review CB150 Verza

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Honda Verza adalah sebuah motor sport komuter alias motor laki batangan yang diciptakan sebagai pekerja keras, siap diajak kemana saja tanpa harus kawatir atau sayang sayang, pokoknya hajar! Hehe.. Gak heran kalau motor ini dicap sebagai motor perang lads. Tangguh, irit dengan ergonomi tegak yang santai dan nyaman tidak membuat ridernya cepat pegal untuk hari hari maupun jarak jauh. Nah setelah melihat sosoknya langsung bagaimana kesannya? Ini adalah review Honda CB150 Verza terbaru si motor sport terjangkau yang makin gaol..

Klan Honda Verza diciptakan sebagai sebuah motor bergaya dan bercita rasa sporty yang diset dengan harga terjangkau bagi lapisan masyarakat yang menginginkan sebuah motor laki lengkap dengan desain macho plus kopling ala motor sport batangan kebanyakan namun harganya masih masuk akal dengan performa mumpuni serta bbm efisien, sport bike budgeting lah ya. Begitu juga saat CB150 Verza lahir, masih dengan konsep yang sama. So dengan konsep yang seperti itu ditambah harga yang termasuk murah untuk sebuah motor lelaki ya jangan berharap terlalu banyak dari sisi fitur dan desain, ya kali, hehe..

review CB150 Verza

Pun begitu, Verza lama di mata KBY, desainnya tidaklah mengecewakan, malah termasuk ganteng lah meski bukan motor show off tentunya, hanya beberapa part yang memang terkesan murah terlihat, dimaklumi namanya motor sport terjangkau.. Tugas baru kini dipikul All New Honda CB150 Verza, yang di versi terbaru ini ceritanya AHM ingin menekankan nama klan CB yang sudah lebih kuat dibandingkan klan GL. Verza yang trahnya merupakan generasi GL akhirnya dipaksa kawin dengan klan CB, ya itu tadi jadinya, lahir New CB150 Verza hehe..

EKSPEKTASI LO KETINGGIAN!

Masih mempertahankan desain lawas, Verza 2018 ini hanya diberikan beberapa sentuhan yang mampu membuatnya sedikit manglingi alias pangling. Paling jelas terlihat adalah bagian headlamp alias lampu depannya. Dulu bentuknya segitiga meruncing ke bawah seperti CB150R saat ini, kini menganut tren kekinian yaitu bulat, terinspirasi dari CB150R Exmotion yang sudah hadir duluan di Thailand.. Ssstt itu juga suatu petunjuk loh, ehem!

Liat foto di atas? Kalau bener bener sebelumnya ada yang ngarep bahwa Verza 2018 terbaru alias CB150 Verza berubah mendekati sosok CB150R Exmotion maka KBY kudu bilang, ekspektasi lo ketinggian lads! WKwkkw.. Lah, masa selama ini gak tau positioning Verza itu ada dimana, kastanya apa.. Oh bukan, bukan gak boleh, silakan berharap tapi ya kaleee please deh.. Ntar kalau CB150 Verza ini mirip exmotion terus harganya mendekati CB150R protessss.. lagian namanya bukan Verza lagi kalau gitu.. wkwkwk. Sok aya aya wae lah..

Nanti aja protesnya kalau ternyata All New CB150R gak mirip Exmotion, baru dah silakan.. ups..

Honda CB150 Verza 2018 Silver
Honda CB150 Verza 2018 Silver

FITUR CB150 VERZA

Kembali ke Verza 2018, selain lampu bulat, shroudnya juga baru, terlihat lebih berotot..speedometernya kini sudah full digital serupa dengan milik CRF150L dengan trip a dan trip b tanpa adanya MID atau jam digital. Untuk keamanan, kini dilengkapi dengan secure key shutter, new fuel cap (tutup tangki) model stupa tapi keliatan lebih tangguh mengadopsi milik CRF150L juga.. Knalpot model baru dengan cover embos bertuliskan Verza.

knalpot CB150 Verza 2018
knalpot diembos nama Verza

speedometer CB150 Verza 2018

SPESIFIKASI CB150 VERZA

Tidak ada perubahan berarti di sektor mesin New CB150 Verza, masih SOHC berpendingin udara dengan 5 kecepatan. Tenaganya 13.04PS/8500 dengan torsi 12.73Nm/6000. Berikut spesifikasi detailnya di bawah ini :

Tipe Mesin4 langkah, SOHC, Satu Silinder
Sistem Suplai Bahan BakarPGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Diameter X Langkah57,3 x 57,8 mm
Tipe Tranmisi5 Tingkat Kecepatan
Rasio Kompresi9,5:1
Daya Maksimum9,59kW (13,04 PS) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum12,73 Nm (1,30 kgf.m) / 6.000 rpm
Tipe StarterPedal dan Elektrik
Tipe KoplingManual, Multiplate, Wet Clutch
Sistem Pendingin MesinPendingin Udara
Pola Perpindahan Gigi1-N-2-3-4-5
Tipe RangkaDiamond Steel
Tipe Suspensi DepanTeleskopik
Tipe Suspensi BelakangAdjustable Dual Rear Suspension
Ukuran Ban Depan80/100 – 17 M/C 46P (CW: Tubeless dan SW: with Tube)
Ukuran Ban Belakang100/90 – 17 M/C 55P (CW: Tubeless dan SW: with Tube)
Rem DepanCakram Hidrolik, Piston Ganda
Rem BelakangTromol
Panjang X Lebar X Tinggi2.056 x 742 x 1.054 mm
Tinggi Tempat Duduk773 mm
Jarak Sumbu Roda1.318 mm
Jarak Terendah Ke Tanah156 mm
Curb Weight129 kg (Cast Wheel), dan 128 kg (Spoke Wheel)
Kapasitas Tangki Bahan Bakar12,2 Liter
Kapasitas Minyak Pelumas1,0 Liter (Penggantian Periodik)

THE VERDICT

Sebagai salah satu tulang punggung dan penyokong penjualan di level bawah kelas sport motor Honda, selama 5 tahun ini generasi Verza sukses memainkan perannya lads. Penjualannya konsisten ribuan unit per bulan, bukti bahwa motor sport level ini pun diminati konsumen terutama fleet.

Sebagai motor sport basic, Verza yang diteruskan pada Verza generasi kedua yakni CB150 Verza pada dasarnya sih sudah menjawab kebutuhan dasar konsumen atas harapan dari sebuah motor berjenis sport, dia masih nyaman berkat ergonomi tegak dengan kaki menekuk santai, double shock bisa disetel level kekerasannya, mesin 150cc yang tangguh, minim perawatan, powerful dan tetap efisien serta pastinya harga terjangkau..

Keunggulan mutlak CB150 Verza adalah dia diciptakan sebagai sebuah motor sport all rounder, kemana aja siap, gunung, hutan, pantai, angkut barang, ke sawah, ke pasar dan ke tempat “kotor” lainnya tanpa kawatir lecet lah, baret lah dlsb.. Buat nangkring ama temen atau kolega? Juga gak malu maluin..

All new CB150 Verza tersedia dalam dua varian, yaitu spoke wheel (jari jari) dan casting wheel (racing). Sedangkan untuk warna cb Verza 150 hanya tersedia 3 saja, yaitu Merah, hitam dan silver… Termasuk untuk model jari jari hanya 1 warna, hitam saja. Harga CB150 Verza adalah Rp. 19,950,000 untuk casting wheel dan Rp. 19,300,000 untuk tipe jari jari semua OTR Jakarta.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

85 KOMENTAR

  1. Nah dlm hitungan hari KEBENARANNYA sudah terungkap. Dari pihak Akrapovic & Yoshimura sudah clear menyatakan itu PALSU, bukan bikinan mereka.

    Yang paling memalukan menurut saya sudah BUKAN LAGI soal pakai barang KWnya, tapi fakta bahwa pihak yg tersandung kasus itu terbukti:

    1. Manipulatif
    2. Berani bohong kepada publik

    Yang dipertontonkan secara gamblang baik dari pihak korporat maupun pihak modifikator saat memberi respon, jawaban & keterangan.

    Yang menarik apakah RENDAHnya integritas moral & rendahnya kejujuran ini sedikit banyak MENCERMINKAN CARA mereka dalam menjalankan bisnisnya?

  2. namanya juga entry level. tp sejujurnya, harga mokasnya paling stabil ni motor. trus teknologinya jg emang bt wong katrok. aki tekor aja msh bs diselah. wkwkkkwk…

  3. Nah setuju dengan pendapat mang kobay.
    Banyak orang sampai blogger nyinyir tentang verza ini, karena ekspektasi mereka ketinggian dan melupakan kalau motor verza ini motor sport lowend nya honda, bahkan harganya pun lebih murah dari motor matic dan bebek honda lainnya yg 150cc juga hahahaa 😀

  4. Oom Obay selalu benar. Untuk segmen segini dah keren bgt nih motor. Neo klasik apalah. Yg nyinyir ni verza tapi memuja2 cb400 vtec ketahuan gak konsisten orangnya, mirip2 tu motor berdua mmg beda kasta n segmen. Kalo nggak sekalian aja ente2 pada gila bandingin ni verza sm brutale 800. Ciao…..!

  5. Bukan jelek tapi nggak nyambung antara headlamp+tangki dgn buritan. Kalau berharap spt Exmotion namanya mimpi gan** … jelas ketinggian.

  6. Sebenarnya g ngarep seperti exmotion sih kang untuk kelasnya verza. Ngarepnya lebih ke cb classic. Aura cb-nya kena banget. Tapi ahm sepertinya memang lebih membiarkan bikin produk agak nanggung dalam hal desain karena tahu kreatifitas builder lokal. Secara setiap launching selalu menampilkan versi modif.

  7. skrg ini ko sy lebih suka baca blog mamang ini,drpd IWB,TMC..
    ringan tp masih informatip,ya pas buat obrolan biker pas lg kopdar.(utk soal teknis,detil materi,akurasi masih menang yg 2 itu sih,,piss)
    tp yg jelas dsini yg koment “manusia” semua

  8. Sebenarnya yg ketinggian ngarepnya itu para tapir mania bay..karena sohcnya pujaanya kemahalan “mungkin”

  9. Kalo anak muda jaman skrg pada maunya design yg klasik² , pasti dulu gak ngerasain era motor dengan design klasik. Anak muda jaman dahulu (yg sekrang udah pada tua) pada maunya design yg modern , eye catching.. Itulah realita kehidupan roda dua..

  10. “Kepala n kuping” maju n kegedepan…kombinasi yg sedikit aneh dg bodi blkang yg dipksa trlihat sporty..skrng 19jutaan lama2 ya 20 juta..

  11. liat headlamp bulet jadi inget motor gw yang megapro primus.. hehehe.. secara design ga beda jauh sama megapro primus, cuma ada shroudnya aja, trus headlamp ada covernya…
    kualitas tengkinya gimana om kobay…?? jgn kaya megapro primus, gw sampe 2 kali ganti tengki… ujung2nya gw jual deh…

  12. Bay. Knalpotnya pake akralingga lagi gak? Apa sekarang pake part buosok ala yemehek? Ngah ngah ngah

  13. Desain depan sebenernya kurang pas di cover samping lampu n lampunya yg terlalu tebal, desain brlakang memang kurang sreg, mestinya d rubah model belakangnya,
    Hmmm bahaya jga kalo gtu yak????
    Mengancam eksistensi yg lain

  14. Dari artikel d atas aja udah ada sedikit bocoran nanti arahnya kmana kalo CB150R facelift…..

    Hayo ngaku mang…..

  15. Cakep .apalagi kalo udah dinaikin mayan disainnya. Honda juga mikirin gimana muat boncengan, mangkanya belakangnya manjang nggak retro. Pas lah harga segitu.

  16. Mainnya pada kejauhan kali ya. Dikasih motor simple fungsional sedikit macho dan classic, jangan lupa murah, malah pada vingung

    • kl tambah keren harganya ga bakal 19jeti sekian manggg…. wkwkwkwk… tp liat modifan, tangki bugilnya basic udah keren koq.

  17. Seperti AHM lagi ingin memastikan apakah lampu bulet msh ada yg suka? Jika motor ini bnyk yg suka karena lampu bulatnya, bukan mustahil next CB150R lampunya bulat LED seperti emoxcion, jika MS Verza menurun, karna pake lampu bulat, mgkn AHM pertimbangan kembali pake lampu bulat di motor next CB150R. SOTOY mode on?

    • Bisa jadi si om secara kan CB150R belum pake model Neo klasik, yah ibarat kata tes pasar seperti yang sudah sudah

  18. Suer mau nanya Mang…
    Kenapa selalu sepatu itu saja yg dipake….?
    Emg ga ada sepatu yg lain ya…..?
    Ganti ngapa…..?

    • iya ganti warna laen ato merek sepatu laen biar gak sepatu itu mulu ?✌
      Beli sepatu agak banyakan tapi beli yg KW aje sktr 200ribuan biar agak murahan yg penting bisa gonta ganti ?????

      Cuma becanda jangan dimasukin hati ya.

  19. Yg bener yg mana nih??.
    Kalo sebelah yg bikin pernyataan mahh pasti ramee bgt, di sindir wae.
    #jdi inget dlu msalah vixi modif spbu.
    Di sindir mulua

  20. Anjaayyy artikel malam jum’at….begitu liat foto paling atas langsung ane scroll ke bawah….ane angkat tangan, nyerah bang nggak kuaatt…..ekspresinya itu…..yang antara misterius atau kebelet….

  21. Yeppp betuoolll..ini motor PERANG. Bisa di bawa kemanapun…mo harian..turing..ke kebon hayookl?..di bawah 20 jt…hmm..hmmmm
    Makin gue liat memang makin laki banget ini motor…tangguh..

    Spt nya yg hitam kek nya oke nih…

  22. ya yang ngarep bentuk nya jadi kayak Exmotion sih kebangetan emg, haha…
    kalo ane bukan ngarap tinggi, cuma bentuk head light nya aja yg harus nya bisa lebih proporsional dan stylish… sebener nya klo aja posisi lampu bisa agak turun sedikit dan posisi sein di samping dan tengah dr lampu pasti lebih sip, macam XSR 700/900.. dan klo pun posisi lampu seperti skrg, setidak nya lbh pesek lah kayak Exmotion atau CB300 (inget, bentuk lampu nya aja lhoo)

  23. Kang kobay jd model CB Verza ky maling motor. Org sm unit nya saling mendukung, Mantap akang!!

  24. Jadi inget thunder 125 edisi terakhir, desainnya murni ala motor sport era 2000an. Walau jadul, masih pake arm pipa tapi cakep & everlasting (kecuali desain velgnya) belum speedometernya yang kaya fitur & ga norak. sayang banget ga laku. Andai suzuki mau menghidupkan lagi thunder, naikin jd 150cc harga dibawah verza laku ga ya.

    • thunder bkn ga laku, tp fast movingnya nyusahin. makanya kontiunitas belinya ga jalan. justru hadirnya verza krn AHM liat thunder sempet booming. Sementara megapro dah dikerek ke angka 23-24.

  25. Menurut gw malah udah kegantengan. Motor ini segmen nya motor pekerja keras, kalo di kampung gw ini motor bisa buat bawa barang berat & seolah olah maintenance free gitu dah. Kalo dibikin makin cakep (spek cb Street fire) tega buat bawa rumput & ga pernah dicuci?

    • betul. temen ada pake 5taun blom ganti aki. padahal akinya dah tekor setekor2nya, bt klakson aja meripit2. fitur dan mesin pas2an malah jd nilai lebih dikelas ini.

  26. Itu caption di foto harusnya bukan tampan dan pemberani cb150 verza… Tapi yg bener tampan dan pemberani mang kobay… Wakakak ekspresinya gak nyante pula ..

  27. nanya lagi…

    Kira2 speedometernya bisa buat verza lawas gak? Keqnya boljug tuh, speedometer verza lawas indikator netralnya kurang terang

    • kayaknya ga bisa. verza lawas sensor kilometer msh diban, yg ini dr mesin.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.