh enak didorong drpd ditarik. Kendaraan(bkn kereta) mogok, kulkas, lemari dll didorong bkn ditarik

      • Sama aja kalo gayanya,

        Masalah kestabilan justru yang ditarik lebih stabil
        Contoh aja gak ada kereta api yang lokonya dibelakang

      • kalau memang titik beratnya pindah ke belakang (memang pindah ke belakang sih) terlalu banyak, maka FWD akan slip ban depannya.. nah pertanyaannya mobil² FWD itu ditanjakan pada ga kuat nanjak atau karena ga bisa nanjak (slip bannya)?

      • Yak memang begitu lah.. Silakan Tarik Mobil mogok, bisa nyala gak hehe… Bisa tapi tenaga yg dibutuhkan bisa brp x lipat..

        Itu analogi simpelnya sih

      • Yak memang begitu lah.. Silakan Tarik Mobil mogok, bisa nyala gak hehe… Bisa tapi tenaga yg dibutuhkan bisa brp x lipat..

        Itu analogi simpelnya sih
        ~~~~~~~~~~~
        Sayang sekali analogi nya keliru sis 😆
        Sebenarnya tenaga yg dibutuhkan sama !!!
        Kenapa didorong berasa lebih enteng ?
        Karena kaki lebih banyak mengeluarkan daya..
        Sedangkan jika ditarik tangan lebih banyak mengeluarkan daya jadi berasa lebih cape karena secara umum kaki lebih kuat dari tangan..

        Selama ada traksi mah fwd dan rwd kuat nanjak !!
        Buktinya
        Truk trailer yg “FWD” aja bisa nanjak bawa muatan puluhan ton 😆

      • Ngahngahngah
        Berarti sis kebingungan jg ama analogi sendiri…
        Dah gitu aja 😆

    • Zzz@ Kalo Loko didepan namanya Pull Train. Kalau loco dibelakang namany Pull Train. Kalau Loco didepan dan belakang namanya Push and Pull Train. Loco dibelakang biasanya B-Unit (Unmaned/tanpa Masinis). Dikendalikan dari Loco yang paling depan atau dari gerbong yang memiliki sistem kendali. Hanya ada di negara barat. Kalau dihadirkan dinegara kita nanti bisa kena demo.

      • lambo bukanya mid engine ya? ferrari juga, kalau bukan front ya mid engine.

      • Walaupun kalian sebut mid-engine + rwd nyatanya mesin di supercar2 exotis tetep disebutnya rear-engine + rwd, kenapa, ?? Karena letak mesin tetep dibelakang cabin kemudi, bukan di tengah2 persis wheelbase kayak yg kalian anggap,
        Sama kayak F1 dia rear-engine+rwd, janganlah buat standar 2 baru yg buat orang lain bingung, Sama aja kayak kaian percaya bumi itu datar’,,
        Hadueh,

      • setahu saya front/mid/rear engine bukan dilihat dari kabin pengemudinya deh, tp dilihat dari posisi mesin terhadap sumbu roda.

        contoh :
        rear MID engine : gallardo, F1
        front MID engine : viper, s2000 dll
        rear engine : bus, vw kodok, porsche

        ini bukan istilah baru, dan gak ada hubunganya sama flat earth.
        HADUEH,

    • Namanya jadi RMR.. Biasanya di lambo, lotus, ferrari … Kalo jepangan sih ada NSX, toyota MR.. CMIIW

      • @beben, itu Mid engine RWD, mungkin yg d maksud rear engine RWD, macam smart, vw bettle, porsche
        Mid engine populer d supercar karena distribusi bobot bsa mendekati 50:50, walau pakai RWD, kekurangannya gak praktis sama sekali, yah namanya jga supercar

  3. Lebih mantep mesin belakang, penggerak roda belakang dan yg belok juga roda belakang – forklift,, hahaha

  4. …Karenanya, radius putar juga biasanya terbatas tak bisa sepatah RWD…

    Tergantung stopper sudut belok ban juga sih kang. Dirumah ada katana gx 98 sama mazda2 2016, secara radius putar malah lebih matah si mazda2. Katana? Radius putarnya kisaran 5 meter

  5. Artikel lbh panjang dri biasanya tp entah kenapa masi terasa kurang. Seneng gw klo ada blog bahas teknis kyk gini

  6. Bingung mau komen apa nih..blum punya n blum bisa nyupiri mobil soale…hehehe
    Nice artikel mang kobay

  7. Vote fwd krn sesuai kebutuhan (irit nyaman)
    R3 vs veloz bandung jogja pp beda bensin 100rb an,
    bandung santolo via pangalengan beda 50rb an.

    Urusan nanjak beti2 aja, fwd juga diuntungkan minimnya loss power.
    Paling beda kalo lewat jalan kaya ke cimerang, saguling yg naik turun, jalan batu2 dan tanah (kadang tanah merah) baru fwd nyerah, tapi sy ga punya keperluan ke tempat2 model begitu.

    Julukan wrong wheel drive di Bdg mulai tenar stlh orang2 goblok pake lcgc ngedrift di bunderan pusdai.

  8. Kalo saya lebih menyukai pengerak RWD….
    menurut saya mesin RWD kurang bertenaga dan agak boros bbm karena tuning mesinnya payah, jd musti dituning ulang camshaftnya dan upgrade kaki2.
    Idealnya mesin RWD itu high kompresi, DOHC, 4valve besar, tb besar, crankshaft ringan jadi lebih gampang upgrade performanya dibandingkan mesin RWD jadul 2 valve/silinder atau mesin dgn kompresi rendah.

    • Yah selera sih
      Tpi klo situ bilang RWD payah gara2 tuning mesin sdh gak apple to apple, kita bandingin layout drivetrainnya bukan mesinnya

    • FWD itu loss power mesin ke penyalur roda itu lbh kecil, makanya cth civic turbo yg berpenggerak fwd bs lbh unggul dibanding mobil2 berpenggerak rwd kek jaguar xkr n bmw m5 <2015, ratarata2 ud kodratnya fwd power lbh gede dr rwd di torsi jg lbh njengat

      • Yups, tpi tetep ada batasnya FWD
        Makanya mobil power2 besar d atas 400hp gakda yg defaultnya FWD jinakin torque steer n traksi yg bikin susah lbh baik pasang RWD atau AWD sekalian

    • @Kevin Begini kalo memang fwd lost powernya lebih kecil kenapa mobil penumpang maupun barang spt bus, truck, pick up ngak pake fwd aja, masa iya ngak kuat kan lost powernya lbh kecil.

      Maksudnya Civic R18A1 turbo, lah crankshaftnya aja ringan mesin full tuning, mirip crankshaftnya all nissan inline engine makannya bisa lebih powerfull. Lawannya apa jaguar xkr tuning mesinnya gimana? bmw m5 crankshaftnya berat. Kalo mau kompare yang crankshaftnya sama2 ringan dan full tuning lah bro.

      @Draco kan sudah jelaskan kemaren berat crankshaft beda, durasi camshaft beda, total reduksi gear-roda beda dll Memang ngak bisa Apple to Apple kalo mau beberapa part disamakan dulu biar fair. Setelah itu sesuai judul kita compare mana yg lebih bagus? lebih kencang? lebih irit?

      • @pengamat,
        Masalah truk, pick up, dll knp rwd, sdh saya jelaskan ya d trit om kobay yg kmren, karna dia ngangkut beban berat di belakang kan, memang d taruh beban d depan?
        Dsinilah harus d luruskan
        Kalau bandingkan ya apple to apple ya, bandingkan FWD dg RWD untung rugi secara layout bukan bandingkan mesin A dg B, gak bakal bsa jadi pembahasan karna melebar trus variabelnya aja gak sama.
        FWD n RWD smw punya keunggulan dan kerugian teknis masing2, dan itu sudah dasar tgl gmn enginernya meminimalkan kekurangan tersebut dan manfaatkan kelebihan yg lain. Istilahnya rekayasa teknik

        Trus maksud bandingkan bobot crankshaft antara R18A turbo sma BMW M5 gmn?
        Kira2 tw gak alasan bobot cranknya beda?
        Sepertinya saya harus belajar neh

    • Maksudnya begini…
      pada crankshaft konfensional ukuran tebal bandul crankshaft umumnya seukuran diameter piston sedangkan diameter bandul seukuran panjang piston (kecuali mesin boxer atau v engine) dimana tiap satu stang seher diapit dua bandul crankshaft, kebetulan bmw m5 ada 10 bandul crankshaft, desain cranksaft seperti ini termasuk crankshaft berat untuk ukuran 6 silinder.
      sedangkan crankshaft r18a tiap satu stang seher hanya memiliki 1 bandul crankshaft jadi crankshaft R18A ada 4 bandul, desain crankshaft seperti ini termasuk crankshaft ringan untuk ukuran 4 silinder.

      • tuning dan tuning,
        Camshaft dan camshaft,
        Bandul dan bandul,
        Bosen Bero’,,.

        😂

      • @pengamat
        Trus hubungan sama FWD n RWDnya dmn?
        Itu yakin R18A turbo bsa nymain M5?
        Yg d maksud om kevin itu civic type r FK 2017 yg powernya 310Hp, M5 yg NA
        Ini M5 mana yg lgi d bicarain?
        M5 klo gak v8 turbo, V10 deh klo gak salah, bmw 5 turbo 3000cc kali?
        Masalah bandul n crankshaft berat ya iyalah BMW 5 6 Cyl 3000cc 300++hp loe samain dg R18A yg cuma 1800cc 160hp aja gak sampe
        Ya jelas konstruksi mesin M5 lbh kokoh n bulky

        Cba liat sirion sma avanza, itu mesin sma, memang lbh kecil sih, iritnya beda jauh, akselerasi bda lbh dri 2 detik

        Yg d bahas cukup FWD n RWD saja, gak usah bahas crank, bandul, camshaft. Jauh bgt pembahasan ente

      • intinya begini bro
        saya bilang mesin irit bukan semata2 karena pengerak FWD atau RWD itu pasti boros atau ada yg berpendapat kodratnya FWD power dan torsi lbh gede dari RWD ini kan ngak bener juga.

        kalo bicara komsumsi bbm ngak cuma bahas FWD/ RWD banyak faktor yang bikin mesin irit antara lain power mesin, reduksi gear-ban juga pengaruh.
        trus masalahnya dimana?
        oke lah bro kita sambung next aja

      • Konteksnya dipersempit aja mang..

        Passenger non commercial car dengan kapasitas umum 1000-2700cc…

        Knp Saya bilang head to head dengan sesama cc justru biar tau kalau fwd umumnya, sekali lagi umumnya lbh irit dari rwd pada kapasitas yang sama..

        Bukan berarti rwd gak bisa seirit atau lebih irit dari fwd loh..

        Kaya rwd umumnya/biasanya lbh mantap di tanjakan, bukan berarti fwd gak bisa semantap rwd juga..

        Kalau sudah di luar itu sih banyak banget faktornya ya…

    • Pengamat tp gak mencerminkan kata kata pengamat, buat apa TB di besarin di mobil??? Main mobil dulu aja bro jgan main motor mesin NA aja, Mobil gak butuh TB di besarin boros” cost tuning aja ,langsung individual TB klu di mobil,klu mau Komen jgn CAM, CRANK,BANDUL aja Mana ada Mobil nyebut nya Bandul lg ,Bandul buat Single Silinder, diblog sebelah Komen ente jg ngaco ,mungkin ente mau bandingin apple 2 apple malah larii kemana mana, Bedain dulu Commercial Dan passenger Car ,Penggerak layout Dan mesin layout….nah klu udh paham baru melangkah ke body tuning,beli boil om dah murah kok motuba bimmer, Salam 2jz or 4G63T

      Buat artikel permobilan lg mang Kobay minta tolong biar banyak yg pinter,dulu saya jg Tau nya blog mang Kobay waktu cari tau mount kaliper motor axial Dan radial Dan baca jg artikel perbedaan RWD Dan Fwd nya.

    • @pengamat. Baca di wikipedia sih engine power loss FWD 15% dan RWD 17%. Wajar aja fwd lebih irit

  9. Rame juga bahas FWD RWD, hampir sama ramenya kaya SOHC DOHC wkwkwk. Cuma ga sampai kobong ya.

    Kalau mobil sering dipake buat mudik saya sih prefer Rwd, at least sedikit lebih tenang karena lebih andal di tanjakan & kaki2 awet. Walau umumnya pakai Fwd juga sebenarnya cukup sih, toh sekarang banyak mobil fwd pakai kontrol traksi. Tapi kalo pemakaian cuma dalam kota, fwd kayaknya lebih enak.

  10. Karena ane penghasilan terbatas. Mobil ane ya fwd.
    Tapi ane prefer rwd karena keluarga ane di Bandung, yg notabene berbukit-bukit. Dan sering bawa keluarga banyak.
    Liat angkot Ciwidey….. Kuat kuat tuh carry….

  11. AWD ae lah yg netral , bru minggu kemarin pulkam ke cirebon-semarang-temanggung, Temanggung yg jalannya naik turun meliuk2 di gunung, gk rwd or FWD dua2nya ngos2an, malah sering liat avanza loss power spin mlu, terutama tanjakan curam menikung patah, malah gue liat yg bawa calyeng or agya bawa ngebut2 ditanjakan, bw pajero jg ditanjakan2 medan yg jelek jg jarang dipake 4×4 nya , jd secara teori keunggulan yg dijelasin artikel ini, rada2 bullshit sih

  12. Besi memanjang dari depan kebelakang namanya kopel mas, bukan gardan.
    Gardan itu komponen yang menghubungkan antara roda kiri dan kanan. Baik itu bagian depan atau belakang.

  13. Bang Kobay… Sy masih miara mpv jadul dan bongsor berpenggerak FWD. Matic. Kubikasi mesin nyaris 3000cc. Msh irit. Sby bandung bisa dapet FC 1:15. Biarpun fwd dan matic plus bongsor tp klo nanjak ke Punclut gak ada masalah. Pernah sy bawa ke bromo jg gak masalah di tanjakan.

  14. mungkin perlu ditambahin juga untuk RWD yang punya layout FR (Front Engine Rear Wheel Drive) dan MR (Mid Engine Rear Wheel Drive)

    • Walaupun kalian sebut mid-engine + rwd nyatanya mesin di supercar2 exotis tetep disebutnya rear-engine + rwd, kenapa, ?? Karena letak mesin tetep dibelakang cabin kemudi, bukan di tengah2 persis wheelbase kayak yg kalian anggap,
      Sama kayak F1 dia rear-engine+rwd, janganlah buat standar 2 baru yg buat orang lain bingung, Sama aja kayak kaian percaya bumi itu datar’,,
      Hadueh,

      Noted : kalo memang itu Supercar2 exotis pake’ Kopel+gardan boleh kalian sebut mid-engine , tetapi kalo enggak tetep namanya rear-engine, karena letaknya dibelakang cabin kemudi,,
      😂

      • @ALEX
        bukan buat standar baru kang, emang spek di brosurnya dulu ya tulis begitu…
        kalo skarang dah tulis rear engine ya i dunno ya, ane liat brosur2 dan literatur taon 1990-2000an

      • bener bro martin, istilah mid engine bukan istilah baru yang baru dibuat.

        lagian letak mesin mobil dilihat posisinyabterhadap poros roda, bukan kabin kemudi.

        kalau dilihat dari kabin kemudi, bus jadul yang mesinya di belakang supir rear engine dong? wkwkwk

  15. sebenernya gak selalu melulu fwd atau rwd, salah satu aspek konsideran adalah proporsi distribusi bobot antara poros roda depan dibanding poros roda belakang. sebagai contoh ferrari f360 dengan mid engine rear wheel drive mempunyai distribusi bobot depan belakang 42 % berbanding 58 %. hal ini bertujuan memperoleh stabilitas, traksi dan keseimbangan pengendaraan yang optimal. jadi pertimbangannya lebih kepada mobil apa dan untuk keperluan apa mobil itu diproduksi.

  16. Fwd rada bahaya kalo mesinnya punya torsi besar, seperti santafe, sekalia kick down bisa torque steer
    Dan tetep salut sama nissan nismo LMP, mobil prototype dgn layout mid engine fwd

  17. Kalau sy tetap rwd. Alasannya simpel. Kalau fwd ful muatan dan dipakai menanjak, takut ban depan slip gripnya kurang dgn jalan. Kalau aspal dan bersih apalagi masig kasar masih mendingan. Kalau jalan mendaki agak berpasir dan agak berkerikil, bakal slip trus bannya. Kalau licin karena lumpur ya baik rwd atau fwd sama sama payah karena akan slip dua duanya. Tp lebih aman fwd sih kalau mendaki trus licin karena lumpur. Arah pergerakan mobil lebih bisa diatur. Kalau rwd biasanya jd liar.

  18. Sesuai domisil sih.. klo sering dikota yg jlnnya datar fwd lbh baik.. klo jalur tiap hariny yg bnyk jln turun naeknya ya lbh baik pilih rwd..

  19. Selain itu ada juga kembangan dari AWD/4WD yaitu Four Wheel Steering, yaitu mobil bisa belok keempat rodanya, biasanya belokannya rodanya berlawanan arah kalo pas pelan, dan searah kalo pas kenceng…. hehehe

  20. ertiga itu fwd ya? tapi menurut saya gak ada gejala understeer dan susah nanjak. saya bandingkan dg avanza

  21. Kalo menurut saya pribadi sih lbh memilih RWD, karena analogi diatas sudah disampaikan, mendorong itu cenderung lebih mudah drpada menarik, lagipula tidak semua jalan disini mulus dan datar, penggunaan kadang2 bisa naik turun tanjakan curam dengan jalan yg masih rusak. Masalah konsumsi BBM yg lbh boros, ya itu sudah resiko pake mobil, kalo pingin irit ya pake motor aja, apalagi kalo pake beat, bisa irit banget. Kalo bisa beli mobil, logikanya uda ga mikirin beli BBM….

  22. Kalau mau rasain rwd yg bantingan stirnya dalam banget, coba confero. Avanza sdh lumayan, pas coba confero, kok ya stirnya lebih dalam lg bisa diputar.

  23. Coba kalo ada mobil harga 100jt udah AWD atau macam SH-AWD ditambah 2motor listrik masing2 motor listrik memiliki 125hp beserta perangkat KERS – Turbo dan lain2 .. pasti laku dimarih wkwkwk

    Kapan2 bahas F1 juga dong .. kalo bisa review 🙂

  24. sampek sekarang, saya bingung, katanya yg fwd gak kuat nanjak lah, yg rwd los power dan boros lah,

    dirumah ada beberapa mobil rwd dan fwd dan semua saya ajak kemana2, mulai bromo, trus kawasan puncak batu, daerah puncak bandung( lupa namanya) sampai ke tretes, Pacet Mojokerto,

    dan saya tetap bingung, di mna letak gak kuatnya, penumpang full,

    intinya menurutnya saya insinyur udah mikirin itu, baik yg fwd maupun rwd dan bakalan masih aman di Indonesia, cuma tergantung skill supirnya wes itu aja mang,

    salam supir pinter,

  25. Pemakaian dalam kota, jalanan relatif mulus, akselerasi yahud, pilih FWD. Kalau dibilang lebih irit mungkin ada benarnya juga sih, saya pernah bawa mobil fwd route Surabaya-Jember-Banyuwangi-(balik lagi)Jember-Surabaya, 3 hari 2 malam cuma habis bbm seharga 500 ribuan saja. Tanjakan ga ada problem, fine2 aja tuh. Cuma sekali kena masalah ban depan masuk pasir, terpaksa dorong deh 😁

  26. Waduh movil gw fwd nih tp di gunung lawu, baturaden dan muter2 garut, tasik, ciamis bandung kuat2 aja bawa beras 2 karung, gula 1 karung blm lg yg laennya. Cm emang kerasa sih klo tanjakan mulu cepet bngt turun nya itu bar bensin nya…

    Wkwkwkwkwk

  27. Teteup mah ay pilih RWD,,
    Di tempat gue,, durability yg utama,,
    Mau boros bensin,, atau apalah2,, tetep apansa juaranya wkwkwkwk (di tempat gue)

  28. Apa daya gw masih belum mampu beli. Selama ini sering di suruh bawa punya sodara yg fwd. Ya di bawa ke loksado daerah kalsel. Nanjak aman aman aja fwd.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.