review KTM Duke 390 2017

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Membahas sebuah moge, apalagi sih kalau bukan sisi performa yang dikupas? Paling sering ingin diketahui ya performanya. Performa disini melingkupi bobot motor, kelincahan alias handling baik saat berbelok atau pun meliak liuk diantara kendaraan lain serta kestabilan pada kecepatan tinggi. Tak lupa akselerasi serta top speed! Nah si Duke ini sudah KBY kupas selama tiga hari dengan menjangkau lebih dari 100km, mangga disimak test ride dan review KTM Duke 390 2017 yang punya bobot ringan, handling lincah dengan akselerasi yang dahsyat!

Hari pertama moge berwarna menyala ini hanya KBY bawa dari rumah ke kantor, jarak PP 24km, sekaligus adaptasi di atas joknya hehe. Nah hari kedua, KBY berkesempatan melakukan eksplorasi lebih jauh lagi bersama KTM Duke 390 ABS ini, karena kebetulan ada rekan sejawat di kantor yang meninggal dunia, KBY takziah ke rumah duka yang terletak di daerah Jatiluhur Jatiasih Bekasi. Total kurang lebih 60km, rumah ke bekasi, bekasi ke kantor di Pancoran.. Toppp wkwkw. Sekalian ngetes panas mesin dan kenyamanannya untuk jarak di atas 30 kilometer. Soal kenyamanan ini akan KBY bahas di artikel terpisah lads, karena kali ini KBY akan fokus ke performa.

DESAIN

Agak sulit menemukan kelemahan dari sisi desain untuk KTM Duke 390 terbaru ini lads, semuanya keren, tangguh, macho sekaligus futuristis. Balung besi alias sasis dengan warna kombinasi putih dan orange benar benar mengekpos sisi desain naked bike ini lads. Untuk tujuan show off sih sudah dapet banget di jalanan. Bentuk lampu depan yang seperti serangga memang debatable, tapi overall acceptable! So sisi ini KBY gakan banyak cakap lah.

baca juga: Kelebihan dan kekurangan KTM Duke 250 Indonesia

FITUR

Ini yang membuat KBY terkesima, yang pertama menjadi perhatian adalah bentuk speedometer KTM Duke 390 2017 ini lads.. Casing alias rumahnya memang kotak tapi layarnya sudah TFT ala smart phone jaman now! Kontras jelas dan colorful. Tak hanya itu nyaris semua informasi bisa dilihat di speedometer ini, dari konsumsi BBM trip 1 dan 2, riding mode yang lebih mengatur kinerja rem ABS dibandingkan performa mesin -dengan pilihan road atau supermoto. Dalam mode supermotor ABS belakang dimatikan lads, mungkin biar bisa ngesot gitu..hehe.

Pokoknya cukup bejibun deh fitur di speedometernya, belum lagi ada tombol kontrol navigasi yang bisa kita setting custom, tinggal tekan maka informasi sesuai setingan bisa hadir di layar speedometer. Sayang karena waktu yang mepet KBY belum sempat merekam fitur speedometer ini dalam bentuk video. Better luck next time!

Sisanya seperti ABS dua channel, Slipper Clutch, shock upside down dari WP, lampu All LED sudah hadir sebagai standar.

PERFORMA MESIN

Karakter mesin Duke 390 terbaru ini pasti bakal disukai banget oleh para stunter! Bobotnya lightweight alias ringan untuk sebuah moge, membuatnya lincah untuk melakukan liukan diantara kendaraan lain meskipun kudu berhati hati mengingat setangnya yang baplang dengan kata lain panjang. Ditambah, sifat torsinya yang ampunnn jengat jengat dahsyat! Gigi 3 saja kalau tepat memainkan kopling dan gas, ban depan masih bisa ngangkat! Apalagi di gigi 1 dan 2, wheelie doang sih gampang, cocok banget buat freestyle!

Terima kasihlah kepada mesin New KTM DUKE 390 racikan terbaru yang mampu mengeluarkan power maksimal hingga 43,5 Ps serta torsi hingga 37 Nm! Dengan bobot hanya 149 kilogram jelas enteng dan eces banget untuk Duke 390 melesat cepat dan itu tidak sekedar ucapan! Meski tanpa hitungan waktu, tapi akselerasinya beuhhh.. Apalagi saat RPM sudah bermain di atas 6000, sementara torsi sudah mulai menggeliat di 4000.. Tak butuh mencapai redline 10000 untuk merasakan sensasi tendangannya..

HANDLING dan KENYAMANAN

Jangan meremehkan sosok KTM Duke 390 ABS yang cukup tinggi dengan setang lebar, karena begitu lads sudah beradaptasi di atasnya, setang tersebut nyaris tidak mengganggu! Kecuali jika harus berhadapan dengan kemacetan yang mengharuskan kita selap selip hehe. Menikung cepat juga mudah dan penurut! Meski kadang kadang butuh sedikit gaya supermoto, yaitu kaki diturunin sebelah wkwkwk.. Bannya tidak terlalu impresif ketika bertemu dengan jalanan sedikit licin – berkerikil atau berpasir – ngesot dan ngebuang. Tapi di aspal mulus sih jempolan lah..

Suspensi WP di depan dengan upside down punya setelan kekerasan yang pas, sementara di belakang agak sedikit lebih keras dari Duke 200 dan 250. Sedikit mengganggu untuk kenyamanan namun sangat membantu dalam menyokong handling Duke 390 ini lads..

REM 

Cukup impresif namun tak sebaik brembo (iya lah), paduan rem depan dan belakang bekerja sama dengan sangat baik, KBY tidak terlalu mengandalkan rem depan dari Bybre untuk KTM Duke 390 2017 ini, soalnya ada kalanya terasa kurang mantap. Kombinasi rem depan dan belakang yang sudah ABS ini menurut KBY paling pas, mungkin karena memang didesain ala supermoto juga yang katanya sih banyak mengandalkan rem belakang. Ya, KBY merasa rem belakangnya cenderung lebih kuat dibandingkan moge sejenis.

HARGA

Harga KTM Duke 390 sayangnya memang tidak murah lads, yaitu Rp. 99jt. Maklum yang ini status impornya kental banget hehe, itu yang pertama, yang kedua pajaknya kena barang mewah di atas 250cc yang cukup tinggi, 25% ya? lupa. Membuat si adipati berkapasitas 390cc 1 silinder ini sulit memiliki harga psikologis.  Mana dia cuma 1 silinder pula agak sulit deh jadinya.

THE VERDICT

Jika lads mengesampingkan jumlah silinder, maka KTM Duke 390 2017 ABS ini sangat layak pinang, harganya meski tinggi tapi kalau ada duit sih yah masih bisa diterima lah ya. Lagipula kelas ini sudah masuk ranah hobi, macam para pemilik moge yang bisa dikatakan sudah siap dengan biaya perawatan yang lumayan tinggi.

Thanks to: KTM Indonesia

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.kobayogas.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

19 COMMENTS

  1. harusnya jangan pakai istilah impor seperti badass, sebaiknya kita mempopulerkan istilah istilah yang merupakan produk kearifan lokal dari dalam negeri sendiri, contoh: si kehed, si ontohod, si *njing *oblog teh, si *oplok teh, b*jingan, b*ngsat, dhengkul mlocot, raimu, matamu dst dst dst.

  2. Headlamp nya gak nahaannn… lg bayangin mang kobay pake kostum kamen rider naek ini motor. Berasa gimana gituuu….

  3. 4 tak enteng di puji, 2 tak enteng di bilang gak stabil… Hmmm…
    4 tak menang lawan 2 tak, di puji bak paling kencang… Hmmm…
    4 tak keok lawan 2 tak, lagi2 2 tak di bully… Halah…

  4. bang kobay kok contradiksi sih?
    “Cukup impresif namun tak sebaik brembo (iya lah)”
    “KBY tidak terlalu mengandalkan rem depan dari Bybre”

    ByBre it singkatan dari ‘By Brembo’
    branding rem brembo untuk roda 2 itu skarang pake bybre semua namanya, gak inget kapan berubahnya. tapi skarang itu bybre=brembo motor

Yuk Tinggalin Jejak Lads..