review Satria FU 150 injeksi

Kobayogas.com – Hola lads, salam geber.. Selesai dan usai sudah review Suzuki Satria FU150 Fi 2018 Warna hitam merah dengan nama Titan Black Red Casting Wheel yang dititipkan oleh Suzuki Indomobil Sales kepada kobayogas.com. Setelah seminggu berada di tangan yang tepat #eh.. tentu sudah cocok lah ya untuk di jadi Kan artikel review kupas tuntas dari ayago legendaris ini. KBY akan bahas satu persatu dari mulai desain hingga konsumsi bbm. Ini lah review Satria FU injeksi si Mr Pecicilan yang kenceng dan akomodatif!

DESAIN

Mengapa KBY sebut Satria FU 150 FI akomodatif? Oke sebelum menuju keseluruhan desain KBY akan bahas sebelah sini dulu, mungkin sebagian dari lads belum tahu kalau Satria Injeksi memiliki kantung alias laci penyimpanan tepat di atas back bone nya. Menurut KBY ini ide brilian lads, karena membuat sisi akomodasi sebuah motor ayago yang terkenal gak bisa bawa apa apa menjadi lebih akomodatif.

review Satria FU 150 injeksi

Tentu laci tersebut jangan dibayangkan sebesar bagasi motor pada umunya ya wkwkkw, bentuknya panjang dan kedalamannya tidak sampai 10cm. Pun begitu cukup berguna untuk menyimpan sarung tangan ukuran umum, jas hujan model keresek, lap chamois atau hp. Bahkan untuk Satria black predator ada socket charger lads, lumayan kan bisa ngecas hp di situ. So fitur ini terlihat simpel tapi mampu memaksimalkan desain ayago yang minimalis dari sisi akomodasi.

biar kecil tapi bermanfaat

Kembali ke desain secara keseluruhan, butuh waktu untuk dapat menerima kalau Satria injeksi ini punya desain yang sebenarnya sangat baik. Bukan apa apa, bandingannya soalnya dengan Satria karbu dan Sonic yang punya desain sedikit curving alias membulat, sementara Satria FU injeksi terbaru ini modelnya terlalu mengotak dan kaku terutama bagian samping.

review Satria FU 150 injeksi

Lampu rem yang dulunya ramping dan naik ke atas sekarang lebih melebar, efeknya si Satria memang terlihat lebih lebar dibanding kompetitor. Lampu depan menurut KBY oke saja, tidak ada masalah. Problem yang sama untuk ayago adalah ban tidak bisa terlalu lebar, ban depan hanya berukuran 70/90/17 dan belakang 80/90/17, terlalu ramping!

FITUR

Jika dibandingkan dengan kompetitor, kita masukkan juga deh MX King 150, fitur speedometer milik MX King masih jauh lebih lengkap, kalau soal padu padan antara digital dan analog pada speedo sih selera lah, tapi setidaknya Satria FUFI masih lebih lengkap dibanding Sonic 150R (baca: kupas tuntas review Honda Sonic 150R). Oh iya, laci Satria juga bisa sih dimasukkan ke dalam fitur.

Sementara soal kekurangan dan kelebihan Satria FU injeksi sudah KBY bahas di artikel sebelah ini  (kekurangan dan kelebihan Satria FU 150 injeksi). Berikut diantaranya KBY copas sekali lagi.

  • Shock depan bunyi koclak jika bertemu jalan bergelombang
  • Speedometer Tidak ada average BBM
  • Speedometer Tidak ada setelan shift light detil seperti GSX-R150
  • Ndut-ndutan di gigi 1 terutama saat stop and go
  • Minim bagasi/ ruang penyimpanan – dimaklumi, namanya juga jenis ayago
  • Transmisi yang halus dan cekatan
  • Kopling yang ringan
  • rem depan yang mumpuni
  • Performa mesin mantap, nafasnya panjang banget

cara setting jam dan shift light speedometer satria fufi

TOP SPEED, REM DAN HANDLING

Kayaknya gak berlebihan ya kalau KBY menyebut Suzuki Satria FU 150 FI ini adalah yang terbaik dari sisi performa mesin dibandingkan dengan kompetitor, tentu maksudnya dari sisi kencang ya. Mesinnya  yang punya tenaga 18.23 PS dengan bobot hanya 102 kg saja, dengan torsi 13.6 Nm bekerja halus dan getaran minim baru hadir di atas RPM 10.000. Sudah bertenaga Nafasnya pun panjaaaangg mau di gigi berapa pun, tapi paling terasa panjang itu di gigi 3.. Terus mentok hingga RPM mau abis di 13rb.. edan!

Akselerasinya kuat dan cepat, apalagi kalau dibandingkan dengan versi karbu yang boyo di bawah. Untuk tenaga bawah memang belum sebaik kompetitor, tapi tenaga di tengah hingga atas luar biasa lah! Sayang, karena tidak menemukan lahan yang tepat untuk menggeber tenaga potensialnya, top speed Satria FUFI ini hanya 133km/jam di gigi 5 lads.. Videonya belum kelar euyyy.. jadi sementara screen shot sama link IG aja dulu ya.. Prediksi KBY si Satria ini bisa dapat top speed sekitar 140-143km/jam jika jalannya memadai..

Suara mesin dan apalagi knalpot standarnya, aduh mak, bikin adrenalin naek! Gak percaya? buka deh IG KBY di bawah ini, eh dah follow belum? Hehe..

nih top speednya satria fufi

Power without control is nothing hehe, disini handling dan pengereman berperan lads. Untuk handling, berkat dimensinya yang relatif mungil maka urusan selap selip di kemacetan tidak ada kendala, berbelok cepat juga suspensinya yang masuk kategori empuk ternyata mampu membuat stabil si Satria 150 injeksi ini. Ban OEM juga cukup mengejutkan performanya, ukuran boleh kecil tapi gigitan ke aspalnya masuk kategori mantap! Kering atau basah gak masalah.

Anehnya, menurut info dari beberapa rekan, kalau kita beli ban dengan tipe yang sama (IRC NR73) di luar, ternyata performanya berbeda cukup jauh, licin dan kurang gigit. Aneh juga ya hehe. Kekurangan ban kecil ini cukup terasa di kecepatan tinggi, selain ada pengaruh bodinya yang kecil, yaitu lumayan bergoyang lads, jadi kita kudu mencengkram setang kuat kuat agar mantap..

Sektor pengereman juga jadi favorit KBY, bybre sudah bertugas sangat baik disini, responsif, smooth tapi pakem.. cukup rem depan untuk menghentikan laju Satria injeksi ini, ya sesekali pake rem belakang buat ngimbangin dan cocok di kemacetan, biar setang depan gak naik turun akibat pengereman.

THE VERDICT

Mesin ATM Suzuki ini menurut KBY hanya perlu pembenahan sedikit di sektor desain, utamanya tengah hingga belakang, harus terlihat lebih fleksibel tidak kaku, pasti makin juosss penjualannya. Sementara untuk sektor mesin tidak perlu ada ubahan, terbaik lah untuk bagian ini.. soal konsumsi bbm (baca: konsumsi bbm Satria FUFI 150), masih sangat bisa ditolerir jika melihat mantapnya performa mesin sang Satria.

Saat ini Suzuki Satria FUFI 150 2018 dijual dengan harga mulai dari Rp. 22.2juta hingga Rp. 22.650juta (Black Predator).

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

30 KOMENTAR

  1. Dibanding sonic lebih worted yg mana mang?
    ortu masih berpikiran, “Motor harus Honda pokoknya”..

  2. Saya juga seneng banget sama satria..dari dulu identik dengan motor kenceng…apalah daya badan gempal, klo naik satria dari belakang kayak beruang sirkus naik sepeda…😅😅😅

  3. Built up material. Kualitas material jika dibandingkan dgn kompetitor gmn Om ? Lebih unggul atau jauh lebih unggul om ? Hehehe

  4. Harus nya power 18,23 HP kang,,,,bukan 18,23 PS,,,,,klo PS nyentuh 19,1 PS,,,bener gak sih kang ?

  5. mending satria..jelas build qualitynya…jelas mesinnya lebih nyosss..itu kalo ga mikirin harga jual kembali..

    • Khusus product suzuki satria karbu, fufi dan gsx ini harga jual kembalinya msh mahal lhoh ..

  6. Desain lampu belakang ampun dah.. kaya axelo.. axelo aza ga laku gara2 designx nyeleneh dari shogun FL yang cakep. Ini suzuki malah ngasih lampu belakangx ke fu.. emang bingung gua ama designer suzuki.

  7. wktu awal2 nih Fufi keluar, ngliat dr blkg kirain beat facelift mang, hehheee,,,,
    soalnya bentuknya makin cungkring sama kurang gagah dbanding seri Karbu nya yah, Fufi kaya matic bner tampilanya dari samping ke blkg, opini pribadi nih yah,

  8. Om kobay ini “Ndut-ndutan di gigi 1 terutama saat stop and go” kyk kasus cb150 atau bagaimana?

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.